Mengenal Faucet dalam Industri Crypto

Update 25 Jul 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 4 Menit
Gambar Mengenal Faucet dalam Industri Crypto
Reading Time: 4 minutes

Faucet crypto kerap kali menjadi pilihan bagi para investor untuk mendapatkan aset crypto secara gratis. Semula, faucet merupakan cara untuk mengenalkan aset crypto bagi orang-orang yang tertarik dan mau belajar soal crypto. Seiring perkembangan waktu, kini aset crypto yang didapat dari faucet lebih banyak digunakan sebagai token testnet. Lalu, apa itu faucet dan apa saja kegunaannya? Cari tahu jawabannya melalui artikel berikut.

Ringkasan Artikel

  • ūüöį¬†Faucet adalah mekanisme yang memungkinkan pengguna mendapatkan sejumlah aset crypto dalam jumlah kecil secara gratis dengan menyelesaikan beberapa misi.
  • ‚öôÔłŹ¬†Cara kerja faucet cukup sederhana, pengguna hanya perlu mendaftar pada website faucet dan akan mendapatkan micro wallet sebagai tempat menyimpan imbalan. Setelah mencapai batas tertentu, barulah imbalan tersebut dipindahkan ke wallet crypto pengguna.
  • ‚Ěď Banyak yang menganggap bahwa faucet tidak berharga karena usaha yang dilakukan tidak sepadan dengan risiko dan imbalan yang diperoleh.

Apa itu Faucet?

Faucet adalah mekanisme yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan sejumlah aset crypto dalam jumlah yang kecil secara gratis. Pengguna hanya perlu menyelesaikan beberapa instruksi dan setelahnya akan mendapatkan imbalan. Istilah ‚Äúfaucet‚ÄĚ yang merupakan bahasa inggris dari kata keran, mengacu pada mekanisme pemilik proyek ‚Äúmengalirkan‚ÄĚ aset crypto ke pengguna.

Tujuan utama dari faucet adalah mempromosikan aset crypto tertentu. Selain itu, ia juga memberikan kesempatan agar orang-orang bisa menggunakan dan memahami cara kerja aset crypto tanpa harus membeli atau menambangnya. Dengan demikian, semua orang bisa mencoba menggunakan aset crypto tersebut tanpa harus khawatir akan risiko yang membayanginya.

Selain faucet, metode lain yang digunakan dalam bagi-bagi aset crypto adalah airdrop. Keduanya mempunyai konsep yang sama, yakni pengguna harus menyelesaikan misi dan yang terpilih akan memperoleh imbalan sejumlah aset crypto. Tapi, imbalan dari airdrop jauh lebih besar dibandingkan faucet.

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut soal airdrop, Pintu Academy telah menyiapkan artikelnya di sini.

Cara Kerja Crypto Faucet

Jika kamu tertarik mendapatkan faucet, caranya cukup sederhana. Pengguna hanya perlu mengunjungi website faucet dan melakukan registrasi. Setelah registrasi, pengguna secara otomatis mendapatkan micro wallet, yang nantinya akan digunakan sebagai tempat menyimpan imbalan dari faucet.

Cara kerja faucet crypto
Faucet akan membagikan aset crypto ke micro wallet pengguna yang telah menyelesaikan masing-masing instruksi. Sumber: Kinesis Money

Berikutnya, pengguna hanya perlu mengikuti instruksi dan menyelesaikan misi yang diberikan. Umumnya, misi tersebut berupa menonton video iklan, menyelesaikan survei, atau memainkan game. Mudahnya tugas dan tak perlunya modal menjadikan faucet dianggap sebagai metode paling mudah dalam mendapatkan aset crypto.

Umumnya, pengguna tidak bisa langsung mencairkan aset crypto yang didapat karena harus terlebih dahulu memenuhi batas imbalan yang ditentukan. Katakanlah batas minimal pencairan adalah aset crypto senilai US$ 10, ketika sudah tercapai, barulah crypto tersebut dikirimkan ke dompet crypto masing-masing pengguna. Faucet juga biasanya membatasi jumlah misi yang bisa dijalankan setiap harinya. Hal ini sebagai bentuk pencegahan dari eksploitasi bot ataupun kecurangan lainnya.

Apakah Faucet Berharga?

Faucet sangat populer ketika industri crypto baru berkembang dan populer pada beberapa tahun yang lalu. Semula faucet hadir dengan tujuan agar semakin banyak orang yang mau mempelajari mengenai aset crypto dan berinvestasi di dalamnya. Bagi yang baru belajar, bisa mempunyai crypto tanpa mengeluarkan modal dan mendapatkannya secara mudah tentu menjadi keuntungan tersendiri.

Namun, seiring jumlah aset crypto yang didapat dari faucet sangat kecil, banyak yang mempertanyakan apakah faucet berharga. Belum lagi, waktu dan tenaga yang dikeluarkan untuk menjalankan misi-misi yang dilakukan terkadang tidak sebanding dengan imbalan yang diperoleh. Terlebih dengan adanya risiko situs faucet yang palsu dan dijadikan sebagai modus scam. Tak pelak, banyak juga yang menganggap faucet tidak berharga karena usaha dan risikonya tidak sepadan dengan imbalan yang didapat.

Belakangan, penggunaan faucet juga sudah mulai bergeser. Saat ini, faucet lebih banyak digunakan untuk mendistribusikan gas tokens pada testnet ataupun blockchain baru.

Apakah Faucet Crypto Terpercaya?

Meskipun cukup menarik untuk dilakukan, nyatanya hanya ada sebagian situs faucet crypto terpercaya. Beberapa analis dan ahli memperingatkan pengguna untuk berhati-hati dengan situs faucet crypto palsu. Selain itu, beberapa situs juga memberikan bayaran tidak sepadan (imbalan terlalu sedikit dibandingkan beban kerja yang dilakukan).

Situs yang aman biasanya telah dipercaya banyak pengguna dan berdiri sejak lama. Secara proses, faucet crypto dinilai cukup aman dan terjamin karena pengguna tidak perlu menyerahkan private key milik mereka.

Kesimpulan

Walaupun popularitas faucet semakin memudar dan semakin banyak yang mempertanyakan nilainya yang tidak sebanding dengan usahanya, faucet tetap berkontribusi penting dalam ekosistem crypto. Saat ini, faucet cenderung digunakan untuk mendistribusikan gas tokens pada testnet atau blockchain baru. Namun, faucet tetap jadi elemen penting bagi ekosistem crypto karena memberikan pengguna kesempatan untuk mencoba dan memahami cara kerja crypto.

Beli Aset Crypto di Pintu

Tertarik berinvestasi pada aset crypto? Tenang saja, kamu bisa membeli berbagai aset crypto seperti BTC, ETH, SOL, dan yang lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu juga kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

Penulis:Hikma Dirgantara

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan