5 Cara Dapat NFT Gratis Secara Mudah, Siapapun Bisa!

Updated
June 7, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar 5 Cara Dapat NFT Gratis Secara Mudah, Siapapun Bisa!
Reading Time: 3 minutes

Seiring dengan pesatnya perkembangan dunia crypto, termasuk NFT, para investor, trader, maupun masyarakat biasa semakin tertarik untuk ikut serta berinvestasi maupun trading NFT. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki modal yang cukup. Dalam artikel ini, akan dibahas lengkap mengenai  5 cara dapat NFT gratis secara mudah yang bisa dilakukan siapa saja. 

Mendapatkan NFT Airdrop 

nft airdrop

NFT Airdrop adalah NFT yang diberikan kepada individu yang dianggap memenuhi persyaratan dan biasanya telah memegang proyek NFT tertentu. 

Contoh NFT Airdrop yang paling populer adalah proyek Mutant Ape Yacht Club dari Yuga Lab, yang diberikan kepada pemegang BAYC yang memiliki satu Bored Ape NFT. Tidak tanggung-tanggung, NFT airdrop gratis ini bernilai hingga 50.000 USD.  

NFT Airdrop biasanya diberikan pada saat peluncuran token baru dan dianggap sebagai biaya akuisisi pelanggan bagi perusahaan bersangkutan. Airdrop memungkinkan percepatan adopsi serta mendorong pertumbuhan proyek NFT. Untuk bisa menemukan berbagai proyek NFT yang potensial, cobalah bergabung dengan berbagai komunitas NFT. 

Baca juga: 15 Istilah-Istilah dalam NFT yang Wajib Kamu Ketahui!

Manfaatkan Fitur Free Minting

Beberapa marketplace NFT, salah satunya Open Sea, menyediakan fitur yang memungkinkan kreator melakukan minting secara gratis. Fitur ini dinamakan free minting, dan tujuan utamanya adalah meminimalkan biaya gas pada saat pencetakan NFT. 

Fitur ini dapat digunakan sebagai salah satu cara buat NFT gratis. Uniknya, marketplace yang menggunakan blockchain Polygon bahkan menyediakan fitur free minting yang memungkinkan para pengguna NFT untuk melakukan transfer kepemilikan NFT secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. 

Baca juga: Lengkap, 8 Daftar NFT Marketplace Ethereum Terpopuler, Sudah Tau?

Mainkan Permainan P2E 

Cara mendapatkan NFT crypto secara gratis berikutnya adalah dengan memainkan permainan dengan konsep P2E alias play-to-earn merupakan salah satu cara untuk mendapatkan NFT secara gratis. Secara garis besar, permainan dengan konsep P2E merupakan jenis permainan yang dirancang secara khusus untuk mendorong perdagangan NFT, contohnya Axie Infinity dan Sandbox

Untuk bisa mendapatkan NFT secara gratis, pastikan terlebih dahulu bahwa platform bersangkutan memang mendukung sistem play-to-earn. Setelahnya, kamu hanya perlu mendaftar dan mulai bermain, serta menyelesaikan misi yang diberikan. 

Baca juga: 7 Game NFT Terpopuler di 2022, Bisa Dapat Crypto Gratis?

Breeding NFT 

Selain permainan dengan konsep P2E, ada pula permainan di NFT yang mengusung konsep breeding atau pengembangbiakan yang memungkinkan kamu memperoleh NFT secara gratis. Beberapa contoh proyek dengan konsep seperti ini adalah CryptoKitties dan Axie Infinity. 

Caranya mudah, kamu hanya perlu membeli karakter yang tersedia pada ekosistem game Axie Infinity. Selanjutnya, kamu perlu mengembangbiakkan karakter tersebut hingga memiliki keturunan. Semakin banyak keturunan yang dihasilkan, maka semakin banyak pula koleksi yang kamu miliki, maka semakin besar kemungkinan kamu untuk mendapatkan uang. 

Breeding NFT bisa menjadi salah satu cara dapat NFT gratis sekaligus cara mendapatkan uang karena kamu juga bisa menyewakan monster yang telah kamu kembangbiakan tersebut kepada pemain lain. 

NFT Giveaway 

nft giveaway

Jika kamu seorang penggemar NFT, maka salah satu informasi penting yang wajib kamu ketahui adalah mengenai NFT Giveaway yang memungkinkan kamu mendapatkan NFT secara gratis. 

Sesuai namanya, NFT Giveaway merupakan salah satu strategi promosi yang dilakukan para pemilik proyek NFT untuk membagi-bagikan NFT secara gratis melalui berbagai platform media sosial seperti Twitter, Reddit, dan Discord. Tujuannya adalah agar mereka mendapatkan lebih banyak pengikut kolektor NFT.  

Meskipun kedengarannya menarik, namun giveaway NFT juga memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi. Hal ini umumnya berbentuk penipuan (scam) yang wujudnya bervariasi, misalnya pemilik proyek sebenarnya tidak menyediakan NFT gratis melainkan hanya mencari pengikut. Oleh sebab itu, kamu tetap harus waspada saat akan mengikuti giveaway

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Proyek NFT yang Potensial?

Jadi, itulah 5 cara dapat NFT gratis yang bisa kamu coba. Semoga informasi ini bermanfaat!

Selain NFT, aset crypto juga menarik perhatian banyak investor dan trader, lho! Per Desember 2021 lalu, jumlah investor crypto bahkan telah mencapai 11 juta orang. Buat kamu yang tertarik berinvestasi dan trading crypto namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang!

Pintu adalah aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Untuk memudahkan para investor pemula, Pintu menyediakan berbagai fitur istimewa, di antaranya: 

  • Pintu Akademi, pusat belajar crypto dari awal meliputi strategi trading, dasar-dasar crypto, belajar NFT, dan lain sebagainya.
  • Pintu Earn, fitur khusus Pintu di mana kamu bisa earn crypto secara mudah dengan bunga capai 4%/tahun cukup dengan menyimpan aset kamu di dompet Earn.
  • PTU Staking, staking crypto aset PTU untuk mendukung ekosistem Pintu sekaligus memperoleh berbagai keuntungan seperti bonus komisi Referral Pintu dan keuntungan lainnya.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset kripto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: 

Eduard Banulesco, How To Get Free NFT (5 Easy Ways). Diakses tanggal: 16-04-2022.

Joe Dewitt, HOW TO GET FREE NFTS. Diakses tanggal: 16-04-2022.

Planet Crypto, Free NFT: How To Get Free NFTs. Diakses tanggal: 16-04-2022.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->