5 Cara Money Management Trading Crypto Secara Mudah!

Updated
May 25, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar 5 Cara Money Management Trading Crypto Secara Mudah!
Reading Time: 4 minutes

Sebagai seorang trader atau investor, manajemen risiko menjadi salah satu hal yang menentukan kesuksesan aktivitas trading, begitu pula dengan money management atau manajemen uang. Artikel kali ini akan membahas lengkap tentang apa itu money management trading crypto dan bagaimana cara menerapkannya secara tepat. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Money Management dalam Trading?

apa itu money management dalam trading

Secara umum, arti money management adalah cara dan strategi menggunakan dan menyimpan uang yang dimiliki. Konsep ini diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan menghitung seberapa banyak uang yang boleh kamu belanjakan dan harus ditabung dari uang gaji bulanan yang kamu terima.

Sementara itu, money management trading adalah strategi yang dilakukan dengan tujuan menambah atau mengurangi ukuran posisi guna membatasi risiko sambil mencapai tingkat pertumbuhan sebesar mungkin dari akun trading.

Money management menjadi salah satu strategi yang sangat penting untuk trader. Sebagai seorang trader, kamu tidak bisa bersikap terlalu agresif maupun konservatif. Semakin kamu bersikap agresif, maka potensi kerugian juga akan semakin besar. Sebaliknya, semakin kamu bersikap konservatif maka akan sulit bagimu untuk mencapai tujuan keuangan yang telah kamu tetapkan.

Para trader, khususnya trader independen, umumnya menerapkan money management trading dengan tujuan memperoleh keuntungan sebanyak mungkin sambil meminimalkan tingkat risiko.

Trading Plan & Money Management

Money management dalam perencanaan trading memiliki tiga prinsip dasar sebagai berikut.

Rencana Perdagangan

Prinsip pertama yang harus dilakukan dalam menerapkan money management trading adalah berpegang pada rencana perdagangan. Rencana perdagangan (Trading plan) merupakan hal yang penting dan harus dimiliki oleh setiap trader, terutama di pasar crypto yang sangat fluktuatif.

Rencana perdagangan bisa membantu kamu dalam mengelola risiko dan meningkatkan konsistensi perdagangan sehingga memungkinkan kamu untuk memperoleh profit dalam jumlah yang lebih tinggi. Rencana perdagangan ini meliputi posisi masuk dan keluar, indikator yang digunakan, ukuran posisi, dan penempatan stop loss.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Trading Plan untuk Optimalkan Profitmu!

Stop Loss Order

Money management trading sangat berpegang pada pengelolaan faktor risiko dengan meminimalkan potensi kerugian yang mungkin muncul. Hal ini dapat dilakukan secara mudah dengan memanfaatkan stop loss order, yakni sebuah perintah yang memungkinkan trader membatasi jumlah kemungkinan kerugian pada aset investasi dengan menentukan batasan harga aset di titik tertentu.

Hindari Over Trade

Over-trade adalah suatu kondisi yang terjadi ketika kamu memiliki terlalu banyak posisi terbuka, mengambil risiko jumlah modal yang tidak proporsional pada satu aktivitas perdagangan atau memaparkan seluruh portofolio investasi pada risiko yang tidak semestinya. Biasanya, kondisi ini dialami oleh para trader pemula karena kegagalan mengendalikan emosi atau terpengaruh FUD dan FOMO.

Baca juga: Jenis-Jenis Manajemen Portofolio yang Banyak Digunakan, Sudah Tau?

5 Cara Money Management Trading Crypto

trading plan dan money management

Terdapat berbagai cara untuk menerapkan strategi money management. Namun, cara yang paling baik adalah dengan berpegang pada faktor risiko dan tingkat pengembalian atau dengan kata lain menyeimbangkan antara risiko dan keuntungan. Berikut ini adalah 5 cara money management yang dapat kamu terapkan dalam trading crypto, antara lain:

Aturan 2%

Aturan 2% dalam trading adalah salah satu jenis money management yang penerapannya berpegang pada pendekatan anti-martingale, yakni dengan cara meningkatkan ukuran posisi.

Aturan 2% dilakukan dengan mengatur batas risiko perdagangan sebanyak 2% dari saldo akun. Cara ini bisa dikatakan cukup konservatif, dan hanya berfokus pada metode pembatasan risiko.

Jika kamu seorang pemula atau trader dengan jumlah modal di bawah 1 juta dolar AS, maka aturan 2% dapat menjadi salah satu alternatif money management yang tepat. Bagi pemula, cara ini akan membuat kamu tetap aman dalam perdagangan selagi membangun kepercayaan diri dan mencari pengalaman.

Sementara bagi trader yang memiliki uang dalam jumlah besar – lebih dari 1 juta dolar AS pada akun perdagangan – maka aturan ini juga tepat untuk diterapkan sebab dapat meminimalkan risiko untuk mencapai tingkat pengembalian yang diharapkan.

Fixed Fractional

Fixed fractional money management adalah cara money management yang dilakukan dengan cara memecah kontrak perdagangan ke dalam ukuran posisi yang telah ditetapkan setiap kali nilai kontrak mencapai jumlah tertentu.

Misalnya, kamu mulai memperdagangkan 1 kontrak seharga 10.000 dolar AS, maka ketika nilainya mencapai 20.000 dolar AS, maka kamu harus memecahnya menjadi 2 kontrak senilai masing-masing 10.000 dolar AS.

Cara ini dapat dilakukan untuk menghindari risiko dengan tingkat pertumbuhan yang lambat apabila nilai masing-masing pecahan kontrak terlalu besar. Sebaliknya, jika nilai masing-masing pecahan kontrak terlalu kecil maka pertumbuhannya cepat namun dapat menyebabkan potensi kerugian yang terlalu tinggi.

Baca juga: Apa itu Kontrak Perdagangan dan Instrumen Derivatif?

Optimal F

Optimal F atau fraksi optimal adalah cara money management yang dikembangkan oleh Ralph Vince, seorang computer programmer yang telah menulis berbagai buku tentang trading plan dan money management.

Optional F merupakan model matematika yang dilakukan dengan cara memecah fraksi optimal dari serangkaian perdagangan yang diperkirakan dapat menghasilkan lebih banyak pengembalian. Metode ini bisa dikatakan memiliki potensi pertumbuhan yang besar namun sayangnya rentan terhadap risiko yang tidak terduga.

Secure F

Berikutnya, secure F money management adalah model matematika yang dilakukan dengan cara memecah fraksi optimal dari serangkaian perdagangan. Cara ini pada dasarnya merupakan versi yang lebih aman dari optimal F.

Sayangnya, meskipun penggunaan metode ini dapat mengelola risiko tidak terduga, namun tingkat pertumbuhannya tidak semaksimal metode optimal F.

Fixed Ratio

Terakhir, ada fixed ratio yang dikembangkan oleh Ryan Jones dan menjadi pendekatan yang sangat berbeda dalam konsep money management. Pasalnya, fixed ratio adalah cara melakukan money management yang berpegang pada keuntungan yang dihasilkan daripada ukuran posisi. Dalam penerapannya, fixed ratio menggunakan variabel yang disebut delta.

Contoh penerapannya seperti ini, kamu bisa mulai berdagang dengan 1 kontrak senilai 1.000 dolar AS. Ketika berhasil mendapatkan 1.000 dolar AS, kamu bisa meningkatkan ukuran menjadi 2 kontrak yang masing-masing bernilai 1.000 dolar AS. Selanjutnya, kamu baru boleh meningkatkan posisi menjadi 3 kontrak setelah menghasilkan keuntungan sebesar 2.000 dolar AS.

Cara ini sangat efektif untuk akun perdagangan berukuran kecil, sebab dapat memberikan pertumbuhan maksimal namun sambil tetap menurunkan tingkat risiko seiring dengan pertumbuhan akun.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai cara money management trading crypto, sekaligus cara menggabungkannya dengan trading plan kamu. Semoga informasi ini bermanfaat!

Untuk kamu yang ingin melakukan trading dan investasi crypto namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang! Pintu adalah aplikasi jual beli crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Di Pintu, kamu bisa berinvestasi dan trading crypto mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

E-learn Market, How to Effectively do Money Management in Trading? Diakses tanggal: 27-04-2022

Laurence Taylor, 5 Money Management Strategies for Serious Traders. Diakses tanggal: 27-04-2022

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->