Harga Ethereum Menggairahkan Hari Ini (17/10/24), Mampukah ETH Tembus $5.000 di Akhir Tahun?

Updated
October 17, 2024

Jakarta, Pintu News – Pasar crypto kembali bergairah, memunculkan pertanyaan apakah harga Ethereum (ETH) dapat mencapai $5.000 atau setara dengan Rp77.652.750 tahun ini, level harga yang akan menandai rekor tertinggi baru untuk kripto tersebut.

Untuk mencapai angka Rp77 juta, ETH bergantung pada beberapa faktor, yang akan dibahas dalam artikel ini! Sebelum itu, mari kita ketahui pergerakan harga ETH hari ini.

Harga ETH Naik 0,43% dalam Waktu 24 Jam

Sumber: Pintu Market

Pada 17 Oktober 2024, harga Ethereum mengalami kenaikan tipis 0,43% dalam waktu 24 jam. Titik terendah dan tertinggi ETH pada saat penulisan adalah Rp40.471.240 dan Rp41.125.491.

Saat ini, market cap Ethereum berada di sekitar $316.22 miliar dengan volume perdagangan yang turun 24% menjadi $16.71 miliar dalam waktu 24 jam.

Baca juga: Harga Dogecoin Melesat Capai Rp2.000 Hari Ini (17/10/24), Gara-gara Elon Musk?

Akankah Harga Ethereum Mencapai $5.000 (Rp77 Juta) Tahun Ini

Dari perspektif analisis fundamental, beberapa peristiwa dan kejadian mendukung harga ETH mencapai $5.000 tahun ini. Misalnya, salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, baru-baru ini menguraikan peta jalan untuk peningkatan teknis utama pada jaringan. Vitalik mengusulkan untuk menurunkan persyaratan staking menjadi satu ETH.

Ini akan memungkinkan partisipasi yang lebih besar dalam jaringan Ethereum dan membuatnya lebih terdesentralisasi. Perkembangan ini juga bullish untuk harga Ethereum karena akan meningkatkan jumlah token ETH yang dipertaruhkan, yang berpotensi menyebabkan guncangan pasokan karena lebih banyak koin yang dikeluarkan dari peredaran.

Faktor lain yang mendukung lonjakan harga hingga $5.000 tahun ini adalah karena paus Ethereum masih bullish terhadap ETH. Data Santiment menunjukkan bahwa para whale ini menguasai lebih dari 44% pasokan crypto. Hal ini menunjukkan bahwa para investor ini mengantisipasi bahwa harga ETH akan naik secara signifikan dalam siklus pasar ini.

Sumber: IntoTheBlock

Selain itu, data IntoTheBlock juga menunjukkan bahwa para whale ini telah secara aktif mengakumulasi ETH bahkan ketika harga tetap hangat. Netflow pemegang besar telah melonjak hampir 50% dalam tujuh hari terakhir, menunjukkan bahwa whale menarik lebih banyak ETH dari bursa daripada yang mereka setorkan. Penarikan dari bursa menunjukkan bahwa mereka ingin menahannya untuk jangka panjang.

Baca juga: Ethereum Diprediksi Meroket ke Rekor Tertinggi, Bitcoin Beri Sinyal Lonjakan Parabolik!

Gambaran Bearish Ethereum

Di sisi lain, ada baiknya menyebutkan beberapa fundamental yang memberikan gambaran bearish untuk Ethereum dan dapat mencegah harga ETH mencapai $5.000 tahun ini.

Salah satunya adalah jaringan lain saat ini mencuri mindshare dari Ethereum. Misalnya, SOL baru-baru ini menyalip ETH dalam volume DEX mingguan dan harian.

Ethereum telah berkembang pesat sebagai rumah bagi keuangan terdesentralisasi (DeFi). Namun, dominasinya di ruang DeFi terancam, dengan jaringan seperti Solana di belakangnya. Ethereum yang berpotensi kehilangan dominasinya karena Solana pada akhirnya akan menyebabkan penurunan utilitas ETH.

ETF Spot Ethereum saat ini juga bearish untuk harga Ethereum karena terus menyaksikan arus keluar yang signifikan. Pada 15 Oktober, mereka melihat arus keluar bersih sebesar $12,7 juta meskipun pasar kripto menguat pada hari itu.

Ini menunjukkan arus keluar yang disaksikan dana-dana ini sebelumnya tidak selalu karena kondisi pasar tetapi lebih mungkin karena investor institusional belum melakukan pemanasan terhadap ETH seperti yang mereka lakukan dengan Bitcoin. Data SoSoValue menunjukkan bahwa ETF Spot Ethereum telah menyaksikan arus keluar bersih sebesar $554 juta sejak diluncurkan pada bulan Juli.

Ethereum dari Perspektif Analisis Teknis

Analis crypto seperti Mikybull Crypto telah memprediksi bahwa harga Ethereum dapat mencapai $5.000 dan bahkan melampauinya.

Mikybull Crypto baru-baru ini menyatakan bahwa kenaikan ETH ke $6.000 akan segera dimulai karena harga crypto ini akan segera pecah. Namun, grafik yang menyertainya menunjukkan bahwa kenaikan ke $5.000 dan kemudian $6.000 atau setara dengan Rp93.211.413 mungkin tidak akan terjadi tahun ini.

Sementara itu, analis crypto Ali Martinez juga baru-baru ini memprediksi bahwa harga Ethereum dapat naik ke $5.000 dan kemudian $6.000. Dia mencatat bahwa setiap pemantulan dari batas bawah saluran ini secara historis menyebabkan kenaikan harga rata-rata 130% untuk Ethereum.

Baca juga: Waspada! Robert Kiyosaki Ramalkan Harga Bitcoin akan Anjlok ke $5.000 

Analis menambahkan bahwa jika pola ini bertahan, ETH dapat naik ke $6.000 jika level support utama $2.300 tetap utuh. Namun, grafik yang menyertainya menunjukkan bahwa kenaikan ke $6.000 tidak mungkin terjadi tahun ini. Influencer cryptoPoseidon percaya bahwa lonjakan harga Ethereum akan menjadi “reli yang paling dibenci” saat terjadi.

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->

Terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI dan Kominfo

© 2024 PT Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.

Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.

pintu-icon-banner

Trading di Pintu

Beli & investasi crypto jadi mudah

Pintu feature 1
Pintu feature 2
Pintu feature 3
Pintu feature 4
Pintu feature 5
Pintu feature 6
Pintu feature 7
Pintu feature 8