Apa itu Lite Paper Crypto dan Bedanya dengan Whitepaper?

Updated
September 27, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Lite Paper Crypto dan Bedanya dengan Whitepaper?
Reading Time: 3 minutes

Pada dasarnya, lite paper crypto adalah “teaser” atau bentuk sederhana dari white paper dari suatu proyek crypto. Simak selengkapnya mengenai apa itu lite paper dan perbedaannya dengan white paper dalam artikel berikut ini. 

Apa itu Lite Paper dalam Crypto?

contoh lite paper

Setelah sebuah perusahaan membuat koin atau token baru, biasanya langkah selanjutnya adalah dengan melakukan Initial Coin Offering (ICO). ICO atau penawaran koin awal ini bisa diawali dengan merancang lite paper crypto yang “menjual”. Layaknya merancang sebuah video teaser film, semakin kreatif dan unik sebuah lite paper, maka akan semakin besar peluang untuk menarik investor. 

Lite paper berperan sebagai pertemuan pertama antara calon investor dengan ide-ide di balik sebuah proyek token crypto. Sering dianggap remeh, Litepaper dapat benar-benar menjadi penentu keberhasilan atau kegagalan sebuah proyek. 

Lite paper adalah versi introduksi dari white paper. Sehingga, tidak semua informasi bisa masuk ke dalam lite paper. Selain menulis lite paper, pengembang proyek juga biasanya merancang strategi pemasaran atau promosi untuk mengenalkan proyek ke komunitas yang lebih luas lagi. 

Baca juga: Belajar crypto secara mudah di Pintu Academy!

Bagian-Bagian Lite Paper

komponen-komponen lite paper

Idealnya, lite paper crypto berisi ringkasan umum tentang ide bisnis, masalah yang ditangani, pasar dan targetnya, proposisi nilai unik proyek, dan detail terkait lainnya. Karena dibuat singkat, format lite paper biasanya sederhana dan lebih mudah dipahami. 

Berikut merupakan beberapa komponen yang terdapat dalam lite paper. 

Introduksi atau Pengantar

Bagian ini berisi pengenalan secara efektif berupa ringkasan dari keseluruhan proyek. 

Garis Besar Masalah

Produk dibuat untuk menyelesaikan masalah. Bagian ini digunakan untuk menyoroti masalah utama yang ingin diselesaikan oleh proyek token tersebut, tanpa membahas terlalu detail teknis. 

Agar pembaca dapat secara langsung membayangkan manfaat langsung proyek tersebut, pengembang proyek bisa menguraikan skenario yang sesuai dengan fenomena kehidupan nyata.

Solusi atau Pemecahan Masalah

Di bagian ini, termuat deskripsi solusi yang ditawarkan proyek dengan tujuan untuk memecahkan masalah yang diuraikan pada bagian sebelumnya. 

Statistik Pasar

Pada poin ini, pengembang bisa menyertakan statistik yang relevan untuk mendukung klaim proyek. Data dan statistik digunakan sebagai “bukti” bahwa solusi yang ditawarkan proyek ini benar-benar bermanfaat dan menjanjikan potensinya. 

Detail Token

Bagian ini menjelaskan tentang detail dari token bersangkutan, misalnya terkait bagaimana token digunakan dalam sistem, jumlah suplai, serta detail tentang model penjualan token. 

Anggota Tim

Bagian ini akan menjadi sumber informasi bagi investor untuk mengetahui seputar sejarah dan kredibilitas tim. Variasi spesialisasi dalam tim, rekam jejak, keberhasilan proyek sebelumnya, dan informasi relevan lainnya bisa mendukung ketertarikan investor untuk bergabung dalam proyek.

Perbedaan White Paper vs Lite Paper

Selain lite paper, dikenal pula istilah white paper. Keduanya sebenarnya cukup mirip namun terdapat beberapa perbedaan, diantaranya: 

AspekWhite paperLite paper
KontenRingkasan rencana bisnisModel bisnis dan solusiTarget pengguna dan investor potensialTokenomikAnalisis pasarLanskap kompetitifStrategi pengembangan proyekPemasaranDistribusi danaSejarah dan latar belakang timAlamat situs dan kontak PengantarLatar belakang masalahSolusi dari masalahStatistik atau data pendukung pasarDetail tokenSejarah dan latar belakang timAlamat situs dan kontak 
Panjang10-60 halaman3-12 halaman
Gaya penulisan Teknis, formal, informatifPercakapan, non-teknis, menarik
ContohWhite paper Pintu Token (PTU)
Lite paper Polkadot

Sebuah karya film biasanya dibuka oleh peluncuran video teaser. Video teaser ini berisi cuplikan sebagai pengantar isi film dan memuat informasi penting seperti tanggal penayangan film tersebut.

Teaser ini bisa membangun hype bagi para calon penonton sekaligus meningkatkan jumlah penonton di hari H penayangan. Seperti itulah peran lite paper crypto bagi peluncuran koin baru.

Nah, buat kamu yang ingin berinvestasi berbagai jenis aset crypto secara mudah, donwload Pintu sekarang! Telah me-listing lebih dari 80 aset crypto, Pintu memiliki tampilan yang simpel dan mudah digunakan pemula sekalipun. 

Tersedia juga fitur Pintu Earn, di mana investor pemula bisa menyimpan sejumlah aset crypto mereka dan mendapatkan bonus tahunan (APY) hingga belasan persen. 

Download Pintu sekarang di App Store atau Play Store kamu. 

Referensi: 

Cointelegraph, What is a litepaper? A beginner’s guide on how to write and format it. Diakses pada Kamis, 4 Agustus 2022.

Coinmarketcap, What is Whitepaper. Diakses pada Senin, 12 September 2022. 

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->