5 Contoh Blue Chip NFT yang Beredar di Pasaran

Updated
June 15, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar 5 Contoh Blue Chip NFT yang Beredar di Pasaran
Reading Time: 4 minutes

Kamu mungkin tidak asing lagi dengan istilah blue chip saham. Dalam dunia NFT, dikenal pula istilah blue chip NFT. Blue chip NFT adalah salah satu jenis NFT yang menarik minat banyak investor NFT karena sejumlah alasan. Apa itu blue chip NFT dan 5 contoh blue chip NFT? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Apa Itu Blue Chip NFT?

Blue chip NFT adalah istilah yang digunakan untuk sebuah proyek atau karya NFT yang terkenal, stabil, dan dianggap sebagai investasi jangka panjang yang baik. Istilah Blue chip juga dapat ditemukan dalam pasar saham.

Definisi di atas tampak sederhana, namun tidak semua NFT yang bernilai tinggi dalam rentang waktu yang lama dapat dilabeli sebagai blue chip NFT. Sebuah karya atau proyek NFT bisa disebut blue chip NFT hanya jika memiliki pertumbuhan nilai yang stabil dan terus meningkat dari waktu ke waktu. Selain itu, biasanya ada spekulasi kuat jika seseorang berinvestasi dalam proyek NFT ini, mereka mungkin mendapat untung besar saat menjualnya di masa depan.

Mengenali Blue chip NFT sendiri membutuhkan jam terbang. Orang yang baru saja aktif sebagai investor atau kolektor biasanya akan kesulitan untuk mengidentifikasi Blue chip NFT secara tepat.

Baca juga: 20+ NFT Termahal di Dunia yang Pernah Terjual, Harga Miliaran!

Karakteristik Blue Chip NFT

Dilansir dari laman Cyberscrilla, berikut merupakan beberapa karakteristik dan ciri-ciri blue chip NFT.

  • Memiliki reputasi yang baik
  • Reputasi positif dari kreator dan tim NFT yang terlibat
  • Harga NFT pada waktu tersebut
  • Respon masyarakat terhadap aset tersebut
  • Usaha yang diambil kreator untuk beradaptasi agar aset NFT tetap relevan

Dengan merujuk pada karakteristik tersebut, dibutuhkan pengamatan yang seksama untuk melihat apakah sebuah karya atau proyek NFT bisa dikategorikan sebagai Blue chip NFT. Nilai tinggi yang dicatat karya ini juga harus berkelanjutan, tidak bisa hanya tinggi pada suatu waktu tertentu saja.

Baca juga: 5 Cara Membeli dan Mendapatkan NFT Secara Mudah!

5 Contoh Blue Chip NFT Menurut Para Ahli

Dilansir dari NFTs Guru, berikut beberapa contoh Blue chip NFT yang terdapat di pasaran saat ini.

CryptoPunks

contoh blue chip nft
(www.yuga.com)

CryptoPunks menjadi salah satu koleksi yang paling populer di dunia NFT. CryptoPunks adalah proyek NFT visual yang memproduksi sekitar 10.000 karya avatar berwujud ‘alien’ yang unik. Proyek ini dimulai oleh Larva Labs sejak 2017 silam. Kini, kepemilikannya sendiri telah berpindah ke Yuga Labs. Proyek ini didesain oleh John Watkinson dan Matt Hall.

Bored Ape Yacht Club

bored ape yacht club nft blue chip
(boredapeyachtclub.com)

Bored Ape Yacht Club (BAYC) adalah proyek NFT yang dimiliki oleh perusahaan yang sama dengan CryptoPunks, yaitu Yuga Labs. BAYC menggunakan ‘kera’ sebagai karakter dasar avatar dalam proyek NFT tersebut.

Koleksinya sendiri tersimpan di blockchain Ethereum, yang mana berisikan 10.000 NFT unik yang berasal dari 172 karakteristik unik. Proyek ini sebenarnya baru dimulai pada 2021 lalu. Namun, total penjualan telah mencapai lebih dari US$1 miliar. BAYC paling dikenal karena NFT ini dikoleksi oleh artis-artis dunia, seperti Justin Bieber dan Madonna.

World of Women

world of woman nft
(worldofwomen.art)

World of Women adalah Blue chip NFT yang berfokus pada wanita sebagai tokoh utamanya. Proyek ini menggunakan avatar perempuan dari berbagai ras, warna kulit, gaya rambut, bentuk bibir, dan lainnya.

Menurut laman NFTs Guru, proyek World of Women mencatat pertumbuhan yang baik yaitu sebesar 72% sejak peluncuran pertamanya pada tahun 2021 lalu.

Doodles

doodles nft pintu
(doodles.app)

Doodles semakin populer karena menawarkan karya visual dengan corak asketis bergaya gambar tangan dan paduan warna pastel yang ceria. Doodles sendiri memiliki 10.000 desain NFT dalam koleksinya. Namun, mereka tengah memperluas koleksi dengan menawarkan subkoleksi. Sub-koleksi ini disebut “Space Doodles”.

Cool Cats

cool cats nft kucing
(www.coolcatsnft.com)

Avatar kucing yang unik dan lucu, Cool Cats adalah NFT yang berbasis game hewan peliharaan, yang mana terdiri atas 9.999 NFT. Menurut Alex Moskov pada laman Coincentral, proyek ini sering dianggap sebagai salah satu NFT Blue Chip. Selain itu, NFT ini bahkan telah ditradingkan sebanyak 22.000 kali di pasar NFT.

Nah, itulah uraian lengkap mengenai apa itu blue chip NFT dan contoh-contohnya. Dari penjelasan di atas, tentunya terlihat bukan mengapa blue chip NFT adalah aset investasi yang dicari-cari banyak orang.

Selain NFT, crypto juga menjadi aset investasi yang menarik perhatian banyak orang, nih! Sebut saja bitcoin (BTC to IDR), polkadot (DOT to IDR) dan puluhan aset lainnya yang kini bisa kamu perjualbelikan secara mudah di aplikasi Pintu, mulai dari Rp11.000 saja!

Jumlah investor crypto per Desember 2021 lalu bahkan telah mencapai 11 juta orang dan melampaui investor pasar modal. Buat kamu yang tertarik berinvestasi crypto secara mudah, download Pintu sekarang!

Referensi:

Coincentral. Cool Cats NFT Guide: Why Are So Many People Buying Cool Cats?. Diakses pada Sabtu, 21 Mei 2022.

Cyber Scrilla. Blue Chip NFT: What is It and How to Recognize One? – Cyber Scrilla. Diakses pada Sabtu, 21 Mei 2022.

NFTs Guru. 5 Best NFT Blue Chip Projects Worth Every Penny. Diakses pada Sabtu, 21 Mei 2022.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset kripto menjadi tanggung jawab pembaca.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->