Pemula
Disertai Video

Game AAA First-person Shooter (FPS) di Web3, Apa itu Shrapnel (SHRAP)?

Update 14 Dec 2023 • Waktu Baca 6 Menit
Gambar Game AAA First-person Shooter (FPS) di Web3, Apa itu Shrapnel (SHRAP)?
Reading Time: 6 minutes

Bermain game first-person shooter (FPS) seperti Call of Duty tidak hanya menjadi hiburan semata, tetapi juga sebuah pengalaman yang digemari ratusan juta orang. Pemain seringkali mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli senjata, armour, atau barang lainnya dengan tujuan meningkatkan level dan menelusuri area baru. Shrapnel muncul sebagai game FPS Web3 yang tidak hanya menjanjikan pengalaman bermain sekelas AAA, tetapi juga memperkenalkan konsep unik play-to-earn. Di artikel ini, kita akan membahas tentang apa itu Shrapnel meliputi gameplay dan keunikannya sebagai game Web3.

Ringkasan Artikel

  • 🔫 Shrapnel adalah game Web3 pertama berkonsep first-person shooter (FPS) yang beroperasi di jaringan Avalanche. Unreal Engine 5.2 membuat Shrapnel memiliki kualitas visual dan audio tingkat tinggi yang sering dikaitkan dengan game kelas AAA.
  • 🪖 Game ini menghadirkan konsep metaverse yang memungkinkan pemain menjelajahi dunia game yang luas. Dengan setting Sacrifice Zone yang misterius, pemain dapat mengeksplorasi lokasi tersembunyi, mengungkap rahasia, dan terlibat dalam cerita yang berkembang.
  • 🖼️ Pengguna tidak hanya berperan sebagai pemain, tetapi juga bisa menjadi kreator, kurator dan pemilik properti (land owner). Semua items dalam game ini merupakan NFT yang dapat diperdagangkan di marketplace Shrapnel.
  • 🤑 Shrapnel memiliki token native yaitu SHRAP yang berperan sebagai token utilitas dan tata kelola dalam ekosistem Shrapnel.

Apa itu Shrapnel (SHRAP)?

Sumber: Shrapnel

Apa itu Shrapnel? Shrapnel adalah game Web3 pertama berkonsep first-person shooter (FPS) yang beroperasi di jaringan Avalanche. Game tembak-tembakan ini disebut-sebut akan menjadi game FPS AAA 3D berbasis blockchain pertama dengan pengalaman gameplay yang mengesankan.

Game ini seperti penggabungan Roblox dan Call of Duty. Pemain di Shrapnel harus bertahan hidup dengan melewati lingkungan berbahaya, melawan musuh dan makhluk berbahaya, dan mencari perlengkapan untuk bertahan hidup di bumi yang telah hancur.

Shrapnel mengintegrasikan Unreal Engine 5.2 dan Anybrain untuk menyajikan pengalaman permainan yang berkualitas tinggi. Unreal Engine 5.2 membuat Shrapnel memiliki kualitas visual dan audio tingkat tinggi yang sering dikaitkan dengan game kelas AAA. Di sisi lain, Anybrain dapat mendeteksi perilaku curang pemain seperti penggunaan aimbot melalui analisis data interaksi.

Game AAA adalah game dengan pendanaan besar dalam hal produksi game sehingga menghasilkan nilai A dari segi grafis, audio, dan pengalaman bermain.

Pada game ini, pengguna tidak hanya berperan sebagai pemain, tetapi juga bisa menjadi kreator, kurator dan pemilik properti (land owner). Dengan demikian, pengguna dapat membuat, memperdagangkan, dan memiliki items yang dibuat sendiri secara on-chain. Semua items dalam game ini merupakan NFT yang dapat diperdagangkan di marketplace Shrapnel.

Shrapnel memiliki token native yaitu SHRAP. Token SHRAP dan ekonomi game yang didukung oleh teknologi blockchain memberikan pemain peluang nyata untuk mendapatkan penghasilan.

Game Shrapnel baru akan tersedia di tahun 2024. Untuk dapat memainkannya, kamu bisa mendapatkan early access melalui pembelian Extraction Packs dan download Shrapnel di PC.

Baca juga Apa Itu Illuvium (ILV)?

Siapa Tim Developer Shrapnel?

Shrapnel dikembangkan oleh Neon Machine, studio game yang berisi orang-orang berpengalaman dalam pembuatan game dan perusahaan besar seperti Halo, Call of Duty, Star Wars, Xbox, ConsenSys, Microsoft, dan Amazon. Mark Long, CEO Shrapnel dan mantan direktur produk digital HBO, berambisi untuk menciptakan game tembak-tembakan berkualitas blockbuster di mana pemain benar-benar memiliki dan menciptakan aset game.

Pada Oktober 2023, Neon Machine tercatat telah mengumpulkan pendanaan Serie A sebesar 20 juta dolar AS. Pendanaan ini dipimpin oleh Polychain Capital, dengan partisipasi dari Griffin Gaming Partners, Franklin Templeton, Brevan Howard Digital, dan lainnya.

Storyline dan Gameplay Shrapnel

Trailer game Shrapnel. Sumber: Youtube

Benturan besar antara asteroid 38 Sigma dan bulan menyebabkan kehancuran di bumi sehingga menciptakan Sacrifice Zone (The Zone) yang tidak dapat dihuni. Akibatnya, beredar rumor bahwa The Zone menjadi wilayah yang menyimpan rahasia bahan misterius dari Compound Sigma. Wilayah ini kemudian dijaga oleh kelompok paramiliter.

Negara dan perusahaan berspekulasi dan membuat Mercenary Extraction Forces (MEF) atau Pasukan Ekstraksi Tentara Bayaran untuk menjelajah The Zone. Di sinilah, pemain berperan sebagai Operator MEF yang berpartisipasi dalam perang sengit untuk menguasai The Zone dan mengungkap rahasia yang terkandung di dalamnya.

Di Shrapnel, pemain memiliki kesempatan untuk terlibat dalam clan wars dan guild wars yang berkompetisi untuk mendominasi wilayah dan sumber daya. Game ini menawarkan berbagai senjata, armours, dan perlengkapan lain yang dapat dikumpulkan dan ditingkatkan oleh pemain.

Shrapnel menyajikan pengalaman yang beragam dengan variasi mode permainan seperti deathmatch, capture the flag, domination, dan lainnya. Selain itu, game ini juga melibatkan pemain dalam metaverse. Shrapnel memiliki ekonomi yang didorong oleh para pemain, di mana mereka dapat membeli, menjual, dan memperdagangkan items menggunakan mata uang dalam game, yaitu SHRAP.

Secara keseluruhan, Shrapnel dirancang untuk memberikan pengalaman FPS yang unik dan imersif. Game ini memberikan pemain kepemilikan dan kontrol yang nyata atas pengalaman bermain mereka.

Cara Main Shrapnel

Shrapnel saat ini masih dalam tahap pengembangan. Tim developer mengumumkan akan meluncurkan game ini pada tahun 2024 dengan akses awal di tahun 2023.

Untuk memulai game, pemain dapat membuat Shrapnel Callsign. Shrapnel Callsign adalah nama publik yang secara unik mengidentifikasi kamu dalam game sebagai MEF Operator. Kemudian, kamu dapat memilih satu dari tiga kelas operator: Assault, Survivalist, atau Infosec.

Masing-masing kelas memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelemahan di satu kelas dapat dilengkapi dengan kekuatan dari kelas lain. Hal ini dapat mendorong dinamika strategi dan aliansi dalam game.

Sumber: Shrapnel

Untuk mendapatkan akses, kamu dapat membeli Extraction Packs. Setiap Extraction Pack berisi operators, gear, cosmetics, consumables, dan lain-lain. Paket ini terdiri dari tiga jenis yaitu light, medium, dan heavy. Selengkapnya kamu bisa lihat di sini.

Keunggulan dan Keunikan Shrapnel

  • Game AAA FPS Web3 pertama: Shrapnel digadang-gadang akan menjadi game first-person shooter pertama di dunia gamefi. Ini menjadi game yang sangat menarik bagi pecinta game seperti Call of Duty dan Uncharted.
  • Sistem Reputasi: Pemain memiliki reputasi khusus dalam Shrapnel berdasarkan tiga aspek yaitu permainan, kreasi, dan komunitas. Pemain yang memiliki reputasi tinggi akan membuat profil dan konten pemain lebih mudah ditemukan di peta dan marketplace Shrapnel.
  • Aspek Play-to-Earn: Shrapnel menggabungkan model play-to-earn, sehingga memungkinkan pemain untuk mendapatkan token SHRAP dengan bermain.
  • Membuat NFT: Pemain dapat membuat konten sendiri seperti vanity items dan map yang kemudian menjadi NFT. NFT tersebut dapat dimainkan di dalam game dan dijual di marketplace Shrapnel.
  • Proyek game berbasis komunitas (DAO): Pemain dapat berpartisipasi dalam memberi masukan atas dunia Shrapnel, seperti desain, roadmap, dan perkembangan proyek di masa mendatang.
  • Ekonomi game: Pemain dapat menghasilkan token SHRAP dengan cara menyelesaikan tantangan dan menjalankan misi dalam game.
Sumber: Shrapnel

Token SHRAP sebagai Investasi

Token SHRAP adalah token ERC-20 yang berperan penting dalam ekosistem Shrapnel. SHRAP memiliki pasokan maksimum sebanyak 3 miliar token. Per 11 Desember 2023, token SHRAP diperdagangkan di harga 0.34 dolar AS.

Sebagai token utilitas dan tata kelola, fungsi SHRAP dapat terlihat sebagai berikut:

  1. Tata kelola: SHRAP digunakan dalam pemilihan DAO dan sub-DAO. Pengguna dapat menggunakan SHRAP untuk voting pada konten yang dibuat oleh pemain.
  2. Menjalankan Validator: SHRAP digunakan untuk membayar validator dengan biaya subsidi dari protokol Shrapnel.
  3. Minting & Medium of Exchange: Pengguna dapat membayar biaya dalam SHRAP untuk minting konten yang dibuat oleh pemain, seperti peta, skin, dan aksesori. SHRAP juga berfungsi sebagai mata uang utama di Shrapnel Marketplace.
  4. Rewards (Hadiah): SHRAP diberikan sebagai imbalan kepada pemain atas konten yang mereka ciptakan atau hasil permainan mereka. SHRAP juga dapat diberikan atas partisipasi pengguna dalam pembuatan konten.
Sumber: Shrapnel

Menurut data dari Newzoo pada Januari 2022, game bergenre FPS memiliki jumlah pengguna aktif bulanan (MAU) tertinggi di antara semua game PC. Game FPS juga menghabiskan waktu bermain harian rata-rata lebih dari dua jam. Tingkat pengeluaran pada game FPS juga lebih tinggi dari game PC lainnya. Melihat gambaran ini, Shrapnel unggul dengan menawarkan semua fitur khas game FPS sehingga menjadikannya sebagai antisipasi yang menarik bagi para pemain.

Selain itu, Shrapnel dikembangkan oleh tim yang memiliki keahlian dalam desain game, pengembangan perangkat lunak, dan seni animasi. Mereka membawa pengalaman bertahun-tahun dalam menciptakan pengalaman gaming yang unik.

Dengan potensi pertumbuhan yang besar, terutama di platform PC, Shrapnel menawarkan masa depan yang cerah dan menjanjikan.

Kesimpulan

Shrapnel adalah game Web3 FPS yang menjajaki konsep first-person shooter (FPS) dengan operasi di jaringan Avalanche. Game ini menghadirkan mekanisme play-to-earn yang memungkinkan pemain untuk mendapatkan SHRAP dengan bermain dan menciptakan konten NFT sendiri.

Keunikan Shrapnel terletak pada statusnya sebagai game FPS AAA pertama di dunia gamefi dan sistem reputasi pemain yang mencakup aspek permainan, kreasi, dan komunitas. Dengan dukungan tim developer yang berpengalaman dan rencana peluncuran pada tahun 2024, Shrapnel menawarkan masa depan yang cerah bagi pecinta game FPS.

Beli Token SHRAP di Pintu

Setelah mengetahui apa itu Shrapnel (SHRAP), kamu bisa berinvestasi pada token SHRAP dan aset crypto lainnya seperti BTC, BNB, dan ETH tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. Shrapnel Team, Whitepaper, Shrapnel, diakses 8 Desember 2023.
  2. Play to Earn Games Team, Shrapnel – Game Review, Play to Earn Games, diakses 8 Desember 2023.
  3. playSHRAPNEL, Inside Look: Shrapnel’s Cinematic Trailer, Medium, diakses 8 Desember 2023.
  4. Maria Gracia Santillana Linares, Blockchain Game Maker Led By HBO Digital Alum Snags $20 Million Series A Funding, Forbes, diakses 8 Desember 2023.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan