Sinyal Crypto Hari Ini, 3 September 2024: Gagal Jaga Momentum, Crypto Anjlok Lagi

Update 3 Sep 2024 • Waktu Baca 4 Menit
Gambar Sinyal Crypto Hari Ini, 3 September 2024: Gagal Jaga Momentum, Crypto Anjlok Lagi
Reading Time: 4 minutes

Bitcoin dan pasar crypto kembali berada zona merah pada awal pekan ini. Setelah berhasil melewati level resistance penting di $61.500, BTC justru berbalik arah dalam tujuh hari terakhir.

Kini, BTC diperdagangkan di area $57.850. Dengan kata lain, ia telah turun lebih dari 10% dibanding posisi tertingginya di tujuh hari terakhir, yakni $64.500 pada Senin (26/8). Dengan jatuhnya BTC, mayoritas altcoin juga mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Pernyataan dovish dari the Fed pada pekan lalu menjadi penyebab hilangnya momentum bullish BTC. Selain itu, banyaknya posisi buy yang terlikuidasi juga semakin memperkuat katalis negatif tersebut. Di saat bersamaan, tidak adanya katalis positif signifikan dalam waktu dekat memberi sinyal tren ini bisa kembali berlanjut di pekan ini.

Memasuki pekan ini, tim Pintu Academy telah mengumpulkan informasi penting yang berpotensi menjadi katalis penggerak beberapa aset crypto. Informasi dari beberapa proyek tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui apakah akan menjadi katalis positif atau negatif terhadap pergerakan harga asetnya.

Perlu diketahui bahwa seluruh informasi padaMarket Signal ini bukan saran finansial, tetap do your own research sebelum mengambil keputusan finansial!

Sanctum (CLOUD) ➡️ Bullish 🚀

CLOUD menjadi salah satu token yang berpotensi berada dalam tren bullish pada pekan ini. Katalis positif untuk Sanctum datang dari pengumuman beberapa exchange besar yang meluncurkan token liquid staking SOL yang dibuat menggunakan Sanctum. Sejauh ini, Binance, Bybit, dan BitGet telah meluncurkan token liquid staking SOL masing-masing.

Melalui kerjasama tersebut, masing-masing pengguna kini bisa men-staking token SOL milik mereka dan mendapatkan liquid staking token (LST) sebagai gantinya. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan yield dari staking, namun tetap mempunyai fleksibilitas berkat token LST mereka.

Meski staking dilakukan melalui exchange, proses staking akan tetap dilakukan secara terdesentralisasi melalui layanan milik Sanctum. Mekanisme staking di CEX yang lebih mudah dan aksesibel untuk penggunanya berpotensi membawa jutaan pengguna baru bagi Sanctum. Kondisi tersebut bisa menjadi katalis positif untuk fundamental token CLOUD ke depan.

Harga token CLOUD saat ini berada di level Rp 4.165 atau telah menguat 45,58% dalam tujuh hari terakhir.

Arbitrum (ARB) ➡️ Bullish 🚀

Arbitrum pada tanggal 3 September 2024 dijadwalkan akan merilis upgrade Arbitrum Stylus di Arbitrum chain. Keunggulan utama dari Stylus adalah membuat Arbitrum menjadi lebih mudah digunakan oleh developer.

Beberapa contohnya adalah memungkinkan developer untuk menulis smart contract dengan berbagai bahasa pemrograman. Hal tersebut diyakini bisa memperluas dan menyajikan benefit yang lebih spesifik sesuai bahasa pemrograman, tools dan frameworks yang lebih familiar.

Momentum peluncuran tersebut berpotensi menjadi katalis positif untuk harga token ARB dalam jangka pendek. Dalam 24 jam terakhir, harga ARB tercatat naik 3,95% ke level Rp 8.030.

Polygon (MATIC) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Polygon pada 4 September 2024 memiliki agenda besar, yakni pergantian nama token MATIC menjadi POL. Agenda tersebut merupakan salah satu bagian utama dari roadmap Polygon 2.0.

Rencana penggantian token MATIC menjadi POL pertama kali muncul di proposal komunitas pada Juli 2023. Untuk memastikan proses ini berjalan lancar, Polygon telah mengadakan testnet pada 17 Juli 2024.

Tak hanya berganti nama, nantinya token POL juga akan memiliki utlitas baru pada ekosistem Polygon. Salah satunya adalah menjadikan POL sebagai token untuk biaya gas dan staking pada rantai utama Polygon. Selain itu, POL juga berfungsi untuk mengamakan jaringan aggregated milik Polygon, seperti AggLayer.

Kendati begitu, cukup sulit untuk melihat dampak perubahan nama token tersebut terhadap harga token Matic. Ada kemungkinan, pemilik akan langsung menjual tokennya sehingga memberikan tekanan koreksi. Namun ada juga kemungkinan proses ini menarik pembeli baru dalam jumlah besar sehingga bisa mengangkat harganya.

Fantom (FTM) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Proses migrasi Fantom menuju Sonic semakin dekat. Pada minggu ini, Fantom dijadwalkan akan membuka Testnet Sonic untuk publik. Agenda ini merupakan hal penting untuk memeriksa kesiapan jaringan Sonic ketika digunakan oleh publik. Umumnya, jika tidak ada permasalahan besar selama testnet publik berlangsung, peluncuran mainnet akan segera dilakukan.

Sonic merupakan jaringan blockchain L1 baru yang akan menggunakan native token S untuk kebutuhan ekosistemnya. Jaringan Sonic akan akan terhubung dengan bridge Layer-2 Ethereum. Pembaruan ini juga akan mengangkat performa Fantom Opera dari 200 TPS menjadi 2.000 TPS.

Terdapat dua kemungkinan untuk arah harga token Sonic dalam jangka pendek. Jika testnet berlangsung lancar, kemungkinan harga akan stabil atau malah menguat. Namun, jika terjadi kendala yang signifikan selama uji testnet publik, bukan tidak mungkin harga FTM akan turun. Oleh sebab itu, Fantom masuk kategori tidak menentu pada pekan ini.

Agenda Token Unlock Pekan Ini

Secara umum, agenda token unlock akan menambah jumlah pasokan yang beredar pada sirkulasi. Jika pemilik hasil token unlock tadi memutuskan untuk menjual kepemilikannya dan di saat bersamaan tidak ada permintaan yang mengimbangi, besar kemungkinan harga token akan terkoreksi.

Semakin besar jumlah token yang dibuka, maka semakin besar juga potensi tekanan yang dihasilkan. Oleh sebab itu, Pintu Academy akan menampilkan daftar protokol yang akan melakukan token unlock pada sepekan ke depan. Berikut ini adalah daftarnya:

Nama ProtokolJadwal Token UnlockJumlah Token DibukaValuasi Token UnlockAlokasi Token Unlock
Taiko (TAIKO)06 September 202412 Juta TAIKO$19,32 jutaTrailblazer Airdrop
Immutable X (IMX)06 September 202432,47 juta IMX$44,17 jutaPengembangan ekosistem dan proyek IMX
Mode Network (MODE)06 September 2024500 juta MODE$ 6,24 jutaAirdrop Pengguna dan Pengembang
Sumber: Token Unlock

Performa Aset Crypto di Pintu dalam Sepekan Terakhir

Berikut ini adalah crypto dengan performa terbaik dan terburuk di Pintu:

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Sanctum (CLOUD): 🔼45,79% (Rp 4.171)
  • Radiant Capital (RDNT): 🔼31,36% (Rp 1.441)
  • Dusk Network (DUSK): 🔼13,15% (Rp 3.760)

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • IO NET (IO): 🔽28,92% (Rp 23.706)
  • Inspect (INSP): 🔽27,92% (Rp 27.616)
  • Liquity (LQTY): 🔽25,16% (Rp 11.452)

Berita Crypto Seminggu Terakhir

Berikut ini adalah beberapa berita crypto penting dalam seminggu terakhir:

Referensi

Penulis:Hikma Dirgantara

Bagikan