Apa itu Rarity Tools NFT? Cara Cek NFT Langka atau Tidak

Updated
March 25, 2022
• Waktu baca 5 Menit
Gambar Apa itu Rarity Tools NFT? Cara Cek NFT Langka atau Tidak
Reading Time: 5 minutes

Dalam dunia NFT, rarity atau kelangkaan adalah salah satu faktor yang paling penting, terlebih jika kamu berniat untuk mendapatkan uang dari NFT. Untuk menentukan rarity NFT, terdapat berbagai tools yang bisa mendukung proses tersebut. Artikel ini akan membahas lengkap tentang apa itu rarity tools NFT dan bagaimana cara mengecek apakah sebuah NFT langka atau tidak.

Baca juga: 20 Karya NFT Termahal di Dunia, Harganya Miiaran!

Mengapa NFT Langka atau Tidak itu Penting?

Sebelum kita melangkah lebih jauh pada pembahasan tentang apa itu rarity tools NFT, mungkin ada baiknya jika kita membahas terlebih dahulu mengapa NFT langka atau tidak menjadi aspek yang penting untuk diperhatikan. Berikut beberapa alasan pentingnya faktor rarity NFT.

Meningkatkan Harga NFT

Rarity NFT adalah salah satu faktor penting yang turut andil dalam menentukan nilai NFT dan tinggi rendahnya angka permintaan. Sebagaimana kita ketahui, tinggi rendahnya harga NFT bergantung penuh pada angka permintaan. Semakin langka suatu NFT, maka semakin tinggi nilainya di mata kolektor, dan semakin tinggi pula harganya.

Mendorong Adanya Diversifikasi

Jika kita menarik dari konsep ekonomi, kelangkaan terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara penawaran dan permintaan. Pertanyaannya, bagaimana caranya kreator dapat mendorong angka permintaan? Jawabannya adalah dengan melakukan diversifikasi pada penawaran NFT melalui peningkatan mutu, sifat, dan utilitas. Oleh karena itu, kelangkaan NFT juga dapat mendukung ekosistem NFT secara keseluruhan.

Menghindari Suasana Pasar yang “Membosankan”

Bayangkan jika kamu sebagai konsumen mengunjungi sebuah pasar yang menjual satu barang yang sama, dengan harga yang sama pula. Kira-kira apakah kamu berminat untuk membeli barang-barang yang ada di sana?

Nah, begitu pula prinsipnya dengan NFT. Semakin banyak jenis diversifikasi, maka semakin bervariasi pula tingkat permintaan dan penawaran yang ditimbulkan. Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen atau kolektor yang mengumpulkan NFT.

Apa itu Rarity Tools NFT?

Secara sederhana, rarity tools NFT adalah suatu alat yang dapat digunakan oleh kreator NFT untuk mencari tahu seberapa langkanya suatu aset NFT. Secara spesifik, rarity tools dapat digunakan untuk menentukan rarity score atau peringkat kelangkaan suatu NFT.

Rarity tools dapat membantu kreator dalam membuat peringkat kelangkaan berdasarkan harga, koleksi owner, nama, dan berbagai spesifikasi lainnya. Tujuannya tentu saja agar mendapatkan angka peringkat kelangkaan yang tinggi. Ingat, semakin langka sebuah NFT,  maka semakin tinggi juga nilainya di pasaran.

Apa Fungsi Rarity Tools NFT?

Berdasarkan pengertian tersebut, berikut ini merupakan beberapa fungsi rarity tools NFT.

Menentukan Peringkat Rarity

Fungsi utama rarity tools NFT tentu saja untuk menentukan peringkat rarity. Rarity tools NFT umumnya memiliki algoritma yang dapat menghitung dan menentukan peringkat rarity berdasarkan spesifikasi yang diinginkan.

Kreator NFT biasanya saling berlomba untuk membuat karya yang memiliki peringkat tinggi dari segi rarity. Hal tersebut dikarenakan semakin tinggi peringkat rarity, maka semakin tinggi pula nilai dan harga jualnya.

Mengidentifikasi Tren

Tidak hanya menentukan peringkat rarity, rarity tools NFT juga dapat membantu kreator NFT dalam mengidentifikasi tren yang sedang booming di pasar NFT. Tahap identifikasi tren ini sangat penting bagi para kreator karena akan sangat menentukan seberapa besar minat pasar terhadap NFT yang mereka pasarkan.

Selain itu, mengikuti tren yang ada akan memberikan kemungkinan yang jauh lebih tinggi dalam meraih kesuksesan daripada harus mempromosikan tren yang baru, khususnya bagi para kreator NFT pemula.

Melakukan Diversifikasi

Tidak hanya menentukan kesuksesan, identifikasi tren juga dapat memudahkan kreator dalam melakukan diversifikasi terhadap jenis karya yang akan mereka publikasikan di pasar NFT. Semakin unik karya yang dihasilkan dari proses diversifikasi, maka semakin langka pula NFT tersebut.

Bagaimana Cara Kerja Rarity Tools NFT?

Pada dasarnya, ada berbagai metode yang dapat digunakan untuk menghitung rarity NFT. Berbagai perhitungan tersebut meliputi perhitungan berdasarkan sifat paling langka, perhitungan berdasarkan rata-rata sifat, atau menilai kelangkaan secara statistik. Namun perhitungan tersebut umumnya berfokus pada keseluruhan sifat NFT.

Rarity tools NFT menghitung jumlah skor rarity berdasarkan seluruh nilai sifatnya dengan rumus berikut:

Rarity Score for a Trait Value = 1 / (Jumlah item dengan kekhasan tersebut x (1 / Jumlah item dalam koleksi NFT))

Rumus yang dimiliki oleh rarity tools NFT tersebut tidak hanya memperhitungkan sifat tunggal NFT melainkan juga rarity sifat secara keseluruhan. Oleh sebab itu, rumus di atas menjadi acuan  rarity score pada berbagai situs.

Contoh Rarity Tools NFT yang Banyak Digunakan

Berikut ini merupakan beberapa contoh rarity tools NFT yang paling banyak digunakan, antara lain:

Rarity Tools

gambar rarity.tools

Rarity.tools adalah salah satu yang paling banyak digunakan. Alat ini bisa memberikan peringkat rarity berdasarkan kelangkaan sifat secara real-time dimana semakin tinggi skor rarity maka semakin tinggi pula kelangkaan NFT tersebut.

Lebih lanjut, kamu dapat melakukan filter berdasarkan harga rata-rata, total volume penjualan, jumlah pemilik, dan koleksi teratas. Tidak hanya itu, Rarity Tools juga dapat memberikan informasi tentang berbagai koleksi teratas NFT seperti BAYC dan CryptoPunks, serta proyek yang akan datang. Tentu saja, hal yang terpenting adalah alat ini dapat kamu gunakan secara gratis.

HowRare.is

gambar howrare.is

HowRare.is adalah rarity tools Solana NFT yang telah mencantumkan sebanyak 255 koleksi Solana NFT berdasarkan floor price, jumlah item dan pemegang, status penjualan NFT, dan data bermanfaat lainnya.

Sebagaimana halnya rarity.tools,, kamu juga dapat menemukan NFT berdasarkan peringkat, skor, dan detail atribut kelangkaan dalam setiap koleksi. Bahkan, ada pula bagian riwayat penjualan untuk menelusuri detail penjualan terbaru serta koleksi Solana yang akan datang.

Rarity Sniper

gambar raritysniper.com

Jika kamu tertarik dengan jenis rarity tools dengan interface yang menarik dan user-friendly, maka Rarity Sniper mungkin bisa menjadi solusi. Rarity Sniper adalah alat yang dapat kamu gunakan untuk menemukan peringkat kelangkaan, skor, dan atribut lainnya dari total 774 koleksi di Ethereum, Solana, dan blockchain lain.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu rarity tools NFT dan contoh-contohnya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Selain NFT, aset crypto lain seperti BTC, ETH, DOGE, dan lainnya pun masih menarik minat banyak investor dan trader. Untuk kamu yang tertarik berinvestasi > 40 aset crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti, download Pintu sekarang!

Pintu adalah aplikasi crypto Indonesia yang menyediakan berbagai fitur untuk mempermudah aktivitas para investor pemula, di antaranya:

  • Pintu Akademi, pusat cara belajar crypto terlengkap meliputi strategi trading, dasar-dasar crypto, blockchain, dan lain sebagainya.
  • Pintu Earn, fitur khusus Pintu di mana kamu bisa earn crypto secara mudah dengan bunga capai 4%/tahun cukup dengan menyimpan aset kamu di dompet Earn.
  • PTU Staking, staking crypto aset PTU untuk mendukung ekosistem Pintu sekaligus memperoleh berbagai keuntungan seperti bonus komisi Referral Pintu dan keuntungan lainnya.

Referensi:

Alex White-Gomez, What is Rarity Sniper and Why is Rarity So Important With NFTs? Diakses tanggal: 15-03-2022

Muhammad Sufyan Ali, What is Rarity in an NFT? DO NOT Sell Until Checking? Diakses tanggal: 15-03-2022

Reethu Ravi, NFT Rarity is Easy to Manage With These Great Investment Tools. Diakses tanggal: 15-03-2022

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->