Pintu Blog
/
Perencanaan Keuangan
/
Cara Membuat dan Contoh Format Excel Laporan Keuangan Pribadi

Cara Membuat dan Contoh Format Excel Laporan Keuangan Pribadi

August 27, 2021
Combined Shape 2
3 Menit
Bagikan
Gambar Cara Membuat dan Contoh Format Excel Laporan Keuangan Pribadi
Reading Time: 3 minutes

Merasa pengelolaan keuangan kamu berantakan tanpa dokumentasi yang jelas? Artinya kamu membutuhkan laporan keuangan pribadi, nih! Bagaimana cara membuat dan contoh format excel laporan keuangan pribadi? Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Apa itu Laporan Keuangan Pribadi?

Pembukuan keuangan pribadi atau laporan keuangan pribadi adalah istilah yang digunakan untuk dokumen atau spreadsheet yang dibuat seseorang untuk menguraikan posisi keuangan orang tersebut pada waktu tertentu.

Baca juga: Manajemen Aset dan Liabilitas untuk Capai Kebebasan Finansial

Tujuan Membuat Laporan Keuangan Pribadi

cara membuat laporan keuangan pribadi

Lalu, apakah setiap individu wajib membuat laporan keuangan pribadi? Tentunya hal tersebut menjadi pilihan dari tiap individu, namun akan lebih baik jika kamu memilikinya karena laporan keuangan ini memiliki banyak fungsi dan manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut.

Memastikan Pemenuhan Tujuan Finansial Kamu

Apa tujuan kamu memperoleh uang? Apakah hanya untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari? Tiap orang memiliki tujuan finansialnya masing-masing dan laporan keuangan bisa membantu kamu untuk bisa mengatur pemasukan dan pengeluaran sedemikian rupa agar tujuan keuangan kamu bisa tercapai.

Mengelola Pengeluaran

Tanpa adanya laporan keuangan, seseorang akan cenderung bersikap konsumtif. Laporan keuangan bisa membantu kamu untuk menentukan pengeluaran mana yang harus diprioritaskan dan yang mana yang bisa ditunda.

Keamanan Finansial Keluarga

Ketika pemasukan dan pengeluaran terencana dengan baik, kamu bisa terhindar dari risiko kekurangan dana saat ada kebutuhan mendesak, yang bisa berdampak buruk pada masa depan keluargamu.

Alokasi untuk Investasi

Investasi adalah salah satu hal paling penting yang belum banyak dipahami masyarakat Indonesia. Dengan berinvestasi secara tepat, kamu bisa memperoleh pendapatan pasif yang bisa menjamin kelancaran arus kas pribadi dan keluarga. Laporan keuangan bisa membantu kamu menyisihkan sejumlah dana untuk keperluan investasi.

Cara Membuat Laporan Keuangan Pribadi Sederhana

Cara membuat laporan keuangan pribadi sebenarnya cukup sederhana. Pertama-tama, kamu harus memahami apa saja komponen yang terdapat dalam laporan keuangan pribadi. Secara umum, komponen utama yang harus ada pada laporan keuangan pribadi kamu adalah neraca aset atau kekayaan, dan neraca kewajiban. Untuk lebih memahaminya, kamu bisa lihat contoh format excel laporan keuangan pribadi di akhir pembahasan artikel ini.

Neraca Aset atau Kekayaan

Beberapa komponen yang bisa kamu masukkan ke bagian neraca aset adalah:

  1. Uang tunai
  2. Saldo pada rekening tabungan
  3. Saldo total dari akun pensiunan
  4. Piutang usaha
  5. Aset investasi yang kamu miliki

Neraca Kewajiban

Beberapa pengeluaran yang bisa kamu masukkan ke neraca bagian kewajiban:

  • Utang
  • Cicilan yang belum dibayar
  • Pajak yang belum dibayar
  • Hipotek properti

Lalu, bagaimana cara membuat pembukuan keuangan pribadi?

  • Membuat spreadsheet pada program excel yang terdiri dari 2 kolom, yaitu bagian aset dan bagian kewajiban. Biasanya, kolom aset berada di sebelah kiri sedangkan kewajiban di sebelah kanannya. Kamu juga memerlukan 1 tambahan kolom untuk memperlihatkan kekayaan bersih milikmu.
  • Memasukkan daftar aset dan kewajiban beserta nilainya.
  • Menjumlahkan total aset dan kewajiban secara terpisah dengan bantuan rumus excel (=SUM)
  • Menentukan nilai kekayaan bersih milikmu dengan bantuan rumus excel. Caranya, pada sel kosong, kamu bisa mengetik rumus = [sel total aset] – [sel total kewajiban], lalu tekan enter.

Contoh Format Excel Laporan Keuangan Pribadi

Untuk bisa membuat kamu lebih memahami mengenai cara membuat laporan keuangan pribadi, simak contoh format excel laporan keuangan pribadi di bawah ini!

download template excel laporan keuangan pribadi

Download Template Excel Laporan Keuangan Pribadi

Itulah pembahasan terkait pentingnya laporan keuangan pribadi dan contoh format excel keuangan pribadi yang bisa kamu jadikan referensi.

Di artikel, beberapa kali dibahas mengenai pentingnya investasi sebagai bagian dari rencana keuanganmu. Untuk kamu yang tertarik berinvestasi, aset crypto mungkin bisa menjadi salah satu pilihan. Per 25 Agustus 2021, harga bitcoin sebagai aset crypto dengan kapitalisasi pasar terbesar telah mengalami peningkatan nilai hingga 300% dibandingkan tahun lalu. Buat kamu yang tertarik melakukan jual beli bitcoin atau aset crypto lainnya, download aplikasi Pintu sekarang! Belajar crypto secara gratis bisa kamu lakukan di Pintu Akademi juga, lho!

Referensi:

Cory Mitchell, Personal Financial Statement. Diakses tanggal: 12 Agustus 2021.

Financial Wolves, Why is Personal Finance Important. Diakses tanggal: 12 Agustus 2021.

Form Swift, Personal Financial Statement. Diakses tanggal: 12 Agustus 2021.

Author
Cornelia Lyman
Bagikan
Artikel Terkait
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Foundations/Reg-license/ISO27001
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.