Apa itu Gas Wars dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

Updated
June 16, 2023
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu Gas Wars dan Bagaimana Cara Menghindarinya?
Reading Time: 4 minutes

Halo teman crypto, pernah dengar istilah “gas wars”? Jika kamu aktif dalam dunia NFT, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Tapi, bagi kamu yang baru terjun atau masih bingung, yuk simak apa itu gas wars dan bagaimana cara memenangkannya dalam artikel berikut ini!

Apa Itu Gas Wars?

Gas wars adalah fenomena di mana para peserta jaringan berlomba-lomba untuk mendapatkan ruang di blok berikutnya dengan mengikuti apa yang disebut “priority gas auction” atau PGA. Singkatnya, hal ini melibatkan pembayaran di atas rata-rata jaringan untuk gas guna mendapatkan posisi yang lebih baik di blok berikutnya. Pemenang gas war biasanya harus membayar beberapa kali lipat biaya transaksi rata-rata untuk mengamankan posisinya.

Baca juga: Mengenal Apa itu Whitelist NFT dalam Dunia Crypto

Mengapa Orang Berlomba-lomba Dalam Gas Wars?

Pertanyaan yang bagus! Mengapa seseorang dengan sengaja membayar lebih untuk gas? Jawabannya sederhana: untuk memastikan transaksi mereka diproses oleh jaringan dengan cepat. Misalnya, untuk memanfaatkan peluang trading yang sangat singkat atau berpartisipasi dalam acara yang berbasis sistem “siapa cepat dia dapat.”

Gas wars biasanya terkait dengan acara yang sangat diminati dan aksesnya terbatas, seperti Initial DEX Offering (IDO) dan atau penawaran token non-fungible (NFT). Intinya, apa pun yang memiliki jumlah slot terbatas dan jumlah peserta yang besar.

Hal ini memaksa pengguna untuk membayar lebih pada gas untuk mendapatkan posisi prioritas dalam blok berikutnya dan memastikan mereka adalah salah satu peserta yang menang.

Bagaimana Cara Memenangkan Gas War?

contoh gas wars nft

(Sumber: Chaindebrief.com)

Langkah pertama untuk memenangkan gas war adalah dengan menyadari bahwa kamu mungkin akan berada di dalamnya. Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan apakah akan ada banyak pengguna yang bersaing untuk ruang blok pada waktu spesifik ketika kamu akan melakukan transaksi.

Salah satu cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan kalender acara crypto, yang akan membantu kamu mengetahui acara yang bisa meningkatkan permintaan ruang blok pada saat kamu perlu melakukan transaksi. Jika kamu berada dalam acara yang sangat diminati dan berbasis sistem siapa cepat dia dapat, kemungkinan besar kamu akan berakhir dalam gas war.

Untuk menang, kamu perlu membayar lebih untuk gas. Sederhana saja, sebagian besar dompet Web3 akan memungkinkan kamu untuk secara manual menyesuaikan harga yang kamu bayar untuk gas. Kamu bisa menggunakan layanan seperti ETH Gas Station untuk melihat apa harga gas saat ini (misalnya, 50 gwei), lalu kamu akan dapat menggunakan ini untuk menetapkan angka yang menurutmu akan mengamankan slotmu.

Bagaimana Cara Menghindari Gas Wars?

Meski membayar biaya transaksi yang lebih tinggi atau mempercepat transaksi dengan menambahkan lebih banyak dana biasanya berhasil, terkadang hal tersebut tidak berlaku. Seringkali, untuk pengecualian yang sangat tinggi, biaya gas NFT bisa menjadi sangat gila sehingga kamu berakhir membayar biaya yang sangat besar. Berikut beberapa cara menghindari gas wars yang bisa kamu coba.

1. Presales dan Whitelists

Gas wars seringkali memberikan dampak negatif pada komunitas NFT yang menghabiskan waktu mereka untuk mempromosikan dan meng-hype proyek, tetapi akhirnya kehilangan semuanya karena biaya transaksi yang mahal. Sebagai respons, para kreator mencari cara baru untuk memberikan semua orang kesempatan yang adil untuk mencetak koleksi mereka.

Presales dan whitelists adalah salah satu cara yang efektif. Presales biasanya diberikan kepada pendukung awal atau anggota komunitas dengan membuka proses pencetakan lebih awal untuk sebagian komunitas (biasanya dilakukan melalui whitelist).

Dengan memecah proses pencetakan menjadi kategori yang lebih kecil, ada lebih sedikit kemacetan di Jaringan Ethereum selama proses pencetakan, yang mengurangi harga gas yang tinggi.

2. Mint Passes

Mint passes biasanya tersedia selama beberapa hari atau minggu, dan menjamin bagi kolektor, kemampuan untuk menukarkan NFT selama drop resmi tanpa harus khawatir tentang gas wars. Kolektor dapat dengan santai membeli mint passes saat mereka tersedia menjelang drop NFT.

Mint passes biasanya ditukarkan melalui proses ‘burning’ atau mentransfer NFT ke alamat dompet tertentu. Beberapa kreator akan mengambil snapshot (catatan semua pemegang NFT tertentu) dan menggunakan itu untuk kemudian men-drop koleksi ke pemegang alih-alih melalui proses pencetakan biasa.

3. Raffles

Raffles dan giveaway dilakukan oleh kreator koleksi untuk mendorong anggota komunitas tetap aktif dan waspada untuk pengumuman proyek. Raffles adalah cara untuk secara acak memberi hadiah anggota komunitas dengan akses untuk menukarkan dan menerima NFT, yang memungkinkan kolektor untuk menghindari stres mengamankan tempat selama proses pencetakan.

4. Whitelists

Whitelists adalah daftar nama dan alamat dompet yang dikumpulkan yang memungkinkan anggota komunitas tertentu untuk dijamin tempat untuk mencetak koleksi NFT baru. Ada berbagai cara kreator mengembangkan whitelists, termasuk melibatkan komunitas dan dukungan awal terhadap proyek NFT lain yang dibuat oleh kreator. Whitelists adalah cara untuk menjamin bahwa setiap orang di daftar akan dapat mencetak jumlah NFT yang ditentukan selama rilis koleksi.

5. Secondary Marketplace

Apa yang terjadi jika kamu melewatkan batas waktu presale atau tidak masuk ke whitelist? Alih-alih memaksa jalanmu melalui proses pencetakan dan membayar biaya yang sangat tinggi untuk mencetak koleksi NFT, seringkali kreator tidak akan mengungkapkannya segera.

Pengungkapan ini terkadang membutuhkan waktu hingga 24 jam atau beberapa hari. Hal ini memungkinkan kolektor yang melewatkan presale untuk tetap membeli koleksi di pasar sekunder. Pasar sekunder yang paling umum untuk koleksi adalah OpenSea. Sering kali, akan ada premi pada harga mintasli NFT, tetapi pasar sekunder masih memberikan peluang bagi kolektor untuk berinvestasi dalam proyek kreator.

Baca juga: Daftar NFT Marketplace dan Cara Kerjanya

Dengan memahami dan menerapkan strategi-strategi ini, kamu bisa menghindari gas wars dan memaksimalkan investasi crypto kamu. Ingatlah, dalam dunia crypto, pengetahuan adalah kekuatan. Semakin banyak kamu tahu, semakin baik posisi kamu untuk membuat keputusan investasi yang cerdas dan menguntungkan.

Buat kamu yang tertarik berinvestasi crypto, namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang! Pintu adalah aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa berinvestasi kapan saja dan di mana saja secara mudah!

Referensi:

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->