Pengertian Kas dalam Akuntansi dan Fungsinya

Updated
December 1, 2023
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Pengertian Kas dalam Akuntansi dan Fungsinya
Reading Time: 3 minutes

Dalam dunia akuntansi, dikenal banyak istilah mulai dari utang, kas, piutang dan masih banyak lagi. Artikel ini akan membahas lengkap tentang pengertian kas dalam akuntansi, karakteristik, jenis-jenis, dan fungsinya.

Pengertian Kas dalam Akuntansi

pengertian kas dalam akuntansi

Secara umum, pengertian kas adalah uang, tempat untuk menyimpan uang, tempat membayar serta menerima uang. Sementara itu, kas dalam akuntansi adalah setiap alat ukur yang diterima pihak bank untuk tujuan disimpan, yang mana termasuk:

  • Uang kertas dan uang logam
  • Simpanan di bank yang bisa dipakai setiap saat, seperti kartu kredit, tabungan, simpanan dalam bentuk rekening koran, dan lain sebagainya.
  • Bilyet giro dan cek yang bisa diterima oleh pihak lain.

Fungsi Kas

Secara akuntansi, fungsi kas perusahaan adalah sebagai dasar pengukuran dari berbagai pos dalam neraca akuntansi, alat tukar berbagai transaksi, hingga mengetahui kondisi likuiditas sebuah perusahaan.

Karakteristik Kas

Secara umum, sifat-sifat kas yang paling utama adalah sebagai berikut.

Tersedia

Paling tidak, setiap perusahaan harus memiliki kas agar bisa dipergunakan sebagai alat pembayaran setiap waktunya.

Bebas

Kas bisa berbentuk apapun selama diterima sebagai alat pembayaran yang sah sesuai nilai nominalnya.

Jenis-Jenis Kas

fungsi kas

Selain pengertian kas dalam akuntansi, kamu juga perlu mengetahui apa saja jenis-jenis kas. Berdasarkan fungsi dan tujuannya, kas terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

Kas Kecil

Kas kecil adalah dana yang disediakan perusahaan secara khusus untuk keperluan sehari-hari yang jumlahnya relatif kecil. Mengapa harus ada kas kecil? Transaksi yang jumlahnya besar akan aman bila dilakukan melalui bank, namun sebaliknya, pengeluaran rutin yang jumlahnya kecil akan kurang efektif jika dilakukan melalui bank, sehingga perlu dibuat dalam bentuk kas kecil.

Sementara itu, beberapa pengertian kas kecil menurut para ahli adalah sebagai berikut.

Pengertian Kas Kecil Menurut Dwi (2012:80)

Kas kecil merupakan aset yang digunakan untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan, serta tergolong paling likuid karena digunakan untuk membayar kewajiban perusahaan.

Pengertian Kas Kecil Menurut Warfield (2008:342)

Kas kecil merupakan salah satu aktiva yang tergolong paling likuid dan digunakan untuk pos-pos lain.

Baca juga: Aktiva vs Pasiva, Apa Bedanya ya?

Kas Besar

Ada pula istilah kas besar. Berbeda dengan kas kecil, kas besar adalah akun kas utama yang dipakai perusahaan untuk membiayai kegiatan yang cukup besar nilainya. Pada kas besar, otoritas atas pengeluaran dana dari akun akan lebih ketat karena jumlahnya yang jauh lebih besar dibandingkan kas kecil.

Contoh Setara Kas

Selain membahas pengertian kas dalam akuntansi, kamu juga perlu memahami tentang beberapa contoh aset setara kas.

Pada dasarnya, aset setara kas adalah investasi yang sangat likuid dan dapat dikonversikan menjadi uang kas dalam jangka waktu sesegera mungkin, biasanya kurang dari 3 bulan. Perusahaan sengaja melakukan setara kas untuk memperoleh pendapatan bunga dari uang kas yang sementara waktu memang berlebih, atau tidak terpakai dalam kegiatan operasional perusahaan.

Contoh setara kas adalah sertifikat deposito yang diterbitkan pihak bank, surat berharga yang dikeluarkan pihak perusahaan yang mempunyai peringkat kredit baik, obligasi, serta investasi dalam dana pasar uang.

Nah, itulah pembahasan mengenai pengertian kas dalam akuntansi hingga jenis-jenisnya. Kas sangat berguna bagi perusahaan karena dengan adanya kas, alur pengeluaran dan pemasukan perusahaan menjadi lebih teratur.

Buat kamu yang ingin mengetahui informasi lainnya seputar finansial, keuangan, dan akuntansi, kunjungi Pintu Blog dan dapatkan berbagai ilmu dan informasi tersebut secara gratis. Berbicara tentang finansial, https://pintu.co.id/earninvestasi crypto jadi salah satu jenis investasi yang menarik perhatian masyarakat luas sekarang ini, lho!

Sebut saja di Indonesia, jumlah investor crypto bahkan telah mencapai 11 juta orang per Desember 2021 lalu. Bagi kamu para pemula yang ingin berinvestasi crypto namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu di App Store dan Play Store kamu sekarang juga! Di Pintu, kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Ary Megabella. Internal Auditor dengan Microsoft Excel 2007. Diakses Kamis, 10 Maret 2022.

Eny, Tuginem, Badrus. Administrasi Umum. Diakses Rabu, 9 Maret 2022.

I Gusti Ayu Purnamawati. Akuntansi dan Implementasi dalam Koperasi dan UMKM. Diakses Rabu, 9 Maret 2022.

Hery. Ilustrasi Problem dan Solusi Akuntansi Intermediate. Diakses Rabu, 9 Maret 2022.

Sedianingsih, Farida, dan Nieke. Teori dan Praktik Administrasi Kesekretariatan. Diakses Rabu, 9 Maret 2022.

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->