Apa itu Ronin Network (RON)?

Update 26 Feb 2024 • Waktu Baca 7 Menit
Gambar Apa itu Ronin Network (RON)?
Reading Time: 7 minutes

Persaingan pada sektor blockchain gaming semakin ketat. Berbagai protokol baru berdatangan dengan segudang potensinya. Kendati begitu, Ronin sebagai salah satu blockchain gaming generasi awal masih memperlihatkan keunggulannya. Sepanjang 2023, Ronin berhasil mencatatkan metrik kinerja yang solid. Selain metrik kinerja, Ronin juga aktif menghadirkan beragam fitur baru yang menunjang kebutuhan para gamer. Lalu apa itu Ronin? Simak ulasan lengkapnya pada artikel berikut.

Ringkasan Artikel

  • ⛓️ Ronin adalah sebuah blockchain layer-1 yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM) dibuat khusus untuk ekosistem gaming.
  • ⚡ Ronin menggukanakan mekanisme konsensus Delegated Proof of Stake (DPoS) untuk meningkatkan skalabilitas, keamanan, dan menjaga biaya transaksi tetap rendah.
  • ✨ Tak hanya platform gaming, Ronin juga menawarkan fitur lain seperti Ronin Name Service, Ronin Wallet, dan Mavis Market.
  • 🪙 RON adalah native token pada ekosistem Ronin. Selain sebagai token utilitas, pemilik RON yang men-staking tokennya berpeluang mendapatkan airdrop dari proyek game yang dibangun di atas blockchain Ronin.

Apa itu Ronin?

Ronin adalah blockchain layer-1 yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM) dibuat khusus untuk ekosistem gaming. Ia telah membuktikan sebagai blockchain yang mampu meningkatkan skalabilitas sebuah game untuk mengakomodasi jutaan pengguna aktif harian. Selain itu, ia juga telah terbukti berhasil memproses NFT dengan total volume lebih dari $4 miliar.

Catatan tersebut tidak terlepas dari kemampuan Ronin dalam mengoptimalkan transaksi secara instan dengan biaya yang murah. Hasilnya, jutaan transaksi in-game bisa diproses secara seamless, menjadikan Ronin sebagai pilihan utama untuk game Web3.

Ronin didirikan oleh Sky Mavis, pembuat game Web3 yang sangat terkenal pada masanya, Axie Infinity. Sky Mavis merupakan startup crypto yang didirikan pada 2018 oleh Trung Nguyen, Aleksander Larsen, Jeffrey Zirlin, Viet Anh Ho Sy, and Tu Doan. Berdasarkan data Tracxn, Sky Mavis mempunyai 26 investor institusi di antaranya Animoca Brands dan Andreessen Horowitz, serta telah mengantongi pendanaan senilai $311 juta.

Ronin menjadi salah satu blockchain gaming dengan angka pertumbuhan paling fantastis sepanjang 2023. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan angka alamat aktif harian, kapitalisasi pasar, serta Total Value Locked (TVL).

Pada awal tahun 2023, alamat aktif harian Ronin tercatat hanya sekitar 12.000. Kini angkanya sudah mencapai lebih dari 200.000 atau naik hingga 16x lipat. Lalu, dari sisi kapitalisasi pasar, token RON milik RONIN jumlahnya kini sudah sebesar $500 juta. Padahal, pada awal tahun angkanya hanya sekitar $40 juta. Begitu pun dari sisi TVL. Angkanya telah naik dari $48 juta menjadi $145 juta.

Cara Kerja Ronin

Semula Ronin menggunakan mekanisme konsensus Proof of Authority (PoA). Pada mekanisme tersebut, Sky Mavis dan komunitasnya memilih validator yang terpercaya untuk menjalankan jaringan dan memverifikasi transaksi. Hanya saja PoA memerlukan kepercayaan yang tinggi antar validator yang terpilih.

Melihat tersebut sebagai hal yang kurang ideal, Ronin mengubah mekanisme konsensusnya menjadi Delegated Proof of Stake (DPoS) pada April tahun lalu. DPoS adalah mekanisme konsensus di mana pemilik token RON mendelegasikan token yang mereka stake ke validator. Nantinya, para validator tersebut akan memverifikasi transaksi, memproduksi block baru, dan menerima imbalan sebagai gantinya.

