Analisis Pasar 3 Juli 2023: BTC Dominance Meningkat ke Level Tertinggi Sejak April 2021

Update 3 Jul 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 7 Menit
Gambar Analisis Pasar 3 Juli 2023: BTC Dominance Meningkat ke Level Tertinggi Sejak April 2021
Reading Time: 7 minutes

Akibat lonjakan harga BTC yang tinggi dan sempat menyentuh harga US$31.500, BTC Dominance juga ikut naik ke level tertinggi sejak bulan April 2021. Saat ini BTC Dominance berada di level 52% yang secara historis berfungsi sebagai resistensi yang kuat. Akan ke mana selanjutnya pergerakan BTC? Simak analisisnya di bawah ini.

Tim trader Pintu telah mengumpulkan informasi penting dan menganalisis keadaan ekonomi secara umum serta pergerakan pasar mata uang crypto selama satu minggu terakhir. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa semua informasi pada Analisis Pasar ini bertujuan sebagai edukasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Artikel

  • ūü﹬†Laporan Biro Sensus AS menunjukkan peningkatan pesanan barang tahan lama atau durable goods sebesar 1,7% pada Mei, menunjukkan perusahaan AS terus berinvestasi jangka panjang meskipun adanya ketidakpastian ekonomi.
  • ūüŹ†¬†Kenaikan penjualan rumah baru di AS mencatat laju tercepat sejak Januari 2022, dan mengindikasikan bahwa sektor perumahan telah mencapai titik terendahnya dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.
  • ūüďȬ†Sementara itu, klaim pengangguran awal turun 26.000, mencapai 239.000 untuk pekan yang berakhir pada tanggal 24 Juni, meski permintaan tenaga kerja berangsur-angsur berkurang seiring kenaikan suku bunga The Fed.
  • ūüĒ̬†Fidelity Investments menyusul langkah BlackRock mengajukan persetujuan untuk ETF Bitcoin. Ketertarikan institusi besar terhadap BTC telah mendorong kenaikan harga dan juga BTC Dominance yang saat ini telah mencapai level tertinggi sejak April 2021.

Analisis Makroekonomi

Menurut laporan Biro Sensus AS di bulan Mei, pesanan barang tahan lama meningkat sebesar 1,7% atau US$4,9 miliar dengan total mencapai US$288,2 miliar. Pertumbuhan ini mengikuti kenaikan 1,2% pada bulan April dan melampaui ekspektasi pasar yang mengantisipasi penurunan sebesar 1%. Tren kenaikan bulanan kedua berturut-turut dalam pesanan oleh perusahaan AS untuk peralatan pabrik-pabrik domestik menunjukkan, di tengah ketidakpastian ekonomi perusahaan tetap melakukan investasi jangka panjang.

Peningkatan pesanan baru di luar transportasi meningkat 0,6%, sedangkan di luar pertahanan, pesanan baru naik tumbuh signifikan hingga 3,0%. Kenaikan pesanan terutama didorong oleh peralatan transportasi selama tiga bulan terakhir meningkat sebesar $3,9 miliar atau 3,9% mencapai $102,6 miliar.

Belanja modal yang konsisten menunjukkan perusahaan-perusahaan secara aktif meningkatkan efisiensi dalam menanggapi kenaikan biaya tenaga kerja dan material. Namun ada risiko penurunan investasi karena biaya pinjaman yang tinggi, akses kredit terbatas, dan lambatnya pertumbuhan ekonomi meskipun dari sisi penjualan rumah di AS dalam tren positif.

Penjualan rumah baru mencatat laju tercepat dalam lebih dari satu tahun terakhir. Pembelian rumah single-family naik 12,2%, mencapai laju tahunan sebesar 763.000 unit pada bulan lalu yang menandai kenaikan bulanan ketiga berturut-turut dalam penjualan rumah baru. Kenaikan disebabkan oleh terbatasnya ketersediaan inventaris di pasar penjualan kembali.

Penjualan rumah baru dianggap sebagai indikator yang tepat jika dibandingkan dengan pembelian rumah yang telah dimiliki sebelumnya. Meski begitu, tiga bulan berturut-turut terindikasi adanya backlog level tertinggi sejak Januari 2022 dalam jumlah rumah yang terjual di bulan Mei dan dalam proses pembangunan. Akhir bulan lalu, ada sekitar 428.000 rumah yang tersedia untuk dijual yang mewakili pasokan enam sampai tujuh bulan pada tingkat penjualan saat ini, merupakan terendah sejak Februari 2022.

Harga rata-rata penjualan rumah baru turun selama dua bulan berturut-turut sebesar 7,6% atau $416.300 dibandingkan tahun sebelumnya. Maka dari itu, penjualan rumah tumbuh di empat wilayah, dengan wilayah Selatan mencatatkan penjualan tertinggi sejak akhir 2021. Sektor perumahan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di tengah masalah suku bunga KPR yang tinggi.

Masalah lainnya dialami sektor perdagangan, di mana pada bulan Mei, dari data Departemen Perdagangan yang dirilis pada hari Rabu menunjukkan defisit perdagangan barang menyempit 6,1% menjadi $91,1 miliar. Impor juga mengalami penurunan terendah sejak November sebesar 2,7% sekitar $254 miliar. Di sisi lain, ekspor mengalami sedikit penurunan sebesar 0,6% menjadi $162,8 miliar, yang mencerminkan penurunan pengiriman keluar untuk makanan dan pasokan industri. Defisit perdagangan barang di AS menyusut lebih besar dari yang diantisipasi, terutama karena penurunan nilai impor yang signifikan.

Penurunan juga dialami dalam pengajuan tunjangan pengangguran yang terjadi selama seminggu. Laporan dari Departemen Tenaga Kerja pada hari Kamis, klaim pengangguran awal turun 26.000, mencapai 239.000 untuk pekan yang berakhir pada tanggal 24 Juni.

Minggu yang berakhir pada 17 Juni memperlihatkan penurunan jumlah klaim lanjutan mencakup individu yang telah menerima tunjangan pengangguran selama lebih dari satu minggu turun menjadi 1,7 juta.

Di tengah penurunan klaim, permintaan akan pekerja berangsur-angsur berkurang yang diakibatkan dampak dari kenaikan suku bunga The Fed selama lebih dari satu tahun yang secara bertahap mempengaruhi perekonomian. Data klaim menunjukkan fluktuasi dari minggu ke minggu, terutama selama periode liburan. Rata-rata pergerakan empat minggu untuk klaim awal sedikit meningkat menjadi 257.500 yang menjadikan angka tertinggi sejak akhir 2021.

Analisis BTC & ETH

Bitcoin mengalami lonjakan harga yang luar biasa dari $26.500 menjadi lebih dari $30.000 dan mencapai puncak di harga $31.500 sebelum menghadapi resistensi dan relatif stabil dalam kisaran $30.000 hingga $31.000. Lonjakan dipicu berita Fidelity Investments akan mengikuti jejak BlackRock dengan meminta persetujuan untuk ETF Bitcoin. Namun hari Rabu, harga sempat turun di bawah $30.000 karena investor mengambil jeda untuk menilai waktu persetujuan potensial oleh SEC (Securities and Exchange Commission) dan dampak tekanan inflasi.

Momentum naiknya harga BTC, MicroStrategy (MSTR) mengumumkan telah mengakuisisi 12.338 Bitcoin tambahan dalam periode 27 April dan 27 Juni, dengan harga pembelian rata-rata U$28.136. Total kepemilikan Bitcoin MicroStrategy naik menjadi 152.333 dengan harga rerata per BTC dalam keseluruhan kepemilikan sebesar $29.688, dan total nilai aset kepemilikan BTC mencapai $4,6 miliar.

Semua berita positif pekan lalu membantu pergerakan harga BTC secara positif. Di lihat dalam chart di bawah ini, BTC berada jauh di atas Moving Average (MA) 200 minggu (garis biru). Di mana dalam dua kesempatan sebelumnya, keluar dari descending triangle yang berarti momentum kenaikan lurus ke atas. Namun kali ini, BTC dalam pergerakan sideways.

ETH masih berada dalam pola kelanjutan falling wedge dengan support berada di 0.0585. ETH masih mengharapkan momentum kenaikan ETH/BTC setelah berhasil menembus support teratas dari pola falling wedge.

Dengan kenaikan signifikan BTC, Dominasi BTC naik ke level tertinggi sejak April 2021. Resistensi diperkirakan ada di 52% yang secara historis berfungsi sebagai resistensi yang kuat.

Analisis On-Chain

  • ūüďä Bursa Pertukaran: Cadangan devisa terus meningkat, menunjukkan tekanan jual yang lebih tinggi. Nett deposit di bursa lebih rendah dari rata-rata 7 hari, yang menunjukkan penurunan tekanan jual.
  • ūüíĽ Penambang: Para penambang menjual kepemilikan dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun, dengan lebih banyak investor yang mendapatkan keuntungan dari penjualan. Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata, namun mereka memiliki kecenderungan untuk mempertahankan koin mereka. Investor saat ini di tengah pasar bullish berada dalam fase kecemasan karena keuntungan mereka belum direalisasi, yang dapat mengindikasikan puncak pasar.
  • ūüŹ¶ Derivatif: Trader dengan posisi long menjadi dominan dan bersedia membayar kepada short trader, menunjukkan sentimen beli yang sangat kuat di pasar derivatif. Terdapat lebih banyak order beli yang diisi oleh pengambil posisi, meningkatkan minat terbuka dan menunjukkan adanya lebih banyak likuiditas, volatilitas, dan perhatian yang masuk ke pasar derivatif. Tren peningkatan minat terbuka dapat mendukung tren harga saat ini.
  • ūüĒĬ†Indikator Teknikal: RSI menunjukkan kondisi overbought di mana 74% pergerakan harga dalam 2 minggu terakhir telah meningkat dan mungkin terjadi pembalikan tren. Sementara itu, MACD menunjukkan kondisi jenuh beli di mana harga saat ini mendekati level tertinggi dalam 2 minggu terakhir dan juga bisa terjadi pembalikan tren.

Berita Seputar Altcoins

  • Ethereum Name Service (ENS) umumkan rencana ekspansi ke ekosistem Layer 2. Ekspansi yang dicanangkan ini bertujuan untuk mencapai interoperabilitas dengan domain ENS pada solusi Layer 2, sekaligus sebagai peningkatan yang signifikan untuk masa depan, dengan tujuan membuat pendaftaran dan perdagangan nama domain lebih mudah diakses oleh pengguna yang lebih luas. Rencana ekspansi melibatkan pemanfaatan resolver off-chain dan memanfaatkan kontrak registrasi off-chain ENS dan berbagai penyedia layanan seperti cb.id, Lens Protocol, dan OptiNames. Selain itu, tahun ini akan ada pengenalan perdagangan domain DNS sebagai NFT di blockchain Ethereum, dengan harapan dapat mendukung impor domain ‚Äúgasless‚ÄĚ di akhir tahun.
  • ZkSync Luncurkan ZK Stack, sebuah kerangka modular untuk serangkaian blockchain yang disebut Hyperchains di dalam lapisan Ethereum layer-2. Seperti Superchains dari Optimism, rantai-rantai ini akan beroperasi sebagai lapisan baru di atas protokol layer-2 yang memiliki interoperabilitas, memungkinkan likuiditas yang hampir instan dan transfer flash loan antara protokol yang berbeda. Hyperchains ini akan digunakan oleh proyek-proyek dengan kebutuhan khusus, seperti game, media sosial, bursa, dan bank.

Berita Lainnya dari Dunia Crypto dalam Sepekan Terakhir

  • Koleksi Baru Azuki Menuai Sorotan Negatif. Azuki, salah satu koleksi NFT anime terpopuler, baru-baru ini merilis koleksi the Elementals yang menghasilkan $38 juta dolar AS dalam waktu 15 menit saja. Namun, situasi berubah 180 derajat saat para pemegang Elementals menjual koleksi mereka di bawah harga asli setelah merasa kecewa melihat karya seninya yang tidak jauh berbeda dengan koleksi Azuki yang sebelumnya.

Performa Aset Crypto Sepekan Terakhir

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Flow (FLOW) +31,46%
  • Compound (COMP) +17,22%
  • Maker (MKR) +7,14%
  • Uniswap (UNI) +6,42%

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Neo (NEO) -6,45%
  • Rocket Pool (RPL) -6,37%
  • VeChain (VET) -3,03%
  • ApeCoin (APE) -2,68%

Referensi

Penulis:Moch. Yoga Samudera

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan