Apa itu AO Computer?

Update 9 Jul 2024 • Waktu Baca 6 Menit
Gambar Apa itu AO Computer?
Reading Time: 6 minutes

Setiap bull market membawa tren unik yang baru. Salah satu tren unik di bull market 2024 adalah upaya rebranding oleh berbagai proyek besar. Proyek-proyek kripto besar yang sempat populer di 2021 melakukan ini untuk menarik kembali minat investor dan bersaing dengan ratusan proyek baru. Fantom, MakerDAO, dan Arweave adalah beberapa yang melakukan upaya rebranding ini. Alih-alih hanya berganti nama dan meluncurkan token baru, Arweave membuat jaringan L1 baru bernama AO Computer. Artikel ini akan membahas lengkap tentang apa itu AO Computer, cara kerja AO Computer, dan potensi koin AO.

Ringkasan Artikel

  • Tren Rebranding di Bull Market 2024: Proyek-proyek crypto seperti Fantom, MakerDAO, dan Arweave melakukan rebranding untuk menarik minat investor dan bersaing dengan proyek baru.
  • AO Computer: AO Computer adalah jaringan L1 baru yang dibangun di atas protokol penyimpanan data Arweave, dirancang untuk memproses ribuan transaksi per detik dengan pemrosesan paralel.
  • Fitur Unik AO Computer: AO Computer menawarkan skalabilitas paralel tanpa batas, arsitektur modular yang kompatibel dengan berbagai ekosistem blockchain, dan kemampuan proses otonom yang memungkinkan agen AI di jaringan.
  • Potensi dan Tokenomik AO Computer: AO Computer memiliki potensi besar dalam sektor L1 dan AI dengan model distribusi token yang adil tanpa pre-sale. AO hanya perlu berhasil menarik tim pengembang kompeten untuk membangun aplikasi di jaringannya.

Apa itu AO Computer?

AO Computer adalah sebuah jaringan L1 yang dibangun di atas protokol penyimpanan data Arweave. Arweave menyebut AO sebagai sebuah “Hyper Parallel Computer”. Jaringan AO didesain untuk memproses ribuan transaksi per detik menggunakan pemrosesan paralel dan Arweave sebagai jaringan penyimpanan data.

Arweave menempati posisi 54 dengan nilai kapitalisasi pasar $1,9 miliar (25 Juni 2024). Arweave adalah protokol penyimpanan data kedua terbesar setelah Filecoin. Kombinasi Arweave dan AO Computer menempatkan keduanya dalam posisi yang unik karena kini Arweave bisa mendukung ekosistem aplikasi baru.

Dengan adanya Arweave, AO computer tidak perlu terbebani dengan fungsi penyimpanan data dan khusus berperan melakukan komputasi. AO computer dibuat untuk menjadi jaringan performa tinggi yang bisa menangani beban komputasi besar seperti protokol AI on-chain. AO bisa melakukan ini melalui berbagai teknologi seperti pemrosesan paralel yang tidak terbatas, penyimpanan data permanen Arweave, dan arsitektur yang modular.

Fitur Unik AO Computer

fitur unik ao computer
  • Skalabilitas Paralel Tanpa Batas: AO computer mendukung sejumlah proses (dApps) yang berjalan secara paralel yang independen satu sama lain. Mekanisme paralel ini membuat skalabilitas AO secara teori tidak terbatas.
  • Arweave: Arweave berperan sebagai layer data availability AO computer dan jaringan penyimpanan data permanen. Dengan begitu, AO computer adalah jaringan L1 yang hanya menjalankan fungsi komputasi. Semua transaksi AO mengambil dan memproses data dari Arweave.
  • Arsitektur Modular: AO computer memiliki arsitektur modular dan bisa menggunakan berbagai jenis Virtual Machine seperti EVM dan SVM. Sistem ini otomatis membuat AO kompatibel dengan berbagai jenis ekosistem blockchain.
  • Proses Otonom: Proses dapat membuat jadwal dan parameter spesifik untuk otomatis mengeksekusi berbagai jenis transaksi dalam interval yang sudah ditentukan. Fitur ini memungkinkan terciptanya agen otonom di AO.

Cara Kerja dan Inovasi AO Computer

AO computer memiliki jargon teknologi dan istilah yang sangat berbeda dibanding blockchain pada umumnya. Dua istilah penting yang perlu dipahami adalah proses dan pesan. Pesan adalah sebutan untuk semua data yang masuk ke jaringan AO. Semua pesan di AO memiliki format ANS-104. Sementara itu, proses adalah sebutan AO untuk smart contract atau aplikasi terdesentralisasi yang dibuat di atas AO.

Inovasi paling penting AO adalah absennya status global blockchain dan paralelisasi total. Di Ethereum, semua validator wajib memperhatikan dan memperbarui status blok dan transaksi global (global state). Dalam AO, tidak ada status jaringan global. Semua proses hanya bertanggung jawab terhadap pesan dalam aplikasi masing-masing (local state).

Dengan cara ini, semua proses bisa berjalan masing-masing tanpa harus melakukan sinkronisasi global. Model ini lah yang memungkinkan paralelisasi tidak terbatas. Selain itu, model local state juga membuat AO tidak membutuhkan mekanisme konsensus karena validator tidak perlu membandingkan pesan dari berbagai aplikasi.

AO computer tidak membutuhkan mekanisme konsensus karena Arweave memiliki teknologi lazy evaluation yang secara otomatis menyusun transaksi dan memindahkan beban verifikasi data ke level pengguna, bukan jaringan.
cara kerja ao computer
5 komponen utama AO.

AO memproses pesan melalui validator yang dibagi menjadi tiga unit yaitu Scheduler Unit (SU), Messenger Unit (MU), dan Compute Unit (CU). Ketiganya menjadi fondasi AO computer yang menerima dan melanjutkan pesan yang masuk dari proses. Setiap proses juga bebas menentukan jumlah SU, MU, dan CU yang digunakan dalam satu waktu.

Arsitektur teknologi dan Cara Kerja AO computer didesain untuk menciptakan blockchain yang membuka berbagai kegunaan baru. Contohnya, model AI besar seperti Llama 3 milik Meta dapat dijalankan di atas jaringan AO. Fitur unik AO juga memungkinkan pembuatan ekosistem agen AI tanpa membutuhkan biaya besar.

Tokenomik AO

Distribusi token AO
Sumber: AO Computer.

AO computer menargetkan distribusi token AO untuk se-adil mungkin. Token AO tidak memiliki mekanisme, pre-sale, pre-mining, dan investor VC. Jadi, token AO harus dicetak oleh pengguna melalui partisipasi langsung di jaringan.

AO computer menjelaskan bahwa token AO akan mengikuti model Bitcoin yang 100% didistribusikan ke komunitas. Jadi, AO memiliki total suplai 21 juta dan mengalami halving distribusi setiap 4 tahun sekali.

Saat ini, cara untuk mendapatkan token AO ada dua yaitu:

Token AO kemudian akan otomatis dialirkan ke aplikasi di AO yang berhasil menarik pengguna. Berbeda dengan BTC yang memiliki miners, token AO akan dicetak sebagai insentif kepada aplikasi yang berhasil membawa TVL.

Koin AO akan dirilis ke pasar terbuka setelah pencetakan AO mencapai 15%. Hal tersebut kemungkinan akan terjadi pada 8 Februari 2025.

Potensi AO Computer

AO computer adalah salah satu jaringan L1 unik yang berpotensi meramaikan berbagai narasi yang sedang hangat di dunia crypto. Selain akan meramaikan sektor L1 yang sangat kompetitif, AO computer adalah satu-satunya L1 yang bisa memenuhi kebutuhan AI. Blockchain AI biasanya perlu dibuat khusus untuk AI seperti Bittensor atau Ritual. AO computer menjadi satu-satunya platform smart contract umum yang bisa memfasilitasi model AI secara on-chain.

Model eksekusi yang fleksibel juga membuat AO ramah untuk pengembang dari berbagai ekosistem seperti Ethereum, Solana, dan Cosmos. Pengembang yang ingin membuat on-chain AI bisa menggunakan AO dibanding membuat jaringan baru. Selain itu, pembuat aplikasi yang ingin memiliki fitur inovatif yang memanfaatkan agen AI atau otomasi transaksi juga akan memilih AO dibanding L1 lain.

Berikut tabel potensi harga koin AO jika mencapai angka FDV (total kapitalisasi pasar) proyek AI/L1 lainnya (terinspirasi dari @Defi_Mochi).

ProyekFDVPotensi Harga AO
SUI$6,3 miliar$300
NEAR$5 miliar$238
TAO$4,3 miliar$204
FET$2,8 miliar$133
INJ$1,8 miliar$85
AR$1,4 miliar$66

Target 50% dari FDV AR yaitu $700 juta sangat realistis untuk peluncuran AO. Angka tersebut akan menempatkan harga koin AO di $33 dengan 15% AO tersirkulasi pada awal peluncuran di 8 Februari 2025.

Lebih lanjut lagi, tokenomik AO yang mengikuti model BTC juga menghilangkan kekhawatiran menjadi exit liquidity untuk investor awal. Skema tokenomik AO menghilangkan tekanan jual besar dalam satu waktu. Layaknya BTC, tekanan jual AO hanya akan datang dari inflasi harian yaitu pencetakan koin AO baru.

Pada akhirnya, potensi harga koin AO akan dipengaruhi oleh banyak faktor. Kondisi pasar, marketing dari Arweave dan perhatian dari komunitas juga perlu jadi pertimbangan sebelum memutuskan membeli AO. Terlepas dari semua hal tersebut, AO computer memiliki fundamental yang kuat akibat teknologi inovatif serta integrasi dengan Arweave. Tim AO hanya perlu menarik tim pengembang berkualitas agar ekosistemnya hidup dan tidak menjadi Ghost Chain.

Kesimpulan

AO Computer muncul sebagai inovasi signifikan dalam dunia kripto, membawa pendekatan unik terhadap komputasi terdesentralisasi dan penyimpanan data. Dengan fitur skalabilitas paralel tanpa batas dan arsitektur modular, AO menawarkan platform yang sangat fleksibel dan kompatibel dengan berbagai ekosistem blockchain. Potensi integrasi AI on-chain memberikan AO posisi unik di pasar yang kompetitif. Model tokenomik yang adil dan fokus pada insentif aplikasi memastikan distribusi token yang seimbang, mengurangi tekanan jual dari investor awal. Dengan teknologi inovatif dan integrasi kuat dengan Arweave, AO Computer memiliki fundamental yang solid untuk menarik minat pengembang dan memastikan ekosistemnya tetap hidup dan aktif.

Referensi

Penulis:Ari Budi Santosa

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan