Apa Itu Tindakan Ekonomi? Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Updated
November 22, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa Itu Tindakan Ekonomi? Pengertian, Tujuan, dan Contohnya
Reading Time: 3 minutes

Kamu sadari atau tidak, apa yang kamu lakukan sehari-hari tidak bisa lepas dari tindakan ekonomi. Apa itu tindakan ekonomi? Tindakan ekonomi adalah berbagai kegiatan yang kamu lakukan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Simak selengkapnya mengenai pengertian, tujuan, dan contoh tindakan ekonomi dalam artikel berikut ini!

Baca juga: 10 Prinsip Ekonomi dan Contohnya

Pengertian Tindakan Ekonomi

pengertian tindakan ekonomi

Apa itu tindakan ekonomi? Sebelum bicara lebih dalam soal tindakan ekonomi, kamu perlu memahami terlebih dahulu mengenai apa itu ekonomi. Menurut definisi yang dijabarkan para ahli, ekonomi adalah cabang dari suatu ilmu pengetahuan untuk mempelajari produksi, distribusi, serta konsumsi ekonomi.

Dalam hal ini, tindakan ekonomi tidak bisa lepas dari proses produksi, distribusi dan konsumsi. Dilansir dari berbagai sumber, tindakan ekonomi adalah berbagai bentuk upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup. Bentuk upaya ini meliputi proses produksi, distribusi hingga konsumsi. Biasanya, tindakan ini diikuti pertimbangan matang sesuai skala prioritas guna mencapai kemakmuran dan kesejahteraan hidup masing-masing.

Tujuan Tindakan Ekonomi

Berdasarkan definisi yang telah dijabarkan sebelumnya, muncul pertanyaan mengapa seseorang perlu melakukan tindakan ekonomi. Secara umum, tindakan ekonomi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan. Namun secara khusus, tujuan tindakan ekonomi adalah sebagai berikut.

  • Tindakan ekonomi dilakukan agar seseorang bisa menganalisis sekaligus membedakan antara tindakan yang menguntungkan dan merugikan.
  • Membuat skala prioritas ketika mengambil sebuah keputusan ekonomi.
  • Membedakan perlunya membeli barang ataupun jasa sesuai kebutuhan dan keinginan.

Jenis-Jenis Tindakan Ekonomi

Terdapat berbagai macam tindakan ekonomi yang dilakukan manusia, namun secara umum terdapat 2 jenis tindakan ekonomi, yaitu tindakan rasional dan tindakan irasional. Berikut ulasan selengkapnya.

Tindakan Ekonomi Rasional

Bentuk tindakan ekonomi yang dilakukan berdasarkan pilihan yang paling menguntungkan bisa masuk ke dalam kategori rasional.

Seperti namanya, tindakan ekonomi rasional adalah tindakan yang dilakukan melalui proses berpikir dan pertimbangan logis.

Penerapan dari tindakan ekonomi rasional ini bisa meliputi berbagai hal, mulai dari pemberdayaan tenaga kerja terampil, penggunaan bahan baku, penentuan sistem distribusi paling tepat, hingga proses promosi produk.

Tindakan Ekonomi Irasional

Berikutnya adalah tindakan ekonomi jenis irasional. Tidak seperti tindakan rasional, jenis tindakan ekonomi irasional adalah tindakan yang tidak mempertimbangkan faktor waktu, biaya, maupun tenaga kerja yang sifatnya merugikan. Tindakan seperti ini akan memicu keadaan yang bertolak belakang dengan motif ekonomi seseorang dan dapat menimbulkan berbagai risiko finansial.

Baca juga: Apa itu Risiko Finansial dan Cara Manajemennya?

Contoh Tindakan Ekonomi

contoh tindakan ekonomi

Berikut ini adalah beberapa contoh tindakan ekonomi yang paling dekat dengan keseharian masyarakat.

Contoh Tindakan Rasional

Keputusan rasional diambil berdasarkan pertimbangan waktu, tenaga, kualitas, review, dan pertimbangan rasional lainnya yang akan membawa keuntungan bagi si pembeli.

Misalnya saja ketika kamu membeli barang di marketplace, sebuah produk handphone dijual dengan harga yang sama di toko B dan C, tetapi toko B memiliki ulasan yang lebih bagus baik dari segi kualitas, pengiriman dan pengemasan. Berdasarkan tindakan ekonomi rasional, kamu akan memilih untuk membeli produk toko B.

Baca juga: Apa itu Bitcoin?

Contoh Tindakan Irasional

Berkebalikan dengan tindakan ekonomi rasional, tindakan ekonomi irasional dilakukan tanpa pertimbangan yang logis dan justru bisa menimbulkan kerugian secara finansial.

Contohnya, kamu ingin membeli beras. Terdapat dua pilihan toko, yang mana beras di toko A dijual dengan harga Rp15.000 per kilogram. Namun jaraknya 6 KM dari rumah kamu. Sementara toko B yang ada di sebelah rumah kamu, menjual beras dengan harga Rp15.500 per kilogram.

Akan menjadi tindakan ekonomi irasional jika kamu membeli beras di toko A. Harganya kelihatan lebih murah, tetapi kamu harus mengeluarkan biaya transport yang jika dijumlahkan akan jadi lebih mahal dibanding dengan harga beras di toko B. Selain itu, waktu yang kamu butuhkan juga jadi lebih lama.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu tindakan ekonomi, tujuan, dan contoh-contohnya. Cukup mudah, bukan?

Tindakan rasional dilakukan dengan tujuan memenuhi kebutuhan hidup kamu, salah satunya adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Investasi dan trading crypto bisa menjadi salah satu instrumen untuk mencari pendapatan tambahan jika dilakukan secara tepat.

Per 15 November 2021, harga bitcoin sebagai salah satu aset crypto dengan kapitalisasi pasar terbesar telah mengalami peningkatan harga hingga 297% dalam jangka waktu satu tahun saja. Untuk kamu yang tertarik melakukan investasi dan trading crypto, download Pintu sekarang! Jual beli bitcoin dan berbagai aset crypto di Pintu bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Doris Hanappi. Economic Action, Fields and Uncertainty. Diakses tanggal: 10-11-2021

Law Insider. Economic Action Definition. Diakses tanggal: 10-11-2021

Mark Granovetter. Economic Action and Social Structure: The Problem of Embeddedness. Diakses tanggal: 10-11-2021

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->