Mengenal Tokenomics dan Ekosistem SUI

Update 6 Apr 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 6 Menit
Gambar Mengenal Tokenomics dan Ekosistem SUI
Reading Time: 6 minutes

Proyek layer 1 Sui sedang melalui tahap-tahap pengujian pada jaringannya. Meskipun dimulai dalam waktu yang sama dengan Aptos (proyek crypto yang juga dari tim eks-Diem), Sui menghabiskan waktu lebih lama pada tahap pengujian serta pengembangan teknologinya. Saat ini Sui sudah merilis testnet permanen yang akan menjadi tempat pengujian utama untuk segala aspek jaringan. Dengan waktu yang semakin dekat menuju mainnet, banyak yang mulai berspekulasi tentang Sui. Lalu, seperti apa tokenomics SUI? Apakah SUI bisa menjadi aset investasi yang bagus? Semuanya akan kita bahas di bawah.

block-heading joli-heading" id="ringkasan-artikel">Ringkasan Artikel

  • ūüĆä Sui adalah blockchain permissionless layer-1 yang dibuat oleh tim pengembang eks-Meta. Salah satu karakteristik unik dari Sui adalah model object-centric processing yang memungkinkan Sui memproses transaksi secara paralel.
  • ‚öôÔłŹ Aset asli pada jaringan Sui disebut dengan SUI dan memiliki empat fungsi yaitu sebagai aset staking, untuk membayar biaya gas transaksi, sebagai aset likuid pada aplikasi-aplikasi, dan sebagai suara dalam tata kelola on-chain.
  • ūüďĪ Saat ini, aplikasi DeFi mendominasi daftar jenis aplikasi yang sedang dibangun di Sui. Selain itu, proyek-proyek NFT dan pasar digitalnya sudah berhasil menarik perhatian berbagai komunitas kripto.
  • ūü߆ Perbincangan tentang SUI sebagai aset investasi murni bersifat spekulatif. Saat ini, obrolan tentang Sui didominasi oleh potensi airdrop yang bisa didapatkan. Pergerakan harga aset SUI saat nanti diluncurkan kemungkinan akan dipengaruhi oleh kondisi umum pasar kripto dan apakah Sui bisa mendapatkan perhatian komunitas kripto atau tidak.

Sekilas Tentang Sui

Sui adalah blockchain permissionless layer-1 yang dibuat oleh tim pengembang eks-Meta. Blockchain Sui memiliki kapabilitas smart contract dan didesain untuk menjadi platform yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan dalam satu ekosistem. Salah satu karakteristik unik dari Sui adalah model object-centric processing yang memungkinkan Sui memproses transaksi secara paralel. Model transaksi ini membuat Sui sangat berbeda daripada blockchain pada umumnya.

Pada 29 Maret 2023, Sui mengumumkan peluncuran testnet permanen. Layaknya testnet Goeli di Ethereum, jaringan ini akan digunakan oleh tim pengembang Sui untuk berbagai pengujian teknis sebelum mainnet. Selain itu, para pengembang aplikasi pada Sui juga bisa menggunakan testnet ini untuk mengevaluasi jaringan Sui dan menguji aplikasi yang sedang dibuat.

Testnet ini kemungkinan akan menjadi tahap terakhir sebelum peluncuran jaringan utama Sui yang juga akan dilakukan secara bertahap.

Artikel ini adalah bagian kedua tentang proyek Sui yang akan membahas tokenomics SUI, Baca artikel bagian pertama yang menjelaskan cara kerja serta kelebihan Sui di Pintu Academy.

Tokenomics SUI

tokenomics sui
Visualisasi alur staking dan tokenomics SUI.

Aset asli pada jaringan Sui disebut dengan SUI. Saat ini, belum ada pengumuman tentang alokasi dan distribusi koin SUI. Detail tentang ini kemungkinan akan disebarkan saat mendekati peluncuran jaringan utama Sui. Namun, jumlah suplai maksimum SUI sudah diumumkan yaitu 10 miliar SUI. Whitepaper SUI menyebutkan bahwa suplai SUI konstan tanpa ada mekanisme burning (kecuali diubah melalui tata kelola on-chain).

Berdasarkan dokumen Sui, aset SUI memiliki empat fungsi:

  1. Sebagai aset staking agar pengguna bisa berpartisipasi mengamankan jaringan PoS Sui.
  2. SUI adalah aset yang diperlukan untuk membayar biaya gas untuk menyimpan data dan mengeksekusi transaksi atau aktivitas lain di platform Sui.
  3. SUI dapat digunakan untuk berbagai aplikasi yang membutuhkan aset likuid yang bisa memenuhi fungsi standar uang (unit akun, media pertukaran, dan alat penyimpan nilai).
  4. Token SUI memainkan peran penting sebagai hak suara untuk berpartisipasi dalam tata kelola on-chain.

Salah satu mekanisme unik yang berkaitan dengan insentif untuk validator menggunakan SUI adalah biaya untuk penyimpanan data. Saat kamu membayar biaya transaksi menggunakan SUI, biaya tersebut dibagi dua yaitu untuk mengeksekusi transaksi dan juga biaya penyimpanan data transaksi di jaringan Sui.

SUI sebagai biaya penyimpanan data ini dikumpulkan ke dalam kas sebagai bagian dari imbalan staking untuk validator di epoch selanjutnya. Jadi, biaya transaksi dari pengguna-pengguna sebelumnya digunakan untuk membayar validator yang memproses transaksi selanjutnya. Kenapa hal ini dilakukan? Seiring dengan ukuran data on-chain yang semakin besar, beban yang harus ditanggung validator juga terus meningkat. Sui menciptakan sistem ini agar validator memiliki model bisnis yang berkelanjutan.

Ekosistem Sui

defi sui
Aplikasi DeFi di Sui. Sumber: @sui_station.

Saat ini, aplikasi DeFi mendominasi daftar aplikasi yang sedang dibangun di Sui. MovEX, Ocean DEX, Araya Finance, dan Suiswap merupakan beberapa aplikasi DEX di Sui. MovEX termasuk unik karena ia juga menjalin kerja sama dengan Sui Foundation untuk membangun protokol likuiditas bagi berbagai aplikasi DeFi di Sui. Selain itu, MovEX juga memiliki teknologi order book terdesentralisasi dan menggunakan berbagai fitur dari Uniswap V3 seperti Concentrated Liquidity AMM.

Selain itu, beberapa aplikasi DEX seperti Palladium tidak hanya mendukung Sui, namun juga Aptos. Beberapa aplikasi DeFi didesain untuk terintegrasi ke semua blockchain yang menggunakan Move(saat ini masih Aptos dan Sui).

wallet-1024x576.jpeg" alt="wallet sui" class="wp-image-8986" srcset="https://pintu-academy.pintukripto.com/wp-content/uploads/2023/04/sui-wallet-1024x576.jpeg 1024w, https://pintu-academy.pintukripto.com/wp-content/uploads/2023/04/sui-wallet-300x169.jpeg 300w, https://pintu-academy.pintukripto.com/wp-content/uploads/2023/04/sui-wallet-768x432.jpeg 768w, https://pintu-academy.pintukripto.com/wp-content/uploads/2023/04/sui-wallet-1536x864.jpeg 1536w, https://pintu-academy.pintukripto.com/wp-content/uploads/2023/04/sui-wallet-2048x1152.jpeg 2048w, https://pintu-academy.pintukripto.com/wp-content/uploads/2023/04/sui-wallet-1200x675.jpeg 1200w, https://pintu-academy.pintukripto.com/wp-content/uploads/2023/04/sui-wallet-1980x1114.jpeg 1980w" sizes="(max-width: 1024px) 100vw, 1024px">
Dompet self-custody di Sui. Sumber: @sui_station.

Beberapa dompet digital juga sudah terintegrasi ke Sui dan kamu bisa menggunakannya untuk mencoba mengirim antardompet. Saat ini, kamu hanya bisa menggunakan devnet dan testnet menggunakan token SUI khusus. Suiet dan Sui Wallet adalah dua dompet digital paling populer saat ini. Kamu bisa mencoba menggunakan kedua dompet tersebut untuk berinteraksi dengan beberapa aplikasi seperti marketplace NFT dan DEX.

sui nft
Marketplace NFT di Sui. Sumber: @sui_station

Terakhir, salah satu sektor yang bertumbuh dengan cepat di Sui adalah ekosistem NFT. Salah satu pasar digital paling populer di Sui adalah BlueMove, yang dibuat untuk Aptos dan Sui. Saat ini, beberapa proyek NFT di Sui sudah berhasil mendapatkan perhatian dari komunitas NFT. Beberapa proyek di antaranya adalah Sui G00dies, SNSstork, SuiGatorz, dan Funnybuns.

SUI Sebagai Aset Investasi

Saat ini, perbincangan tentang SUI sebagai aset investasi murni bersifat spekulatif. Diskusi tentang Sui semuanya didasarkan oleh potensi yang bisa Sui capai melalui kelebihan teknologinya. Namun, kelebihan teknologi yang Sui punya tidak berpengaruh terhadap pergerakan harga. Bagaimana investor melihat harga SUI akan bergantung pada apakah Sui bisa menarik perhatian komunitas kripto atau tidak. Selain itu, Sui perlu memiliki satu aplikasi yang bisa menarik banyak pengguna.

pasar SUI
Grafik harga APT sejak 2022.

Jika kita ingin melihat potensi Sui sebagai aset investasi, kita bisa membandingkannya dengan dua peluncuran proyek crypto yang sangat populer yaitu Aptos dan Arbitrum. Keduanya berhasil mendapatkan perhatian dari komunitas kripto pada saat peluncurannya. Namun, APT milik Aptos kehilangan momentum karena kejadian FTX pada November 2022 (namun berhasil pulih sejak awal 2023). Jadi, pergerakan harga aset SUI saat nanti diluncurkan akan bergantung pada kondisi pasar kripto dan apakah kita sudah masuk bull market atau belum.

sui airdrop
Salah satu dari banyak thread di Twitter tentang cara mendapatkan airdrop SUI.

Dengan kondisi pasar kripto yang membaik, bukan tidak mungkin apabila Sui berhasil menjadi pusat perhatian komunitas kripto pada peluncurannya. Mengikuti ARB dan APT yang melakukan airdrop, kini banyak orang di Twitter mencari cara untuk mendapatkan airdrop SUI. Airdrop seperti ini biasanya banyak diberikan kepada anggota komunitas yang aktif menggunakan jaringan dan berbagai aplikasi di atasnya. Positifnya hal Ini bisa membawa banyak pengguna baru bagi Sui.

Kamu bisa membaca artikel airdrop di Pintu Academy untuk mengetahui caranya!

Kesimpulan

Sui adalah blockchain layer 1 yang memiliki teknologi unik dan mutakhir. Aset SUI sendiri memiliki berbagai fungsi yang membuatnya bagian penting dari ekosistem Sui. Salah satu fitur unik dari desain tokenomics SUI adalah biaya penyimpanan data yang dikumpulkan oleh jaringan. Lalu, dana penyimpanan data ini digunakan untuk membayar validator yang memproses transaksi-transaksi selanjutnya. Ini dilakukan karena beban yang ditanggung oleh validator akan meningkat sejalan dengan ukuran data on-chain. Ekosistem Sui saat ini didominasi oleh aplikasi-aplikasi DeFi dan juga platform NFT.

Sebagai aset investasi, potensi SUI masih sulit untuk diprediksi. Pergerakan harga SUI saat diluncurkan bergantung terhadap beberapa hal seperti kondisi pasar kripto, populartias Sui, dan juga apakah Sui bisa menarik banyak pengguna baru atau tidak.

Cara Membeli SUI di Pintu

Saat ini, belum ada tanggal pasti kapan koin SUI akan diluncurkan. Ini bisa memberikanmu waktu untuk memahami Sui terlebih dahulu dan menentukan strategi yang bisa dilakukan sebelum membeli koin SUI. Ikuti terus Pintu supaya kamu tahu kapan SUI bisa dibeli!

Sembari menunggu SUI, kamu juga bisa berinvestasi pada aset crypto seperti BTC, ETH, dan SOL tanpa harus khawatir adanya penipuan. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian. Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu.

Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

Penulis:Ari Budi Santosa

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan