MakerDAO (MKR) – Protokol Penerbit Stablecoin DAI

Update 15 Nov 2023 • Waktu Baca 7 Menit
Gambar MakerDAO (MKR) – Protokol Penerbit Stablecoin DAI
Reading Time: 7 minutes

Layaknya meminjam dana pada bank tradisional, kamu juga bisa meminjam aset crypto pada ekosistem DeFi. Namun, terdapat tantangan utama yang dihadapi yaitu perubahan harga aset crypto yang begitu cepat.

Maker Protocol muncul sebagai solusi untuk masalah tersebut dengan menawarkan pinjaman berupa stablecoin dan jaminan aset crypto. Lalu, apa itu Maker dan bagaimana cara kerjanya? Yuk cari tahu di artikel berikut!

Ringkasan Artikel

  • 🏦 Maker Protocol atau Maker adalah platform simpan pinjam aset crypto yang beroperasi di jaringan Ethereum. Platform ini menawarkan pinjaman berupa stablecoin DAI dengan jaminan aset crypto yang berlebih dan dikunci dalam smart contract.
  • 🪙 Maker menerapkan dua model token, yaitu DAI dan MKR. DAI adalah stablecoin terdesentralisasi yang dibuat agar memiliki nilai 1:1 dengan dolar AS. Sementara MKR adalah token yang digunakan untuk voting proposal dan mengatur risiko serta stabilitas protokol tersebut
  • 💰 Maker menerapkan sistem Multi-Collateral Dai (MCD), yaitu kemampuan menggunakan berbagai jenis aset jaminan, atau “multi-kolateral,” sebagai dasar untuk menciptakan DAI.
  • 🧑‍💼 Seluruh aspek pada Maker Protocol diatur oleh MakerDAO. MakerDAO adalah Decentralized Autonomous Organization di mana pemegang token MKR memiliki kekuatan untuk mengatur Maker Protocol.

Apa itu Maker (MKR)?

Apa itu Maker? Maker Protocol atau Maker adalah platform simpan pinjam aset crypto yang beroperasi di jaringan Ethereum. Platform ini menawarkan pinjaman berupa stablecoin DAI dengan jaminan aset crypto yang berlebih dan dikunci dalam smart contract. Maker Protocol menggunakan model dua token, yaitu stablecoin DAI dan token tata kelola protokol, MKR.

Tidak seperti sistem pinjaman tradisional, Maker beroperasi berdasarkan prinsip suku bunga yang telah ditentukan dan diketahui sebelumnya oleh peminjam. Hal ini membantu menghilangkan kebingungan dan ketidakpastian yang sering dikaitkan dengan dunia peminjaman aset crypto.

Maker menjadi salah satu dApps terbesar dan paling mapan di blockchain Ethereum. Ia memiliki pangsa pasar yang signifikan dalam ekosistem DeFi. Per Mei 2023, Maker menjadi protokol nomor dua terbesar berdasarkan jumlah Total Value Locked (TVL) yang mencapai angka 7.1 miliar dolar AS.

Maker (MKR) - Protokol Penerbit Stablecoin DAI
Sumber: DefiLlama

Seluruh aspek pada Maker Protocol diatur oleh MakerDAO. MakerDAO adalah Decentralized Autonomous Organization di mana pemegang token MKR memiliki kekuatan untuk mengatur Maker Protocol. Melalui hak suara mereka, mereka memainkan peran penting dalam memastikan stabilitas, transparansi, dan efisiensi platform.

MakerDAO bersifat terdesentralisasi di mana semua keputusan diambil secara kolektif. Sistem ini memberikan keamanan, stabilitas, dan kontrol yang lebih besar kepada pengguna dibandingkan dengan sistem yang dikendalikan oleh otoritas pusat.

Baca juga Apa itu DeFi (Decentralized Finance)?

Siapa Pencipta Maker?

Maker diciptakan oleh seorang developer dan pengusaha, Rune Christensen. Ia berhasil mengelola bisnis saat menjalani studi di University of Copenhagen dan Copenhagen Business School. Namun, setelah mengenal Bitcoin pada tahun 2011, ia melepaskan diri dari bisnisnya, kemudian berinvestasi pada aset crypto. Kemudian, ia mengembangkan minat yang besar pada stablecoin, hingga akhirnya mendorongnya untuk mendirikan Maker.

Rune Christensen dan timnya fokus membangun kerangka kerja organisasi protokol Maker sejak tahun 2015. Tim ini terdiri dari para ahli yang handal di bidang blockchain engineering, data, dan software development.

Stablecoin DAI dan MKR

Dalam menjalankan sistemnya, Maker menerapkan dua model token, yaitu DAI dan MKR. Lalu apa itu DAI dan MKR dalam Maker Protocol? DAI adalah stablecoin yang didukung oleh aset jaminan dan memiliki nilai stabil sebesar satu dolar AS. DAI diciptakan di Maker Protocol melalui penyetoran aset crypto (ERC-20) sebagai jaminan ke dalam Vault. Setelah DAI dihasilkan, ia dapat digunakan sebagai aset crypto seperti yang lainnya.

MKR adalah token tata kelola dan utilitas pada platform Maker. Pemegang MKR memiliki hak suara dalam pengambilan keputusan penting di dalam protokol. Setiap satu token MKR, bernilai satu hak suara.

Selain itu, token MKR digunakan dalam Maker sebagai pengatur stabilitas protokol. Ia menjadi solusi ketika misalnya harga Ether (ETH) yang menjadi jaminan DAI turun terlalu cepat dan nilai DAI tidak dapat ditutupi oleh aset jaminan yang ada. Dalam skenario ini, MKR dibuat dan dijual ke pasar untuk mengumpulkan jaminan tambahan yang diperlukan. Dengan cara ini, MKR berfungsi untuk menjaga keseimbangan dan kestabilan sistem Maker Protocol dalam situasi ketidakseimbangan antara nilai DAI dan aset jaminannya.

Hubungan antara DAI dan MKR dalam Maker adalah bahwa DAI adalah stablecoin yang diciptakan dan beroperasi di dalam protokol, sementara MKR adalah token yang digunakan untuk voting dan mengatur risiko serta stabilitas protokol tersebut.

Baca juga Apa itu Stablecoin?

Komponen Utama Maker

  • Maker Vault: Vault, sebelumnya bernama collateralized debt positions (CDP), adalah smart contract yang memungkinkan pengguna mengunci aset crypto mereka sebagai jaminan dan menciptakan DAI. Pengguna yang ingin mendapatkan DAI harus mengunci aset crypto mereka dalam Vault sebagai jaminan. Nilai jaminan ini harus melebihi nilai DAI yang ingin mereka terima. Dalam Vault, konsep utamanya adalah “overcollateralization” untuk memastikan stabilitas DAI.
  • Aset Jaminan: Maker Protocol mendukung berbagai jenis aset crypto yang dapat digunakan sebagai jaminan untuk menciptakan DAI. Ethereum (ETH) adalah aset crypto utama yang digunakan dalam Maker Protocol. Beberapa aset yang dapat menjadi jaminan DAI di antaranya Ether (ETH), Basic Attention Token (BAT), USD Coin (USDC), Wrapped Bitcoin (wBTC), Compound (COMP), dan masih banyak lagi.
  • Biaya Stabilitas: Biaya stabilitas adalah bunga yang dibayarkan oleh pengguna untuk menggunakan DAI yang dihasilkan dari CDP atau Vault. Biaya ini ditentukan oleh MakerDAO dan dapat berubah sesuai dengan kebijakan yang diadopsi oleh penggunaan dan stabilitas sistem.

Cara Kerja Maker

Maker (MKR) - Protokol Penerbit Stablecoin DAI
Sumber: Messari

Pengguna dapat mengakses Maker dan membuat Vault melalui Oasis Borrow. Cara kerja Maker melibatkan beberapa tahapan penting yang memungkinkan penciptaan dan pengelolaan stablecoin DAI. Berikut adalah langkah-langkah utama dalam cara kerja Maker Protocol:

  • Pemberian Jaminan: Pengguna harus menyediakan jaminan dalam bentuk aset crypto yang dapat diterima, dengan Ethereum (ETH) sebagai aset utama yang digunakan. Jaminan ini menjadi jaminan nilai untuk memastikan stabilitas DAI yang dihasilkan.
  • Pembuatan Vault: Pengguna dapat membuka Vault (Collateralized Debt Position/CDP) dengan mengunci jaminan mereka dalam smart contract. Vault ini memungkinkan pengguna untuk menghasilkan DAI sebagai pinjaman dengan menggunakan aset crypto mereka sebagai jaminan.
Minimum DAI yang dibutuhkan untuk membuka Vault adalah 3.500. Oleh karena itu, kamu perlu menjaminkan lebih banyak jaminan untuk menghasilkan 3.500 DAI.
  • Penciptaan DAI: Setelah Vault dibuka, pengguna dapat menghasilkan DAI dengan menyetorkan jaminan mereka. Jumlah DAI yang dihasilkan tergantung pada nilai jaminan dan rasio kolateral yang ditetapkan oleh Maker Protocol.
  • Biaya Stabilitas: Pengguna yang menghasilkan DAI dari Vault akan dikenakan biaya stabilitas. Tingkat biaya stabilitas ditentukan oleh MakerDAO dan dapat disesuaikan berdasarkan kebijakan.
  • Pengelolaan: Maker Protocol melibatkan para pemegang token MKR dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan protokol. Para pemegang MKR memiliki hak suara dalam menentukan kebijakan dan mekanisme risiko dalam sistem. Melalui mekanisme voting, mereka dapat mempengaruhi perubahan tingkat bunga, parameter risiko, dan keputusan penting lainnya.
  • Likuidasi: Jika nilai jaminan (ETH) turun di bawah ambang batas yang ditetapkan (biasanya untuk menghindari risiko default), Vault dapat menjadi likuidasi. Dalam situasi ini, jaminan akan dilikuidasi, dan DAI yang dihasilkan akan digunakan untuk membayar kembali pinjaman. Hal ini memastikan bahwa nilai jaminan yang mencukupi selalu tersedia untuk menjamin nilai DAI.

Dengan kata lain, pengguna mengunci aset crypto mereka dalam CDP atau Vault sebagai jaminan. Kemudian, berdasarkan nilai aset jaminannya, Maker Protocol menghasilkan DAI yang setara dengan jumlah yang diinginkan oleh pengguna. DAI yang dihasilkan dapat digunakan oleh pengguna untuk dimanfaatkan atau diputar di dApps lainnya.

DAI Saving Rates (DSR)

Maker (MKR) - Protokol Penerbit Stablecoin DAI
Sumber: MakerDAO

Selain meminjam aset crypto, pengguna juga bisa menabung melalui fitur DAI Saving Rates (DSR). Fitur tabungan ini dapat diakses melalui portal Oasis Earn atau melalui berbagai gateway di dalam Maker Protocol. Pengguna tidak perlu menyetor jumlah minimum untuk mendapatkan imbalan DAI. Pengguna dapat menarik sebagian atau seluruh DAI mereka dari kontrak DSR kapan saja.

Keunggulan Maker

Maker Protocol memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan dApps DeFi lainnya. Pertama, Maker memiliki stablecoin DAI yang bersifat fully decentralized karena penerbitan DAI tidak dikontrol oleh otoritas pusat. Tidak seperti USDT misalnya, yang penerbitan dan pemusnahannya diatur oleh Tether.

Kedua, Maker menerapkan sistem Multi-Collateral Dai (MCD), yaitu kemampuan menggunakan berbagai jenis aset jaminan, atau “multi-kolateral,” sebagai dasar untuk menciptakan DAI. DAI berbeda dengan sebagian besar stablecoin yang dijaminkan oleh satu mata uang fiat atau satu jenis aset crypto.

Ketiga, Maker merupakan salah satu aplikasi DeFi terbesar dan terlama yang beroperasi di jaringan Ethereum. Ia telah diadopsi massal dan memiliki pangsa pasar yang besar. Hal ini terlihat pada jumlah TVL yang berada pada posisi dua terbesar di seluruh jaringan, setelah Lido.

Semua keunggulan ini menjadikan Maker sebagai protokol yang kuat dan terpercaya dalam ekosistem DeFi, yang memberikan solusi untuk masalah stabilitas dan likuiditas di pasar crypto.

Kesimpulan

MakerDAO terus berusaha menjadi bank terdesentralisasi pertama dalam dunia DeFi. Ia menyediakan fitur tabungan dan pinjaman yang memungkinkan pengguna menghasilkan keuntungan.

Di samping itu, MakerDAO terus melakukan inovasi jangka panjang diantaranya menghubungkan jaminan dunia nyata dengan ekosistem Ethereum DeFi dalam bentuk properti, invoice, hipotek komersial, dan lain-lain. MakerDAO juga menjalin kerja sama skala besar dengan Huntington Valley Bank (HVB). Ini menjadi kerja sama besar pertama dalam menghubungkan keuangan tradisional AS dengan DeFi.

Cara Membeli Aset Crypto MKR di Pintu

Setelah mengetahui apa itu Maker, kamu bisa mulai berinvestasi pada aset crypto MKR dengan membelinya di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli ID pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari MKR.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai aset crypto MKR!

Selain MKR, kamu juga bisa berinvestasi pada aset crypto lainnya seperti BTC, BNB, ETH, dan yang lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. MakerDAO Team, The Maker Protocol: MakerDAO’s Multi-Collateral Dai (MCD) System, MakerDAO, diakses 11 Mei 2023.
  2. Blockchain Council Team, What Is MakerDAO And How It Works? Blockchain Council, diakses 11 Mei 2023.
  3. MakerDAO Team, A Guide to Dai Stats, MakerDAO, diakses 11 Mei 2023.
  4. Filippo Bertocchi, MakerDAO: 1st Unbiased Currency and Decentralized Stablecoin, Coin Bureau, diakses 11 Mei 2023.
  5. Melanie Kramer, What is Maker (MKR)? Decrypt, diakses 11 Mei 2023.
  6. Cryptopedia Staff, DAI: A Systematically Sustainable Stablecoin, Cryptopedia, diakses 11 Mei 2023.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan