Pemula
Disertai Video

Apa itu Tron (TRX)?

Update 7 Sep 2022 ‚ÄĘ Waktu Baca 6 Menit
Gambar Apa itu Tron (TRX)?
Reading Time: 6 minutes

Altcoin seringkali menjadi target bagi berbagai trader dan investor retail yang ingin mencari the next Ethereum. Mulai dari Solana, Fantom, hingga Avalanche, Altcoin Layer-1 secara bergantian mengalami tren kenaikan yang luar biasa. Platform smart-contract alternatif seperti Fantom bahkan sempat mengalami kenaikan 1.000% dalam setahun. Namun, salah satu hal yang paling sulit adalah mencari tahu aset altcoin mana yang akan menjadi tren selanjutnya. Salah satu altcoin yang sudah bertahan cukup lama adalah Tron (TRX). Lalu, apa itu Tron (TRX)? Apa kelebihannya dibanding altcoin lain? Artikel ini akan membedah Tron secara lengkap.

Ringkasan Artikel

  • ūüĒī Tron (TRX) adalah jaringan blockhain yang bertujuan menciptakan ekosistem aplikasi terdesentralisasi (DApps) menggunakan smart contract. Ia memiliki visi untuk menciptakan internet yang terdesentralisasi di mana informasi dan aset dapat bepindah tanpa pihak ketiga.
  • ūüŹ¶ Tron didirikan pada 2017 oleh seorang pengusaha bernama Sun Yuchen atau yang lebih dikenal sebagai Justin Sun. Sejak Desember 2021, Tron dikelola oleh organisasi terdesentralisasi bernama Tron DAO.
  • ūüíĶ Tron merupakan blockchain terbesar ke-3 diukur dari total value locked (TVL), di belakang Ethereum dan Binance. Justlend, SunSwap, Sun.IO, dan JustStable adalah empat aplikasi dengan TVL terbesar pada Tron.
  • ‚öĖÔłŹ Tron berhasil melewati beberapa fase bear market. Namun, terdapat kekhawatiran terhadap USDD (stablecoin dari Tron) dan pasar kripto yang sedang mengalami tren penurunan akibat bear market.

Apa Itu Tron (TRX)?

Tron (TRX) adalah jaringan blockhain yang bertujuan menciptakan ekosistem aplikasi terdesentralisasi (DApps) menggunakan smart contract. Jaringan Tron memiliki visi untuk menciptakan internet yang terdesentralisasi di mana informasi dan aset dapat bepindah tanpa pihak ketiga. Selain itu, Tron juga ingin menjadi platform bagi ekosistem hiburan dan aktivitas sosial yang berisi berbagai aplikasi berbasis blockchain. TRX adalah coin bawaan jaringan Tron yang berbasis sistem delegated proof-of-stake (DPoS).

ūüí° Tron dan TRX pada awalnya merupakan aset kripto yang diciptakan di bawah jaringan Ethereum lalu memutuskan untuk pindah dan menciptakan jaringan blockchain sendiri.

Menurut Coinmarketcap, Tron merupakan aset kripto terbesar ke-14 di dunia dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar $6,3 milyar dolar AS. Saat ini (27 Juni 2022), TRX berada pada harga $0,06 dolar AS dengan jumlah suplai 95,5 milyar TRX. TRX tidak memiliki batas jumlah suplai.

Tron adalah salah satu aset kripto generasi awal yang berhasil melewati fase bear market 2018 dan 2020. Fakta ini menunjukkan bahwa Tron memiliki kemampuan untuk bertahan cukup lama. Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor, termasuk tim di balik Tron yang cukup kuat.

Siapa Pendiri Tron?

Tron didirikan pada 2017 oleh seorang pengusaha bernama Sun Yuchen atau yang lebih dikenal sebagai Justin Sun. Justin Sun pernah menjadi duta perwakilan Ripple dan masuk ke daftar Forbes ‚Äú30-under-30‚ÄĚ dua kali. Justin Sun sendiri merupakan seorang figur populer di komunitas kripto. Namun, Ia sudah tidak memiliki jabatan di struktural Tron dan sekarang menjadi Duta Besar Grenada untuk WTO (World Trade Organization).

Sejak awal pendiriannya, semua perkembangan jaringan Tron dipegang oleh Tron Foundation, sebuah organisasi nirlaba. Pada tahun 2018, Tron mengumumkan telah membeli Bittorent, salah satu aplikasi peer-to-peer paling populer.

Sejak Desember 2021, Tron menyelesaikan misi desentralisasinya dengan menciptakan Tron DAO. Semua tanggung jawab pengelolaan dan perkembangan jaringan Tron sekarang diatur oleh Tron DAO (Decentralized autonomous organization) dan pemilik token TRX dapat berpartisipasi dalam pengaturan kebijakan Tron.

Pengenalan Tron DAO.

Apa Saja Yang Bisa Kamu Lakukan di Tron?

Menggunakan Aplikasi Pada Ekosistem Tron

Ekosistem Tron (TRX) berisi berbagai aplikasi terdesentralisasi (DApps)
Ekosistem Tron. Sumber: DeFiLlama

Sebagai salah satu dari 20 cryptocurrency terbesar di dunia, Tron sudah memiliki 100 juta pengguna dan memproses 3,4 milyar transaksi. Menurut DeFiLlama, Tron merupakan blockchain terbesar ke-3 dalam total dana tersimpan (TVL/total value locked), di belakang Ethereum dan Binance.

Angka tersebut menunjukkan bahwa Tron menjadi pilihan bagi tim pengembang DeFi dan pengguna. TVM atau Tron Virtual Machine adalah program smart contract yang kompatibel dengan bahasa pemrograman Ethereum (EVM). Selain itu, Tron memiliki sistem biaya transaksi yang inovatif. Pada dasarnya, kebanyakan transaksi pada Tron gratis tanpa ada biaya tambahan.

DApps di Jaringan Tron

Berikut beberapa aplikasi terdesentralisasi (DApps) pada jaringan Tron

JustLend

JustLend adalah aplikasi peminjaman pada jaringan Tron dengan TVL senilai $1,6 milyar dolar AS, yang terbesar pada Tron. Platform JustLend memberikan bunga memberikan suplai pinjaman yang cukup besar seperti 16% untuk TRX dan 14% untuk USDD. USDD adalah stablecoin baru ciptaan Tron yang awalnya memiliki model algoritmik seperti UST. Akibat kejadian UST-LUNA, sekarang USDD mengadopsi model over-collateralization mirip dengan DAI.

SunSwap dan Sun.IO

SunSwap dan Sun.IO adalah dua platform bursa terdesentralisasi (DEX) pada jaringan Tron. Keduanya memiliki jumlah TVL $1,38 milyar dolar AS dengan SunSwap senilai $850 dan Sun.IO $530 juta dolar. SunSwap menangani berbagai pertukaran aset kripto yang kompatibel dengan Tron sementara Sun.IO khusus untuk stablecoin. Layaknya aplikasi DEX lain, kedua platform tersebut mendukung aktivitas menjadi penyedia likuiditas (LP) yang bisa memberikanmu keuntungan finansial.

JustStable

JustStable adalah sebuah platform stablecoin pada jaringan Tron yang memiliki USDJ, sebuah stablecoin yang didukung oleh aset seperti USDT. Pengguna bisa mendapatkan USDJ dengan menyimpan aset jaminan pada JustStable yang dinamakan sebagai CDP (Collateral Debt Position). USDJ bisa digunakan untuk mendapatkan bunga pendapatan pada JustLend dan ditukarkan dengan aset kripto lain.

ūüí° Stablecoin terbaru buatan Tron, USDD, baru saja kehilangan peg terhadap dolar AS pada pertengahan Juni 2022. Berkaca terhadap kejadian LUNA, kamu perlu berhati-hati saat menggunakan aplikasi pada ekosistem Tron. Meskipun USDD memiliki model kolateralisasi mirip DAI, kita tidak bisa mengetahui dengan pasti apakah USDD dapat mempertahankan harganya terhadap dolar AS.

TRX Sebagai Investasi

grafik harga koin tron
Grafik harga TRX selama setahun terakhir. Sumber: Coinmarketcap

Grafik harga TRX dalam setahun terakhir menunjukkan bahwa ia sempat mencapai harga puncak di sekitar $0,12 dolar AS pada November 2022. Layaknya altcoin lain, TRX mengalami tren penurunan mengikuti Bitcoin. TRX pada akhirnya turun hingga sekitar $0,06 dolar AS yang menjadi titik dukungan yang kuat.

