Apa itu Index Fund?

Updated
February 24, 2022
• Waktu baca 5 Menit
Gambar Apa itu Index Fund?
Reading Time: 5 minutes

Survei yang dilakukan oleh Ally Invest menyatakan bahwa dari sekian banyak orang dewasa yang memulai investasi, 65% diantaranya menganggap investasi di pasar modal sangat menakutkan dan membuat mereka merasa terintimidasi.

Alasan utama penyebab mereka merasa demikian terletak pada unsur ketidakpastian (uncertainty) yang terkandung dalam instrumen investasi di pasar modal. Hal tersebut sekaligus memicu terjadinya risiko keuangan.

Memang, hal tersebut dapat diminimalisir dengan cara memiliki pemahaman yang cukup mengenai instrumen investasi tersebut. Namun masalahnya, tak semua orang memiliki akses tersebut.

Nah, pembahasan kali ini akan mengupas segala hal tentang apa itu index fund, sebuah instrumen investasi sejenis reksadana yang sedang tren di kalangan masyarakat karena dianggap menguntungkan dengan risiko yang dianggap lebih rendah dibandingkan investasi saham murni. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Apa itu Hedge Fund? Ternyata Berbeda dari Index Fund!

Apa itu Index Fund?

gambar index fund

Dikutip dari Investopedia, index fund adalah jenis reksadana yang diperdagangkan di bursa dengan portofolio yang secara khusus dibangun untuk mencocokkan atau melacak komponen indeks pasar keuangan, misalnya S&P 500.

Dipopulerkan oleh Warren Buffett, index fund merupakan jenis portofolio saham atau obligasi yang dirancang untuk meniru komposisi dan kinerja indeks pasar keuangan, namun di sisi lain juga memungkinkan para penggunanya untuk mengakses eksposur pasar secara luas dengan biaya operasional dan tingkat perputaran portofolio yang rendah.

Index fund umumnya dianggap sebagai kepemilikan portofolio inti yang sangat ideal untuk dijadikan dana pensiun. Lebih lanjut, Warren Buffett menyebutkan bahwa membeli saham milik seluruh perusahaan yang terdaftar dalam S&P 500 dengan biaya rendah sebagaimana ditawarkan oleh index fund lebih rasional dibanding membeli saham individu untuk investasi.

Cara Kerja Index Fund

Sebelum membahas tentang contoh index fund yang menguntungkan di tahun 2021, kamu terlebih dahulu harus memahami cara kerja index fund yang sebenarnya.

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, index fund adalah salah satu jenis investasi pasif, yang berarti para investor tidak perlu turun tangan untuk memantau pergerakannya setiap saat karena pada dasarnya index fund hanya akan menyalin indeks tertentu. Hal ini pula yang membedakan index fund dengan reksa dana. Dalam hal ini, reksa dana bertujuan untuk mengalahkan harga pasar, sedangkan index fund bertujuan untuk menyesuaikan dengan kinerja pasar.

Contoh Index Fund

Ketika seorang investor memutuskan untuk menyimpan dana investasi dalam bentuk index fund pada indeks pasar keuangan tertentu, misalnya S&P 500, maka dana tersebut akan secara otomatis dapat digunakan untuk berinvestasi di semua perusahaan yang terdaftar dalam indeks S&P 500. Hal ini memungkinkan para investor untuk memiliki portofolio investasi yang bervariasi.

Dilansir dari www.fool.com, berikut beberapa contoh index fund yang paling menguntungkan di tahun 2021, antara lain:

Schwab S&P 500 Index Fund

Sejauh ini, S&P 500 menjadi indeks pasar keuangan yang paling banyak dipilih oleh para investor index fund. Schwab S&P 500 merupakan salah astu index fund resmi S&P 500 yang paling murah.

Tingkat rasio pengeluaran pada index fund ini sebesar 0,02%. Hal ini berarti investor hanya perlu membayar sebesar USD 0,20 per tahun untuk setiap dana investasi senilai USD 1.000. Kecilnya biaya investasi inilah yang membuat tingkat pengembalian investasi hampir identik dengan kinerja S&P 500.

Pada bulan Juli 2021, tingkat pengembalian dana yang diperoleh investor Schwab S&P 500 Index Fund dari tahun ke tahun rata-rata mencapai 18%.

Vanguard Growth ETF

Seperti pada umumnya, prinsip high risk high return berlaku pada dunia investasi. Jika kamu merupakan investor dengan profil risiko tinggi, maka Vanguard Growth ETF bisa menjadi alternatif pilihan index fund yang cukup menarik.

Vanguard Growth ETF menggunakan CRSP US Large Cap Growth Index yang memiliki kinerja serupa dengan S&P 500. Vanguard Growth ETF memungkinkan investor untuk berinvestasi pada 255 saham dengan kapitalisasi besar di Amerika Serikat.

Index fund yang satu ini memiliki rasio biaya yang sangat kecil, yakni sebesar 0,04%. Pada 30 Juni 2021, tingkat pengembalian dana rata-rata tahunan selama lima tahun adalah sebesar 23,06% sebelum dipotong pajak.

Baca juga: Apa itu Bitcoin ETF dan Pengaruhnya Terhadap Harga Aset Crypto?

SPDR S&P Dividend ETF

Jika kalian tipikal investor yang berorientasi pada pendapatan, maka SPDR S&P Dividend ETF adalah jenis index fund yang layak untuk dicoba. SPDR S&P Dividend ETF mengacu pada S&P High Yield Dividend Aristocrats Index yang mencakup 112 saham milik perusahaan terpilih yang sekaligus merupakan penghasil dividen tertinggi pada S&P Composite 1500 Index.

Tidak tanggung-tanggung, perusahaan yang terdaftar dalam indeks tersebut umumnya telah meningkatkan pembayaran dividen mereka setiap tahun selama 25 tahun. Index fund ini memberikan tingkat pengembalian dividen hingga 2,65% dengan rasio biaya sebesar 0,35% pada November 2021.

Vanguard Russell 2000 ETF

Selain potensi penghasilan berupa uang tunai, pertumbuhan (growth) menjadi salah satu aspek yang turut dipertimbangkan oleh para investor dalam membuat keputusan investasi.

Oleh sebab itu, tidak heran jika terdapat beberapa investor yang lebih memilih untuk berinvestasi pada perusahaan berskala kecil dan menengah dengan harapan mereka akan memperoleh imbalan seiring dengan pertumbuhan perusahaan.

Vanguard Russell 2000 ETF merupakan salah satu asetpr yang cukup menarik bagi banyak investor. Berpegang pada indeks Russell 2000, Vanguard Russell 2000 ETF memuat saham dari 2.113 perusahaan berskala kecil dan menengah yang memiliki kapitalisasi pasar rata-rata USD 3 miliar.

Pada tahun 2020, tingkat pengembalian yang dihasilkan oleh Vanguard Russell 2000 ETF adalah sebesar 20,2% dengan rasio biaya sebesar 0,1% per Mei 2021.

iShares MSCI China ETF

Berinvestasi pada pasar modal China merupakan salah satu tren investasi yang banyak diminati oleh para investor yang ingin mencari keuntungan tinggi dan tidak masalah dengan risiko yang cukup tinggi pula.

Bagi para investor yang ingin melakukan diversifikasi investasi dengan mulai berinvestasi pada pasar modal China, maka fool.com menyarankan index fund iShares MSCI China ETF. Index fund yang satu ini mengacu pada indeks ETF China dengan kinerja yang setara dengan S&P 500.

Pada tahun 2020, tingkat pengembalian yang dihasilkan oleh iShares MSCI China ETF mencapai 28,89% dengan rasio biaya sebesar 0,59%.

Siapa yang Berinvestasi di Index Fund?

contoh index fund

Buat kamu yang sedang mencari investor index fund yang sukses sebagai inspirasi, Warren Buffett adalah jawabannya. Pria kelahiran tahun 1930 ini adalah CEO Berkshire Hathaway, sebuah perusahaan holding berskala multinasional asal Amerika Serikat sekaligus investor paling sukses di abad ke-20 dengan total kekayaan senilai USD 60 miliar.

Dalam sebuah seminar, Warren Buffett menyatakan bahwa index fund merupakan jenis instrumen investasi dengan biaya rendah yang lebih menguntungkan daripada saham. Beliau juga merekomendasikan S&P 500 sebagai jenis index fund yang memiliki kinerja terbaik dan paling menguntungkan.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu index fund dan contohnya.

Selain index fund, ada banyak pilihan investasi yang terus bertumbuh, lho, misalnya saja kripto. Menurut data dari Kemendag, jumlah investor kripto di Mei 2021 lalu bahkan telah mencapai 6,5 juta orang dan melampaui investor pasar modal.

Untuk kamu yang tertarik berinvestasi dan trading kripto secara mudah mulai dari Rp11.000 saja, download Pintu sekarang! Di Pintu, kamu juga bisa mengecek perubahan harga Bitcoin kapan saja dan dimana saja, serta belajar kripto secara gratis di Pintu Academy!

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Elizabeth Gravier, Index funds are one of the easiest ways to invest — here’s how they work. Diakses tanggal: 18-12-2021.

Jason Fernando, Index Fund. Diakses tanggal: 18-12-2021.

Robin Hartill, 9 Best Index Funds for Long-Term Investors. Diakses tanggal: 18-12-2021.

Taylor Locke, 3 investing lessons Warren Buffett shared at the 2021 Berkshire Hathaway meeting. Diakses tanggal: 18-12-2021.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->