Melalui DPoS, siapapun bisa menjadi validator selama memiliki token RON. Dengan semakin terbukanya akses menjadi validator, jaringan Ronin bisa semakin terdesentralisasi dan lebih aman. Di saat bersamaan, Ronin masih mempertahankan kelebihan PoA seperti kecepatan pemrosesan transaksi dan biaya transaksi yang lebih rendah.

Semenjak beralih menjadi DPoS, beberapa institusi besar seperti Google, Animoca Brands, Nansen, dan DappRadar telah benkotribusi pada kemanaan jaringan Ronin dengan menjadi Governing Validator. Sementara banyak anggota komunitas lainnya yang kemudian menjadi Standard Validators. Tercatat, setidaknya terdapat 22 validator dan 20.000 delegator yang mengamankan Ronin dengan lebih dari 170 juta RON (60% dari pasokan beredar) yang di-stake.

Jumlah validator Ronin yang hanya 22 sebenarnya tergolong rendah, menjadikannya cenderung tersentralisasi. Untuk bisa menjadi validator di Ronin, pemilik token RON harus men-staking setidaknya 250.000 RON. Untuk meningkatkan desentralisasi, tim pengembang Ronin berencana untuk terus meningkatkan jumlah validator, sekaligus menurunkan persyaratannya.

Fitur Ronin

Ronin mempunyai beragam fitur yang dapat menunjang kebutuhan para gamers Web3. berikut ini adalah beberapa fiturnya:

1. Platform Gaming

Sebagai platform gaming, Ronin telah menjadi hub bagi berbagai blockchain games yang inovatif dan kreatif. Tentu Axie Infinity menjadi game terbesar dan paling populer yang ada di Ronin. Ia merupakan salah satu pionir game blockchain berbasis Play-to-Earn yang sempat booming pada 2021 silam. Bahkan, hingga saat ini Axie Infinity masih jadi salah satu game Web3 paling populer.

Sementara itu ada juga Pixels, game terbaru di Ronin. Ia merupakan game P2E yang memungkinkan pemainnya berkebun, berkumpul, dan membangun rumah sendiri di Pixels. Pixels sudah memiliki lebih dari 900 ribu pengguna dan bekerja sama dengna 84 koleksi NFT yang diubah menjadi karakter di Pixels. Selain itu, masih terdapat game lain seperti Battle Bears Heroes, The Machine Arena, Axie Champions, Aperion, dsb.

2. Ronin Name Service

Ronin Name Service (RNS) adalah sistem penamaan pada blockchain Ronin yang memungkinkan pembuatan nama domain .ron menjadi lebih mudah dibaca. Ia dibuat mengikuti konsep Ethereum Name Service (ENS) milik Ethereum. Namun yang menjadi pembedanya adalah adanya anti-squatting fee. Biaya tersebut memberikan pengguna peluang lebih besar untuk memilih username sesuai dengan pilihannya.

Dengan RNS, tak ada lagi domain ronin:41d8cf42236b9a9582d7ad423. Pengguna bisa mengubahnya menjadi username yang lebih bersahabat, misalnya menjadi pintuacademy.ron. RNS telah terintegrasi dengan permainan, wallets, dan dapps, menjadikan domain .ron tersebut layaknya username pada seluruh ekosistem Ronin. Layanan RNS dapat diakses melalui id.roninchain.com.

3. Ronin Wallet

Ronin Wallet adalah dompet crypto untuk ekosistem blockchain Ronin yang tersedia dalam ekstensi web browser dan aplikasi mobile untuk iOS dan Android. Saat ini, tercatat sudah ada 12 juta alamat Ronin Wallet di mana sebanyak 1,2 juta alamat baru dibuat sepanjang 2023 lalu.

Pada awal tahun ini, Ronin Wallet telah menambahkan beberapa fitur baru sebagai upaya meningkatkan kemampuan walletnya. Pembaruannya meliputi penahambahan jaringan yang mendukung blockchain lain seperti Polygon dan BNB Chain. Selain itu, Ronin Wallet juga menambahakan fitur Binance Pay yang memungkinkan pengguna untuk membeli token yang ada di ekosistem Ronin.

4. Mavis Market

Pada Mei 2023, Ronin resmi meluncurkan Mavis Market, sebuah marketplace generalized NFT. Melalui Mavis Market, kreator NFT dapat meluncurkan atau melakukan migrasi koleksi NFT mereka. The CyberKongz merupakan NFT pertama yang diluncurkan melalui Mavis Market.

Salah satu pembeda Mavis Market dari marketplace NFT lainnya adalah pendekatan yang digunakan pada struktur royalti, yakni guaranteed creator royalties. Pendekatan tersebut memungkinkan kreator untuk menentukan persentasi royalti atas karya mereka. Sementara Sky Mavis dan Ronin masing-masing menetapkan potongan biaya sebesar 2% dan 0,5% dari transaksi yang dilakukan pembeli NFT. Sementara sisanya akan menjadi pendapatan penjual.

Kelebihan Ronin

  • 🤑 Biaya transaksi yang rendah. Dengan mekanisme DPoS, Ronin berhasil menurunkan biaya transaksi menjadi lebih rendah dibandingkan Ethereum. Sebagai blockchain yang memfokuskan pada sektor gaming, biaya yang rendah jadi aspek penting mengingat banyaknya transaksi in-game yang akan dilakukan pengguna.
  • ⚡ Pemrosesan transaksi yang cepat. Selain biaya yang rendah, proses transaksi juga harus cepat. Hal ini guna memastikan pengalaman jual-beli NFT dan aset in-game agar lebih seamless. Perpaduan DPoS dan PoA memungkinkan Ronin memenuhi hal tersebut.
  • 💪 User base yang terus tumbuh. Sepanjang 2023, seluruh metrik Ronin memperlitkan pertumbuhan yang solid. Hal ini membuat Ronin menjadi tempat yang potensial untuk mengembangkan game dan dapps seiring dengan terus tumbuhnya pengguna mereka.

Token RON sebagai Investasi

RON adalah native token pada ekosistem Ronin. Ia mempunyai beragam utilitas seperti pembayaran transaksi di Ronin, tata kelola pada jaringan Ronin, serta untuk staking.

RON tercatat mempunyai total pasokan sebesar 1 miliar token di mana saat ini hanya 299 juta RON yang beredar di pasar. Harga token RON sempat tertahan di bawah $0,5 sepanjang 2023. Namun, mendekati akhir tahun 2023, token tersebut mulai berada dalam rally positif. Pada 26 Februari 2024, harga RON sudah berada di level $3,07.

Tim pengembang Ronin tengah mengembangkan teknologi Zero-Knowledge (ZK) rollups untuk meningkatkan skalabilitas Ronin. Penggunaan ZK rollups akan memungkinkan volume transaksi yang lebih besar dan memastikan biaya transaksi tetap rendah.

Sebagai salah satu blockchain gaming dengan pertumbuhan metrik yang solid, RON bisa menjadi salah satu token dari sektor gaming yang potensial. Apalagi, sektor GameFi sedang berbenah dengan kehadiran beragam generasi baru proyek GameFi. Jika narasi GameFi kembali menguat sangat mungkin hal tersebut menjadi katalis positif untuk token RON. Namun, RON akan bersaing ketat dengan blockhain gaming lainnya seperti Beam, Immutable X, Treasure, dsb.

Selain dari kenaikan harga token, potensi token RON juga datang dari peluang mendapatkan airdrop. Belum lama ini, pemilik RON yang men-staking tokennya mendapatkan jatah airdrop token PIXEL. Oleh sebab itu, besar kemungkinan proyek game lain yang dibangun menggunakan blockchain Ronin juga akan membagikan airdrop bagi RON stakers.

Kesimpulan

Ronin adalah blockchain L1 yang kompatibel dengan EVM, dirancang khusus untuk ekosistem gaming. Blockchain ini telah terbukti meningkatkan skalabilitas game, mampu mengakomodasi jutaan pengguna aktif harian, dan berhasil memproses NFT dengan total volume lebih dari $4 miliar.

Ronin awalnya menggunakan mekanisme konsensus Proof of Authority (PoA) sebelum beralih ke Delegated Proof of Stake (DPoS) untuk meningkatkan desentralisasi dan keamanan. Ia punya beragam fitur meliputi platform gaming, Ronin Name Service, Ronin Wallet, dan Mavis Market. Selain potensi kenaikan harga token RON juga menawarkan peluang airdrop untuk pemilik yang melakukan staking.

Cara Membeli Token RON di Pintu

Setelah mengetahui perkembangan apa itu Ronin, kamu bisa mulai berinvestasi pada token RON dan berbagai macam altcoin di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli RON pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari RON.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai token RON!

Selain RON, kamu juga bisa membeli berbagai aset crypto seperti BTC, ETH, SOL, dan yang lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu juga kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

Penulis:Hikma Dirgantara

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan