Analisis Pasar 19-25 September: The Fed Menaikkan Suku Bunga dan BTC Bertahan Pada Titik Krusial

Update 26 Sep 2022 • Waktu Baca 7 Menit
Gambar Analisis Pasar 19-25 September: The Fed Menaikkan Suku Bunga dan BTC Bertahan Pada Titik Krusial
Reading Time: 7 minutes

The Fed kembali menaikkan suku bunga acuan sebanyak 75bps. Dengan kondisi ekonomi yang masih buruk, AS sedang mengalami growth recession. Saat ini Bitcoin berhasil bertahan pada titik dukungan kuat 19 dan 20 ribu dolar AS. Selain itu, Bitcoin dan Ethereum sedang mengalami tekanan jual yang meningkat dari tingkat pendanaan dan aliran masuk ke bursa. Tim trader Pintu telah mengumpulkan berbagai data penting tentang pergerakan pasar kripto selama sepekan terakhir yang terangkum dalam Analisa Pasar ini. Akan tetapi, perlu kamu perhatikan bahwa semua informasi pada Analisis Pasar ini bertujuan sebagai edukasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Analisis Pasar

  • 🏦 The Fed menaikkan suku bunga sebesar 75bps untuk tiga kali berturut-turut. FOMC menjelaskan bahwa inflasi masih tinggi dan ekonomi sedang berada dalam growth recession.
  • ✅ Bitcoin berhasil bertahan pada titik dukungan kuat $19-20k. Menurut indikator Stochastic oscillator, Bitcoin dapat melanjutkan momentum penurunannya karena kita sudah mengalami cross-over dua kali.
  • ⚠️ Laju perpindahan ke bursa dan tingkat pendanaan Bitcoin menunjukkan adanya tekanan jual yang meningkat.

Analisis Ekonomi Makro

The Fed menaikkan suku bunga sebesar 75bps untuk tiga kali berturut-turut. Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) dengan suara bulat memutuskan untuk menaikkan kisaran target suku bunga dana federal ke kisaran 3,00% – 3,25%. FOMC menjelaskan bahwa Inflasi tetap tinggi, mencerminkan ketidakseimbangan permintaan dan penawaran, harga makanan yang lebih tinggi, dan harga energi yang terus meningkat.

Data CPI menunjukkan peningkatan inflasi sebesar 8,3% pada bulan Agustus sementara puncaknya mencapai 9,1% pada bulan Juni. Meskipun begitu, angka ini di atas perkiraan pasar yaitu 8,1%.

analisis pasar suku bunga the fed
Grafik suku bunga acuan The Fed.

Selama konferensi pers pada tanggal 21, Powell mengulangi nada hawkish-nya, menunjukkan satu-satunya cara untuk menurunkan inflasi adalah dengan resesi. Dia menyebutkan kata “sakit” atau “menyakitkan” tujuh kali dan “pembatasan” dua belas kali. Ekonomi saat ini berada dalam sebuah growth recession. Spread kurva imbal hasil sudah negatif selama beberapa minggu, menandakan resesi.

💡 Apa itu growth recession?

Growth recession merujuk pada situasi di mana laju pertumbuhan ekonomi begitu lambat dan pekerjaan yang hilang melebih pekerjaan baru yang diciptakan. Namun, sebuah growth recession tidak sepenuhnya memenuhi syarat resesi.
data cpi dan suku bunga the fed
Angka CPI dan Suku Bunga the Fed pada beberapa era pimpinannya.

Namun, sektor lapangan kerja masih kuat. Meskipun dalam kondisi suku bunga tinggi dan ekonomi yang melambat, pasar tenaga kerja AS tetap sangat kuat. Tingkat pengangguran Agustus berada di 3,7%. Harga gas juga turun 26% dalam beberapa minggu terakhir, sejak memuncak pada $5. Inflasi mungkin akan segera mencapai puncaknya. Rabu menandai pertemuan FOMC kelima yang diakhiri dengan peningkatan suku bunga The Fed. The Fed telah menaikkan suku bunga acuan sebesar 3% selama QT (Quantitative Tightening) saat ini. Imbal hasil Obligasi pemerintah 2-tahun mencapai 4% sedangkan jangka 10-tahun mencapai 3,5%.

Pasar saham mengalami kerugian, dengan Nasdaq Composite kehilangan 5% WoW (Minggu ke Minggu), DJI kehilangan 4% WoW, dan S&P kehilangan 5% WoW. Pasar Crypto juga tidak terhindar dengan BTC kehilangan 4% WoW dan ETH kehilangan 2,5% WoW sebelum masing-masing menetap di 19.000 dan 1.300 pada saat penulisan ini.

analisis pasar grafik aset saham dan crypto
Grafik BTC, NASDAQ, dan S&P500.

Pergerakan Bitcoin pada 19 – 25 September 2022

Mari kita lihat grafik 2 minggu Bitcoin. Perhatikan bahwa di bear market sebelumnya (tahun 2018), kita dapat melihat bahwa saat tingkat stokastik (Grafik paling bawah di gambar di bawah) turun di bawah nilai 20, harga BTC jatuh. Stochastic oscillator adalah indikator momentum yang banyak digunakan untuk menunjukkan potensi pembalikan tren. Indikator ini mengukur momentum dengan membandingkan harga penutupan dengan rentang perdagangan selama periode tertentu. Stochastic sangat berguna saat melakukan trading di pasar yang fluktuatif dan sideways.

Ketika garis %D (garis oranye) melintasi di atas garis %K (garis hijau), itu menunjukkan momentum bearish. Perhatikan pada tahun 2018, kami memiliki cross-over (melintasi ke atas garis hijau) pertama di level stokastik 20 (yang mewakili level oversold), harga BTC jatuh. Saat cross-over terjadi lagi, ia semakin jatuh.

analisis pasar bitcoin stochastic
Grafik harian Bitcoin dengan indikator MACD dan Stochastic.

Saat ini, BTC menghadapi situasi yang sama di mana persilangan pertama terjadi pada bulan April tahun saat harga jatuh. Saat ini kita sudah mengalami persilangan lain. Apa yang kita harapkan adalah ini merupakan fake out dan bahwa BTC dapat mempertahankan titik dukungan yang kuat secara historis pada harga 19,5-20k. Sepertinya kita akan menghadapi volatilitas dalam beberapa minggu mendatang. Jika kita melanjutkan momentum penurunan, kemungkinan akan ada penurunan lebih jauh.

Jadi bagaimana kita bisa tahu BTC bisa bisa turun ke harga $10K? Jika kita melihat pada grafik bulanan, perhatikan bahwa kita telah bertahan pada $19-20K sebagai titik dukungan kuat selama 4 bulan terakhir. Selain itu, kisaran harga ini sebelumnya bertindak sebagai titik resistensi kuat di akhir 2017 dan akhir 2020.

Kamu ingin belajar menganalisis grafik harga BTC? Mulai dengan mengetahui cara membaca grafik harga candlestick dan lanjutkan dengan cara melakukan analisis teknikal!

Jika kita menutup harga di bawah 19 ribu, ada kemungkinan momentum ke bawah berlanjut. Saat ini, kita berada di titik terendah dalam RSI bulanan, titik support yang cukup kuat. Selain itu, ada titik pendukung kuat di $17.500, penurunan di bawah harga ini bisa menyebabkan penurunan signifikan menuju kisaran harga $12.000.

grafik harga bulanan bitcoin
Grafik bulanan harga BTC.

Bitcoin masih berada di luar kurva pertumbuhan log. Di bear market sebelumnya, BTC jatuh 49% dari bagian bawah kurva pertumbuhan log, angka yang sama akan membuat BTC mencapai titik $16.000.

kurva pertumbuhan log bitcoin
Grafik kurva pertumbuhan log Bitcoin.

Analisis On-Chain

Dua kelompok data memberikan gambaran tentang tekanan Bitcoin dan Ethereum minggu ini: Arus Masuk ke Bursa Pertukaran dan Tingkat Pendanaan. Arus masuk ke bursa pertukaran BTC dan ETH telah meningkat baru-baru ini, terutama ETH, tepat sebelum The Merge (pada 15 September). Arus masuk yang tidak biasa ke bursa ini telah memberikan tekanan jual. Tingkat pendanaan per jam keduanya juga negatif, menunjukkan trader di pasar derivatif mayoritas short. Selain itu, saat The merge semakin dekat, tingkat pendanaan ETH adalah yang terburuk yang pernah tercatat. Selain dua rangkaian metrik di atas, terdapat peningkatan pemindahan aset whale ke bursa, yang memperkuat tekanan jual.

tingkat pendanaan bitcoin
Tingkat Pendanaan Bitcoin pada bursa pertukaran.

Market to Thermocap Ratio mendekati berada di zona hijau (oversold). Rasio ini secara sederhana didefinisikan sebagai Market cap/Thermocap, dan dapat digunakan untuk menilai apakah harga aset saat ini diperjualbelikan dengan harga premium sehubungan dengan total keamanan yang dikeluarkan oleh penambang. Rasio ini sudah memperhitungkan peningkatan suplai yang bersirkulasi dari waktu ke waktu.

bitcoin market cap thermo cap

📊 Bursa Pertukaran: Cadangan devisa yang terus meningkat mengindikasikan tekanan jual yang semakin tinggi. Setoran bersih di bursa rendah dibandingkan dengan rata-rata 7 hari. Deposito yang lebih rendah dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih rendah.

💻 Penambang: Penambang menjual kepemilikan dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun. Selain itu, pendapatan penambang menurun secara signifikan dibandingkan dengan biaya yang mereka keluarkan. Ini bisa menunjukkan bahwa harga terlalu rendah seiring dengan meningkatnya motif penambang untuk menyimpan koin mereka.

🔗 On-Chain: Lebih banyak investor yang menjual dengan kerugian. Di tengah bear market, itu bisa menunjukkan batas bottom pasar. Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata. Mereka memiliki motif untuk memegang aset mereka. Lalu, investor berada dalam fase Kapitulasi dan menghadapi kerugian yang belum direalisasi. Hal ini menunjukkan adanya penurunan motif untuk merealisasikan kerugian yang berujung pada penurunan tekanan jual.

🏦 Pasar Derivatif: Pedagang posisi long dominan dan bersedia membayar kepada short trader. Sentimen jual dominan di pasar derivatif. Lebih banyak pesanan jual diisi oleh pengambil. Saat open interest menurun, ini menunjukkan investor menutup posisi berjangka dan kemungkinan pembalikan tren terjadi. Jadi, ia dapat memicu kemungkinan terjadinya long/short-squeeze yang disebabkan oleh pergerakan harga tiba-tiba.

📉 Stochastic: Menunjukkan kondisi oversold di mana harga saat ini mendekati bagian bawah 2 minggu terakhir dan pembalikan tren dapat terjadi.

Berita Seputar Altcoins

  • 🐕 Vitalik Buterin Berharap Dogecoin Berpindah ke Proof of Stake. Pada konferensi Messari, Vitalik Buterin menjelaskan bahwa ia berharap Zcash dan Dogecoin bisa berpindah ke sistem proof-of-stake. Ia juga menjelaskan seiring dengan perkembangan teknologi PoS, kelebihannya akan semakin terasa. Dengan kesuksesan The Merge, pengembang Ethereum menunjukkan bahwa perpindahan jaringan dari PoW ke PoS bisa dilakukan.
  • 🪙 FIFA Merilis koleksi NFT Piala Dunia 2022. FIFA baru saja merilis platform koleksi NFT khusus edisi World Cup bernama FIFA+ Collect. Platform ini diluncurkan dengan peluncuran 532,980 koleksi NFT berisi momen-momen dari seluruh World Cup sebelumnya dengan harga $4,99 dolar AS. Platform NFT ini merupakan hasil kerja sama antara blockchain Algorand (ALGO dan FIFA.

Berita Lainnya dari Dunia Kripto dalam Sepekan Terakhir

  • 🧠 Pemerintah AS Merilis Pedoman Kebijakan Crypto. Pada 16 September, White House merilis Panduan Kebijakan terkait regulasi industri crypto di AS. Dokumen ini dibagi menjadi 7 bagian menitikberatkan pada perlindungan pengguna dan menegakkan hukum kepada “Unlawful Practices”. Meskipun pemerintah AS melihat potensi besar dalam industri crypto, ia juga sangat khawatir terhadap berbagai risikonya. Dokumen ini juga menjelaskan tentang pentingnya CBDC (Central Bank Digital Currency).
  • 🚨 CFTC Menuntut sebuah DAO dan Kedua Pendirinya. Commodity Futures Trading Commission menuntut sebuah DAO bernama Ooki DAO dan kedua pendirinya, Tom Bean dan Kyle Kistner. CFTC pada awalnya menuntun Tom Bean dan Kyle Kistner atas tuduhan “menawarkan transaksi komoditas ritel dengan leverage dan margin secara ilegal dalam aset digital.” Namun, CFTC ternyata memanjangkan tuntutan itu ke DAO yang mereka buat atas hal yang sama. Tuntutan ini bisa saja menyebabkan preseden buruk terhadap legalitas DAO.
  • ☠️ Peretasan Wintermute $160 Juta Dolar AS. Wintermute, sebuah perusahaan market making, baru saja mengalami peretasan sebesar $160 juta dolar AS. Peretasan ini dilakukan denga menggunakan pencurian private key (password untuk dompet digital) secara paksa dengan kekuatan komputasi yang besar. Selain itu, private keys yang dibobol diduga dihasilkan dari program Vanity yang ternyata memiliki kelemahan keamanan.
  • 🚓 Interpol Mencari Do Kwon. Do Kwon, pendiri Terraform Labs dibalik aset crypto LUNA, baru saja masuk ke daftar red notice Interpol (Polisi Internasional). Red Notice merupakan daftar yang dikeluarkan untuk buronan yang dicari baik untuk penuntutan atau untuk menjalani hukuman. Pendaftaran ini merupakan buntut dari keputusan pengadilan Korea Selatan yang ingin menangkap Do Kwon.

Performa Aset Kripto dalam Sepekan Terakhir

performa pasar aset crypto
Pasar Crypto masih didonimasi oleh penurunan harga kecuali dalam beberapa aset. Sumber: Coin360

Aset Kripto dengan Performa Terbaik

  • XRP +5,45%
  • ALGO +5,18%
  • LINK +2,5%
  • CHZ +2,36%

Aset Kripto dengan Performa Terburuk

  • LUNC -7,45%
  • DOGE -5,25%
  • SNX -4,85%

Referensi

Penulis:Pintu Academy Team

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan