Pemula
Disertai Video

Apa Itu Illuvium (ILV)?

Update 4 Nov 2022 ‚ÄĘ Waktu Baca 9 Menit
Gambar Apa Itu Illuvium (ILV)?
Reading Time: 9 minutes

Dunia gamefi dalam waktu dekat akan diramaikan dengan hadirnya game yang disebut-sebut sebagai AAA game (Triple-A game) pertama di dunia NFT gaming yakni Illuvium! Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu Illuvium, kamu bisa simak artikel berikut.

Ringkasan Artikel

  • ūüéģ¬†Game Illuvium adalah role-playing game (RPG) yang dibangun di atas blockchain Ethereum. Pemain dapat mengumpulkan Illuvial (monster penghuni dunia Illuvium) untuk bertarung dan menjualnya sebagai NFT di marketplace Illuvium.
  • ūüŹÜ¬†Illuvium akan menjadi game AAA pertama dengan efek khusus sinematik 3D sci-fi yang ada di dunia NFT gaming. Game AAA adalah game dengan pendanaan besar dalam hal produksi game sehingga menghasilkan nilai A dari segi grafis, audio, dan pengalaman bermain.
  • ūüíį¬†Illuvium memilki dua token di dalam game-nya, yakni token ILV dan token sILV2. Token ILV berfungsi sebagai token governance dan juga sebagai token untuk investasi bagi pemegangnya, sedangkan token sILV2 berfungsi sebagai ‚Äėalat tukar‚Äô untuk membeli produk dalam game Illuvium.
  • ‚ö°¬†Bekerja sama dengan ImmutableX, proses minting NFT di dalam game Illuvium menjadi cepat dan gratis.

Apa Itu Illuvium?

Apa itu Illuvium? Illuvium adalah game RPG berbasis blockchain yang menggabungkan mode dunia virtual 3D dan auto-battle game. Auto-battle game adalah mode permainan yang memfokuskan pada strategi pemilihan karakter dan kekuatan untuk bertarung yang selanjutnya pertarungan diselesaikan otomatis oleh komputer. Selain itu, pemain akan merasakan pengalaman bertualang di suatu planet untuk mengumpulkan Illuvial (karakter pada game ini) dan bertarung dengan Illuvial lain.

Dengan mengalahkan Illuvial musuh, pemain mendapatkan pilihan untuk menangkapnya. Secara bertahap, pemain akan membangun tim yang tangguh dan menjelajah ke region yang lebih berbahaya. Kemudian pemain dapat bertarung dengan pemain lain.

ūüí° llluvial adalah karakter makhluk asli yang menghuni dunia Illuvium berbentuk binatang buas yang mematikan. Pemain dapat mengangkap dan menggunakannya untuk bertarung di arena pertarungan dengan sistem auto-battle. Setiap Illuvial memiliki statistik, kelas dan affinity yang unik.

Game ini memberikan pemain keleluasaan untuk mengeksplor wilayah-wilayah di planet Illuvium dan membangun tim yang kuat terdiri dari para Illuvial.

Dengan memiliki Illuvial, berati kamu juga memiliki NFT yang dapat diperjualbelikan di marketplace yang tersedia di dalam game Illuvium.

NFT game Illuvium

Free-to-play game

Saat penulisan artikel ini (12 Oktober 2022), game Illuvium masih berupa closed beta testing. Artinya, game ini baru dapat dimainkan oleh orang-orang tertentu untuk mencoba game Illuvium dan belum dapat dimainkan untuk umum. Jika kamu berminat untuk mencobanya, bisa dengan cara daftar game Illuvium di play.illuvium.io.

Nantinya, untuk mulai memainkan game ini Illuvium menerapkan sistem free-to-play. Maksudnya, game dapat dimainkan tanpa biaya atau pembelian apapun. Pemain akan memulai permainan di Tier 0 Virtual Land. Pada Tier 0 hanya terdapat beberapa Illuvial saja yang dapat ditangkap. Free game ini memberikan kesempatan bagi pemain untuk dapat menikmati grafis yang menarik dan mengeksplor dunia Illuvium untuk memahami cara kerja permainan.

Pemain yang tertarik untuk bermain lebih lanjut kemudian dapat berpartisipasi dalam game yang berbayar dan mengumpulkan NFT Illuvial yang lebih banyak dan langka. Selain itu, pemain dapat ‚Äėmenambang‚Äô mineral dan barang langka lainnya menggunakan PSD (Polymorphic Subordinate Drone). Drone kemudian akan menempa mineral menjadi senjata atau aksesoris lainnya yang dapat pemain gunakan atau jual sebagai NFT di marketplace.

Siapa Pembuat Game Illuvium?

Game Illuvium dikembangkan oleh 75 anggota tim yang berpengalaman di bidangnya masing-masing. Anggota yang paling berpengaruh atau Co-Founder Illuvium adalah Kieran Warwick dan Aaron Warwick, saudara kandung pencipta platform DeFi, Synthetix, Kain Warwick.

Kieran Warwick adalah seorang pengusaha sukses asal Australia dan seorang crypto enthusiast. Ia menjadi salah satu penasihat di PathDAO, sebuah komunitas gaming Web3 yang saat ini menjadi sebuah perusahaan fintech. Sementara Aaron Warwick juga seorang pengusaha sukses dan game programer. Ia memiliki kertertarikan yang tinggi terhadap teknologi Artificial Intelligence (AI) dan pembuatan game.

Selain itu, anggota tim Illuvium yang terlibat adalah Nate Wells yang berperan sebagai produser game Illuvium. Ia memiliki pengalaman dalam industri gaming lebih dari 20 tahun. Selain itu, ia dikenal atas karyanya dalam mengembangkan game Bioshock & Bioshock Infinite The Last of Us, dan Rise of the Tomb Raider.

Berikut game trailer Illuvium yang menyajikan grafis sci-fi berkualitas tinggi dengan warna dan audio yang memukau.

Bagaimana Cara Kerja Game Illuvium?

Game Illuvium berdiri di atas jaringan Ethereum. Masalah utama yang sering dijumpai dalam proyek NFT di jaringan Ethereum adalah tingginya gas fee untuk memproses transaksi. Oleh karena itu, Illuvium bekerja sama dengan ImmutableX untuk mengatasi masalah tersebut.

ImmutableX beroperasi pada layer 2 Ethereum. ImmutableX berkerja menggunakan Zero-Knowledge Rollups dengan cara mengumpulkan ribuan transaksi yang kemudian menambahkannya ke jaringan Layer 1 Ethereum. Singkatnya, ImmutableX menutupi gas fee dan menawarkan bebas gas fee kepada pengguna. Ini membuat transaksi yang cepat dan gratis saat bermain game Illuvium.

Namun, untuk membeli tanah di IlluviDex tetap menggunakan blockchain layer 1 Ethereum sehingga membutuhkan Metamask dan membayar gas fee. Kemudian, untuk minting NFT tanah tersebut, pemain menggunakan ImmutableX sehingga tidak memerlukan gas fee.

ūüí° IlluviDex adalah marketplace NFT khusus game Illuvium. Tempat pemain melakukan jual beli NFT berupa Illuvial, baju zirah, skins, senjata, dan benda lainnya.

Baca juga Apa Itu Gas Fee NFT?

Kelas dan Affinity Illuvial

Terdapat lebih dari 100 Illuvials yang tersebar di seluruh regions Illuvium. Setiap Illuvial memiliki kelas dan affinity yang unik.

Kelas: Empath, Fighter, Guardian, Rogue dan Psion.

Affinities: Air, Earth, Fire, Nature dan Water.

Salah satu fitur unggulan dari game Illuvium adalah pemain dapat melakukan Fusion. Fusion adalah proses penggabungan beberapa Illuvial dengan kelas dan affinity yang sama ketika sudah mencapai level tertentu. Ini untuk menghasilkan Illuvial baru dengan kekuatan dan atribut yang lebih tinggi untuk memenangkan pertarungan.

Pemain juga dapat mengatur kelas dan affinity Illuvial dalam tim untuk memenangkan pertarungan. Misalnya, untuk meningkatkan kemampuan menyerang, pemain dapat menggabungkan Illuvial fighter dengan Illuvial rouge sehingga akan menjadi Illuvial slayer yang kuat! Selain itu, pemain juga dapat menggabungkan elemen Illuvial menjadi Inferno (api+api) atau Frost (udara+air).

Cara Main Game Illuvium

Pertama-tama, pemain dapat memulainya dengan cara donwload game Illuvium di PC atau Mac. Kemudian pemain dapat memilih mode free-to-play, untuk berlatih menangkap Illuvial, menjelajahi dunia Illuvium dan bertarung dengan pemain lain. Untuk merasakan pengalaman yang lebih menantang dan menangkap Illuvial yang lebih banyak dan langka, pemain dapat memilih game yang berbayar.

Untuk mulai bermain game Illuvium, pemain dapat membuat karakter terlebih dahulu. Kemudian, pemain memilih PSD (Polymorphic Subordinate Drone) yang berfungsi untuk memindai area sekitar dan untuk menambang sumber daya alam Illuvium. Setelah itu, pemain dapat mulai bertualang mencari dan menangkap Illuvial.

Untuk menangkap Illuvial, pemain membutuhkan Shards. Shards adalah alat yang dibutuhkan untuk menangkap Illuvial. Fungsinya seperti bola untuk menangkap monster dalam game Pokemon. Saat memulai Illuvium, kamu akan memiliki shards gratis untuk menangkap beberapa jenis Illuvials. Shards memiliki tingkat kekuatan masing-masing dan kamu perlu membeli shards yang kuat untuk menangkap Illuvials yang langka.

ūüí°Illuvial yang berhasil ditangkap akan otomatis masuk ke dalam wallet pemain sebagai NFT yang dapat dijual di marketplace.

Ada banyak regions yang dapat dijelajahi namun tidak semua dapat diakses oleh pemain baru. Nantinya, pemain akan membuka Obelisk untuk dapat bertualang di region baru yang lebih menantang dan indah dengan banyak jenis Illuvials baru. Beberapa Illuvial yang langka dapat bersinar, berwarna-warni dan berhologram.

Peta dunia Illuvium berisi tujuh regions.
Peta dunia Illuvium berisi tujuh regions. Sumber: Website Illuvium

Pemain dapat melakukan pertarungan dengan pemain lain dalam Survival Mode. Di sini, pemain harus menerapkan sinergi dalam mengelompokan Illuvial untuk menghasilkan serangan yang maksimal. Selain itu, pemain juga harus mengatur posisi Illuvials sebagai strategi serangan. Kemudian pertarungan dilakukan dengan sistem auto-battle.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Bermain Illuvium?

Melatih Illuvial dan Menjualnya di marketplace NFT

Untuk mendapatkan keuntungan dari game ini, kamu dapat menangkap Illuvial sebanyak mungkin yang tersebar di dunia Illuvium berdasarkan tingkatan wilayah. Kemudian, kamu dapat melatihnya dengan bertarung di battle arena hingga mencapai level tertentu.

Setelah itu, kamu dapat melakukan fusion atau menggabungkan jenis Illuvial yang sama untuk melahirkan jenis baru. Misalnya, tiga Illuvial bernama Atlas digabungkan akan menghasilkan Illuvial Axon yang memiliki kekuatan lebih besar. Axon memiliki bentuk yang berbeda dari Atlas namun masih memiliki sedikit kemiripan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa setiap Illuvial merupakan NFT yang dapat kamu jual. Senjata, baju zirah, badge dan aksesoris lainnya juga termasuk NFT yang dapat dijual dan dibeli di marketplace NFT, IlluviDex. NFT karakter Illuvial akan tersedia setelah game Illuvium resmi diluncurkan.

NFT Illuvium kini sudah tersedia di Opensea dalam bentuk aksesoris (badge dan skin) dan karakter (tidak bisa digunakan dalam game). Kisaran harganya antara 0.085 ‚Äď 8 ETH. Aksesoris NFT ini bisa digunakan dalam game, namun NFT akan dibakar atau hilang pada akun Opensea ketika di-redeem ke dalam game.

Evolusi Illuvial Atlas - Axon - Axodon di Illuvium
Evolusi Illuvial Atlas ‚Äď Axon ‚Äď Axodon. Sumber: Illuvium

Staking ILV

Kamu juga bisa mendapatkan keuntungan berupa token ILV dengan melakukan staking pada platform Illuvium. Di sini, terdapat dua jenis pool untuk staking, yakni Pool ILV dan Pool ILV/ETH. Masing-masing menawarkan minimal satu bulan dan maksimal dua belas bulan locked staking. Semakin lama kamu mengunci token ILV kamu untuk di-stake, semakin besar juga presentase imbalan yang kamu dapatkan.

Jika kamu mengunci token ILV kamu (ILV staking) di dalam pool selama satu bulan, kamu akan mendapatkan APR sebesar 6.12%. Sedangkan, jika kamu melakukan locked staking selama dua belas bulan, APR yang akan kamu dapatkan sebesar 11.34% (14 Oktober 2022).

Sistem staking ini ditujukan untuk kamu yang ingin menyimpan aset token kamu dan mendapatkan passive income dalam waktu tertentu. Jadi, kamu dapat menyesuaikan dengan strategi investasi yang tepat untuk kamu dahulu sebelum mulai menggunakan fitur staking.

Pelajari lebih lanjut tentang APR dan cara menghitungnya di sini.

Imbalan dalam Game

Dalam game Illuvium, kamu bisa mendapatkan imbalan token ILV ketika kamu berhasil menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Contohnya seperti menjadi pemain pertama yang berhasil memecahkan teka-teki dalam game, pemain pertama yang mengumpulkan semua Illuvial dalam satu set, dan tugas lainnya. Kamu juga akan mendapat imbalan ketika menjadi top player dengan ranking tertinggi di leaderboard game Illuvium.

Untuk memberikan imbalan-imbalan tersebut, pengembang game Illuvium telah mengalokasikan token sebanyak 1 juta token ILV.

Mengikuti Program Beasiswa

Untuk mendapatkan keuntungan lainnya dari game Illuvium, kamu juga bisa mengikuti program beasiswa. Program ini sama seperti beasiswa yang ada pada game Axie Infinity. Illuvium bekerja sama dengan Polemos untuk program beasiswa tersebut. Nantinya, Polemos akan membantu calon pemain memahami apa itu Illuvium terlebih dahulu, kemudian mengajarkan cara bertarung di berbagai mode battle, menaklukan Illuvial, dan mengasah kemampuan lainnya.

Towering stromatolites di Whaleback pada region Halcyon Sea di Illuvium
Towering stromatolites di Whaleback pada region Halcyon Sea. Sumber: Illuvium

Token ILV dan token sILV2

Setelah mengetahui tentang apa itu Illuvium, sekarang kita beralih ke pembahasan token Illuvium (ILV). Token ILV adalah token utama pada game Illuvium berstandard ERC-20 yang kompatibel dengan jaringan Ethereum.

Fungsi token ILV pada ekosistem Illuvium adalah sebagai berikut:

  1. Governance: Illuvium menerapkan sistem DAO (Decentralized Autonomous Organization) sehingga para pemegang ILV dapat berpartisipasi dalam menentukan kebijakan yang akan diambil Illuvium di masa mendatang.
  2. Imbalan dalam game: pemain akan menghasilkan ILV ketika sukses menyelesaikan misi dalam game.
  3. Staking: kamu dapat melakukan staking ILV secara langsung di Illuvium Vault. Imbalan yang akan kamu dapat akan berupa token ILV juga atau token sILV2.

Token sILV2 atau Synthetic ILV2 dapat digunakan sebagai mata uang dalam game. Token sILV2 juga bisa didapatkan sebagai imbalan staking token ILV.

Illuvium memiliki sistem imbalan yang unik. Seluruh hasil imbalan dari staking tidak bisa ditarik dan akan dikunci selama satu tahun. Oleh karena itu, ada pilihan untuk menghindari penguncian imbalan yakni dengan mencairkannya dengan token sILV2.

Token sILV2 dapat langsung digunakan di dalam game, namun token sILV2 tidak bisa digunakan untuk transaksi antar pemain seperti jual beli Illuvial.

Singkatnya, token ILV berfungsi sebagai token governance dan juga sebagai token untuk investasi, sedangkan token sILV2 berfungsi sebagai ‚Äėuang tunai‚Äô untuk membeli produk dalam game Illuvium.

ILV sebagai Investasi

ILV sebagai Investasi
Sumber: Coinmarketcap

Dari chart di atas, dapat dilihat bahwa harga token ILV saat ini hampir kembali ke harga awal ketika listing di Coinmarketcap. Token ILV mulai bergerak naik pada Agustus 2021 dan terus naik saat trailer game Illuvium tayang di Youtube tanggal 30 Oktober 2021.

Token ILV pernah mencapai harga tertingginya hingga menyentuh 1.845 dolar AS pada 1 Desember 2021. Saat itu, volume perdagangan token ILV dalam 24 jam sebesar 112 juta dolar AS. Saat ini (14 Oktober 2022) token ILV berada di harga 51.84 dolar AS dengan volume perdagangan sebesar 27.5 juta dolar AS.

Token ILV memiliki total supply sebanyak 10.000.000 ILV dengan pembagian distribusi token seperti di bawah ini.

supplai token illuvium
Sumber: Website Illuvium

Game Illuvium akan segera rilis untuk umum pada akhir tahun 2022 atau awal 2023. Dengan grafis berkualitas tinggi dan sistem P2E, Illuvium menjadi menarik untuk dinantikan peluncurannya. Perhatian juga telah diberikan pada sistem DeFi platform staking yang hingga saat ini memiliki total TVL sebesar 110.155 juta dolar AS (14 Oktober 2022).

Setelah mengetahui apa itu Illuvium, perlu diperhatikan juga karena game ini belum resmi diluncurkan, segala kemungkinan bisa saja terjadi. Kemungkinan seperti seberapa banyak game ini menarik minat para gamers dan investor crypto, apakah peluncuran game ini akan berhasil, dan apakah keberlangsungan game ini akan terus berlanjut di masa depan. Risiko tersebut perlu kamu pertimbangkan sebelum mulai berinvestasi. Itulah penjelasan mengenai apa itu Illuvium pada kali ini.

Membeli ILV di Pintu

Kamu bisa mulai berinvestasi pada token ILV dengan membelinya di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli ILV pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari token ILV.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai token ILV!

Selain itu, aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. Illuvium, A Fully Decentralised RPG and Collection Game Built On The Immutable X L2 Network, Illuvium Whitepaper, diakses 11 Oktober 2022
  2. Illuvium, Gameplay, Medium, diakses 11 Oktober 2022
  3. Daniel Phillips, What Is Illuvium?, Coinmarketcap, diakses 13 Oktober 2022
  4. Iulia Vasile, A Definitive Guide to Illuvium ‚ÄĒ World‚Äôs First AAA NFT Crypto Game, Beincrypto, diakses 12 Oktober 2022
  5. Robert Stevens, What Are Rollups? ZK Rollups and Optimistic Rollups Explained, Coindesk, diakses 11 Oktober 2022
  6. Illuvium, 7 Ways to Make Money with Illuvium, Illuvium Master, diakses 25 Oktober 2022
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan