Cara Bridging Aset Crypto dari Ethereum ke Layer 2

Update 2 Jun 2023 • Waktu Baca 5 Menit
Gambar Cara Bridging Aset Crypto dari Ethereum ke Layer 2
Reading Time: 5 minutes

Dengan melonjaknya popularitas decentralized applications (dApps), penggunaan jaringan layer 2 Ethereum untuk kurangi kemacetan jaringan dan memangkas biaya gas menjadi semakin populer. Sebagai contoh, saat menggunakan Uniswap untuk melakukan swap aset crypto, pengguna dapat memindahkan aset crypto terlebih dahulu dari mainnet Ethereum ke layer 2, seperti Optimism, agar biaya gas menjadi lebih murah. Proses memindahkan aset crypto dari mainnet Ethereum ke Optimism ini, dikenal sebagai bridging. Lalu, bagaimana cara melakukan bridging aset crypto dari Ethereum ke Layer 2? Langkah-langkahnya dapat kamu temukan dalam artikel berikut ini.

Ringkasan Artikel

  • 🌉 Bridging atau memindahkan dana dari Ethereum ke L2 Optimism dilakukan karena ada beberapa alasan utama. Misalnya tingginya gas fee dan proses transaksi yang lambat di jaringan utama Ethereum ketika terjadi banyak transaksi.
  • 🪙 Sebelum mulai melakukan bridging, kamu perlu melakukan deposit aset crypto (misalnya ETH) di jaringan Ethereum terlebih dahulu.
  • 🧳 Proses bridging cukup mudah, yakni dengan memilih jaringan layer 2, menyiapkan wallet crypto, lalu mengikuti beberapa instruksi pada aplikasi layer 2. Dalam artikel ini, kami menggunakan Optimism sebagai contoh layer 2 yang dipilih.
  • ⌛ Kecepatan pemindahan aset crypto tergantung pada tingkat kepadatan transaksi yang sedang diproses pada blockchain Optimism. Proses bridging dapat dilakukan secara instan, namun terkadang membutuhkan waktu hingga dua puluh menit.

Kenapa Memindahkan Aset Crypto dari Ethereum ke Layer 2?

Jaringan Ethereum memiliki batasan dalam hal kapasitas transaksi, yang menyebabkannya menjadi lambat dan biaya transaksi yang tinggi. Untuk mengatasi masalah ini, teknologi layer 2 telah dikembangkan.

Layer 2 adalah blockchain yang dibangun di atas jaringan Layer 1 untuk mengatasi skalabilitas jaringan utama. Layer 2 memiliki beberapa manfaat, termasuk pengurangan biaya transaksi, percepatan proses transaksi, dan peningkatan potensi penggunaan jaringan. Beberapa contoh layer 2 di Ethereum termasuk Optimism, Arbitrum, Immutable X, Polygon, dan lainnya.

Kamu bisa baca selengkapnya tentang layer 2 di artikel ini.

Untuk menggunakan layer 2, kamu perlu melakukan deposit aset crypto, seperti ETH, ke dalam wallet crypto kamu. Salah satu wallet yang populer adalah MetaMask. Bridging dalam konteks crypto berarti memindahkan aset crypto dari satu blockchain ke blockchain lain (layer 2). Setelah melakukan deposit, kamu dapat langsung melakukan bridging ke layer 2 yang kamu pilih.

Setelah itu, kamu dapat menggunakan dApps di ekosistem Ethereum untuk melakukan transaksi dengan cepat dan biaya yang lebih rendah. Dalam artikel ini, kami menggunakan Optimism sebagai contoh layer 2 yang dipilih.

Cara Bridging Aset Crypto dari Ethereum ke Optimism

Pilih Jaringan Layer 2

Layer 2 adalah seperti jalur lain di Ethereum yang membuat transaksi lebih cepat dan biayanya lebih murah. Kamu perlu memilih salah satu jaringan layer 2 Ethereum ini, misalnya Optimism.

Siapkan Crypto Wallet

Kamu perlu menggunakan wallet yang mendukung layer 2 yang kamu pilih. Salah satu wallet yang populer adalah MetaMask. Pada Metamask, kamu bisa tambahkan jaringan Optimism dengan mengklik pilihan jaringan yang sedang kamu gunakan seperti di bawah ini.

Kemudian tambahkan Optimism.

Pindahkan Aset Crypto (Bridging)

Untuk mulai melakukan bridging atau memindahkan aset crypto dari jaringan Ethereum ke jaringan Optimism, kamu bisa mengunjungi https://gateway.optimism.io/. Kemudian akan muncul halaman seperti di bawah ini.

Masukan jumlah ETH yang ingin kamu pindahkan, lalu klik Deposit. Kemudian, wallet Metamask akan muncul untuk meminta persetujuan transfer beserta informasi gas fee.

Klik Confirm dan tunggu beberapa menit. Kecepatan pemindahan aset crypto berbeda-beda sesuai dengan trafic yang sedang diproses oleh sistem. Pada gambar di atas, tertulis bahwa deposit dana ke Optimism membutuhkan estimasi waktu sekitar dua puluh menit.

Selesai! Aset Crypto Sudah Berada di Layer 2

Proses pemindahan dana ternyata tidak memakan waktu dua puluh menit seperti perkiraan sebelumnya, melainkan hanya tujuh menit. Perkiraan dua puluh menit hanya mengacu pada estimasi waktu transfer.

Setelah berhasil melakukan proses bridging, dana ETH kamu akan berada di jaringan Optimism. Ini berarti kamu dapat melakukan berbagai transaksi di berbagai dApps menggunakan jaringan Optimism dengan biaya transaksi yang lebih murah dan waktu yang lebih cepat. Sebagai contoh, kamu dapat melakukan swap di Uniswap atau membeli NFT di Opensea dengan lebih efisien menggunakan jaringan Optimism.

Dikutip dari Decrypt, Uniswap menerapkan gas fee 15 dolar AS untuk menukar 0.01 ETH dengan DAI di mainnet Ethereum. Tetapi ketika menggunakan jaringan Optimism dan menukar 0,0099 ETH, Optimism hanya mengenakan gas fee di bawah 1 dolar AS untuk biaya transaksi, dan transaksi hanya membutuhkan waktu 1.5 detik!

Memindahkan Kembali Aset Crypto ke Jaringan Ethereum

Memindahkan aset crypto kembali ke jaringan Ethereum bersifat opsional. Beberapa pengguna mengirimkan kembali dari layer 2, namun beberapa tidak melakukannya. Salah satu alasan pengguna tidak mengembalikan ke Ethereum adalah karena Optimism menerapkan challenge periode selama tujuh hari untuk bisa menarik dana dari Optimism ke Ethereum.

Lamanya waktu tersebut memberikan validator blockchain Optimism untuk menyelesaikan perselisihan yang mungkin timbul dari transaksi yang terlihat curang. Selain Optimism, Arbitrum juga menerapkan sistem yang sama karena keduanya menggunakan teknologi Optimistic Rollup.

Baca juga artikel lengkap terkait Optimism dan Arbitrum di Pintu Academy.

Jika kamu ingin memindahkan aset crypto kembali ke Ethereum, kamu bisa melakukan hal yang sama seperti sebelumnya, namun pilih Optimism sebagai blockchain pengirimnya pada kolom Withdraw.

Kesimpulan

Kehadiran teknologi layer 2 memberikan keuntungan bagi para pengguna untuk menjelajahi ekosistem Ethereum. Layer 2 membuat transaksi lebih cepat dan murah dibandingkan dengan proses transaksi di jaringan utama Ethereum.

Tidak ada alasan bagi siapa pun untuk tidak menggunakan DeFi atau mengakses Web3 hanya karena biaya gas yang tinggi. Solusi seperti Optimism hadir untuk memperluas skalabilitas dan meningkatkan performa Web3 secara keseluruhan.

Sekarang, setelah kamu mempelajari cara memindahkan aset crypto melalui bridging, kamu dapat menjelajahi dan mengeksplorasi ekosistem Ethereum lebih dalam lagi.

Beli Aset Crypto di Pintu

Setelah mengetahui cara bridging crypto, kamu tertarik berinvestasi pada token layer 2? Tenang saja, kamu bisa membeli berbagai token layer 2 seperti OP, ARB, MATIC, IMX dan yang lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu juga kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. Robert Stevens, **How to Bridge from Ethereum to Layer 2, Decrypt, diakses 31 Mei 2023.
  2. Johannes, **How To Transfer ETH To Optimism Network (Optimistic Ethereum), Youtube, diakses 31 Mei 2023.
  3. Clarissa Watson, **How To Bridge Tokens From Ethereum To Optimism With MetaMask, Consensys, diakses 31 Mei 2023.
  4. Siddhant Kejriwal, **How to Bridge to Ethereum Layer 2s, Unchained Crypto, diakses 31 Mei 2023.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan