10 Prinsip Ekonomi dan Contohnya, Wajib Tahu!

Updated
November 9, 2021
• Waktu baca 4 Menit
Gambar 10 Prinsip Ekonomi dan Contohnya, Wajib Tahu!
Reading Time: 4 minutes

Istilah 10 prinsip ekonomi mungkin jadi hal yang asing bagi kamu sebagai masyarakat awam. Namun tanpa sadar, prinsip ekonomi sudah kamu terapkan dalam aktivitas kamu sehari-hari. Berikut merupakan 10 prinsip ekonomi menurut Prof. N. Gregory Mankiw. Yuk, simak selengkapnya.

10 Prinsip Ekonomi dan Contohnya

Keputusan Berdasarkan Trade-Off

Dibutuhkannya pengorbanan ketika mengambil suatu keputusan atau trade-off merupakan salah satu bentuk dari 10 prinsip ekonomi. Setiap orang dituntut untuk mengorbankan sesuatu demi mendapatkan sesuatu yang lain.

Contoh sederhananya begini, kamu dihadapkan pada dua pilihan makanan, yaitu nasi dan roti. Di satu sisi, roti dibuat dalam berbagai varian rasa yang lezat, dan menjadi opsi pertama kamu.

Akan tetapi, dibutuhkan pengorbanan untuk mendapatkannya, yaitu biaya yang lebih mahal daripada ketika kamu membeli sebungkus nasi.

Untuk bisa memakan roti yang lezat, kamu harus mengeluarkan uang yang lebih banyak dibandingkan ketika kamu membeli sebungkus nasi.

Opportunity Cost

opportunity cost

Prinsip biaya peluang sebelumnya telah dijelaskan dalam artikel Konsep, Pengertian dan Rumus Biaya Peluang dalam Dunia Investasi.

Pada dasarnya, biaya peluang adalah sejumlah kerugian yang bersedia kamu ambil ketika mengambil keputusan B dengan mengorbankan keputusan A.

Sebagai contoh, Anton mendapatkan penawaran bekerja di perusahaan elektronik dengan gaji Rp4.000.000 serta perusahaan FMCG dengan gaji Rp5.000.000. Apabila Anton memilih untuk bekerja di perusahaan elektronik, maka biaya peluang yang rela ia tanggung adalah sebesar Rp1.000.000.

Marginity, Berpikir Rasional untuk Mendapatkan Keuntungan

Sesuai prinsip ekonomi, pada dasarnya setiap individu akan berpikir secara rasional untuk memperoleh sejumlah keuntungan. Biasanya, seseorang akan membuat perubahan kecil dari aktivitas mereka untuk memperoleh keuntungan yang lebih maksimal.

Contohnya bisa dilihat dari keputusan karyawan dalam memperpanjang masa kontrak kerjanya. Jika ia melakukan pengajuan perpanjangan kontrak, maka ia mendapat keuntungan berupa promosi jabatan dan kenaikan gaji.

Respon Terhadap Insentif

Pada umumnya, perilaku individu bisa berbuah sesuai jenis variabel lingkungan sekitarnya, seperti manfaat ekonomi maupun perubahan biaya ekonomi. Hal ini bisa dilihat berdasarkan respon masyarakat saat pemerintah membuat keputusan pengurangan subsidi BBM.

Keputusan tersebut membuat masyarakat mendapatkan harga BBM yang lebih mahal akibat pengurangan subsidi sehingga memutuskan untuk melakukan pengurangan penggunaan kendaraan pribadinya.

Aktivitas Perdagangan Menguntungkan Pihak Terlibat

Aktivitas perdagangan internasional biasanya akan terjadi antar negara yang bisa memproduksi barang tertentu secara khusus dan tidak bisa diproduksi negara lain.

Saudi Arabia dan Indonesia merupakan salah satu contoh dari hubungan perdagangan yang saling menguntungkan antara satu dan lainnya. Indonesia membutuhkan bahan bakar untuk memenuhi kebutuhan nasional. Sementara Saudi Arabia dikenal sebagai negara penghasil bahan bakar.

Jadi tak heran, jika kemudian Indonesia menjalin kerja sama dengan Saudi Arabia, di mana Indonesia bisa memenuhi kebutuhan bakar sementara Saudi Arabia bisa memperoleh keuntungan atau profit dari penjualan bahan bakar.

Pasar Sebagai Pusat Aktivitas Ekonomi

Pasar adalah tempat terjadinya komunikasi antara konsumen dan produsen. Di setiap pasar, akan terjadi kegiatan tawar-menawar mengenai nilai barang yang akan membawa dampak positif juga bagi perekonomian suatu negara.

Contoh paling sederhana adalah ketika seorang ibu rumah tangga membeli kebutuhan memasak di sebuah pasar. Ia akan melakukan proses tawar-menawar dengan penjual untuk memperoleh harga yang lebih pantas.

Baca juga: Apa itu Bitcoin?

Peran Pemerintah dalam Proses Produksi

Pada beberapa kasus, bisa dilihat sejumlah pasar gagal dalam melakukan distribusi sumber daya secara efisien yang akhirnya menyebabkan kegagalan pasar. Kondisi pasar seperti ini harus diperbaiki secara tepat dan hal tersebut merupakan tanggung jawab dari pemerintah untuk menerapkan aturan terbaik.

Salah satu caranya dengan membantu proses produksi yang ada di pasar sehingga baik penjual maupun pembeli bisa memperoleh keuntungan dan aktivitas ekonomi tetap berlangsung baik.

Contohnya, terjadi gangguan distribusi yang menyebabkan pasokan beras langka di sejumlah pasar tradisional jelang lebaran. Pemerintah memiliki hak intervensi sekaligus menyelidiki apapun yang terjadi dengan pasokan beras tersebut. Mulai dari proses produksi hingga distribusi ke seluruh pengecer yang ada di pasar tradisional.

Setelah itu, pemerintah akan melakukan analisis hasil investasi guna menentukan keputusan akhir agar pasokan beras kembali stabil.

Standar Hidup Negara Bergantung pada Produksi

Berikutnya, 10 prinsip ekonomi juga menyebutkan bahwa standar hidup masyarakat di suatu negara sangat tergantung dari kapasitas produksi. Dengan kata lain, standar hidup masyarakat di suatu negara bisa dikatakan tinggi saat barang diproduksi dalam jumlah besar.

Misalnya, Jepang sendiri telah masuk ke dalam salah satu negara maju meski memiliki luas wilayah dan jumlah penduduk yang lebih kecil dari Indonesia.

Inflasi Terjadi Akibat Terlalu Banyak Jumlah Uang Beredar

gambar inflasi

Sepuluh prinsip ekonomi berikutnya menyangkut tentang inflasi. Menurut prinsip ekonomi, inflasi akan terjadi saat jumlah uang yang beredar terlalu berlebihan sehingga nilainya akan cenderung hilang.

Contohnya, ketika jumlah uang yang beredar di sebuah negara terlalu banyak, maka nilainya akan semakin kecil dan menyebabkan harga produk meningkat.

Trade-Off Antara Pengangguran dan Inflasi

Selain itu, 10 prinsip ekonomi juga mengungkapkan bahwa semakin meningkat inflasi, maka akan menyebabkan penurunan tingkat pengangguran. Hal ini sesuai dengan yang terdapat pada Phillips Curve, model ekonomi khusus yang menggambarkan hubungan berlawanan arah antara tingkat inflasi dan jumlah pengangguran. Namun, hal ini biasanya hanya terjadi dalam jangka waktu singkat.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai 10 prinsip ekonomi dan contohnya. Cukup sederhana, bukan?

Pintu, Aplikasi Jual Beli Bitcoin dan Crypto

Pintu adalah aplikasi jual beli crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti. *Download* Pintu sekarang! Di Pintu, jual beli berbagai aset crypto bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Baca juga: Apa itu Cryptocurrency?

Referensi:

Melissa Hamilton. An Explanation of the Ten Principles of Economics. Diakses tanggal: 5-11-2021

University of The People. 10 Economic Principles To Follow. Diakses tanggal: 5-11-2021.

UBC Wiki. 10 Principles of Economics. Diakses tanggal: 5-11-2021

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+