Kita bisa melihat pada grafik harga bahkan TRX mengalami kenaikan pada beberapa periode yaitu Maret, Mei, dan awal Juni. TRX merupakan salah satu dari beberapa token yang relatif kuat menghadapi bear market sekarang. Namun, fluktuasi tinggi dari Bitcoin pasti akan berakibat buruk pada pasar altcoin dalam beberapa waktu ke depan.

Meskipun begitu, apabila kita melihat dari sisi historisnya, Tron dinilai cukup tangguh karena berhasil melewati bear market 2018 dan 2020. Dengan 100 juta pengguna (alamat aktif), ia juga memiliki komunitas pengguna yang kuat.

Kekhawatiran terhadap Tron muncul dari inovasi terbaru jaringannya, USDD. USDD adalah stablecoin versi Tron yang kini menggunakan model over-collateralization (sebelumnya algoritmik seperti Terra UST). Stablecoin USDD mulai kehilangan patokannya terhadap dolar AS pada 13 Juni dan masih belum kembali ke harga $1 dolar sampai sekarang (28 Juni 2022). Pengguna perlu mengerti bahwa kegagalan USDD memiliki potensi mempengaruhi pergerakan harga TRX, terutama jika investor retail mulai khawatir melihat USDD yang fluktuatif.

Apa yang membuat Tron dan TRX unik?

  • ‚ö° Tidak ada biaya transaksi: Tron memiliki sistem biaya transaksi inovatif. Alih-alih menggunakan TRX sebagai biaya transaksi, setiap transaksi membutuhkan energi. Setiap pengguna memiliki kuota energi harian yang akan berkurang setiap melakukan transaksi. Jika melebihi kuotanya, pengguna bisa membekukan sejumlah TRX untuk meningkatkan kuota energi hariannya.
  • ūüíĽ TVM: Tron memiliki mesin pemrograman TVM yang bisa mendukung pembuatan berbagai aplikasi dan platform di atas jaringan Tron. Selain itu, TVM yang kompatibel dengan EVM juga memudahkan perpindahan aplikasi dari jaringan Ethereum ke Tron.
  • ūüŹéÔłŹ Kecepatan transaksi: Tron memanfaatkan teknologi delegated proof-of-stake yang mampu memproses 2.000 transaksi per detik. Hal ini membuaat finalisasi setiap transaksi pada Tron selesai dalam hitungan detik. Hal ini membuat kecepatan Tron setara dengan rata-rata blockchain PoS generasi baru.
  • ūüí™ Telah melalui beberapa siklus kripto: Tron merupakan salah satu blockchain yang sudah aktif sejak 2018 dan berhasil melewati beberapa siklus pasar kripto. Hal ini bukan sesuatu yang mudah dilakukan karena banyak proyek kripto yang tidak bisa melewati fase bear market.

Roadmap Tron

roadmap tron
Roadmap Tron.

Tron hanya memiliki roadmap yang dibuat pada awal pendiriannya. Roadmap ini sudah tidak bisa ditemukan pada website resmi Tron tapi situs lain berhasil menyimpan informasinya. Tron sedang dalam fase Apollo di mana ia bertujuan menciptakan DEX dan memiliki likuiditas yang cukup bagi penggunanya. Fase selanjutnya, Star Trek, adalah fase di mana Tron ingin menciptakan dan menampung ekosistem game terdesentralisasi.

Selain itu, Tron sedang ingin mengembangkan ekosistem DAppsnya melalui Hackathon Season 2 yang diselenggarakan tahun ini. Hackathon ini berusaha mencari tim dan proyek potensial untuk jaringan Tron. Jaringan SUN, layer 2 dari Tron yang baru diluncurkan tahun ini, khusus dibuat untuk menopang ekosistem DApps Tron agar bisa beroperasi lebih cepat dengan biaya lebih murah.

Cara Membeli Koin Tron

Setelah mengerti apa itu Tron, sekarang kamu beli koin Tron (TRX) di aplikasi Pintu. Melalui Pintu, kamu bisa investasi pada coin TRX dengan aman dan mudah.

Selain itu, aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selalu ingat untuk melakukan riset sebelum berinvestasi pada aset kripto mana pun. Semua konten Pintu Academy dibuat untuk tujuan informasi dan edukasi, bukan saran finansial.

Referensi

Penulis:Ari Budi Santosa

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan