Apa itu SPACE ID (ID)?

Update 31 Mar 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 7 Menit
Gambar Apa itu SPACE ID (ID)?
Reading Time: 7 minutes

Pentingnya identitas digital yang unik dan terpercaya dalam aktivitas online semakin meningkat di era Web3. Identitas digital yang tidak cukup terpercaya bisa mengakibatkan pencurian identitas, penipuan, atau kehilangan akses akun penting. Oleh karena itu, pengembangan teknologi identitas digital yang lebih aman dan efisien menjadi sangat penting untuk menjaga keamanan dan privasi data pribadi. SPACE ID berusaha untuk mengatasi masalah tersebut dengan teknologinya. Lalu apa itu SPACE ID dan apa saja kegunaannya? Yuk baca artikel berikut.

Ringkasan Artikel

  • ūüĆƬ†SPACE ID adalah jaringan layanan nama universal terdesentralisasi yang berjalan di atas blockchain dan merupakan platform pengelola domain dan identitas Web3.
  • ūü§Ď¬†Kamu bisa menjual domain Web3 di SPACE ID dengan mendaftarkan domain kamu dengan harga tetap, memilih durasi penjualan, dan menetapkan harga. SPACE ID seperti marketplace yang khusus menjual name service.
  • ‚öĖÔłŹ¬†SPACE ID juga merupakan agregator domain Web3 yang membandingkan nama domain dari OpenSea, Element, dan ENS Vision. Dengan demikian, ia memudahkan kamu untuk menemukan dan membeli domain yang tepat.
  • ūü™ô¬†SPACE ID memiliki token utama yang disebut ID. Token ID pertama kali dirilis melalui Initial Exchange Offering (IEO) di Binance pada Maret 2023. Token ID digunakan dalam platform SPACE ID sebagai token tata kelola.

Apa itu SPACE ID (ID)?

apa itu space id
Sumber: Space ID

Apa itu SPACE ID? SPACE ID adalah jaringan layanan nama universal terdesentralisasi yang berjalan di atas blockchain (Ethereum, BSC dan Arbitrum). SPACE ID juga merupakan platform pengelola domain dan identitas Web3, yang memungkinkan pengguna untuk mendaftar, menukar dan mengelola nama domain berbasis crypto. Mudahnya, SPACE ID seperti marketplace yang khusus menjual name service.

Domain Web3 adalah nama yang dapat dibaca manusia dan dapat digunakan untuk mengakses dApps, smart contract, NFT, dan sumber daya berbasis blockchain lainnya. Contohnya, domain di jaringan Ethereum seperti pintu.eth dan pintuacademy.eth.

Nama domain Web3 sebenarnya adalah sebuah NFT yang dapat diperdagangkan. Melalui SPACE ID, pengguna dapat membuat, menjual dan mengelolanya dalam satu tempat. Berbeda dengan Ethereum Name Service (ENS), pengguna membutuhkan marketplace terpisah untuk jual beli nama domain.

Baca juga Apa itu Ethereum Name Service (ENS), layanan name service seperti SPACE ID di Ethereum.

Space ID juga merupakan agregator domain Web3 yang membandingkan nama domain dari OpenSea, Element, dan ENS Vision. Dengan demikian, ia memudahkan kamu untuk menemukan dan membeli domain yang tepat.

Selain untuk individu, SPACE ID juga menyediakan fitur nama Web3 untuk Software Development Kit (SDK) and Application Programming Interface (API) bagi para developer lintas blockchain. Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi integrasi domain web3 ke berbagai aplikasi.

SPACE ID memiliki token utama yang disebut ID. Token ID pertama kali dirilis melalui Initial Exchange Offering (IEO) di Binance pada Maret 2023. Token ID digunakan dalam platform SPACE ID sebagai token tata kelola.

Pendiri dan Pendanaan SPACE ID

SPACE ID didirikan pada Maret 2022 oleh tim yang memiliki pengalaman dalam bidang Web3, entrepreneurship, DAO, dan lain-lain. SPACE ID memiliki tujuan untuk memecahkan masalah tidak adanya ID universal yang mudah digunakan untuk kehadiran dunia Web3.

Pada September 2022, Domain Public Registration .bnb diluncurkan oleh SPACE ID. Ini menarik sekitar 370.000 pendaftar dan 175.000 pemegang domain unik dalam kurun waktu 6 bulan. Selain itu, Layanan Domain .bnb berhasil berintegrasi dengan lebih dari 100 proyek dan protokol terkemuka seperti BSCScan, Trust Wallet, dan sebagainya.

Kemudian, pada Februari 2023, SPACE ID mengumumkan upgrade 2.0 dan merger dengan ARB ID (Arbitrum), yang berencana untuk meluncurkan pendaftaran domain .arb.

Di bulan yang sama, Februari 2023, SPACE ID berhasil mengumpulkan 10 juta dolar AS dalam putaran pendanaan strategis yang dipimpin oleh perusahaan investasi crypto Polychain Capital dan dao5. Dengan pendanaan tersebut, SPACE ID dapat mempercepat pengembangan layanan nama universal dan produk.

Cara Kerja SPACE ID

Arsitektur SPACE ID memiliki tiga bagian yang bekerja sama untuk meningkatkan cara menyimpan dan melindungi informasi. Ketiga bagian tersebut adalah sebagai berikut:

apa itu space id
Sumber: Space ID
  • Lucas: Sebuah ad hoc blockchain yang membantu menghubungkan dan menyimpan berbagai informasi di beberapa rantai.
  • Jedi: Sebuah smart contract yang berjalan di berbagai rantai untuk pendaftaran dan pengecekan nama pada jaringan komputer yang berbeda. Sebelum mengizinkan pengguna menggunakan sebuah nama, kontrak ini memeriksa dengan Yoda untuk memastikan bahwa nama tersebut adalah nama yang valid.
  • Yoda: Jaringan oracle yang memastikan keunikan nama yang didaftarkan di berbagai rantai. Yoda mengumpulkan peristiwa pendaftaran dari berbagai rantai, menggabungkan informasi, dan memberikan tanda tangan otentikasi kepada pengguna yang ingin mendaftarkan atau menjembatani nama pada Jedi mana pun.

Ketika pengguna mendaftarkan sebuah nama di suatu jaringan, Jedi akan mengecek ketersediaan nama tersebut. Setelah itu, Yoda akan memastikan nama tersebut adalah nama yang unik dan belum pernah didaftarkan sebelumnya. Kemudian, jika nama masih tersedia, Yoda akan memberikan bukti kepada Jedi agar ia mengizinkan penggunaan nama tersebut.

Dengan demikian, pengguna dapat memiliki nama domain yang benar-benar unik dan terlindungi dengan baik sehingga pengguna dapat mengembangkan identitas mereka secara aman dan efektif.

Cara Menggunakan SPACE ID

  • Hubungkan Crypto Wallet. Untuk dapat mengakses SPACE ID, kamu perlu menghubungkan crypto wallet. Salah satu wallet yang popular adalah Metamask.
  • Cari Nama di Kolom Pencarian. Kamu bisa langsung mengetik nama yang ingin kamu daftarkan di kolom pencarian. Setelah itu, SPACE ID akan menampilkan hasil nama yang kamu cari apakah sudah terdaftar atau belum. Jika belum terdaftar, kamu bisa langsung mendaftarkannya dengan biaya 5 dolar AS per tahun. Atau kamu dapat mengajukan penawaran jika nama sudah terdaftar.
Space ID 2.0 mendukung berbagai TLD (saat ini .eth, .bnb, dan .arb) dan menyediakan opsi untuk memfilter hasil berdasarkan TLD tertentu, nama yang terdaftar atau tidak terdaftar, dan bahkan panjang domain atau tanggal kedaluwarsa.
apa itu space id
Sumber: Space ID
  • Pembelian dalam Jumlah Besar. Kamu dapat menambahkan beberapa nama domain dari jaringan yang berbeda ke keranjang, tetapi hanya dapat membeli domain berdasarkan jaringan yang sama. Untuk melakukannya, alihkan ke jaringan yang diinginkan dan selesaikan pembelian kamu. Kamu hanya perlu melakukan satu transaksi, sehingga mengurangi gas fee, dan menyederhanakan prosesnya.
  • Daftar dan Edit Nama Domain. Kamu bisa menjual domain Web3 dengan mendaftarkan nama domain kamu dengan harga tetap, memilih durasi penjualan, dan menetapkan harga. Setelah kamu memasukkan informasi yang diperlukan, klik ‚ÄúDaftar‚ÄĚ untuk menyelesaikan pendaftaran. Selain itu, kamu juga bisa melakukan perubahan listing nama domain dengen menurunkan atau menaikkan harga tetap listing kamu, atau membatalkannya
apa itu space id
Sumber: Space ID
  • Perpanjang Nama Domain. Kamu memiliki pilihan untuk memperpanjang pendaftaran domain dalam periode pendaftaran dan selama 90 hari setelah kedaluwarsa, yang juga dikenal sebagai masa tenggang. Pada masa tenggang, nama domain akan tersedia secara eksklusif bagi pendaftar sebelumnya untuk memperbarui pendaftaran mereka. Setelah masa tenggang berakhir, nama domain akan tersedia untuk pengguna lain.

Fitur-fitur pada SPACE ID

Universal Domain

  • Membangun brand pribadi. Ini menjadi penting dalam masa depan multi-chain untuk memastikan identitas yang unik di seluruh blockchain yang berbeda. SPACE ID dapat menyediakan identitas unik untuk di semua rantai dan mencegah adanya duplikasi nama.
  • Layout Penamaan. Penggunaan layout nama seperti .eth dan .btc hanya dapat digunakan untuk layanan nama saja. SPACE ID mengembangkan layout penamaan menggunakan titik dua. XX: untuk TLD, dan :XX untuk pengguna. Ini karena Space ID membutuhkan struktur yang lebih canggih untuk memisahkan Top-Level-Domain dari domain Pengguna.
  • Mempermudah interaksi. Kamu tidak perlu memeriksa ulang alamat kamu lagi. Pada SPACE ID, misalnya nama pengguna bernama Ari, :Ari, dapat ditautkan dengan identitasnya di beberapa blockchain. Nama Ari akan menjadi :Ari di BNB, :Ari di Ethereum, dan :Ari di Arbitrum.
  • Menghubungkan Web2. Kamu dapat menghubungkan identitas dunia Web2 kamu seperti nama pengguna Twitter, alamat email, dan akun Github dengan SPACE ID. Misalnya pada Twitter, username @Ari menjadi Twitter:Ari.

Baca juga Apa itu Web 3.0 dan Apa Kelebihannya?

Top-Level Domain (TLD) yang Dapat Disesuaikan

  • Username Unik untuk Komunitas. SPACE ID mendukung penggunaan TLD dalam bentuk nama komunitas, seperti BAYC: atau ETH:
  • Integrasi NFT. Ketika BAYC ingin mengirim airdrop token APE kepada pemegang NFT, ia hanya perlu mengirimkannya ke subdomain BAYC:XX
  • Kombinasi TLD dan Multi-chain. Ketika seseorang bernama Ari memiliki nama domain universal :Ari, maka ia dapat membuat beberapa identitas seperti BAYC:001, ETH:Ari (ari.eth), BNB:Ari (ari.bnb), dan Twitter:Ari.

Integrasi SDK yang Mudah

Melakukan integrasi dengan partner sangat penting untuk keberhasilan dalam menguasai pasar. Integrasi SDK SPACE ID dengan aplikasi partner hanya membutuhkan waktu 30 menit. Ini juga tidak hanya mendukung pengguna tetapi juga para partner, yang memungkinkan produk ini untuk berkembang dan menjangkau use case baru. Selain itu, SPACE ID memiliki TLD yang dapat menyelesaikan domain dan layanan nama lain, sehingga developer tidak perlu mengintegrasikan beberapa layanan nama dan melacak layanan baru.

Keunggulan SPACE ID

Identitas digital menjadi semakin penting dalam pengembangan Web3. Ini berarti bahwa seiring dengan perkembangan internet, setiap orang perlu memiliki identitas digital yang unik untuk terlibat dalam aktivitas online. Secara khusus, SPACE ID memiliki tiga fitur unggulan yang sangat penting untuk masa depan identitas digital di Web3, yaitu:

  • Satu Nama untuk Semua Jaringan

SPACE ID adalah sebuah alat yang memungkinkan orang untuk membuat sebuah nama pengguna khusus yang dapat digunakan pada jaringan blockchain yang berbeda. Ini berarti kamu tidak perlu membuat nama pengguna baru untuk setiap blockchain yang mereka gunakan.

  • Username untuk Metaverse

SPACE ID bukan hanya sebuah nama pengguna, tetapi juga sebuah cara untuk melacak berbagai hal di berbagai blockchain. Ini seperti database pribadi yang membantu orang menemukan dan menggunakan sumber daya pada jaringan blockchain yang berbeda. Nama pengguna tersebut juga dapat menjadi identitas individu di dunia metaverse.

  • Keamanan yang Tinggi

Untuk menjaga keamanan informasi pengguna, SPACE ID menggunakan sebuah sistem yang disebut Lucas untuk menyimpan data dengan aman di berbagai blockchain. Ada juga fitur keamanan yang disebut Yoda yang menggunakan oracle untuk melindungi informasi pengguna.

Cara Membeli Aset Crypto ID di Pintu

Setelah mengetahui apa itu SPACE ID, kamu bisa mulai berinvestasi pada aset crypto ID dengan membelinya di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli ID pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari ID.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai aset crypto ID!

Selain ID, kamu juga bisa berinvestasi pada aset crypto lainnya seperti BTC, BNB, ETH, dan yang lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. Space ID Team, Introducing SPACE ID 2.0: One Place for Digital Identities, Medium, diakses 28 Maret 2023.
  2. Space ID Team, A In-depth Tour of SPACE ID (SID), Medium, diakses 28 Maret 2023.
  3. The Space ID Team, Introducing SPACE ID: Your Universal Identifier, Medium, diakses 28 Maret 2023.
  4. Alvin.BNB, BNB Chain Spotlight: SPACE ID, Binance Research, diakses 29 Maret 2023.
  5. CNBCTV18, A look at Space ID, the project behind the $2.4 billion launchpad, CNBC, diakses 29 Maret 2023.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan

Artikel Terkait