Apa itu Foundation NFT dan Berapa Gas Fee-nya?

Updated
July 1, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Foundation NFT dan Berapa Gas Fee-nya?
Reading Time: 3 minutes

Foundation NFT adalah salah satu marketplace NFT yang banyak digunakan oleh para kreator dan investor selain OpenSea. Simak selengkapnya mengenai apa itu Foundation NFT Marketplace, biaya gas fee, dan cara kerja Foundation NFT selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Apa itu Foundation NFT?

foundation nft adalah
(foundation.app)

Foundation NFT adalah salah satu marketplace NFT yang cukup besar dan populer di dunia NFT. Fungsinya adalah mewadahi proses jual beli NFT antara kreator dan investor atau kolektor.

Foundation adalah salah satu marketplace NFT berbasis Ethereum. Platform ini pertama kali diluncurkan pada Februari 2021. Sejak saat itu, Foundation telah mengumpulkan lebih dari 260.000 pengguna dan lebih dari 180.000 koleksi NFT.

Foundation memiliki tampilan situs yang sederhana sehingga memudahkan pengguna untuk menelusuri koleksi karya NFT. Secara umum, fiturnya tidak jauh berbeda dengan marketplace online pada umumnya. Kamu bisa mencari karya NFT yang ingin kamu miliki dengan menelusuri keyword atau kata kunci yang sesuai.

Lalu, apa yang membuat Foundation NFT istimewa? Tidak seperti pasar NFT lainnya, sistem penjualan utama di Foundation dilakukan melalui sistem lelang. Sistem lelang di platform ini berjalan dengan ketentuan khusus guna menjaga stabilitas penawaran harga NFT.

Baca juga: Selain Foundation, Ini 7 Daftar NFT Marketplace pada Ethereum yang Banyak Digunakan!

Berapa Gas Fee Foundation NFT?

Di Foundation, kamu perlu membayar biaya gas atau gas fee untuk minting, mendaftar, mengubah harga NFT, dan juga menawar sebuah NFT.

Sayangnya, biaya gas untuk transaksi jual beli NFT di Foundation NFT tidak bisa disebutkan secara pasti dan sangat tergantung pada kondisi pasar saat transaksi. Oleh karena itu, biasanya para kreator maupun investor menyiasati tingginya gas fee dengan mencari waktu transaksi saat pasar tidak terlalu ramai.

Sementara itu, pihak Foundation sendiri mengenakan biaya sebesar 5% dalam setiap transaksi jual beli NFT. Besaran biaya platform ini berlaku untuk penjualan dari tangan pertama maupun tangan kedua.

Baca juga: Apa itu Flip NFT? Cara Mendapatkan Untung dari Jual Beli NFT

Bagaimana Cara Bergabung dengan Foundation NFT?

menghubungkan metamask ke foundation nft
(foundation.app)

Pada awal peluncurannya, Foundation hanya membuka platform bagi pengguna yang “terundang” saja. Namun, kini siapa pun bisa bebas bergabung sebagai kreator atau kolektor di Foundation tanpa perlu menunggu undangan dari pengguna lain.

Berikut cara bergabung dan menggunakan Foundation NFT Marketplace bagi kamu para kreator NFT.

  1. Hal pertama adalah pastikan kamu sudah memiliki dompet digital yang terintegrasi dengan Ethereum, contohnya seperti MetaMask.
  2. Masuk ke laman Foundation, isi data dompet digitalmu dan hubungkan.
  3. Setelah dompet terhubung, kamu perlu memverifikasi profilmu via Twitter. Fungsinya adalah untuk membangun kepercayaan dengan calon pembeli ke depannya.
  4. Langkah verifikasi dilakukan dalam dua langkah, yaitu mengunggah tweet dan menyalin tautan tweet sebagai bukti verifikasi.
  5. Setelah profil berhasil diverifikasi, kamu bisa langsung masuk ke akun kamu.
  6. Kamu bisa memulai mengunggah karya NFT dan menawarkannya ke calon pembeli.

Cara Kerja Foundation NFT

Setelah NFT dibuat dan ditawarkan dengan harga yang sudah kreator tentukan, Foundation NFT adalah pihak yang mengambil alih proses lelang. Setelah itu, kreator hanya perlu menunggu bid pertama untuk karyanya.

Lelang secara resmi dimulai setelah seseorang mengajukan tawaran pertama, yang harus memenuhi harga terendah yang ditentukan kreator.

Sistem akan menghitung waktu dalam 24 jam untuk menentukan siapa pembeli yang berhak untuk memperoleh NFT tersebut. Setiap tawaran baru harus setidaknya 10% lebih tinggi dari yang terakhir.

Jika ada tawaran masuk dalam 15 menit terakhir sebelum lelang ditutup, lelang akan  diperpanjang 15 menit dan berlanjut seterusnya hingga tawaran akhir melampaui waktu hitungan. Penawar terakhir dalam siklus 15 menit lelang itulah yang berhak memiliki karya NFT.

Lalu, berapa keuntungan yang bisa didapat oleh kreator atau artist NFT? Berikut lengkapnya.

  • Kreator mendapatkan 85% dari harga jual akhir lelang di Foundation.
  • Kreator juga bisa mendapatkan royalti 10% untuk semua penjualan sekunder dari NFT tersebut, selamanya tanpa batas waktu. Namun, penting untuk dicatat bahwa tetap ada biaya 5% dari pihak Foundation untuk penjualan sekunder.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa Foundation NFT adalah platform yang menawarkan cara unik bagi para kreator dan kolektor seni NFT untuk mendapatkan keuntungan maupun memperoleh NFT favorit mereka. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Untuk kamu yang masih ingin tau lebih lanjut tentang NFT maupun crypto, kamu bisa belajar NFT secara gratis di Pintu Akademi, lho!

Pintu adalah aplikasi jual beli crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp11.000 saja, lho! Selain itu, untuk kamu yang masih pemula, kamu juga bisa investasi crypto di Pintu Earn dan mendapatkan bonus hingga 17,5% APY. Download Pintu sekarang!

Referensi:

NFT Evening. Everything About Foundation App NFT Marketplace. Diakses pada Senin, 23 Mei 2022.

Foundation. What is Foundation’s marketplace fee?. Diakses pada Senin, 23 Mei 2022

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->