Apa itu Seni NFT dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Updated
March 31, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Seni NFT dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Reading Time: 3 minutes

Terdapat berbagai macam NFT di luar sana, mulai dari NFT musik, seni, dan masih banyak lagi. Apa itu seni NFT dan bagaimana cara kerjanya? Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Apa itu Whitelist NFT dan Crypto?

Apa itu Seni NFT?

contoh seni nft di opensea
(opensea.io)

Untuk memahaminya, seseorang perlu mengetahui apa itu NFT. Pada dasarnya, NFT adalah aset digital yang nilainya tidak dapat diganti atau dipertukarkan.

NFT sendiri membuka pintu bagi banyak seniman di luar sana untuk bisa menjual karya seni mereka secara online dengan value yang tinggi.

Sementara itu, karya seni NFT adalah bentuk digital (non-fungible) dari sebuah karya seni yang dibuat secara manual maupun dengan menggunakan algoritma tertentu. Karya seni tersebut diubah ke dalam bentuk token untuk dipasarkan dalam rantai blockchain.

Cara Kerja Seni NFT

Meskipun disebut sebagai seni, mungkin saja seorang kreator seni NFT adalah orang biasa tanpa latar belakang seni.

Namun, yang jelas, kamu harus mempunyai produk atau karya yang kamu buat sendiri untuk dapat mengubahnya menjadi NFT.

Sebuah karya seni, baik lukisan, foto, musik, dan lain-lain, perlu diubah dalam bentuk digital terlebih dulu. Kemudian, kreator bisa memilih platform marketplace NFT untuk menukarkan karya tersebut ke dalam bentuk token digital.

Sebuah karya bisa diubah menjadi lebih dari satu token. Namun, hal tersebut tidak berarti antar token bisa saling ditukar.

Semakin sedikit token dari satu karya, semakin eksklusif karya tersebut dan dapat menambah nilainya sebagai sebuah NFT.

Baca juga: Rarity Tools NFT: Cara Mengecek Kelangkaan NFT

Cara Membuat Seni NFT

cara membuat seni nft di opensea
(rarible.com)

Cara membuat seni NFT sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan cara membuat NFT biasa. Berikut beberapa langkahnya.

Membuat Karya Seni

Hal pertama yang perlu dilakukan kreator untuk membuat NFT jelas adalah dengan memiliki karya untuk dijadikan NFT. Karya bisa dalam berbagai bentuk mulai dari gambar (JPG, PNG), video (MP4, GIF), Musik (MP3), dan lainnya.

Membuat Dompet Crypto

Selanjutnya, kreator perlu memiliki “Dompet Crypto” yang kompatibel dengan marketplace NFT yang digunakan. Dompet digital bisa dihubungkan ke beberapa pasar NFT yang memberikan wadah transaksi. Beberapa marketplace NFT yang cukup populer adalah Rarible, OpenSea, Mintable, SuperRare, dan lain-lain.

Membuat NFT di Marketplace NFT

  • Kunjungi marketplace NFT yang tersedia. Contoh di bawah adalah OpenSea.
  • Klik tombol “Create” (mungkin berbeda untuk tiap platform NFT)
  • Unggah file yang kamu kamu jadikan NFT dan lengkapi data serta informasi yang dibutuhkan.
  • Ikuti langkah-langkah yang diminta hingga akhir dan selamat NFT kamu telah berhasil dibuat dan bisa kamu perjual belikan di platform tersebut.

Apa Kelebihan dari Seni NFT?

Mengapa banyak orang yang tertarik membuat karya seni NFT? Berikut beberapa kelebihan seni NFT dibandingkan karya seni tradisional.

  • Seni NFT memiliki bukti kepemilikan yang unik dan diamankan dalam sistem informasi yang tidak dapat dimanipulasi.
  • Selain itu, sistem ini memberi kesempatan kreator untuk memonetisasi karya mereka dengan harga tinggi dan bahkan memperoleh royalti setiap kali karya mereka dipindahtangankan.
  • Adanya pasar yang bisa diakses secara digital di mana saja, membuat kreator tidak perlu mengejar klien untuk pembayaran atau pelunasan transaksi
  • Kreator bebas berkarya tanpa perlu mengubah dan mengedit pekerjaan agar sesuai dengan kebutuhan klien atau pasar.
  • Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sistem blockchain akan menyimpan data transaksi pertama hingga terbaru. Setiap ada transaksi baru, akan ada aliran royalti kepada kreator aslinya. Sistem royalti biasanya berbeda-beda tiap platform.
  • Jangkauan global untuk tiap karya yang dipasarkan.
  • Karya seni menjadi bukan sebatas barang koleksi tetapi aset investasi.

Saat ini, seni NFT adalah karya yang sudah dikenal luas dan semakin banyak kreator yang terlibat di dalamnya karena beberapa kelebihan seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Salah satu NFT termahal di dunia, karya seni Beeple’s “Everydays — The First 5000 Days,” bahkan berhasil terjual dengan harga $69.3 juta.

Selain karya seni NFT, aset crypto lainnya juga kerap dimanfaatkan sebagai instrumen investasi. Sebut saja Polygon (MATIC to IDR) yang mengalami peningkatan nilai hingga 362% per 29 Maret 2022 dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk kamu yang tertarik memulai berinvestasi crypto, namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang!

Pintu adalah aplikasi crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa melakukan investasi dan trading crypto mulai dari Rp11.000 saja!

Referensi:

99 Designs. NFT art: what is it, how it works and what it means for the creative industry . Diakses tanggal: 18-03-2022.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->