APY & APR pada Crypto: Definisi dan Cara Menghitungnya

April 14, 2022
Combined Shape 2
5 Menit
Bagikan
Gambar APY & APR pada Crypto: Definisi dan Cara Menghitungnya
Reading Time: 5 minutes

Saat ini, ada berbagai pilihan produk investasi kripto yang menawarkan pengembalian atau bunga yang lebih menarik ketimbang produk investasi konvensional. Namun, saat ingin melakukan investasi maupun peminjaman, kadang kita dihadapkan pada istilah-istilah asing, contohnya APY dan APR. Dengan mengetahui istilah dan perbedaan antara APY dan APR di crypto, kamu dapat memaksimalkan bunga dari investasi maupun meminimalkan bunga yang dibayarkan saat melakukan peminjaman. Simak penjelasan tentang apa itu APY dan APR di crypto serta perbedaannya di artikel ini.

Ringkasan Artikel

  • ūüíį APY crypto dan APR crypto digunakan untuk menghitung bunga produk investasi dan kredit. Keduanya secara signifikan mempengaruhi berapa banyak yang akan kamu peroleh atau harus bayar ketika menabung aset kripto atau melakukan peminjaman aset kripto.
  • ūüďą Perbedaannya, APY memperhitungkan compound interest, sementara APR tidak.
  • ūüíĶDengan compound interest, jumlah imbalan yang didapat ketika berinvestasi lebih banyak karena bunga dihitung dari jumlah pokok ditambah bunga yang diperoleh sebelumnya. Jadi, selain bunga yang dibayarkan atas sejumlah dana pokok, imbalan akan terus bertambah karena bunga yang terakumulasi dari waktu ke waktu.

Apa itu APY dalam Crypto?

Annual Percentage Yield atau APY adalah tingkat pengembalian atas investasi yang diperoleh dalam periode waktu tertentu dengan mempertimbangkan bunga majemuk atau compound interest.  Tidak seperti bunga biasa, compound interest atau bunga majemuk dihitung secara berkala dan segera ditambahkan ke saldo investor. Alhasil, saldo yang meningkat dari waktu ke waktu, membuat bunga yang diterima investor menjadi lebih besar juga.

ūüí° APY crypto adalah bunga tabungan cryptocurrency di mana investor dapat menyetorkan aset kripto mereka kepada perusahaan investasi dan menerima tingkat pengembalian selama periode waktu tertentu. Dari sisi peminjam, APY merupakan persentase bunga tahunan yang harus dibayarkan.

Perusahaan investasi umumnya memiliki sejumlah program bagi hasil kripto yang ditawarkan kepada investor, seperti fitur Earn pada aplikasi Pintu. Setiap program memiliki perbedaan biaya, tingkat bunga, dan jenis aset kripto yang tersedia. Sebelum berinvestasi di program investasi manapun, investor disarankan untuk mempelajari program dan mengecek kredibilitas platform yang menawarkan bunga.

Apa itu APR dalam Crypto?

Sementara itu, Annual Percentage Rate atau APR adalah tingkat persentase bunga tahunan yang dibayarkan kepada investor atau dibebankan kepada peminjam. Meski APY dan APR crypto sekilas tampak mirip, tetapi APR tidak memperhitungkan bunga majemuk tahunan seperti APY.

ūüí°APR crypto adalah besarnya bunga tahunan yang ditawarkan kepada nasabah yang meminjamkan token atau aset kripto mereka untuk diakses oleh peminjam di perusahaan investasi atau pertukaran cryptocurrency.

Aset kripto akan dikunci dalam jangka waktu tertentu, sekitar 7-90 hari, dan investor akan menerima tingkat bunga tetap dalam jumlah yang lebih besar. Meski pendapatan pasif dapat menambah nilai portofolio investor, tetapi mereka tidak dapat menukar aset kripto yang dikunci dan fluktuasi kripto dapat mempengaruhi tingkat pendapatan mereka.

Perbedaan APY dan APR di Crypto

APY dan APR crypto adalah dua elemen yang hampir mirip karena merupakan standar suku bunga yang dinyatakan sebagai tingkat persentase tahunan. Namun, keduanya memiliki sejumlah perbedaan. Beberapa perbedaan APY dan APR crypto dijabarkan dalam tabel di bawah ini:

APYAPR
Dengan bunga majemuk (compound interest)Tanpa bunga majemuk (compound interest)
Efek compounding membuat pertumbuhan investasi atau biaya pinjaman lebih tinggiPertumbuhan investasi atau biaya pinjaman lebih rendah dari APY
Direkomendasikan untuk saver/investorDirekomendasikan untuk peminjam

Rumus dan Cara Menghitung APY Crypto

Berikut ini adalah cara menghitung APY crypto:

Keterangan:

r= periode

n= jumlah periode

Rumus dan Cara Menghitung APR Crypto

Sementara itu, berikut di bawah ini adalah rumus untuk menghitung APR crypto:

Keterangan:

Interest         = Total bunga yang dibayarkan selama masa pinjaman

Principal       = Jumlah pinjaman

n                  = Jangka waktu pinjaman

Contoh perbedaan pengaplikasian cara menghitung APY dan APR adalah sebagai berikut:

ūüí° Sebuah produk investasi menawarkan bunga sebesar 2% setiap bulan. Apabila imbalan yang ditawarkan adalah APR, dengan demikian imbal hasil yang akan didapatkan sebesar 24% (2% x 12 bulan = 24%).

Sementara itu, apabila produk investasi tersebut menawarkan bunga APY, dengan tingkat bunga majemuk 1% per bulan, maka bunga yang didapatkan adalah 12,68% [(1 + 0,01/12)^12 ‚Äď 1 = 12,68%] per tahun. Jika kamu mempertahankan jumlah saldo yang sama selama satu tahun itu, suku bunga yang didapatkan menjadi 12,68% sebagai hasil dari pemajemukan setiap bulan.

APY pada fitur Earn dan APR pada fitur PTU Staking di aplikasi Pintu

Di aplikasi Pintu, kamu dapat meningkatkan aset kripto yang kamu miliki dengan menggunakan fitur Earn dan juga fitur PTU Staking. Pintu Earn adalah salah satu fitur Pintu yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menyimpan aset crypto dan memperoleh sejumlah bunga dari aset yang disimpan. Saat ini ada enam aset crypto yang bisa kamu investasikan di Pintu Earn, yaitu Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Binance Coin (BNB), Dogecoin (DOGE), Tether (USDT) dan USD Coin (USDC).

Nilai suku bunga tiap aset crypto bisa berbeda satu sama lain dan mungkin berubah sewaktu-waktu. Jenis aset crypto yang kamu dapatkan akan sama dengan jenis aset crypto yang kamu investasikan.

Sebagai contohnya, jika kamu menyimpan aset BTC di Pintu Earn dengan APY sebesar 4.25%, maka kamu juga akan memperoleh bunga dalam bentuk BTC seperti yang terlihat pada contoh di bawah ini.

Baca juga: Fitur Earn Telah Hadir di Pintu!

Selain fitur Earn, kamu juga dapat melakukan Staking PTU, yaitu fitur yang memungkinkan pengguna untuk memperoleh berbagai imbalan dengan ‚Äúmengunci‚ÄĚ aset PTU di Pintu. Semakin banyak jumlah PTU yang di-stake, semakin tinggi pula imbalan yang akan kamu dapatkan. Sebagai contoh, apabila kamu staking 100 token PTU, maka kamu akan mendapatkan APR sebesar 7% yang akan kamu terima setiap harinya.

Tidak hanya itu, jika kamu mengunci PTU sebanyak 500, jika kamu menabung BTC pada fitur Earn kamu akan mendapatkan APY sebesar 4.25%. Jika kamu mengunci PTU sebanyak 1,000 token, maka kamu akan mendapatkan APY sebesar 4.5%. Cek lebih lanjut pada laman ini.

Demikian informasi mengenai apa itu APY dan APR di crypto serta perbedaan antara keduanya. Jika kamu tertarik untuk melakukan investasi dengan aset kripto, segera kunjungi Pintu, aplikasi cryptocurrency Indonesia yang sudah terdaftar di BAPPEBTI. Kamu juga dapat mengakses informasi lain seputar kripto di Pintu Akademi.

Referensi

Nadya Rahmaesya
Author
Nadya Rahmaesya

Topik

Bagikan

Artikel Terkait