Apa Itu BscScan dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Update 30 Aug 2022 ‚ÄĘ Waktu Baca 6 Menit
Gambar Apa Itu BscScan dan Bagaimana Cara Menggunakannya?
Reading Time: 6 minutes

Salah satu fitur blockchain yang unik dan menjadikannya teknologi inovatif adalah adanya transparansi data, namun privasi penggunanya tetap terlindungi. Kebanyakan blockchain yang mendominasi pasar kripto saat ini adalah public blockchain yang mana seluruh datanya bisa diakses secara bebas dan gratis di internet. Data-data yang tidak bersifat privasi dapat mudah dilihat menggunakan platform block explorer khusus bagi setiap blockchain. BscScan adalah salah satu block explorer. Lalu apa itu BscScan? Mengapa harus menggunakan BscScan? Artikel ini akan menjelaskannya secara detail.

Ringkasan Artikel

  • ūüĆź BscScan adalah sebuah¬†block explorer atau situs yang memungkinkan kamu untuk melacak transaksi pada blockchain, melihat alamat, biaya transaksi dan lain sebagainya. BscScan adalah block explorer khusus untuk blockchain Binance Smart Chain (yang sekarang dikenal BNB Chain).
  • ūüϧ Platform BscScan memiliki banyak fitur yang bisa kamu akses dengan mudah. Selain untuk melacak transaksi dan alamat pengguna, kamu juga dapat melihat daftar token, peringkat proyek NFT, dan juga biaya gas.
  • ūüĒć Penggunaan platform BscScan memudahkanmu mencari berbagai informasi mengenai blockchain BNB Chain.

Apa itu BSCscan?

BscScan adalah sebuah block explorer khusus untuk Binance Smart Chain (yang sekarang dikenal BNB Chain) yang digunakan untuk mencari transaksi pada blockchain. Block explorer memungkinkanmu melacak transaksi, memverifikasi smart contract, mencari alamat dompet, dan melakukan banyak hal lain. Platform ini dibuat oleh tim yang sama dibalik Etherscan. Maka dari itu, BscScan memiliki tampilan yang mirip dengan EtherScan, blockchain explorer pertama khusus Ethereum.

Buka halaman ini kalau kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang BNB Chain.

Platform block explorer seperti BscScan memiliki peran krusial membuka akses data pada blockchain. Melalui platform ini, pengguna bisa mencari sejarah transaksi mereka dan juga melihat transaksi yang sedang berlangsung. Selain itu, terdapat banyak data penting lainnya seperti statistik blockchain secar live, peringkat aset crypto, dan data proyek crypto tertentu.

Keuntungan Menggunakan BSCscan

  • ūüĒć Mencari transaksi: BscScan membuat pencarian transaksi dan alamat crypto mudah dilakukan.
  • ūüôĆ Tampilan yang ramah untuk pemula: BscScan memiliki tampilan yang sederhana dan jelas di mana akses terhadap berbagai fiturnya mudah dicari. Platform ini ramah bagi kamu yang ingin mencoba menggunakan block explorer untuk mencari transaksi.
  • ‚õďÔłŹ Informasi on-chain: Platform BscScan memberikan berbagai informasi on-chain yang dapat diakses secara gratis. Kamu bisa menemukan data aktivitas pengguna, data transaksi, dan juga siapa pemegang aset BNB terbesar.

Bagaimana Cara Menggunakan BSCscan?

Pada bagian ini kami akan menjelaskan cara menggunakan BscScan termasuk memanfaatkan fitur dasar seperti cara menemukan transaksi, alamat token, papan peringkat validator, dan banyak lagi. Tampilan menu BscScan sendiri dibagi menjadi 4 kategori besar yaitu Home, Blockchain, Validators, Token, Resources dan More.

menu bscscan
Tampilan toolbar utama BscScan.
  • Home ‚Äď Halaman utama BscScan
  • Blockchain¬†‚Äď Tempat utama untuk mencari data transaksi yang dibagi menjadi beberapa kategori:
    • Top Accounts¬†‚Äď Melihat alamat/akun yang memiliki aset BNB paling banyak.
    • View Txns¬†‚Äď Tempat melihat daftar transaksi (disebut juga ‚ÄúTxns‚ÄĚ) secara live.
    • View Pending Txns¬†‚Äď Daftar transaksi yang belum selesai dan masih diproses. Berguna jika kamu ingin mencari transaksi yang belum diterima.
    • View Contract Internal Txns¬†‚Äď Daftar transaksi yang terjadi antara smart contracts.
    • View Blocks¬†‚Äď Daftar blok yang sudah divalidasi
    • Forked Block¬†‚Äď Berisi daftar blok yang tidak masuk rantai utama akibat adanya ‚Äúreorganisasi rantai‚ÄĚ.
    • Verified Contracts¬†‚Äď Melihat daftar smart contracts pada BNB Chain yang sudah diverifikasi.
  • Validators¬†‚Äď Validator pada BNB Chain memiliki peran yang sama dengan penambang yaitu memproses dan memvalidasi semua transaksi. Pada menu ini kamu dapat melihat informasi tentang validator pada dua pilihan di bawah:
    • Validators Leaderboard.
    • View Validators Set Info.
  • Tokens¬†‚Äď Menu ini memberikanmu akses mendetail tentang token yang ada pada BNB Chain seperti BEP-20, ERC-721, dan ERC-1155.
    • BEP-20 Tokens By Market Cap¬†‚ÄĒ Melihat daftar token BEP-20 berdasarkan kapitalisasi pasar.
    • BEP-20 Tokens By Volume ‚ÄĒ Melihat daftar token BEP-20 berdasarkan volume transaksi.
    • View BEP-20 Transfers ‚ÄĒ Daftar transaksi transfer token BEP-20.
    • ERC-721 Top Tokens¬†‚ÄĒ Melihat peringkat token ERC-721 (NFT) pada BNB Chain.
    • View ERC-721 Transfers ‚ÄĒ Daftar transaksi NFT.
  • Resources.
    • Charts & Stats ‚ÄĒ Berisi berbagai statistik dan grafik data, cocok untuk kamu yang sedang meneliti kondisi BNB Chain.
    • Top Statistics ‚ÄĒ Statistik harian blockchain BNB Chain seperti siapa pengirim dan penerima BNB paling besar.
    • Developer APIs ‚ÄĒ Khusus tim developer yang ingin tahu cara menggunakan BscScan API.
  • More¬†‚Äď Berisikan beberapa menu untuk pengguna berpengalaman yang ingin tahu data lebih mendetail seperti rata-rata biaya gas transaksi.

Cara Mencari Transaksi di BscScan

cara mencari transaksi bscscan
Mencari transaksi pada BscScan. Sumber: Moralis

Menu untuk mencari transaksi terletak tepat di bagian atas halaman situs BscScan. Seperti pada gambar di atas, kamu bisa menggunakan filter untuk mencari transaksi atau alamat yang kamu mau. Alamat pengguna besar seperti milik aplikasi atau platform tertentu biasanya memiliki name tag untuk membuatnya publik dan bisa dilihat semua orang.

membaca transaksi bscscan
Daftar transaksi pada BscScan.

Selain itu, kamu juga bisa melihat transaksi melalui menu ‚Äúblockchain‚ÄĚ lalu ke ‚Äúview txns‚ÄĚ. Kamu bisa melihat transaksi paling baru pada daftar ini serta melihat dari mana dan ke mana transaksi tersebut terjadi. Daftar ini juga memberikan jenis transaksi yang terjadi dalam kolom ‚Äúmethod‚ÄĚ.

Cara Verifikasi Token dalam BscScan

Fitur verifikasi token melalui kode smart contract-nya berguna bagi kamu yang ingin mengetahui apakah sebuah aplikasi atau proyek aset crypto benar-benar resmi atau tidak. Verifikasi token ini menyamakan source code sebuah smart contract dengan kode yang sedang berjalan pada blockchain. Fitur ini memberikan kamu kemampuan untuk melakukan pengecekan/audit secara mandiri terhadap proyek crypto tertentu. Ia adalah bagian dari upaya menciptakan transparansi blockchain yang baik.

Cara Menemukan Rata-Rata Biaya Gas Fee di BscScan

biaya gas transaksi ke bscscasn
Kamu bisa menemukan halaman gas tracker pada menu ‚ÄúMore‚ÄĚ.

Halaman ini berisi berbagai informasi tentang biaya gas fee untuk setiap transaksi pada BNB Chain. Kamu bisa mengetahui biaya gas transaksi saat ini, termasuk berapa yang dibutuhkan untuk memproses transaksi dengan cepat (5-10 detik). Selain itu, terdapat juga informasi tentang aplikasi dan akun yang memakan gas paling banyak dalam 5 menit terakhir. Halaman ini cocok saat kamu ingin mengecek terlebih dahulu biaya gas sebelum melakukan transaksi.

Cara Menghubungkan BscScan ke MetaMask

menghubungkan bscscan ke metamask
Berada pada bagian paling bawah situs BscScan.

Jika kamu belum menambahkan BSC pada aplikasi MetaMask milikmu, kamu dapat melakukannya dengan mudah di BscScan. Kamu hanya perlu mencari tombol ‚Äúadd BSC network‚ÄĚ pada bagian paling bawah setiap halaman BscScan. Selanjutnya, MetaMask akan otomatis memunculkan popup di mana kamu perlu menyetujui penambahan jaringan BSC. Sekarang kamu bisa melakukan transaksi BNB Chain pada MetaMask!

BscScan dan NFT

transaksi NFT pada bscscan
Daftar token ERC-721 atau NFT pada BSC.

Layaknya Ethereum, jaringan BNB Chain memiliki kemampuan untuk memiliki koleksi NFT. Terdapat ratusan koleksi NFT pada jaringan BNB Chain. Kamu bisa mencari NFT pada BscScan sama seperti kamu mencari transaksi biasa. BscScan akan menampilkan sejarah kepemilikan, nama proyek NFT, dan juga ID token setiap NFT. Namun, BscScan tidak dapat menampilkan gambar NFT yang dicari.

Selain itu, Platform BscScan menyimpan daftar semua proyek NFT pada BSC di bawah menu ‚Äútokens‚ÄĚ. Pada bagian ini, kamu bisa menemukan daftar peringkat proyek NFT dan juga transaksi yang sedang terjadi.

Kamu belum mengerti apa itu NFT? Baca artikel lengkap tentang NFT.

5 Data Penting yang Bisa Kamu Ambil dari BscScan

  1. Rata-Rata biaya gas: Rata-rata biaya gas untuk transaksi yang dibayar pengguna
  2. Hitungan Unique Addresses: Melacak jumlah pengguna blockchain untuk melihat angka pertumbuhan pengguna jaringan.
  3. Grafik Transaksi Harian: Menunjukkan grafik transaksi harian pada blockchain. Berguna untuk melihat aktivitas pengguna.
  4. Peringkat Token BEP-20: Mengurutkan berbagai aset kripto BEP-20 berdasarkan kapitalisasi pasar dan volume transaksinya.
  5. Peringkat Token ERC-721: Melihat peringkat proyek NFT pada BNB Chain.

Berinvestasi Pada BNB di Aplikasi Pintu

Kamu dapat mulai berinvestasi pada BNB dan melihat harga berbagai aset crypto pada aplikasi Pintu. Melalui Pintu, kamu bisa membeli berbagai crypto seperti BTC, BNB, ETH, dan yang lainnya dengan cara aman dan mudah.

Selain itu, aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

Penulis:Ari Budi Santosa

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan