Apa itu LooksRare? Marketplace NFT Berbasis Komunitas

Update 27 Oct 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 6 Menit
Gambar Apa itu LooksRare? Marketplace NFT Berbasis Komunitas
Reading Time: 6 minutes

Pada puncak popularitas NFT di tahun 2021 dan 2022, berbagai platform NFT seperti OpenSea, NiftyGateway, Rarible, dan lainnya telah menjadi sangat dikenal. Kemudian, di awal tahun 2022, muncul platform NFT baru yang bernama LooksRare. Sejak peluncurannya, LooksRare berhasil mencapai volume perdagangan yang melampaui OpenSea, mencapai angka 2.9 miliar dolar AS! Apa yang membuat LooksRare mempu bersaing dengan OpenSea? Dalam artikel ini, kita akan bahas lebih dalam apa itu LooksRare dan menjelajahi fitur menarik di platform ini.

Ringkasan Artikel

  • ūüĎĬ†LooksRare adalah sebuah platform NFT berbasis komunitas yang beroperasi di atas blockchain Ethereum. Platform ini didirikan oleh dua co-founder anonim dengan nama panggilan Zodd dan Guts pada bulan Januari 2022.
  • ūü™ā¬†Setelah peluncurannya, LooksRare mencapai volume perdagangan mingguan yang signifikan, hampir tiga kali lipat dari OpenSea. Hal ini sebagian disebabkan oleh airdrop token LOOKS.
  • ūü™ô¬†LOOKS adalah token platform LooksRare dan merupakan token standard ERC-20 yang dirancang untuk mendorong partisipasi ekosistem.
  • ūüí鬆LooksRare memiliki beragam fitur seperti Bulk Buy, Gems, Staking, YOLO, dan Community Raffles untuk meningkatkan interaksi pengguna.

Apa itu LooksRare?

Apa itu LooksRare? LooksRare adalah marketplace NFT berbasis komunitas yang didirikan di atas blockchain Ethereum. LooksRare secara aktif memberikan imbalan (trading reward) kepada trader, kolektor, dan kreator untuk mendorong partisipasi dalam platform. Namun, per September 2023, trading reward telah dihentikan dan digantikan dengan pendekatan reward yang berbeda.

Dengan motto ‚Äúby NFT people, for NFT people‚ÄĚ, LooksRare mendistribusikan 100% biaya perdagangan (trading fee) sebagai imbalan untuk para kreator dan stakers token LOOKS.

Setelah peluncurannya pada Januari 2022, volume perdagangan mingguan di platform ini terus meningkat, hingga mencapai angka sekitar 2.9 miliar dolar AS, hampir tiga kali lipat lipat volume OpenSea untuk periode waktu yang sama.

Sumber: Token Insight

Salah satu faktor meningkatnya volume perdagangan tersebut adalah adanya airdrop token LOOKS, token platform LooksRare. Pengguna dapat mengklaim token LOOKS secara gratis jika ia melakukan transaksi NFT di OpenSea senilai 3 ETH selama enam bulan sebelumnya dan me-listing NFT di LooksRare.

LooksRare mengenakan biaya 2% untuk perdagangan NFT. Biaya ini lebih murah dibandingkan dengan OpenSea yang mengenakan biaya 2.5%. Namun, pada April 2023, platform ini meluncurkan LooksRare V2 yang memotong biaya perdagangan NFT dari 2% menjadi 0.5%.

Baca juga: Apa itu Opensea Pro?

Siapa Pendiri LooksRare NFT Markeplace?

LooksRare diluncurkan oleh dua co-founder anonim dengan nama panggilan Zodd dan Guts pada bulan Januari 2022. Mereka berencana untuk menyaingi OpenSea dengan adanya kegunaan tambahan melalui token LOOKS sebagai insentif pengguna.

Untuk mendapatkan pengguna dan volume perdagangan yang tinggi, LooksRare meniru pendekatan SushiSwap yang meluncurkan ‚Äúvampire attack‚ÄĚ pada Uniswap. Perbedaanya, LooksRare membagikan token gratis untuk menguras likuiditas dari kompetitornya, OpenSea.

Bagaimana Cara Menggunakan LooksRare?

Kamu bisa mengunjungi website LooksRare di https://looksrare.org/. Kemudian, untuk jual beli NFT, kamu perlu menghubungkan crypto wallet kamu terlebih dahulu. Crypto wallet yang populer adalah MetaMask. Namun, kamu juga bisa menggunakan berbagai crypto wallet lainnya menggunakan WalletConnect.

Secara umum, tampilan LooksRare mirip dengan marketplace NFT lainnya dan mudah digunakan. Untuk membeli suatu NFT, kamu dapat mencari koleksi di kolom pencarian lalu klik ‚Äėbuy‚Äô atau membuat penawaran.

Sama halnya dengan cara menjual NFT di LooksRare, kamu dapat klik ‚ÄúSell‚ÄĚ di homepage, lalu pilih NFT yang ingin kamu jual. Setelah itu, kamu dapat menetapkan harga dan durasi penawaran.

Namun, dalam proses minting NFT, LooksRare memiliki perbedaan dengan sebagian besar marketplace NFT lainnya. Platform ini mengandalkan Manifold sebagai alat untuk proses minting NFT. Manifold adalah sebuah platform untuk membuat dan me-minting NFT. Untuk minting NFT, kamu dapat memulainya dengan mengklik opsi ‚ÄėCreate Collection‚Äô di profil kamu, lalu kamu akan diarahkan pada situs Manifold. Kemudian, ikuti panduan yang tersedia.

Fitur-fitur pada LooksRare

Sumber: LooksRare
  • Bulk Buy: Fitur yang memungkinkan pengguna untuk membeli lebih dari 70 NFT dalam satu transaksi.
  • Fixed price listing: Kamu dapat mengatur harga NFT dalam USD sehingga harga tidak harus dengan ETH.
  • Gems: Fitur dalam LooksRare untuk mendapatkan hadiah. Kamu akan menerima hadiah dengan mendaftarkan item dari koleksi yang memenuhi syarat dan menyelesaikan tugas-tugas tertentu setiap musim. Di akhir setiap musim (biasanya sebulan), Gems dapat ditukar dengan LOOKS.
  • Staking: Ada dua jenis staking pada LooksRare, yaitu Standard Method (imbalan berupa LOOKS dan WETH) dan LOOKS Compounder (imbalan WETH secara otomatis diubah menjadi LOOKS). Untuk mulai staking di LooksRare, kamu bisa mengunjungi situs resminya di sini.
  • YOLO: Sebuah permainan yang melibatkan penggabungan NFT, ETH, dan LOOKS yang ditambahkan oleh pemain di setiap ronde. Di akhir ronde, pemenang tunggal ditentukan secara acak. Semakin besar kontribusi kamu, semakin besar peluang kamu untuk menang.
  • Community Raffles: Sistem undian untuk mendapatkan NFT di mana kamu memiliki kendali penuh. Kamu dapat menentukan aturan, hadiah, dan pemenangnya. Info selengkapnya bisa baca di sini.

Kelebihan LooksRare

  • Biaya Rendah: LooksRare mengenakan platform fee sebesar 0.5%. Ini lebih murah dibandingkan dengan OpenSea yang mengenakan platform fee 2.5%.
  • Imbalan Platform: Pengguna dapat menghasilkan token LOOKS melalui staking, perdagangan, dan pendaftaran (listing) NFT.
  • Pilihan untuk Mengajukan Penawaran pada Seluruh Koleksi: Pendekatan ini bermanfaat bagi investor besar.
  • Fitur Imbalan: LooksRare memiliki beberapa fitur yang menawarkan imbalan tambahan kepada pengguna seperti YOLO, Community Raffles, dan Gems.

Kekurangan LooksRare

  • Satu Blockchain: LooksRare hanya beroperasi di blockchain Ethereum yang berpotensi mengakibatkan biaya gas yang lebih tinggi dibandingkan dengan platform yang mendukung beberapa blockchain. Namun, dengan adanya LooksRare V2, gas fee dapat berkurang hingga 30% dibandingkan V1.
  • Anonimitas Pendiri: Identitas pendiri LooksRare tidak diungkapkan.
  • Tidak Mendukung Minting NFT: Tidak ada fitur minting NFT di LooksRare, sehingga perlu pihak ketiga seperti Manifold. Kurangnya dukungan untuk minting NFT mungkin menghambat seniman dan pencipta NFT.
  • Masalah ‚ÄúWash Trading‚ÄĚ: Ada risiko tentang manipulasi harga aset di LooksRare yang dapat mendorong tindakan penipuan. Praktik ‚Äúwash trading‚ÄĚ mungkin mengakibatkan nilai dan popularitas NFT di platform menjadi terlalu tinggi.

Update LooksRare V2

Sumber: LooksRare

Pada April 2023, LooksRare telah melakukan update menjadi LooksRare V2. Pada update tersebut, terdapat beberapa pembaharuan penting di antaranya sebagai berikut:

  • Fokus LooksRare akan lebih banyak pada on-chain game di masa depan.
  • Pemotongan platform fee. Platform fee LooksRare sekarang menjadi 0.5%, turun dari 2%.
  • Tidak ada lagi Trading Reward. Sebagai gantinya, reward tersebut akan ditambahkan ke dalam Treasury LooksRare.
  • Perubahan pada tokenomics.
  • Yang menarik adalah buyback token LOOKS, di mana 50% dari biaya platform akan dialokasikan untuk membeli LOOKS di pasar crypto. Sisanya, 10%¬†untuk LooksRare Protocol Rewards dan 40%¬†dimasukan ke dalam treasury.

Token LOOKS

LooksRare memiliki token platform yang disebut LOOKS dan merupakan token standard ERC-20 . Token LOOKS hanya dapat digunakan di platform LooksRare. LOOKS dirancang untuk mendorong partisipasi ekosistem, sehingga pengguna harus berpartisipasi untuk menikmati imbalan dalam bentuk LOOKS dan aset digital lainnya.

LOOKS memiliki maximal supply sebanyak 1 miliar token LOOKS. Per 27 Oktober 2023, sudah ada 948.380.305 LOOKS atau 94.84% token yang sudah beredar di pasar. Berdasarkan jumlah market cap Coinmarketcap, LOOKS berada di urutan ke-308 dengan market cap hampir 69 juta dolar AS.

Saat ini, (27 Oktober 2023) harga LOOKS berada di level 0.072 dolar AS dengan volume perdagangan harian hampir mencapai 5 juta dolar AS.

Kesimpulan

LooksRare, sebagai salah satu platform NFT generasi baru, menciptakan kehebohan besar ketika diluncurkan pada awal tahun 2022. Bahkan, volume perdagangan LooksRare dapat menyaingi OpenSea. Namun, keberhasilan awal ini tampaknya didorong oleh insentif perdagangan. Sayangnya, produk dan layanan yang mereka tawarkan kurang mampu mempertahankan tingkat keterikatan pengguna yang sama seperti yang dimiliki oleh OpenSea.

Meskipun LooksRare merilis versi baru, LooksRare V2, pertumbuhan pasar LooksRare tampak belum menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi global pasar crpyto

Baca juga: Bagaimana Masa Depan NFT?

Membeli Aset Crypto di Pintu

Setelah mengetahui apa itu LooksRare, kamu bisa berinvestasi pada token LOOKS dan aset crypto lainnya seperti BTC, SOL, ETH, dan yang lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. LooksRare Team, Welcome to LooksRare ūüĎÄūüíé, Docs, diakses 26 Oktober 2023.
  2. Anatol Antonovici, [Trading NFTs on LooksRare: The Complete Guide](https://www.tastycrypto.com/blog/looksrare-review/#:~:text=LooksRare is an NFT marketplace,token with a fluctuating value.), Tasty Crypto, diakses 26 Oktober 2023.
  3. Laroslava Kramarenko, LooksRare Review: The NFT Trading Platform, diakses 26 Oktober 2023.
  4. Darnell, Looksrare NFT: Discovering the Uncommon Marketplace in the World of Digital Collectibles, NFT Signal, diakses 27 Oktober 2023.
  5. Zodd dan Guts, Ready, Set, Let’s F✨✨✨ing Go: LooksRare V2 Is Live, Docs, diakses 27 Oktober 2023.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan