Apa Itu Revenue Stream? Pengertian dan Contohnya

Updated
November 17, 2021
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa Itu Revenue Stream? Pengertian dan Contohnya
Reading Time: 4 minutes

Bagi seseorang yang berkecimpung dalam dunia bisnis, istilah revenue pasti sudah tidak asing lagi. Salah satu konsep yang berkaitan erat dengan revenue adalah revenue stream. Ketahui lebih dalam tentang apa itu revenue stream, manfaat, jenis, dan contohnya dalam artikel berikut ini.

Baca juga: 7 Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan, Ingin Coba?

Pengertian Revenue Stream

apa itu revenue stream

Menurut Corporate Finance Institute, revenue stream adalah berbagai sumber yang bisa menghasilkan pendapatan bagi usaha atau perusahaan, baik itu dari penjualan barang atau penyediaan layanan.

Jenis pendapatan (revenue) yang dicatat dalam akun akuntansi atau laporan keuangan tergantung pada aktivitas operasional utama bisnis. Secara umum, akun pendapatan pada bisnis ritel lebih kompleks dibandingkan dengan bisnis yang memberikan layanan jasa.

Jadi, semua kegiatan yang bisa menghasilkan uang bagi perusahaan termasuk ke dalam revenue stream.

Fungsi Model Revenue Stream

Sebagai aliran pendapatan perusahaan, revenue stream sangat penting bagi setiap bisnis, apapun industrinya. Dilansir dari Corporate Finance Institute, berikut beberapa manfaat pencatatan dan penyusunan model revenue stream bagi sebuah bisnis.

  1. Memberikan pemahaman tentang sumber pendapatan terbesar, estimasi penjualan, dan pendapatan dalam periode tertentu.
  2. Sebagai alat analisis yang memberikan informasi bagaimana performa sebuah sumber pendapatan.
  3. Sebagai key performance indicator (KPI) utama bisnis, sehingga perusahaan bisa memprediksi apakah mereka mampu meraih target pendapatan atau tidak.
  4. Membantu menyusun dan menyiapkan strategi baru untuk memastikan perusahaan bisa tumbuh dan berkembang melalui pendapatan yang dihasilkan.

Jenis-Jenis Revenue Stream

Ada banyak cara yang bisa dilakukan sebuah bisnis untuk meningkatkan pendapatan mereka. Berbagai aktivitas bisnis tersebut dapat dirangkum ke dalam dua jenis revenue stream yaitu operating revenue dan non-operating revenue.

Operating Revenue

Operating revenue atau pendapatan operasional adalah pendapatan yang diperoleh bisnis dari aktivitas inti mereka. Salah satu contohnya adalah toko kue yang memperoleh pendapatan operasional melalui penjualan kue atau sajian lain di tokonya.

Pendapatan ini diperoleh melalui sumber-sumber penjualan barang atau jasa perusahaan. Berikut ini beberapa sumber pendapatan yang termasuk ke dalam operating revenue:

Pendapatan Berbasis Transaksi

Pendapatan yang dihasilkan melalui pembayaran sekali waktu yang dilakukan oleh konsumen atau pelanggan ketika membeli barang. Misalnya, saat toko furniture menjual sebuah meja pada pelanggan, maka uang yang didapatkan adalah pendapatan berbasis transaksi.

Pendapatan dari Jasa atau Layanan

Adalah pendapatan sebuah bisnis atau perusahaan yang menawarkan jasa atau layanan kepada para pelanggan mereka. Misalnya, bisnis yang menyewakan penginapan, maka pelanggan perlu membayar biaya menginap yang akan menjadi revenue stream dari perusahaan bersangkutan.

Pendapatan Proyek

Sebagian perusahaan mendapatkan penghasilan setelah berhasil melakukan sebuah proyek pekerjaan, baik itu dalam skala kecil maupun besar. Misalnya, sebuah perusahaan konstruksi yang mendapatkan penghasilan dari setiap proyek pembangunan yang mereka kerjakan.

Pendapatan Berulang

Merupakan pendapatan yang diperoleh bisnis melalui pembayaran berkelanjutan dari para pelanggan mereka. Contohnya adalah penyedia layanan video streaming seperti Netflix, penyedia layanan internet, dan lain sebagainya.

Non-Operating Revenue

Non operating revenue atau pendapatan non-operasional adalah segala bentuk pendapatan yang diperoleh dari sumber-sumber lain selain aktivitas inti bisnis atau perusahaan tersebut. Termasuk di antaranya pendapatan yang diperoleh dari keuntungan investasi. Berikut beberapa contoh pendapatan non-operasional.

  • Interest revenue, meliputi pendapatan yang diperoleh melalui investasi yang dilakukan perusahaan.
  • Dividend revenue. Sebuah perusahaan juga bisa mendapatkan dividen dari kepemilikan saham atas perusahaan lain.
  • Rent revenue. Menyewakan tanah, bangunan, atau peralatan lain yang memungkinkan sebuah perusahaan untuk memperoleh passive income.

Contoh Revenue Stream

contoh revenue stream

Setiap perusahaan memiliki revenue stream yang berbeda, tergantung dari jenis usaha mereka. Ini dia contoh revenue stream dari beberapa perusahaan besar dunia, baik yang bersifat operasional maupun non-operasional.

Revenue Stream Apple

Beberapa contoh revenue stream dari salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia ini adalah melalui:

  • Penjualan produk elektronik seperti iPhone, iPad, Mac, Apple Watch
  • Biaya berlangganan dari konsumen melalui Apple TV+, aplikasi di App Store, dan Apple Music.

Revenue Stream Microsoft

Sementara itu, revenue stream Microsoft berasal dari:

  • Penjualan produk seperti sistem operasi Windows, gawai Surface, dan produk gaming
  • Penjualan layanan seperti Microsoft Azure, SQL Server, Windows Server, dll
  • Penjualan produk pendukung bisnis dan produktivitas seperti Microsoft Office

Baca juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Passive Income dari Crypto?

Nah, sekarang kamu sudah memahami bukan mengenai apa itu revenue stream. Berbicara tentang revenue stream, investasi juga bisa menjadi salah satu contohnya. Dengan memilih investasi yang tepat, kamu bahkan bisa memperoleh pendapatan pasif dari instrumen investasi yang kamu pilih.

Belakangan ini, investasi crypto pun sedang menarik minat banyak orang. Di Indonesia, jumlah investor crypto per Mei 2021 lalu bahkan telah melampaui 6,5 juta orang. Harga Ethereum, salah satu aset crypto yang cukup difavoritkan pun telah meningkat hingga 907% per 12 November 2021 lalu dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk kamu yang tertarik melakukan investasi dan trading crypto, download Pintu sekarang! Jual beli Bitcoin, ETH, dan berbagai aset crypto lainnya bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Chenell Tull, 7 Types of Revenue Streams. Diakses tanggal: 04-11-2021.

Corporate Finance Institute, Revenue Streams. Diakses tanggal: 04-11-2021.

Madhuri Thakur, Revenue Streams. Diakses tanggal: 04-11-2021.

Siddhi Kamble, What is A Revenue Stream? – Definition, Types, & Examples. Diakses tanggal: 04-11-2021.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+