10 Contoh Tindakan Ekonomi Rasional dan Irasional

Updated
April 22, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar 10 Contoh Tindakan Ekonomi Rasional dan Irasional
Reading Time: 4 minutes

Tindakan ekonomi adalah aktivitas yang tidak bisa lepas dalam kehidupan kamu sehari-hari. Secara umum, tindakan ekonomi dibagi menjadi tindakan rasional dan irasional. Dalam artikel ini, akan dibahas lengkap tentang contoh tindakan ekonomi rasional dan irasional.

Baca juga: Apa itu Tindakan Ekonomi?

5 Contoh Tindakan Ekonomi Rasional

contoh tindakan ekonomi rasional

Berikut ini adalah beberapa contoh tindakan ekonomi rasional berdasarkan pada pertimbangan logis dengan memperhatikan keuntungan yang akan diperoleh.

Membeli Barang yang Lebih Menguntungkan

Misalnya, terdapat dua headphone yang harganya jauh berbeda, headphone A dibanderol dengan harga Rp50.000, namun hanya memiliki daya tahan 3 bulan saja. Sedangkan headphone B yang harganya Rp300.000 selain kualitas suaranya jauh lebih baik, daya tahannya bisa sampai 3 tahun.

Dengan membeli headphone B yang harganya tampak lebih mahal, sebenarnya ini adalah tindakan ekonomi rasional karena membeli headphone A yang hanya tahan 3 bulan membuat kamu harus membeli lagi hingga berulang kali, sehingga justru akan lebih mahal dibandingkan headphone B.

Menggunakan Asuransi untuk Penghematan

Penggunaan asuransi sangatlah penting untuk menghindari pengeluaran besar secara tiba-tiba, baik itu asuransi jiwa, asuransi mobil, dan lainnya. Jika sampai terjadi kecelakaan, pemilik tidak perlu membayar dalam jumlah besar jika kerusakannya sesuai dengan syarat dan ketentuan. Tentunya, tindakan ini akan dianggap rasional apabila kamu menggunakan asuransi yang tepat dan menguntungkan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Memilih Instrumen Investasi

Investasi yang tepat pada dasarnya adalah yang bisa memberikan keuntungan, baik itu dalam jangka pendek atau jangka panjang. Namun, sebuah keputusan investasi bisa disebut rasional atau irasional akan sangat tergantung pada kebutuhanmu.

Misalnya, kamu sudah tau bahwa kamu membutuhkan sejumlah uang 6 bulan ke depan. Maka, pilihan investasi yang tepat adalah investasi jangka pendek. Dalam hal ini, kamu bisa memilih investasi deposito jangka waktu 6 bulan atau investasi lain yang memiliki likuiditas tinggi agar mudah dicairkan ketika dibutuhkan.

Sebaliknya, apabila kamu tidak ada rencana untuk menggunakan dana tersebut dalam jangka waktu pendek, maka kamu bisa memilih investasi lain yang bisa memberikan keuntungan lebih besar meskipun tidak likuid seperti properti.

Berinvestasi Crypto Berdasarkan Analisis Rasional

Investasi crypto baru-baru ini menarik perhatian banyak orang. Jumlah investor crypto di Indonesia sendiri bahkan mencapai 11 juta orang per Desember 2021 lalu.

Namun, tidak semua aset crypto bisa memberikan keuntungan ketika diinvestasikan. Contoh tindakan ekonomi rasional ketika berinvestasi aset crypto adalah dengan menggunakan analisis teknikal maupun fundamental untuk menemukan jenis aset yang tepat, dan membeli serta menjualnya di waktu yang tepat pula.

Membeli NFT untuk Investasi

Non-Fungible Token (NFT) adalah produk digital lainnya yang sedang banyak dibicarakan. Sebagai salah satu bentuk investasi, NFT bisa dibeli dengan harga murah dan dijual dengan harga yang lebih mahal.

Namun untuk menemukan NFT dengan potensi tersebut membutuhkan berbagai analisis, di antaranya dengan mengecek kelangkaan (rarity) dari sebuah NFT.

5 Contoh Tindakan Ekonomi Irasional

contoh tindakan ekonomi irasional

Sebaliknya, ini dia 5 contoh tindakan ekonomi irasional yang bisa merugikan seseorang secara ekonomi.

Bayar Lebih Mahal karena Merek

Beberapa merek elektronik yang sudah punya nama besar biasanya memiliki harga jauh lebih mahal dibanding merek yang belum terkenal. Padahal, spesifikasi dan kualitasnya hanya beda sedikit saja.

Kalau memang kualitasnya jauh lebih baik, maka tak ada salahnya untuk membayar lebih produk dengan merek yang lebih terkenal. Namun, apabila kualitasnya sama atau bahkan lebih buruk, membeli barang bermerek atas dasar gengsibisa menjadi salah satu contoh tindakan ekonomi irasional.

Membeli Barang Hanya Karena Tren

Dengan ribuan produk baru yang muncul tiap harinya, tren yang ada berubah sangat cepat, baik itu berkaitan dengan fesyen, elektronik, makanan, dan lainnya. Contoh tindakan ekonomi irasional adalah ketika kamu membeli barang hanya untuk mengikuti tren, menghabiskan waktu, tenaga, dan uang ketika kamu tidak membutuhkan barang tersebut.

Memilih Investasi Secara Ceroboh

Dari contoh-contoh di atas, bisa disimpulkan bagaimana tindakan ekonomi irasional cirinya adalah didasarkan pada emosi atau keinginan sesaat tanpa mempertimbangkan logika, serta tidak memberikan manfaat secara ekonomis.

Berdasarkan ciri tersebut, contoh tindakan ekonomi tidak rasional lainnya adalah ketika seseorang berinvestasi dengan menggunakan uang untuk kebutuhan sehari-hari, terlebih jika investasi yang dipilih beresiko tinggi.

FOMO Ketika Berinvestasi

Belakangan ini, banyak orang berinvestasi namun justru menerapkan sikap FOMO (Fear of Missing Out). Bentuk FOMO ini bermacam-macam, misalnya berinvestasi suatu aset hanya karena banyak artis/selebritas ternama berinvestasi di aset tersebut atau membeli aset investasi ketika harga sedang tinggi-tingginya, dan masih banyak lagi.

Membeli Produk Koleksi

Produk koleksi biasanya memiliki harga mahal. Di satu sisi, produk koleksi mungkin bisa diperjualbelikan untuk mendapatkan keuntungan. Namun apabila kamu membeli produk koleksi hanya untuk menyimpan, memajang, dan memamerkannya, maka tindakan ini menjadi tidak lagi rasional secara ekonomi.

Itu dia beberapa contoh tindakan ekonomi rasional dan irasional. Tentunya, masih banyak orang yang melakukan tindakan ekonomi irasional baik untuk pemenuhan keinginan maupun kebutuhan emosional. Hal tersebut tidak masalah selama kamu tetap membatasi agar tindakan irasional tersebut tidaklah berlebihan dan masih berada dalam batasan wajar.

Untuk mendapatkan informasi lainnya seputar ekonomi, investasi, dan crypto kamu bisa mengunjungi Pintu Blog. Sementara untuk informasi spesifik mengenai crypto yang baru-baru ini menarik perhatian banyak investor Indonesia dan dunia, kamu bisa mengunjungi Pintu Akademi yang akan membahas berbagai hal, mulai dari dasar-dasar crypto hingga cara berinvestasi crypto untuk pemula.

Tertarik untuk berinvestasi crypto mulai dari Rp11.000 saja? Download Pintu sekarang! Aplikasi Pintu telah terdaftar resmi di Bappebti lho.

Referensi:

Adam Hayes. Rational Behavior Definition. Diakses 14 April 2022

Will Kenton. Behavioral Economics. Diakses 14 April 2022

Tejvan Pettinger. Irrational behaviour. Diakses 14 April 2022

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->