Apa Itu Day Trader, Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya?

Updated
July 6, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa Itu Day Trader, Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya?
Reading Time: 3 minutes

Day trader adalah trader dengan strategi, taktik, maupun frekuensi perdagangan yang berbeda dari swing trader dan intraday trader. Artikel kali ini akan membahas lengkap mengenai apa itu day trader, kelebihan dan kekurangan serta bagaimana menjadi salah satunya. Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Day Trader?

Apa Itu Day Trader

Day trader adalah mereka yang membeli lalu menjual instrumen keuangan seperti mata uang, saham, dan lainnya di hari perdagangan yang sama. Jadi, posisi trading yang ia buka di hari itu akan ditutup di hari itu juga.

Tujuan Day Trader

Tentunya, tujuan utama day trader adalah untuk mendapat keuntungan dari pergerakan harga jangka pendek. Oleh karena itu, day trader justru biasanya menyukai pasar yang volatil, yang mana bisa dimanfaatkan untuk memperoleh profit.

Ciri-Ciri Day Trader

Berikut beberapa ciri dari day trader yang bisa sukses dan berhasil:

  • Mengetahui saham atau investasi mana yang harus dijual
  • Mengetahui kapan harus memasuki perdagangan serta kapan harus keluar dari perdagangan.
  • Mengetahui platform yang tepat untuk memasarkan saham.
  • Bekerja secara individu maupun bersama institusi finansial untuk memperoleh keuntungan
  • Keuntungan day trader diperoleh dari perbedaan antara harga beli dan harga jual aset bersangkutan.

Baca juga: Apa itu Trading Jangka Panjang dan Kelebihannya?

Kelebihan dan Kekurangan Day Trader

Menjadi seorang day trader tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut merupakan beberapa kelebihan day trader yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan mengambil pekerjaan ini.

Kelebihan Day Trader

Menjadi Bos untuk Diri Sendiri

Banyak orang yang menjadikan day trading sebagai pekerjaan full-time mereka. Dengan mengambil profesi ini, day trader bisa bekerja sendiri tanpa di bawah kontrol orang lain. Menjadi day trader, kamu akan menjadi bos untuk dirimu sendiri.

Namun di sisi lain, menjai day trader bukanlah suatu hal yang mudah juga. Menjadi bos untuk diri sendiri berarti kamu akan bisa sukses dengan bekerja secara disiplin dan giat. Namun jangan mengharapkan kesuksesan apabila kamu bermalas-masalan.

Pekerjaan yang Fleksibel

Terdapatnya banyak strategi yang bisa kamu gunakan untuk mencapai kesuksesan sebagai day trader. Trader sukses yang satu mungkin akan menggunakan strategi yang berbeda dengan trader sukses lainnya. Oleh karena itulah, day trader menjadi salah satu pekerjaan dengan fleksibilitas tinggi.

Tidak Ada Risiko Overnight

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, seorang day trader membuka dan menutup posisinya di hari perdagangan yang sama. Dengan kata lain, seorang day trader tidak perlu kuatir soal pergantian posisi dalam semalam, yang biasanya menjadi alasan dibalik tingkat stres trader yang tinggi.

Situasi politik yang sedang memanas hingga perekonomian negara yang kurang baik biasanya tidak akan berpengaruh pada day trader.

Kekurangan Day Trader

Di balik segala kelebihan tersebut, berikut beberapa kekurangan day trader yang harus kamu ketahui.

Risiko Kerugian Besar

Bagi pemula, banyak yang menganggap day trading sebagai aktivitas scam agar bisa cepat kaya. Alasannya adalah karena day trader akan menghabiskan banyak uang dengan harapan untuk memperoleh banyak return pula. Apabila tidak dilakukan dengan strategi dan perencanaan matang, hal inilah yang menyebabkan day trader mengalami kerugian yang sangat besar.

Pekerjaan yang Tergolong Intens

Menjadi day trader, kamu tidak bisa hanya melihat dari sisi bebasnya saja. Bagaimanapun, pekerjaan ini mengharuskan kamu melakukan banyak riset dan terus update dengan info pasar terbaru.

Di pagi hari, kamu harus siap-siap memantau pergerakan pasar selama berjam-jam. Berbeda dengan investasi jangka panjang yang tidak membutuhkan riset secara intensif tiap harinya.

Cara Menjadi Day Trader

cara menjadi day trader

Tidak ada kualifikasi tertentu untuk menjadi seorang day trader. Biasanya untuk bisa menjadi seorang day trader yang sukses, pengalaman sangatlah menentukan.

Selain itu, berikut beberapa tips dan cara menjadi day trader:

  • Memiliki kualifikasi day trader, di antaranya mau bekerja berjam-jam, waktu meninggalkan pekerjaan sedikit, dan mau mengambil resiko.
  • Belajar terus mengenai day trading tiap harinya.
  • Memiliki modal yang cukup untuk trading.
  • Memahami pasar dengan baik beserta berbagai pergerakan dan detailnya.
  • Memahami keamanan tiap instrumen keuangan, agar tahu kapan harus masuk pasar dan kapan harus keluar.
  • Membangun strategi yang tepat berdasarkan situasi pasar.
  • Mengatur modal dan keuangan dengan baik.
  • Lakukan simulasi day trading.
  • Mulai dengan jumlah kecil dan kembangkan dari situ.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu day trader, kekurangan dan kelebihan hingga bagaimana cara menjadi day trader. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Berbicara tentang trading dan investasi, belakangan ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang tertarik terhadap investasi crypto. Per Desember 2021 lalu, jumlah investor crypto bahkan telah mencapai 11 juta orang.

Buat kamu yang ingin melakukan investasi crypto namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang! Pintu adalah aplikasi jual beli crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa berinvestasi crypto mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

James Chen. Day Trader. Diakses 23 Juni 2022

Shobhit Seth. 10 Steps to Becoming a Day Trader. Diakses 23 Juni 2022

Linda Williams. Pros and Cons of Day Trading. Diakses 23 Juni 2022

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->