Apa itu Floor Price NFT? Investor NFT Wajib Tau!

Updated
March 25, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu Floor Price NFT? Investor NFT Wajib Tau!
Reading Time: 4 minutes

Awal tahun 2022, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan seorang pria dengan username Ghozali Everyday yang berhasil menjual hasil swafotonya di platform OpenSea dengan nilai capai 1,5 miliar rupiah. Sejak saat itulah, non fungible token (NFT) menjadi semakin booming di Indonesia. Dalam dunia NFT, dikenal banyak istilah, salah satunya floor price. Apa itu floor price NFT? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Bagaimana Cara Menjual NFT di OpenSea?

Apa itu Floor Price?

Dalam pengertian umum, floor price adalah seberapa besar harga terendah yang dapat dibebankan untuk suatu komoditas, barang, maupun jasa.

Apa itu Floor Price NFT?

gambar floor price nft

Floor price NFT adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan seberapa besar jumlah uang terendah yang harus dikeluarkan seseorang untuk bergabung sebagai anggota proyek NFT, atau dengan kata lain memiliki NFT dari proyek bersangkutan.

Harga terendah ini ditetapkan sendiri oleh pengembang dari proyek NFT bersangkutan, biasanya dengan mempertimbangkan harga yang diberikan oleh penjual lain dan nantinya harga tersebut akan dicantumkan pada marketplace NFT dari proyek bersangkutan.

Di platform OpenSea, floor price akan di-update secara real-time berdasarkan harga terendah dari NFT pada suatu koleksi item.

Manfaat Floor Price bagi Investor NFT

Floor price merupakan salah satu metrik yang paling banyak digunakan oleh investor untuk menilai suatu proyek di NFT market. Misalnya, koleksi Bored Ape Yacht Club, salah satu proyek di NFT market yang memiliki floor price senilai 103 Ethereum. Dengan demikian maka setiap calon pembeli dapat membeli Bored Ape dengan harga mulai dari 103 Ethereum.

Jika calon pembeli menggunakan platform OpenSea dan ingin membeli dengan harga lebih murah, maka mereka harus mengajukan penawaran. Hal ini dikarenakan platform OpenSea bekerja dengan sistem yang mirip dengan eBay di mana setiap calon pembeli dapat mengajukan penawaran harga, termasuk untuk harga lebih tinggi maupun lebih rendah dari pasar. Hanya saja, kemungkinannya kecil untuk penawaran harga lebih rendah dapat diterima oleh penjual.

Membeli NFT pada floor price seringkali dilakukan oleh calon pembeli dengan tujuan untuk menerima manfaat dari proyek yang dijual. Biasanya, proyek NFT yang berhasil terjual dengan harga terendah (floor price) bersifat tidak langka atau tidak eksklusif, sehingga tidak menciptakan nilai tambah.

Bagaimana Cara Menentukan Floor Price di NFT?

Sebagaimana konsep jual-beli barang atau jasa pada umumnya, floor price di NFT Market juga ditentukan oleh jumlah permintaan. Semakin banyak peminatnya, maka semakin tinggi pula harga jual yang ditetapkan oleh pemilik proyek. Begitupun sebaliknya, semakin sedikit permintaan, maka harga jual akan relatif lebih rendah karena tidak banyaknya jumlah tawaran dari pembeli.

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi floor price NFT berdasarkan jumlah permintaan dari NFT bersangkutan.

Keunikan atau Kelangkaan

Faktor pertama yang mungkin mempengaruhi tingginya permintaan terhadap proyek NFT adalah keunikan dari produk yang dihasilkan. Semakin unik suatu produk NFT, maka hal tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kolektor NFT.

Keunikan produk NFT dapat ditonjolkan melalui adanya fasilitas khusus atau mengusung konsep yang belum pernah ada sebelumnya. Agar mendapat keunikan tersendiri, penjual NFT harus kreatif serta rutin melakukan riset terhadap tren yang sedang booming di pasaran.

Kegunaan

Selain faktor unik, produk NFT juga bisa semakin diminati pembeli karena fungsi atau kegunaannya. Semakin tinggi nilai fungsi suatu produk NFT, maka semakin banyak pula kegunaannya.

Untuk menargetkan produk NFT berdasarkan fungsinya, para penjual NFT harus menentukan dan menargetkan segmen konsumen tertentu yang memahami fungsi dari produk NFT yang dijual.

Popularitas Kreator

Kreator yang populer biasanya telah memiliki segmen konsumen khusus yang kemungkinan besar akan membeli proyek mereka. Dengan begitu, mereka mungkin menentukan floor price yang relatif tinggi karena merasa percaya diri dengan potensi NFT mereka.

Langkah-Langkah Untuk Mengubah Floor Price di NFT Market

Di platform OpenSea, floor price akan di-update secara otomatis dan real-time berdasarkan harga NFT terendah dari koleksi item kamu. Oleh karena itu untuk mengubah floor price, kamu tinggal mengubah harga dari NFT dengan harga terendah pada koleksi kamu.

  • Klik tombol “Lower Price” pada bagian paling kanan dari halaman produk kamu.
cara mengubah floor price di opensea
  • Masukan harga baru yang kamu inginkan
  • Klik tombol “Set New Price” untuk mengganti harga.

Itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu floor price NFT. Tertarik untuk berinvestasi NFT? Baca artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara memilih proyek NFT yang potensial.

Selain NFT, berbagai proyek NFT juga telah menarik perhatian para investor karena potensi keuntungannya. Untuk kamu yang tertarik berinvestasi dan trading crypto, tapi tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang!

Pintu adalah platform jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Pintu menyediakan berbagai fitur istimewa, di antaranya:

  • Pintu Akademi, pusat belajar crypto dari nol meliputi strategi trading, dasar-dasar crypto, blockchain, dan lain sebagainya.
  • Pintu Earn, fitur khusus Pintu di mana kamu bisa earn crypto secara mudah dengan bunga capai 4%/tahun cukup dengan menyimpan aset kamu di dompet Earn.
  • PTU Staking, staking crypto aset PTU untuk mendukung ekosistem Pintu sekaligus memperoleh berbagai keuntungan seperti bonus komisi Referral Pintu dan keuntungan lainnya.

Referensi:

Ejimozy, NFT Floor Price: Meaning, Calculation, Changing, Flipping. Diakses tanggal: 14-03-2022

NFT Explained, Guide To Understanding NFT Metrics – What Is Floor Price? Diakses tanggal: 14-03-2022

Robyn Conti, What Is An NFT? Non-Fungible Tokens Explained. Diakses tanggal: 14-03-2022

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->