Proyek NFT Buatan 9GAG, Apa itu Memeland (MEME)?

Update 24 Nov 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 6 Menit
Gambar Proyek NFT Buatan 9GAG, Apa itu Memeland (MEME)?
Reading Time: 6 minutes

Sebagai rumah bagi jutaan pengguna yang mencari meme, 9GAG tiba-tiba meluncurkan proyek ambisius, Memeland. Proyek ini memasuki ranah NFT dan membawa token baru yaitu MEME. Layaknya DOGE, SHIB, dan PEPE, MEME masuk ke kategori memecoin. Di artikel ini kita akan mengulas lebih dalam apa itu Memeland dan mengapa ia mendapatkan cukup banyak perhatian dari komunitas NFT.

Ringkasan Artikel

  • ūüĖľÔłŹ¬†Memeland adalah platform Web3 yang dikelola oleh 9GAG. Platform ini memiliki tiga proyek NFT yang saling berhubungan yaitu You The Real MVP, The Captainz, dan The Potatoz.
  • ūü§Ď¬†Memeland bertujuan membangun ekonomi kreator dan berfokus pada sektor SocialFi, dengan menghubungkan kreator dan komunitas melalui kreativitas, meme dan NFT.
  • ūüďϬ†MEME adalah token platform Memeland. Dalam whitepaper-nya tertulis bahwa MEME tidak memiliki kegunaan dan roadmap yang jelas. Token MEME ada hanya untuk hiburan pemiliknya.
  • ūüö߬†Tim developer Memeland sedang mengembangkan beberapa platform Web3 seperti Holders.com, GMGM.com, Stakeland, Petsland dan proyek metaverse Treasure Islandz.

Apa itu Memeland (MEME)?

Sumber: Memeland

Apa itu Memeland? Memeland adalah platform Web3 yang dikelola oleh 9GAG. 9GAG merupakan platform hiburan online yang menyediakan konten-konten lucu berbentuk meme. Didirikan pada 2008, 9GAG merupakan komunitas meme terbesar di internet dengan jutaan pengguna aktif.

Memeland memiliki konsep utama berupa NFT. Namun, Memeland bukan hanya tentang koleksi NFT. Ia adalah ekosistem yang melibatkan sistem keanggotaan, DAO, dan prinsip-prinsip Web3.

Platform ini bertujuan membangun ekonomi kreator dan berfokus pada sektor SocialFi, dengan menghubungkan kreator dan komunitas melalui kreativitas, meme dan NFT.

Memeland memiliki tiga proyek NFT yang saling berhubungan yaitu You The Real MVP, The Captainz, dan The Potatoz. Ketiganya masuk ke dalam ekosistem Memeland dan menjadi tiket masuk pada acara-acara di dalamnya.

Memeland memiliki token yaitu MEME. Token ini diluncurkan pada 3 November 2023 lalu. MEME juga diluncurkan di Binance Launchpool yang memungkinkan pengguna untuk melakukan farming MEME dengan staking BNB, TUSD, atau FDUSD.

Peluncuran token MEME yang bertajuk ‚ÄúAHOY!‚ÄĚ dilaksanakan di Hong Kong selama tiga hari. 9GAG dan investor Memecoin, Newman Group, turun langsung untuk memulai kampanye peluncurannya. Acara ini juga didukung oleh Pemerintah SAR Hong Kong, InvestHK, MTR, dan Cyberport.

Andras Arato (tengah) yang dikenal dengan meme Hide the Pain Harold, menjadi surprise guest dalam peluncuran token MEME di Hong Kong. Sumber: Marketing-Interactive.

Proyek NFT Memeland

Dalam ekosistem Memeland, ada tiga NFT utama yang berfungsi tidak hanya sebagai koleksi, tetapi juga sebagai aset untuk memasuki dunia Memeland dan mendapatkan imbalan. Ketiga NFT tersebut adalah You The Real MPV, The Potatoz, dan The Captainz.

1. You The Real MPV

Sumber: OpenSea

NFT You the Real MVP adalah koleksi OG Memeland yang terdiri dari 420 trofi emas. NFT ini dicetak pada bulan Juni 2022 dengan harga 5,3 ETH atau 6.535 dolar AS pada saat itu.

Pemegang NFT MVP memiliki keanggotaan premium dengan akses eksklusif di Memeland Discord, prioritas dalam drop NFT, acara in real life (IRL), dan kolaborasi eksklusif lainnya. Pemegang NFT MVP juga mendapatkan informasi pertama sebagai ‚Äėinsider‚Äô tentang fitur-fitur Memeland mendatang.

2. The Potatoz

Sumber: OpenSea

The Potatoz adalah koleksi NFT 9.999 Profile Picture (PFP) yang menawarkan kegunaan dan traits langka. NFT ini dapat berevolusi dalam 5 tahap dan berubah bentuk yang terinspirasi oleh meme internet dan budaya pop. NFT ini diluncurkan dengan sistem minting gratis pada bulan Juni 2022 kepada pemilik NFT MPV. Dalam waktu kurang dari 69 hari, The Potatoz menjadi 150 koleksi teratas di OpenSea.

Para pemegang NFT The Potatoz dapat mengumpulkan tiket untuk mengikuti undian hadiah mingguan, mendapatkan allowlist, NFT drops, akses ke acara IRL, dan lain-lain.

3. The Captainz

Sumber: OpenSea

NFT The Captainz adalah koleksi 9.999 PFP yang menampilkan meme internet dan budaya pop. Koleksi The Captainz mewakili keanggotaan tingkat utama di Memeland. Pemegangnya memiliki kegunaan dan fasilitas eksklusif, termasuk airdrop MEME dan akses ke Treasure Islandz.

Pemegang NFT ini juga memiliki akses ke Memeland DAO. Akses Memeland DAO memungkinkan pemegang NFT berpartisipasi dalam pengambilan keputusan terkait treasury, kemitraan, dan aturan tata kelola Memeland.

Memeland memiliki fitur Potion Hunt, sebuah undian hadiah mingguan. Untuk berpartisipasi, pengguna dapat menemukan ramuan dengan menjadi Kru Super (1 MVP + 9 Kapten + 27 Potatoz) dan Kru Penuh (1 Kapten + 3 Potatoz). Sayangnya, fitur ini dihentikan untuk sementara.

Token MEME (Memecoin)

Memecoin atau MEME adalah token platform dari ekosistem Memeland yang kompatibel dengan standard token ERC-20. Berdasarkan informasi dari whitepaper-nya, MEME tidak memiliki fungsi, kegunaan, atau nilai intrinsik yang jelas. Token MEME ada untuk tujuan hiburan.

Sumber: Memeland

Token MEME diluncurkan melalui Binance Launchpool pada 28 Oktober 2023. Kemudian, MEME secara resmi dapat diperdagangkan pada 3 November 2023, bersamaan dengan airdrop token MEME kepada pemegang NFT Memeland.

MEME memiliki total suplai sebanyak 69 miliar token. Alokasi token dapat dilihat pada gambar di atas. Dari total keseluruhan token, sudah ada 8.7 miliar MEME atau 12.75% yang telah beredar. Token MEME berada di peringkat 154 CoinMarketCap dengan market cap sebesar 230 juta dolar AS.

Pada peluncurannya, harga MEME menyentuh 0.022 dolar AS dengan volume trading harian sebesar 18 juta dolar AS. Saat ini (21 November 2023), harga MEME berada di level 0.027 dolar AS dengan volume trading harian sebesar 179 juta dolar AS.

Roadmap Memeland (MEME)

Sumber: Memeland

Dalam whitepaper Memeland, tertulis jelas bahwa ia tidak memiliki roadmap, kegunaan, dan ekspektasi keuntungan yang jelas. Tim developer Memeland menuliskan bahwa MEME adalah 100% hanyalah token meme.

Namun, tim Memeland sedang mengembangkan beberapa platform Web3 yang dapat meningkatkan pengalaman bagi komunitas. Platform yang sedang dikembangkan adalah layanan perjalanan di Holders.com, layanan berbagi video di GMGM.com, aplikasi staking Stakeland, dan platform khusus hewan peliharaan, Petsland.

Memeland NFT sebagai Pilihan Investasi

Salah satu aspek paling menarik dari Memeland adalah storytelling yang tertanam dalam NFT-nya. NFT dalam Memeland bukan hanya aset digital; mereka merupakan bagian dari narasi yang menarik.

Jika kamu penggemar NFT meme, Memeland bisa menjadi pilihan menarik. Meskipun pendekatan meme yang lucu dan berfokus pada komunitas tidak cocok untuk semua orang, proyek ini memiliki potensi untuk menjadi sangat populer di kalangan tertentu.

Selain itu, Memeland juga didukung oleh tokoh-tokoh terkemuka dalam komunitas, termasuk pendiri 9GAG, Ray Chan, serta investor terkemuka seperti pendiri Moonbirds, Kevin Rose, dan CEO VeeFriends, Gary Vaynerchuk.

Setelah meluncurkan token MEME pada awal November 2023, proyek selanjutnya yang ditunggu-tunggu oleh komunitas adalah Treasure Islandz. Ini adalah proyek metaverse yang menjanjikan cerita dan lokasi menarik.

Tak hanya itu, proyek lain yang perlu diperhatikan di masa depan adalah Stakeland. Stakeland adalah protokol staking yang akan memperluas mekanisme staking Memeland melalui evolusi NFT Potatoz.

Kesimpulan

Memeland adalah platform Web3 yang dikelola oleh 9GAG, terkenal sebagai komunitas meme terbesar di internet. Ekosistem Memeland melibatkan tiga proyek NFT: You The Real MVP, The Potatoz, dan The Captainz. Selain NFT, Memeland memiliki token platform, MEME, yang diluncurkan pada awal November 2023.

Proyek NFT Memeland bukan hanya koleksi digital, melainkan bagian dari narasi yang menarik. Memeland memiliki potensi menjadi pilihan menarik untuk penggemar NFT meme, didukung oleh tokoh-tokoh terkemuka dalam komunitas. Meskipun tidak ada roadmap jelas untuk token MEME, proyek ini tengah mengembangkan beberapa platform Web3 tambahan.

Membeli Token MEME di Pintu

Setelah mengetahui apa itu Memeland (MEME), kamu bisa berinvestasi pada token memecoin atau MEME dan token lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. Memeland Team, Memecoin Whitepaper, Memeland, diakses 21 November 2023.
  2. Harold, Memeland Review: 9GAG’s Interesting NFT Project, Coincu, diakses 21 November 2023.
  3. Vanessa Yuen, 9GAG‚Äôs Memeland banks on ‚ÄėHide the Pain Harold‚Äô to promote ‚ÄėMemecoin‚Äô launch, Marketing Interactive, diakses 21 November 2023.
  4. Jade Gao, What is Memeland: Everything About This MEME-powered NFT Ecosystem, DappRadar, diakses 21 November 2023.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan