Arti Sinking Fund dan Contohnya, Sudah Tau?

Updated
May 11, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Arti Sinking Fund dan Contohnya, Sudah Tau?
Reading Time: 4 minutes

Menabung merupakan komitmen penting yang dibuat seseorang untuk menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk kemudian diakumulasi selama periode waktu tertentu agar dapat digunakan di masa yang akan datang. Aktivitas ini juga dilakukan oleh perusahaan, salah satunya dengan menggunakan sinking fund. Apa arti sinking fund dan contohnya, serta bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak pembahasan berikut!

Baca juga: 10 Tips Menabung yang Efektif Demi Masa Depan

Arti Sinking Fund dan Contohnya

Pengertian sinking fund adalah suatu jenis tabungan yang diperoleh dengan cara menyisihkan dan menyimpan uang selama periode waktu tertentu dan diperuntukkan secara khusus guna membayar utang atau obligasi.

Contoh sinking fund adalah dana yang dikumpulkan oleh perusahaan dengan harapan agar dapat meringankan pembayaran, serta mempersiapkan dana pembayaran pada tahun-tahun menjelang jatuh tempo obligasi.

Fungsi dan Manfaat Sinking Fund Bagi Perusahaan

Bagi perusahaan, menerbitkan sinking fund menjadi langkah penting dalam perencanaan keuangan. Berikut ini beberapa fungsi  sinking fund bagi perusahaan.

Dengan adanya sinking fund, maka perusahaan dapat menurunkan risiko gagal bayar terhadap utang maupun obligasi pada saat jatuh tempo. Hal ini dikarenakan dana yang disisihkan (sinking fund) akan mengurangi jumlah terutang dan secara otomatis pula menghindari pengeluaran kas dalam jumlah besar secara tiba-tiba karena dana tersebut sudah disisihkan sedikit demi sedikit sebelumnya.

Kelayakan Kredit

Penurunan risiko gagal bayar tentunya akan berdampak pada rendahnya suku bunga obligasi dan peningkatan peringkat kredit perusahaan. Akibatnya, perusahaan akan jauh lebih mudah mendapatkan tambahan utang maupun obligasi di masa yang akan datang.

Stabilitas Kondisi Keuangan

Adanya sinking fund tidak hanya berdampak terhadap penurunan biaya pembayaran utang dan tingkat suku bunga obligasi. Sinking fund juga memberikan stimulasi terhadap arus kas dan peningkatan profitabilitas agar perusahaan dapat terus menyisihkan uang untuk pelunasan utang dan obligasi.

Hal ini tentunya akan mendorong lebih banyak investor untuk berinvestasi pada perusahaan sehingga mampu memberikan tambahan modal bagi perusahaan, sekaligus menjaga stabilitas kondisi keuangan dengan mencegah pengeluaran dalam jumlah besar secara tiba-tiba.

Belakangan ini, konsep sinking fund tak hanya diterapkan oleh perusahaan, melainkan juga masyarakat luas. Dalam hal ini, sinking fund diartikan sebagai suatu dana yang disisihkan dan dikumpulkan selama periode waktu tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara spesifik sebelumnya.

Cara Membuat Sinking Fund

Cara pembuatan sinking fund sebenarnya cukup mudah selama ada komitmen yang melekat dalam benak kalian. Berikut ini langkah-langkahnya:

Tentukan Tujuan

Tujuan yang spesifik tidak hanya menjadi kunci kesuksesan sinking fund, melainkan juga menjadi pembeda antara sinking fund dengan tabungan biasa maupun dana darurat.

Tujuan yang spesifik ini meliputi hal yang ingin dicapai serta jangka waktu yang ditargetkan. Misalnya, kalian berencana untuk membeli mobil dalam jangka waktu 2 tahun, atau membeli laptop dalam jangka waktu enam bulan.

Salah satu pembeda sinking fund dan tabungan yang utama adalah dari segi tujuannya. Sinking fund memiliki tujuan yang jelas dan terpisah dari tabungan, yang mana biasanya tujuan tersebut untuk pengeluaran modal di masa mendatang.

Jumlah Uang yang Ingin Disimpan

Jika kalian sudah menentukan tujuan yang ingin dicapai beserta target jangka waktunya, maka kini saatnya untuk menentukan jumlah uang yang ingin disisihkan. Agar dapat menentukan secara tepat, maka kalian perlu melakukan survei dan pengamatan mendalam mengenai tujuan yang ingin dicapai.

Putuskan Lokasi untuk Menyimpan Uang

Selain menentukan jumlah uang yang ingin disimpan, hal yang tidak kalah penting ialah menentukan lokasi penyimpanan uang. Kamu bebas untuk memilih menggunakan akun tabungan yang terpisah, aplikasi keuangan, atau deposito berjangka sesuai dengan kebutuhan.

Hal-hal yang harus diperhatikan dengan cermat saat mempertimbangkan berbagai lokasi penyimpanan uang antara lain jumlah setoran minimum, biaya admin, dan bunga yang diperoleh.

Buatlah Perencanaan Keuangan

Terakhir, kamu juga perlu membuat perencanaan keuangan sederhana. Tujuan dari pembuatan perencanaan keuangan ini adalah untuk memastikan besaran jumlah dana yang harus kalian sisihkan agar tujuan kalian dapat tercapai.

Adanya perencanaan keuangan juga berfungsi untuk memudahkan kamu untuk melakukan evaluasi terhadap pengeluaran serta memastikan agar kamu dapat tetap berada pada jalur dan rencana yang telah dibuat sebelumnya demi mencapai tujuan yang dikehendaki.

Rumus Sinking Fund

Konsep sinking fund sebenarnya mirip dengan sistem kredit yang berlangsung secara berkala selama periode waktu tertentu dengan tingkat bunga tetap. Cara menghitung sinking fund adalah dengan menggunakan rumus berikut.

rumus sinking fund

Berdasarkan rumus tersebut, r merupakan tingkat suku bunga per tahun, n merupakan jumlah tahun yang dikehendaki, m merupakan jumlah pembayaran per tahun, dan P merupakan jumlah biaya yang harus disisihkan selama periode tertentu.

Baca juga: Tips Cara Mengatur Keuangan Agar Bebas Finansial

Contoh Sinking Fund

Sebagai contoh, Pak Adi berencana menyisihkan dana sebesar 1,5 juta rupiah dari pendapatan per bulan selama 5 tahun dengan tingkat suku bunga sebesar 6%. Dana tersebut rencananya akan digunakan untuk pelunasan utang yang baru diambil untuk proyek ekspansi yang sedang berlangsung.

contoh soal sinking fund

Dengan demikian maka jumlah sinking fund yang berhasil disisihkan oleh Pak Adi selama 5 tahun adalah sebesar Rp244.580.155. Dari jumlah tersebut, apabila seandainya Pak Adi berhutang sebesar 250 juta rupiah selama 5 tahun untuk proyek ekspansi, maka saat jatuh tempo, Pak Adi hanya perlu menambah uang kas senilai Rp5.419.844.

Nah, itu dia arti sinking fund dan contohnya. Secara umum, sinking fund adalah salah satu dana yang berfungsi seperti tabungan namun dengan tujuan yang jelas, yang mana pada umumnya untuk membayar utang jangka panjang maupun modal di masa mendatang.

Selain menabung, salah satu aktivitas ekonomi yang perlu dilakukan saat ini adalah investasi. Terdapat berbagai jenis investasi. Salah satu yang paling populer saat ini adalah crypto. Jumlah investor crypto di Indonesia bahkan telah mencapai 11 juta orang per Desember 2021 lalu

Ingin memulai investasi crypto tapi tidak tau harus mulai dari mana? Download Pintu sekarang!

Referensi:

Chris B. Murphy. Sinking Fund. Diakses tanggal: 14-02-2022

Corporate Finance Institute. Sinking Fund. Diakses tanggal: 14-02-2022

Madhuri Thakur. Sinking Fund Formula. Diakses tanggal: 14-02-2022

Rachel Cruze. What Is a Sinking Fund and How Do You Create One? Diakses tanggal: 14-02-2022

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->