Market Clearing: Cara Kerja dan Contoh Lengkapnya

Updated
March 24, 2023
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Market Clearing: Cara Kerja dan Contoh Lengkapnya
Reading Time: 4 minutes

Market clearing adalah nilai moneter ekuilibrium dari sekuritas, aset, atau barang yang diperdagangkan.

Dalam istilah lain, market clearing juga dikenal dengan nama kliring harga.

Harga ini ditentukan oleh proses bid-ask pembeli dan penjual, atau lebih luas lagi, oleh interaksi kekuatan penawaran dan permintaan. Simak selengkapnya mengenai cara kerja dan contoh Market Clearing di sini!

Mengenal Harga Kliring dalam Konsep Ekonomi

Harga kliring paling stabil di pasar likuid.

Di pasar yang tidak likuid, dengan sedikit pembeli dan penjual, mungkin diperlukan waktu lebih lama bagi sebuah barang untuk mencapai harga ekuilibrium.

Dalam ekonomi mikro, harga kliring mengacu pada titik harga di mana penawaran dan permintaan berada dalam keseimbangan. Situasi ini juga dikenal sebagai harga keseimbangan.

Di pasar bebas, harga kliring dicapai melalui penemuan harga karena pembeli dan penjual berusaha menemukan harga yang paling menguntungkan.

Di pasar sekuritas, harga kliring dicapai melalui proses bid-ask pada market order book.

Pasar likuid cenderung mencapai ekuilibrium dengan cepat, sedangkan pasar yang tidak likuid lebih cenderung menghadapi volatilitas.

Untuk beberapa barang, harga merespons perubahan dinamika pasar dengan lambat. Kondisi Ini disebut sebagai sticking price.

Apa itu Sticking Price?

Apa itu Sticking Price?
Prisync

Harga kliring mungkin tidak segera merespons perubahan kondisi pasar.

Sticking price adalah kecenderungan beberapa barang untuk menyesuaikan lebih lambat daripada perubahan pasar, bahkan ketika dinamika baru menunjukkan harga optimal yang berbeda.

Contoh klasik dari hal ini adalah kekakuan upah. Pemberi kerja biasanya tidak mungkin memotong gaji karyawannya, kecuali dalam kasus penurunan yang parah.

Kekakuan mengacu pada kecenderungan harga tertentu untuk menolak pergerakan, bahkan dalam kondisi pasar yang berubah. Upah adalah contoh sticking price yang umum ditemukan.

Apa Itu Harga Kliring Pasar?

Harga kliring pasar adalah harga di mana permintaan barang oleh konsumen sama dengan jumlah barang yang dapat diproduksi pada harga tersebut.

Pada harga ini, jumlah penawaran dan permintaan menunjukkan angka yang sama persis. Dalam arti lain, tidak ada barang tak terpakai yang menunggu untuk dijual dan tidak ada pembeli yang tidak mampu membeli barang tersebut.

Bagaimana Cara Kerja Harga Kliring?

Bagaimana Cara Kerja Harga Kliring?
Valutrades

Dalam pertukaran apapun, penjual menginginkan harga tertinggi dalam proses transaksi di sekuritas atau dalam mendapatkan sebuah aset, sementara investor yang tertarik untuk membelinya menginginkan harga pembelian serendah mungkin.

Pada titik tertentu, harga yang disepakati bersama tercapai antara pembeli dan penjual. Pada titik inilah para ekonom mengatakan pasar telah “cleared” dan transaksi telah terjadi.

Penawaran dan permintaan adalah elemen kunci dari proses bid-ask di pasar sekuritas. Harga kliring sekuritas atau aset akan menjadi harga yang terakhir diperdagangkan.

Di pasar yang diperdagangkan secara aktif dengan banyak peserta di kedua sisi, penemuan harga dapat dilakukan dengan cepat, terutama ketika penawaran harga penawaran-permintaan diperbarui secara terus-menerus secara real-time di electronic exchange.

Untuk sekuritas yang tidak likuid, seperti tekanan utang, akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menemukan harga kliring yang stabil karena jumlah pembeli dan penjual cenderung lebih sedikit.

Harga Kliring Pasar Produk & Jasa

Untuk produk atau jasa, harga kliring pasar juga ditentukan terutama oleh interaksi penawaran dan permintaan.

Perpotongan kurva permintaan miring ke bawah dan kurva penawaran miring ke atas merupakan harga keseimbangan, atau harga kliring, untuk produk atau jasa.

Mari kita ambil smartphone kelas atas sebagai contohnya.

Jika pabrik menetapkan harga smartphone terlalu tinggi, maka surplus smartphone-nya akan berkembang. Jika pabrik menetapkan harga smartphone terlalu rendah, maka permintaan dapat menyebabkan produsen kekurangan persediaan smartphone.

Pproses penyesuaian antara penawaran dan permintaan akan dilakukan untuk menemukan harga kliring untuk smartphone tersebut.

Bagaimana Cara Menemukan Harga Kliring Pasar?

Bagaimana Cara Menemukan Harga Kliring Pasar?
NetSuite

Harga kliring pasar dicapai melalui penemuan harga. Baik pembeli maupun penjual akan berusaha mencari harga yang paling menguntungkan untuk kepentingan mereka.

Akhirnya, pasar akan mencapai ekuilibrium pada titik harga ketika jumlah pembeli yang bersedia melakukan transaksi sama dengan jumlah penjual yang bersedia melakukan transaksi.

Harga kliring pasar merupakan salah satu ide kunci dalam ekonomi pasar.

Ketika pembeli memasuki pasar mencari harga serendah mungkin dan penjual mencari harga tertinggi, maka pasar akhirnya mencapai titik ekuilibrium hingga jumlah permintaan menunjukkan angka yang sama dengan penawaran.

Konsep ini merupakan kunci pasar sekuritas ketika harga ditetapkan melalui proses bid-ask pada order books di exchange.

Contoh Harga Kliring dalam Bursa Saham

Sebagai contoh sederhana bagaimana harga kliring ditetapkan, kamu bisa coba bayangkan sebuah saham bernama XYZ diperdagangkan di pasar saham tertentu.

Pada hari-hari biasa, book order melaporkan volume transaksi harian sebesar Rp15 juta dengan harga saham diperdagangkan dalam kisaran sempit antara Rp1,4 juta dan Rp1,5 juta.

Dengan kata lain, sekitar 10.000 saham berpindah tangan setiap hari dan pasar berada dalam keseimbangan antara pembeli dan penjual.

Namun, ini bukan satu-satunya perdagangan prospektif.

Beberapa pembeli mungkin memiliki open orders untuk harga yang lebih rendah sebagai upaya mengantisipasi penurunan harga yang tajam.

Beberapa penjual juga memiliki open orders untuk harga yang sangat tinggi sebagai upaya mengantisipasi lonjakan harga.

Selanjutnya, misalkan seorang investor dengan modal yang besar memasuki pasar dan ingin membelanjakan Rp15 juta untuk saham XYZ di pasar terbuka.

Orang-orang mungkin berharap bahwa investor ini akan membeli 10.000 saham, tetapi kemungkinannya kecil, karena persediaan yang terbatas.

Investor akan dengan cepat membeli semua saham dalam kisaran harga Rp1,4 juta dan Rp1,5 juta sebelum melanjutkan untuk membeli penawaran dengan harga $Rp1,7 juta, Rp1,8 juta, atau bahkan $Rp3 juta.

Pada akhir hari perdagangan, harga kliring untuk XYZ bisa jauh lebih tinggi daripada saat investor memasuki pasar.

Apa Yang Terjadi Jika Harga Turun di Bawah Harga Kliring Pasar?

Jika harga turun di bawah harga kliring pasar, pembeli akan membeli semua barang yang tersedia dan menyebabkan kekurangan persediaan barang di pasar.

Kekurangan ini menyebabkan harga naik hingga mencapai harga keseimbangan.

Demikian pula, jika harga naik di atas harga kliring pasar, pemasok akan memiliki surplus barang yang tidak terjual yang hanya dapat dikurangi dengan menurunkan harga.

Referensi:

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->