Pintu Blog
/
Crypto dan Blockchain
/
Ketahui Apa Itu Uniswap (UNI) dan Cara Membelinya Berikut Ini
Ketahui Apa Itu Uniswap (UNI) dan Cara Membelinya Berikut Ini
May 17, 2021
Combined Shape 2
3 Menit
Bagikan
Reading Time: 3 minutes

Di tahun 2021 keberadaan aset digital semakin mendapat respons positif dari masyarakat. Terbukti, sejumlah pihak rela mengucurkan banyak dana untuk memiliki aset kripto, Tesla misalnya. Kabar terbaru menyebutkan Tesla telah memborong Bitcoin seharga Rp21 triliun. Sementara itu, Netflix diperkirakan akan mengikuti jejak Tesla untuk membeli Bitcoin.

Baca Juga: Apa Itu Chainlink (LINK) dan Bagaimana Cara Belinya? Baca di Sini!

Bicara mengenai aset kripto, selain Bitcoin di luar sana masih banyak pilihan mata uang digital lainnya, salah satunya adalah UNI. Ada yang pernah dengar tentang aset kripto satu ini? Kalau belum, kupas tuntas tentang Uniswap lewat pembahasan berikut ini, yuk!

Apa Itu Uniswap (UNI)?

Penggemar kripto pasti tidak asing dengan istilah Decentralized Exchange (DEX). DEX sendiri merupakan bursa penukaran mata uang digital terdesentralisasi. Salah satu yang paling terkenal adalah Uniswap.

Berjalan di jaringan blockchain Ethereum, Uniswap merupakan protokol yang menawarkan layanan pengelolaan aset kripto menggunakan sistem Decentralized Finance (DeFi). Protokol temuan Hayden Adams ini memungkinkan penjual dan pembeli saling menukarkan token ERC20 apa pun tanpa melalui perantara, termasuk UNI.

UNI merupakan sebutan bagi token asli milik protokol Uniswap. Seseorang yang memiliki UNI akan diberikan hak tata kelola yang berfungsi memberikan suara ketika terjadi perubahan protokol.

Cara Kerja Uniswap

Berbeda dengan bursa pertukaran lainnya, Uniswap akan menciptakan persediaan likuiditas secara otomatis menggunakan persamaan X*Y = K. Biar lebih gampang, coba simak ilustrasi di bawah.

Misalnya kamu ingin menukarkan Ethereum (ETH) dengan salah satu token ERC20, yaitu Maker (MKR). Dari persamaan di atas, X dan Y merupakan variabel yang merepresentasikan jumlah ketersediaan MKR dan ETH. Sementara itu, K adalah hasil perkalian dari variabel X dan Y  yang nilainya harus selalu konstan.

Sekarang coba bayangkan ketika seseorang ingin menukar ETH miliknya dengan MKR. Transaksi tersebut akan membuat persediaan MKR menurun, sedangkan pasokan ETH meningkat. Sebagai hasilnya harga MKR pun mengalami kenaikan karena stoknya lebih sedikit. Itulah mekanisme yang digunakan Uniswap dalam menetapkan harga.

Keunggulan dan Kekurangan Uniswap

Setiap protokol pasti punya keunggulan dan kekurangan masing-masing, termasuk penerbit aset kripto UNI. Sifatnya yang terdesentralisasi membuat pengguna Uniswap lebih mudah mengakses pasar kripto berbekal wallet miliknya. Bukan hanya itu, keberadaan Uniswap V2 mempermudah pengguna dalam mengakses likuiditas dengan cara memasukkan token miliknya ke pertukaran.

Kelebihan yang terakhir adalah penyedia likuiditas akan menerima sejumlah keuntungan dari dana yang mereka setorkan.

Dari segi kekurangan, untuk menyeimbangkan market protokol ini masih bergantung pada perdagangan arbitrase. Di sisi lain sifatnya yang permission less membuat protokol tersebut merilis daftar token palsu. Lebih dari itu harga gas fee yang ditawarkan terbilang mahal.

Cara Membeli UNI

Tertarik mengumpulkan aset UNI? Sekarang pembelian UNI bisa dilakukan secara praktis melalui platform Pintu. Begini cara melakukannya.

  1. Buka aplikasi Pintu, lalu pilih aset kripto yang ingin dibeli. Pada kasus ini adalah UNI
  2. Tekan tombol Jual atau Beli
  3. Masukkan nominal yang akan ditukarkan dengan aset kripto. Teman Pintu bisa menggunakan satuan Rupiah atau kripto.
    • Kamu tidak perlu membeli atau menjual utuh sebuah UNI, karena kamu dapat membeli / menjual UNI dengan jumlah pecahan (sebesar 0,1 UNI, bahkan kurang dari itu).
    • Namun di Pintu, terdapat jumlah nilai minimal dalam Rupiah untuk melakukan transaksi pembelian / penjualan crypto, termasuk UNI, yaitu senilai Rp 22.000 (per tanggal 24/5/2021, minimal pembelian dapat berubah sewaktu-waktu).
  4. Sebelum menyelesaikan transaksi pastikan ulang jenis kripto yang akan dibeli

Sebagai tambahan, harga kripto yang terlampir bisa berubah sewaktu-waktu menyesuaikan volume transaksi yang terjadi. Itulah mengapa harga final yang dipakai adalah harga kripto yang terlampir ketika Teman Pintu melakukan check-out.

Baca Juga: Mengenal Maker (MKR) dan Cara Membelinya

Begitulah penjelasan mengenai Uniswap mulai dari pengertian, cara kerja, kekurangan dan kelebihan, sampai cara membeli UNI. Untuk mempraktikkan langkah-langkah di atas, silakan unduh dulu aplikasi Pintu di sini.

Bagikan
Artikel Terkait

Aplikasi Jual/Beli Bitcoin dan Crypto.

Mudah. Praktis. Instan.

Download Aplikasinya sekarang
Terdaftar dan Diawasi
Terdaftar dan Diawasi
Download Aplikasinya sekarang
Terdaftar dan Diawasi
Terdaftar dan Diawasi

Aplikasi Jual/Beli Bitcoin dan Crypto.

Mudah. Praktis. Instan.

Download Aplikasinya sekarang
Terdaftar dan Diawasi
Terdaftar dan Diawasi
Download Aplikasinya sekarang
Terdaftar dan Diawasi
Terdaftar dan Diawasi
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.