Apa Itu Resesi Ekonomi? Pengertian dan Cirinya

Updated
November 12, 2021
• Waktu baca 2 Menit
Gambar Apa Itu Resesi Ekonomi? Pengertian dan Cirinya
Reading Time: 2 minutes

Dalam dunia ekonomi, resesi adalah salah satu istilah yang membuat masyarakat merasa tidak nyaman karena menganggap  kondisi ekonomi dalam situasi yang mengkhawatirkan. Lalu, apa itu resesi ekonomi sebenarnya? Simak pengertian resesi ekonomi, ciri-ciri, serta dampaknya dalam artikel berikut ini!

Pengertian Resesi Ekonomi

apa itu resesi ekonomi

Menurut Investopedia, pengertian resesi ekonomi adalah istilah dalam ilmu makro ekonomi yang menjelaskan tentang saat di mana terjadinya penurunan aktivitas ekonomi secara umum di wilayah tertentu.

Penurunan tersebut digambarkan dengan aktivitas industri dan perdagangan yang berkurang, serta tingkat pendapatan penduduk yang menurun dalam dua kuartal berturut-turut.

Resesi ekonomi juga bisa diartikan sebagai perlambatan kegiatan ekonomi, di mana terjadi penurunan pengeluaran secara besar-besaran dalam beberapa kuartal. Jika situasi tersebut terjadi, maka indikator ekonomi lainnya juga akan turun, mulai dari laba perusahaan, lapangan kerja, PDP, dan lain-lain.

Ciri-Ciri Resesi Ekonomi

Beberapa ciri-ciri resesi ekonomi yang seringkali muncul adalah sebagai berikut.

Penurunan Tingkat Inflasi

Menurunnya inflasi merupakan pertanda daya beli masyarakat yang juga menurun. Pada akhirnya, pasar akan kehilangan pembelinya karena masyarakat hanya berbelanja untuk memenuhi kebutuhan esensial semata.

Baca juga: Apa Perbedaan Inflasi dan Deflasi?

Suku Bunga Menurun

Saat resesi terjadi, biasanya bank akan menurunkan suku bunga dengan tujuan untuk menekan risiko kredit macet yang terjadi akibat menurunnya daya beli masyarakat akibat resesi ekonomi.

Menurunnya daya beli konsumen bisa menyebabkan daya jual produsen ikut menurun drastis. Merosotnya daya jual ini sangat berdampak pada pemasukan produsen. Pemilik usaha pun mau tidak mau harus melakukan efisiensi upah. Misalnya dengan mengurangi jumlah gaji karyawan hingga melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Peningkatan Pengangguran

Negara yang sedang mengalami resesi biasanya juga akan mengalami peningkatan pengangguran yang akan ikut berdampak negatif pada aktivitas ekonomi.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu resesi ekonomi mulai dari pengertian hingga cirinya. Kondisi ekonomi yang kurang baik seharusnya tidak menjadi masalah ketika kamu sudah memiliki dana darurat lewat hasil investasi.

Salah satu investasi yang sedang menarik masyarakat luas saat ini adalah aset crypto. Per Mei 2021 lalu, Kemendag mengungkapkan bahwa jumlah investor crypto di Indonesia telah mencapai 6,5 juta orang dan melampaui investor pasar modal.

Untuk kamu yang tertarik berinvestasi dan trading crypto, download Pintu sekarang! Jual beli crypto di Pintu cukup mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Paul Boyce. Recession Definition. Diakses tanggal 5-11-2021

Somer Anderson. What is Recession?. Diakses tanggal 5-11-2021

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->