Apa Arti Cuan dalam Investasi dan Bahasa Gaul Umumnya

Updated
October 21, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa Arti Cuan dalam Investasi dan Bahasa Gaul Umumnya
Reading Time: 4 minutes

Di dalam dunia investasi maupun kehidupan sehari-hari, kamu pasti pernah mendengar orang mengatakan istilah “cuan” atau mungkin malah kamu yang sering menggunakan istilah tersebut. Istilah ini semakin populer belakangan ini, namun masih banyak yang belum tau apa arti cuan sebenarnya. Jika kamu salah satunya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Arti Cuan?

Sebagai investor, kamu mungkin akan sering menggunakan kata “cuan”. Istilah cuan sendiri sebenarnya bukan berasal dari Indonesia, namun merupakan kata serapan dari bahasa asing, yaitu Tiongkok, tepatnya merupakan bahasa Hokkian.

Arti cuan adalah uang yang berasal dari laba bisnis atau investasi, dengan kata lain cuan berarti keuntungan. Istilah ini mulai marak digunakan di Indonesia dan dipakai dalam kegiatan ekonomi dan diadopsi menjadi bahasa gaul.

Kenapa kata cuan banyak digunakan dalam dunia investasi? Karena cuan atau mendapatkan profit merupakan tujuan utama investor dalam berinvestasi. Selain itu, dalam investasi, kamu juga akan menemukan istilah “Ta Cuan” yang artinya keuntungan besar.

5 Investasi Cepat Cuan Menurut Para Ahli

investasi cepat cuan

Sebagai catatan, perlu kamu pahami bahwa tidak ada cuan yang bisa diperoleh secara mudah tanpa berusaha. Begitu pula dengan investasi, perlu dilakukan riset mendalam agar kamu bisa mendapatkan keuntungan. Dilansir dari Entrepreneur (20/10/2022), berikut 5 investasi yang berpotensi untuk memberikanmu cuan.

Perdagangan Komoditas

Arti cuan dalam perdagangan komoditas adalah keuntungan yang dihasilkan dari penjualan komoditas. Beberapa contoh investasi komoditas adalah perdagangan emas dan perak.

Peluang cuan dari perdagangan komoditas cukup tinggi, apalagi jika diperdagangkan dalam kisaran 5 tahun atau lebih.

Berdasarkan data Bareksa, harga emas Antam di Mei 2017. berada di angka Rp599 ribu. Sementara harga emas Antam di Mei 2022 berada di angka Rp970.000. Apabila tahun 2017 lalu kamu membeli emas Antam dan menjualnya di tahun 2022, kamu sudah memperoleh profit hingga 61,94%.

Penasehat trading komoditas Carolyn Boroden mengungkapkan bahwa dirinya mempercayai pasar perak untuk jangka panjang karena nilai perak kuat terhadap inflasi. Apalagi, komoditas perak merupakan aset berwujud yang bisa dipegang secara langsung oleh seseorang.

Selain emas dan perak, beberapa tipe komoditas lain yang juga dianggap menguntungkan adalah logam, energi, dan produk agrikultur.

Crypto

Crypto merupakan jenis perdagangan mata uang digital yang tengah meningkat popularitasnya beberapa tahun terakhir dikarenakan potensi keuntungannya yang tinggi. Salah satu contohnya adalah Bitcoin yang menyentuh level harga tertingginya yaitu 68.000 dolar AS pada November 2021, dari kisaran 30.000 dolar AS di awal 2021. Per Agustus 2022, jumlah investor crypto di Indonesia pun telah menembus 16,1 juta orang (Investor.id, Oktober 2022).

Dr. Merav Ozair selaku pakar blockchain sebagai dasar teknologi crypto dan profesor FinTech mengatakan, “Teknologi blockchain jelas merupakan masa depan. Tidak ada yang bisa menghindari hal tersebut. Namun, sulit memprediksi proyek mana yang akan bertahan dan mana yang akan gagal serta dilupakan.”

Saham

Saham adalah salah satu instrumen investasi yang tidak asing lagi. Namun, perlu diingat bahwa sama seperti crypto, pergerakan saham sering mempermainkan psikologis investornya, bisa menyebabkan FOMO dan FUD yang berakhir merugikanmu.

Elon Musk pernah membuat cuitan mengenai tips pembelian saham yang tepat, yaitu belilah saham di beberapa perusahaan yang membuat produk dan layanan yang kamu percayai. Jual ketika menurutmu produk dan layanan tersebut memiliki tren yang buruk. Kemudian, jangan panik dengan perubahan grafik harga jangka pendek karena investasi saham sifatnya jangka panjang.

Peer-to-Peer Lending

Prinsip kerja peer-to-peer lending adalah kamu bisa mendapatkan sejumlah bunga atas sejumlah dana yang kamu pinjamkan kepada individual maupun bisnis tertentu. Cara kerjanya sederhana dan simpel. Hal paling penting yang harus kamu perhatikan adalah pastikan bahwa kamu mengunakan badan terpercaya yang telah terdaftar OJK, memiliki TKB90 yang baik, serta gagal bayar yang dijamin oleh asuransi.

Real Estate

Apa arti cuan dalam bisnis real estate? Dalam hal ini, cuan adalah keuntungan yang dihasilkan dari penjualan properti real estate. Menghasilkan uang dari real estate biasanya dianggap sebagai investasi jangka panjang, namun sebenarnya bisa juga jangka pendek. Bagaimana caranya?

Yang pertama adalah dengan menjualnya ketika harga properti meningkat (biasanya untuk jangka panjang), yang kedua adalah menyewakannya kepada orang lain serta memperoleh biaya sewa sebagai sumber pemasukan (bisa untuk jangka panjang maupun pendek).

Untuk berinvestasi di real estate, kamu harus bisa mengidentifikasi rumah kosong dan bagaimana prospeknya untuk masa depan, biasanya bisa dilihat dari lokasi rumah tersebut apakah strategis atau berpotensi untuk meningkat nilainya seiring dengan berkembangnya kawasan tersebut.

Sekarang kamu sudah paham bukan apa arti cuan dalam dunia investasi? Buat kamu yang ingin mulai berinvestasi crypto namun tidak tau harus mulai dari mana, belajar crypto secara gratis di Pintu Academy. Kamu juga bisa menemukan berbagai berita crypto terkini di Pintu News.

Untuk kamu yang ingin langsung berinvestasi mulai dari Rp11.000 saja, langsung download Pintu melalui App Store atau Play Store kamu masing-masing

Referensi:

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi menjadi tanggung jawab pembaca.

Topik
#cuan
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->