Blockchain Modular L2 Ethereum di Celestia, Apa itu Manta Pacific Network (MANTA)?

Update 12 Feb 2024 • Waktu Baca 7 Menit
Gambar Blockchain Modular L2 Ethereum di Celestia, Apa itu Manta Pacific Network (MANTA)?
Reading Time: 7 minutes

Peluncuran token MANTA menjadi topik menarik di awal tahun 2024. Token MANTA menjadi token yang ditunggu-tunggu karena platform Manta Pacific mainnet telah diluncurkan pada September 2023. Manta Pacific berhasil menyalip Base sebagai blockchain L2 Ethereum terbesar ketiga berdasarkan Total Value Lock (TVL). Manta Pacific adalah salah satu dari dua jaringan utama Manta Network yang juga meliputi Manta Atlantic. Di artikel ini, kita akan membahas tentang apa itu Manta Network khususnya Manta Pacific dan mengeksplorasi mengapa platform ini tumbuh dengan cepat dan menjadi begitu menarik dalam industri blockchain.

Ringkasan Artikel

  • ⛓️ Manta Network adalah blockchain modular yang dikembangkan khusus untuk aplikasi berbasis zero-knowledge (ZK).
  • 🌊 Manta Network terdiri dari dua jaringan: Manta Pacific dan Manta Atlantic. Manta Pacific adalah protokol Layer 2 (L2) Ethereum yang mendukung Ethereum Virtual Machine (EVM) untuk aplikasi ZK, sedangkan Manta Atlantic adalah protokol Layer 1 (L1) dengan kemampuan ZK di Polkadot.
  • 🥇 Saat ini, Manta Pacific beroperasi menggunakan OP Stack Rollup dan memanfaatkan data availability (DA) dari Celestia (stage 2 roadmap Manta Pacific). Hal ini menjadikan Manta Pacific sebagai L2 Ethereum pertama yang berada di Celestia.
  • ✨ Sejak diluncurkan pada September 2023, Manta telah menjadi L2 Ethereum terbesar ketiga dengan total TVL mencapai 1.5 miliar dollar AS, memproses 12+ juta transaksi, dan memfasilitasi 200+ aplikasi ZK dalam ekosistemnya.

Apa itu Manta Network (MANTA)?

Apa itu Manta Network? Manta Network adalah blockchain modular yang dibangun untuk aplikasi berbasis zero-knowledge (ZK). Aplikasi ZK adalah dApps generasi berikutnya yang berfokus pada keamanan pengguna dalam dunia Web3.

Ada dua jaringan yang beroperasi di dalam Manta Network yaitu Manta Pacific dan Manta Atlantic. Kedua jaringan ini menawarkan ZK tools yang menyederhanakan penerapan aplikasi ZK. Hal ini karena penerapan aplikasi ZK masih melibatkan sistem komputasi yang kompleks.

Beberapa proyek atau aplikasi ZK yang menggunakan infrastruktur dan tools Manta adalah Proof of My Possessions (POMP), zkHoldem, AsMatch, Zypher Games, Aperture, dan lain-lain.

Manta Pacific adalah protokol Layer 2 (L2) Ethereum yang mendukung EVM untuk aplikasi ZK. Dengan memanfaatkan blockchain Celestia untuk ketersediaan data (DA), platform ini dapat memangkas biaya implementasi aplikasi ZK. Hal ini juga membuat Manta sebagai L2 Ethereum pertama yang berada di Celestia.

Apa itu Layer 2 yang menjadi jenis blockchain Manta Pacific Network. Baca selengkapnya di artikel ini.

Saat ini, Manta Pacific masih menggunakan OP Stack Rollup (stage 2 roadmap Manta Pacific). Selanjutnya, mainnet Manta Pacific akan beralih ke zkEVM sepenuhnya menggunakan Polygon CDK.

Manta Atlantic adalah protokol Layer 1 (L1) dengan kemampuan ZK di Polkadot. Ia menyediakan lingkungan penerapan aplikasi ZK melalui token SoulBound (zkSBT). Sebagai rantai ZK L1 tercepat di Polkadot, Manta Atlantic memungkinkan identitas dan kredensial di Web3 dapat diprogram melalui zkSBT.

Pahami lebih dalam tentang konsep Soulbound Token yang merupakan teknologi identifikasi di dunia Web3 di artikel ini.

Siapa Pendiri Manta Network?

Manta Network diciptakan pada tahun 2020 oleh sebuah tim yang beranggotakan Kenny Li, Victor Ji, dan Shumo Chu. Mereka adalah individu berpengalaman dari berbagai institusi terkemuka, seperti MIT, Harvard, dan Algorand.

Mereka kemudian mendirikan P0x Labs, sebuah laboratorium terdesentralisasi yang membangun teknologi zero-knowledge inovatif. Kemudian pada Maret 2023, mereka memperkenalkan zkSBT bersama dengan Manta NPO (platform untuk minting zkSBT) dan wallet extension-nya.

Manta memperkenalkan Manta Pacific testnet pada July 19 2023 dan secara resmi meluncurkan mainnet-nya pada 12 September 2023. Tak lama setelahnya, pada Desember 2023 Manta kembali meluncurkan New Paradigm, sebuah cara mendapatkan imbalan dari koin native ETH dan stablecoin melalui berbagai dApps di ekosistem Manta Pacific.

Proyek ini telah mengumpulkan pendanaan total senilai 60 juta dollar dari penjualan token dan pendanaan Serie A. Beberapa perusahaan yang mendukung Manta seperti Polychain, Qiming Ventures, CoinFund, ParaFi Capital, Binance Labs, dan perusahaan lainnya.

Cara Kerja Manta Pacific

Sumber: Manta Network

Manta Pacific memungkinkan developer untuk membangun dan meluncurkan aplikasi ZK dengan mudah dan biaya yang efisien. Ditambah memberikan akses pada pengguna ke lingkungan yang cepat dan aman untuk berpartisipasi dalam ekosistem DeFi yang berkembang.

Manta Pacific menyediakan lingkungan yang dapat diskalakan dan biaya yang efisien untuk aplikasi Ethereum Virtual Machine (EVM)-native, termasuk aplikasi ZK.

Mainnet Manta Pacific saat ini sedang bertransisi ke implementasi zkEVM secara penuh dengan menggunakan Polygon CDK. Saat ini, Manta Pacific beroperasi menggunakan OP Stack Rollup dan ketersediaan data (DA) dari Celestia.

Berikut cara kerja Manta Pacific:

  • Optimistic Rollup: Saat ini, Manta Pacific beroperasi menggunakan teknologi OP Stack Rollup. Dengan menggunakan optimistic rollup, Manta Pacific dapat memproses transaksi secara efisien dengan menggabungkan banyak transaksi ke dalam satu blok.
  • Data Availability (DA): Untuk memastikan ketersediaan data transaksi, Manta Pacific sebelumnya menggunakan Ethereum, tetapi pada bulan Desember 2023, ia beralih ke solusi ketersediaan data khusus yang disediakan oleh Celestia. Hal ini memungkinkan Manta Pacific untuk mengurangi biaya transaksi jaringan L2 dan menghemat gas fee bagi pengguna.
  • Penerapan Bridge: Pengguna di Manta Pacific dapat menggunakan New Paradigm bridge untuk menghubungkan aset seperti ETH dan stablecoin (misalnya, USDC) dari Layer-1 (L1) ke Layer-2 (L2). Cara ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil tambahan dengan memanfaatkan aset mereka di dalam aplikasi DeFi yang didukung di Manta Pacific .
  • Universal Circuits: Manta Pacific merilis Universal Circuits untuk memperbaiki pengalaman developer dalam menerapkan aplikasi ZK di EVM. Dengan Zk Library, developer dapat dengan mudah memanggil kontrak ZK untuk smart contract Solidity dan aplikasi yang sudah ada.

Kelebihan Manta Pacific

  • Interoperabilitas EVM: Manta Pacific memungkinkan interoperabilitas dengan berbagai protokol dan jaringan blockchain EVM lainnya. Hal ini dapat memperluas fleksibilitas dan koneksi ekosistemnya.
  • Skalabilitas dan Efisiensi Biaya: Dengan menggunakan teknologi data availability (DA) Celestia dan zkEVM, Manta Pacific menyediakan lingkungan yang dapat diskalakan dan biaya yang efisien untuk aplikasi ZK.
  • Universal Circuits 2.0: Penggunaan Universal Circuits memberikan tools yang kuat kepada developer untuk membangun aplikasi ZK dengan lebih cepat dan efisien.
  • Dukungan Komunitas dan Pemegang Token: Manta Pacific memberikan manfaat kepada pemegang token, kontributor, dan pengguna melalui pemberian imbalan atas aktivitas on-chain yang berkelanjutan dan insentif ekosistem yang memberikan nilai tambah.

Token MANTA sebagai Investasi

Setelah mengetahui penjelasan tentang apa itu Manta, kini kita beralih ke token MANTA. MANTA adalah native token Manta Network yang memainkan peran penting dalam jaringan Manta Pacific dan Manta Atlantic. Pada Manta Pacific, token MANTA dirancang untuk tumbuh dengan aktivitas on-chain yang memberikan nilai kepada pemegang token, kontributor, developer, dan pengguna.

Berikut beberapa fungsi MANTA dalam ekosistem Manta Pacific sebagai token utilitas dan tata kelola:

  1. Akses ke layanan dan fitur dalam ekosistem Manta.
  2. Hak partisipasi dalam pengambilan keputusan terkait masa depan protokol.
  3. Investasi dalam pertumbuhan ekosistem Manta.
  4. Insentif untuk kontribusi dalam pembangunan ekosistem.
  5. Pendapatan pasif dari pendapatan sequencer dan penghematan gas fee.
  6. Sebagai alat pembayaran dalam transaksi di ekosistem Manta.
Sumber: Coinmarketcap

Token MANTA diluncurkan pada 18 Januari 2024. Total pasokan awal MANTA pada saat peluncuran adalah 1 miliar token. Baik jaringan Pacific maupun Atlantic akan memiliki masing-masing dari 1 miliar token ini. Karena likuiditas mengalir di antara kedua jaringan, maka token akan dikunci dan dibuka di pool likuiditas Celer bridge.

Per 7 Februari 2024, token MANTA berada di harga 2.5 dollar AS dengan trading volume harian hampir 180 juta dollar AS. Token MANTA yang baru diluncurkan awal tahun 2024, mampu berada di urutan ke-94 berdasarkan jumlah market cap yang mencapai 650 juta dollar AS.

Dengan inovasi-inovasi ‘game changer’ Manta Pacific, Manta dengan cepat menarik perhatian komunitas crypto. Hal ini terbukti dengan peningkatan TVL dari 10 juta dollar AS menjadi 20 juta dollar AS pada bulan Oktober-November 2023. Saat ini, TVL Manta Pacific sudah mencapai 1.5 miliar dollar AS!

Sejak peluncurannya pada September 2023, Manta Pacific telah memproses lebih dari 12 juta transaksi dan menarik pengguna baru lebih dari 200.000. Peningkatan ini sehubungan dengan peluncuran New Paradigm Campaign.

New Paradigm Campaign memungkinkan pengguna untuk menyetorkan ETH pada platform Manta, kemudian sistem akan melakukan staking ETH dan memberikan imbal hasil kepada pengguna. Jika pengguna menyetor stablecoin USDC, sistem akan memberikan imbal hasil dari U.S. Treasury melalui mitra platform Mountain Protocol.

Selain itu, kerja sama dengan mitra terbaik seperti Celestia, Polygon, dan LayerZero telah membantu Manta Pacific menjadi L2 Ethereum ketiga teratas. Hal tersebut menunjukkan pertumbuhan yang cepat dalam waktu cukup singkat.

Roadmap Manta Pacific

Sumber: Manta Network

Dalam roadmap Manta Pacific, ia bersiap untuk meningkatkan skalabilitas L2 di masa depan dengan bertransisi dari OP Stack Rollup ke zkEVM Validium menggunakan Polygon CDK. Langkah ini membantu para developer dalam membangun dApps di ekosistem yang sudah dikenal (Polygon) sehingga berpotensi meningkatkan adopsi Manta yang lebih luas.

Ada empat fase dalam transisi tersebut yang bisa dilihat pada gambar di atas. Saat ini, Manta Pacific telah menyelesaikan fase kedua yang artinya Manta Pacific beroperasi menggunakan OP Stack Rollup dan memanfaatkan data availability (DA) dari Celestia.

Transisi ini menjadi fokus utama Manta pada tahun 2024. Selain itu, Manta juga berencana untuk memperluas tools infrastructure-nya seperti Universal Circuits yang menyederhanakan pengembangan aplikasi ZK.

Kesimpulan

Manta Network (MANTA) adalah blockchain modular yang dirancang untuk aplikasi berbasis zero-knowledge (ZK) dalam ekosistem Web3. Terdiri dari dua jaringan, Manta Pacific dan Manta Atlantic, Manta Network menyediakan ZK tools yang memudahkan penerapan aplikasi ZK.

Sejak diluncurkan pada September 2023, Manta telah menjadi L2 Ethereum terbesar ketiga dengan total TVL mencapai lebih dari 1.5 miliar dollar AS. Selain itu, sudah ada lebih dari 200 aplikasi ZK yang memanfaatkan Manta Pacific. Dengan pertumbuhan yang cepat dalam waktu relatif singkat membuat Manta Network menjadi salah satu proyek yang mencuri perhatian komunitas crypto.

Cara Membeli Token MANTA di Pintu

Setelah mengetahui apa itu Manta, kamu bisa mulai berinvestasi pada token MANTA dan berbagai macam altcoin di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli MANTA pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari MANTA.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai token MANTA!

Selain MANTA, kamu juga bisa membeli berbagai aset crypto seperti BTC, ETH, SOL, dan yang lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu juga kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial

Referensi

  1. Manta Network, Manta Network: 2023 — A Year of Innovation and Scaling, Medium, diakses 8 Februari 2024.
  2. Manta Network, Manta Network Docs, Manta, diakses 5 Februari 2024.
  3. Manta Network, $MANTA Tokenomics, Medium, diakses 6 Februari 2024.
  4. Jennifer Obem, Understanding Manta Network: A Comprehensive Overview, Messari, diakses 6 Februari 2024.
  5. Tim Copeland, Manta co-founder on why Manta Pacific became the third-largest Layer 2 network by TVL, The Block, diakses 6 Februari 2024.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan