Apa itu Collectible NFT dan Contohnya?

Updated
June 30, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Collectible NFT dan Contohnya?
Reading Time: 3 minutes

Collectible NFT adalah aset digital yang banyak dicari oleh kolektor game, seni maupun olahraga. Alasannya pun bermacam-macam baik untuk investasi maupun sekedar hobi belaka. Apa itu collectible NFT dan apa saja contoh collectible NFT yang ada di di marketplace NFT saat ini? Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Apa itu NFT sebenarnya?

Apa itu Collectible NFT?

Collectible NFT adalah aset NFT yang unik, tidak dapat dipertukarkan dengan aset lain, sehingga menarik untuk dikoleksi oleh investor, trader maupun kolektor di bidang game hingga seni.

Sebagai contohnya, di dalam game, NFT hadir sebagai item yang dapat digunakan untuk bermain dan menyelesaikan misi. Item-item ini bisa diperjualbelikan antara pemain satu dan lainnya, yang menjadikannya cocok sebagai barang koleksi.

Layaknya barang koleksi lainnya, tiap NFT memiliki harga yang berbeda-beda. Dua hal mendasar yang dapat digunakan untuk menentukan nilai dari NFT atau crypto collectible adalah kelangkaan (rarity) dan relevansi. Semakin langka dan semakin luas relevansi sosialnya, maka akan semakin tinggi nilainya.

Baca juga: Bagaimana Cara Menilai Kelangkaan NFT?

5 Contoh Collectible NFT

Meebit

nft meebit
(screenrant.com)

Koleksi Meebit adalah salah satu collectible NFT baru yang memulai debutnya pada tahun 2021 lalu, serta merupakan kelanjutan dari seri CryptoPunks oleh Larva Labs yang sangat terkenal dan telah mencapai kesuksesan.

Secara umum, Meebit adalah sebuah karya NFT figur animasi 3D yang unik. Meski belum seterkenal CryptoPunks, tetapi beberapa karakternya telah berhasil terjual lebih dari US$1 juta. Bahkan, salah satu koleksinya, yaitu Meebit #10761 berhasil mencatat penjualan sebesar US$2,7 juta.

Save Thousands Of Lives

contoh collectible nft
(screenrant.com)

Karya NFT ini dibuat oleh Noora Health dan ditujukan untuk kegiatan amal. Save Thousands Of Lives adalah karya kolase yang dibuat pada 3 Mei 2021 dan berhasil terjual beberapa hari kemudian dengan harga mencapai lebih dari US$4,5 juta.

Noora Health menggunakan 100% dari hasil penjualan ini untuk membantu kehidupan ibu baru dan keluarga di Asia Selatan yang kurang mampu.

CryptoPunks

Cryptopunk-7523
(screenrant.com)

NFT CryptoPunks tentunya sudah tidak asing lagi bagi kamu yang terjun di dunia NFT. CryptoPunks #7523 bahkan berhasil mencetak nilai penjualan fantastis sebesar $11,7 juta setelah dibeli oleh pemegang saham DraftKings Shalom Meckenzie

CryptoPunk #7523 merupakan bagian dari seri Alien. Avatar dalam NFT ini dilengkapi dengan aksesoris anting emas dan masker wajah, serta memegang rekor sebagai seri CryptoPunks termahal yang pernah terjual.

Clock oleh Pak

Clock-NFT
(screenrant.com)

NFT “Clock” dikembangkan oleh kreator NFT terkenal Pak dan Julian Assange. Karya ini menjadi kontroversial karena hasil penjualannya digunakan untuk dana pembelaan hukum Assange selaku pendiri WikiLeaks.

NFT “Clock” sendiri memiliki konsep unik karena menampilkan jumlah hari yang dihabiskan Assange di penjara. Karya ini pun berhasil terjual dengan harga US$52,74.

The Merge

contoh collectible nft adalah the merge
(screenrant.com)

Masih dari Pak yang Identitas aslinya hingga kini masih menjadi misteri, The Merge adalah salah satu karya NFT yang sangat kreatif. Karya ini adalah kumpulan potongan fragmen, yang disebut ‘massa‘ dan dikumpulkan oleh beberapa kolektor hingga membentuk sebuah karya seni NFT. Total penjualan The Merge sendiri mencapai US$91,8 juta dan menjadikannya karya NFT Pak yang termahal.

Layaknya barang koleksi tradisional, collectible NFT memiliki harga yang sangat fantastis, sehingga sering dijadikan sebagai aset investasi.

Selain NFT, aset crypto juga menjadi salah satu instrumen investasi yang sedang diminati masyarakat Indonesia. Dilansir dari Kompas, jumlah investor crypto di Indonesia bahkan telah mencapai 11 juta orang per Desember 2021 lalu.

Ingin memulai investasi crypto secara mudah? Yuk download Pintu sekarang lewat App Store dan Play Store kamu, serta miliki aset crypto pertama kamu mulai dari Rp11.000 saja!

Referensi: 

Adgully. What are NFT Collectibles?. Diakses pada Senin, 16 Mei 2022.

Screenrant. 20 Most Expensive NFTs Sold (So Far). Diakses pada Senin, 16 Mei 2022.

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->