Pintu Blog
/
Crypto dan Blockchain
/
Mengenal Maker (MKR) dan Cara Membelinya...
Mengenal Maker (MKR) dan Cara Membelinya
Combined Shape 2
2 Menit
Bagikan
Reading Time: 2 minutes

Berawal dari Bitcoin, kini jenis aset kripto yang diperdagangkan aplikasi Pintu begitu beragam, contohnya ETH, BNB, SNX, dan Maker (MKR). Nah, di pembahasan kali ini akan mengulas mengenai Maker sebagai token asli dari protokol MakerDao. Ada yang sudah tahu tentang aset kripto satu ini? Buat yang belum mengerti, coba baca ulasan berikut.

Baca Juga: Mengenal Compound (COMP) dan Cara Membelinya

Apa Itu Maker (MKR)?

Sebelum menjelaskan tentang Maker, pertama Teman Pintu harus kenal dulu dengan MakerDao. Jika di dunia perbankan masyarakat bisa meminjam uang (utang), di dunia kripto kita pun bisa melakukannya. Kamu dapat menggunakan aset kripto yang ada untuk meminjam kripto lainnya.

Sayangnya proses peminjaman di dunia kripto ini memiliki celah. Akibat nilai kripto yang berfluktuasi secara tak terkendali membuat jumlah kripto yang harus dibayar oleh peminjam bisa sangat berbeda dalam waktu singkat.

Dari permasalahan tersebut dibuatlah protokol bernama MakerDao yang memungkinkan seseorang untuk menabung atau meminjam aset kripto secara stabil. MakerDao sendiri menerbitkan dua token asli, yaitu Maker dan DAI dengan fungsi masing-masing.

DAI merupakan stablecoin dengan tugas memberikan alternatif aset kripto yang mudah menguap dan menjadi sistem keuangan baru. Di sisi lain, MakerDao juga membuat token lain bernama Maker yang berfungsi menjaga nilai DAI tetap stabil.

Cara Kerja Maker (MKR)

Saat menyetorkan sejumlah ETH sebagai jaminan, kamu akan menerima DAI sebagai gantinya. DAI akan dihancurkan apabila pengguna berhasil melunasi pinjaman. Tetapi lain halnya jika nilai ETH mengalami penurunan drastis.

Kondisi tersebut membuat nilai agunan tidak cukup untuk menutupi harga DAI. Sebagai solusi, MakerDao akan membuat Maker untuk dijual ke pasar dan hasilnya akan digunakan untuk melunasi pinjaman.

Bicara mengenai prosedur produksi Maker, token jenis ERC-20 ini akan dibuat dan dihancurkan tergantung seberapa stabil nilai DAI terhadap Dolar AS. Bila kondisi DAI dalam keadaan stabil, itu berarti semakin banyak MKR yang dihancurkan guna meminimalisasi pasokan. Sebaliknya, MKR akan diproduksi lebih banyak ketika nilai DAI bergerak terlalu jauh dari satu Dolar AS.

Untuk mendapatkan MKR, kamu bisa membelinya di bursa seperti Pintu. Sebagai pemilik MKR, Teman Pintu akan mendapat hak untuk memberikan suara pada perubahan tata kelola protokol. Misalnya, penetapan jenis agunan apa saja yang bisa dipakai di MakerDao.

Cara Membeli MKR

Siap berinvestasi di dunia aset kripto? Kalau iya, kamu bisa menggunakan aplikasi Pintu untuk membeli Maker. Begini cara melakukannya.

1. Buka aplikasi Pintu, lalu pilih aset kripto MKR pada daftar aset kripto. Cara lain untuk mengakses fitur jual/beli kripto ada pada wallet card di setiap halaman wallet kripto.
2. Tekan tombol Jual atau Beli.
3. Silakan masukkan jumlah nominal untuk membeli aset kripto. Nominal dapat diisi menggunakan kurs Rupiah atau kripto.
4. Cek kembali nominal dan klik lanjutkan.
5. Jika transaksi berhasil, Pintu akan memberikan notifikasi.

Baca Juga: SushiSwap (SUSHI) Kini Sudah Listing di Pintu

Sama seperti harga saham, nilai aset kripto selalu bergerak setiap waktu mengikuti volume transaksi yang terjadi pada pasar. Dengan begitu ketika check out, Pintu akan menghitung total transaksi sesuai harga aset kripto terbaru detik itu.

Itulah penjelasan singkat mengenai aset kripto Maker (MKR) dalam MakerDao. Jika tertarik membelinya sebagai instrumen investasi, pastikan mengunduh aplikasi Pintu dan mulai investasi crypto kamu! Download di sini.

Bagikan
Artikel Terkait

Aplikasi Jual/Beli Bitcoin dan Crypto.

Mudah. Praktis. Instan.

Download Aplikasinya sekarang
Terdaftar dan Diawasi
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.