10 Trend Bisnis Anak Muda yang Bikin Cuan!

Updated
November 29, 2021
• Waktu baca 4 Menit
Gambar 10 Trend Bisnis Anak Muda yang Bikin Cuan!
Reading Time: 4 minutes

Kebanyakan anak muda zaman sekarang lebih suka membuka bisnis sendiri daripada harus bekerja di sebuah perusahaan. Memiliki sebuah bisnis sendiri memang menyenangkan, sebab kamu tidak perlu terikat kontrak dengan orang lain. Terlebih lagi kamu bisa membagi waktu yang kamu miliki dalam satu hari untuk menghasilkan uang dan bermain.

Trend Bisnis Untuk Anak Muda

Keinginan para kaula muda untuk berbisnis sendiri kini semakin mudah karena didukung juga oleh teknologi modern seperti internet. Kamu bisa membuka sebuah bisnis dengan modal kecil dan memanfaatkan internet sebagai media promosi. Sedangkan 10 bisnis yang lagi trend buat anak muda sekarang adalah:

1. Online Shop (Toko Online)

Dulu jika akan membuka sebuah toko maka diperlukan modal yang cukup besar untuk menyewa ruko dan stok barang. Namun kini kamu bisa membuka bisnis online shop tanpa harus menyewa ruko. Toko online atau online shop memang menawarkan cara berbisnis yang mudah dan sedang menjadi trend bisnis masa kini.

Kamu hanya memerlukan stok barang dan buat iklan semenarik mungkin di internet agar konsumen tertarik untuk membeli produk kamu. Company profile juga bisa kamu coba buat, agar toko online yang kamu miliki terlihat semakin profesional. Beberapa platform online kini menyediakan fitur buka toko online gratis.

2. Freelance Writer

Bagi sebagian besar orang, pekerjaan freelance masih terdengar asing bahkan seringkali diremehkan. Namun siapa sangka jika seorang freelance writer bisa menghasilkan uang yang cukup banyak dalam hitungan hari dan secara online.

Atau kamu bisa mencoba membuat sebuah blog lalu upload karya tulis kamu secara berkala. Kamu juga bisa coba mempromosikan blog kamu ke lebih banyak orang agar traffic pengunjung semakin tinggi dan penghasilan yang kamu dapatkan semakin besar.

3. Laundry

Bisnis yang cocok untuk anak muda selanjutnya adalah jasa laundry. Kamu bisa mencoba membuka bisnis jasa laundry di area sekitar tempat tinggalmu. Coba promosikan bisnis laundry milikmu secara online maupun iklan dari mulut ke mulut.

Bisnis laundry cukup menguntungkan mengingat saat ini kebanyakan orang lebih mencuci di laundry sebab murah dan tidak menghabiskan banyak waktu serta tenaga.

4. Jasa Fotografer

Punya hobi di dunia fotografi? Jika iya, maka kamu bisa memanfaatkan hobi kamu ini untuk membuka sebuah bisnis jasa fotografer. Bisnis satu ini bisa dibilang sangat minim modal, sebab kamu cukup punya kamera sendiri maka kamu sudah bisa membuka bisnis fotografer.

Mulai tawarkan bisnis jasa fotografer kamu untuk acara kecil terlebih dahulu, seperti ulang tahun ataupun acara tasyakuran. Jika sudah memungkinkan maka coba ambil tawaran pekerjaan yang lebih besar seperti fotografer di acara pernikahan.

5. Admin Sosial Media

admin sosial media merupakan trend bisnis anak muda

Nyatanya saat ini ada banyak sekali orang yang menawarkan jasa admin sosial media. Yang mana hal ini kemudian menjadi bisnis yang menguntungkan sebab bisa dikerjakan di mana saja. Kamu bisa coba cari perusahaan atau organisasi yang membutuhkan jasa admin sosial media. Kemudian coba tawarkan jasa kamu kepada perusahaan tersebut.

6. Reseller dan Dropshipper

Reseller dan dropshipper menjadi salah satu bisnis anak muda yang paling banyak digemari saat ini. Hal tersebut karena reseller dan dropshipper tidak membutuhkan banyak modal di awal bisnis. Bahkan kamu tidak perlu melakukan stok barang.

Sehingga bisa lebih meminimalisasi resiko barang tidak laku di kemudian hari. Bisnis reseller dan dropshipper bisa dibilang cukup fleksibel dan bisa dilakukan kapan saja. Bahkan para pelajar kini juga mulai mencoba bisnis menjanjikan satu ini.

7. Pet Shop dan Jasa Penitipan Hewan

Kamu seorang pecinta hewan dan ingin membuka bisnis? Maka pet shop bisa menjadi jawabannya. Untuk membuka sebuah pet shop memang membutuhkan modal yang cukup besar karena harus menyewa ruko dan membeli perlengkapan hewan.

Namun jika modal kamu minim maka coba untuk membuka bisnis jasa penitipan hewan. Yang mana bisnis satu ini bisa dilakukan dirumah asalkan memiliki peralatan yang memadai.

8. Warkop Kekinian

Untuk kamu yang suka nongkrong, kenapa tidak mencoba membuka warkop kecil-kecilan dirumah? Bisnis warkop kekinian menawarkan keuntungan yang menjanjikan dan bisa balik modal dalam kurun waktu yang cepat.

Jika kamu ingin membuka bisnis warkop kekinian maka pastikan warkop kamu didesain semenarik mungkin agar menarik minat pengunjung. Sebab saat ini kebanyakan orang  mencari warkop dengan menu yang lezat namun juga memiliki tampilan yang menarik.

9. Jasa MC

Manfaatkan kemampuan public speaking yang kamu punyai untuk membuka bisnis di bidang MC. Bisnis ini sangat fleksibel dan bisa dilakukan di daerah perkotaan maupun perdesaan. Yang pasti tawarkan jasa kamu dengan harga yang terjangkau agar banyak orang tertarik.

10. Les Privat

Selama pandemi banyak sekolah diliburkan, alhasil kebanyakan orang tua kebingungan untuk membimbing putra dan putri mereka untuk belajar. Oleh karena itu coba buka jasa les privat yang sesuai dengan kemampuan kamu. Atau kamu juga bisa menawarkan jasa les dengan datang ke rumah masing-masing siswa sehingga orang tua mereka merasa lebih nyaman.

Crypto Sebagai Pilihan Bisnis Masa Kini

Selain 10 jenis bisnis di atas, crypto juga bisa menjadi pilihan bisnis untuk anak muda. Kamu bisa mencoba jual beli Crypto di aplikasi Pintu. Aplikasi Pintu menawarkan kemudahan investasi di dunia crypto untuk para pemula.

Bahkan kamu cukup mengeluarkan uang Rp. 11.000 untuk bisa memulai trading aset crypto di Pintu. Tidak perlu khawatir, Pintu adalah aplikasi legal yang resmi terdaftar di BAPPEBTI.

Referensi:

Truic, 30 Business Ideas For Teens (Make Money Young). Diakses tanggal: 10-11-2021

Christine Aebischer, 28 Business Ideas for Teens. Diakses tanggal: 10-11-2021

Manasa Reddigari, 10 Must-Try Business Ideas for Young Entrepreneurs. Diakses tanggal: 10-11-2021

Wildana Husada
Author
Wildana Husada
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->