10 NFT Viral Indonesia, Bukan Cuma Ghozali, Lho!

Updated
May 19, 2022
• Waktu baca 5 Menit
Gambar 10 NFT Viral Indonesia, Bukan Cuma Ghozali, Lho!
Reading Time: 5 minutes

Sejak NFT pertama bertajuk “Quantum” karya seniman digital Kevin McCoy dirilis pada tahun 2014, berbagai karya seni digital lainnya pun mulai memadati berbagai platform berbasis NFT. Beberapa diantaranya berhasil meraih atensi publik dan menjadi viral hingga mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar. Nah, berikut ini merupakan 10 NFT viral Indonesia buatan anak bangsa yang tidak kalah dengan NFT luar negeri. Penasaran apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Ghozali Everyday

ghozali everyday adalah

(opensea.io)

Bicara soal NFT, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan username Ghozali Everyday. Sejak diberitakan pertama kali mengenai perolehan keuntungan yang mencapai miliaran rupiah pada awal tahun ini, sampai sekarang nama Ghozali Everyday masih menjadi buah bibir bahkan menjadi tren baru di kalangan pegiat NFT.

Pemilik username Ghozali Everyday sendiri mengunggah konten berupa ribuan foto selfie yang diambil dan dikumpulkan selama kurang lebih lima tahun pada situs OpenSea yang merupakan platform berbasis NFT.

Baliverse

apa itu baliverse nft

(baliversenft.com)

Memiliki visi untuk mempromosikan karya seniman lokal Bali, klub bola Bali United menggandeng seniman asal Bali yakni Dewa Gede Raka alias Rakajana dan merilis NFT yang bertajuk Baliverse.

Sesuai namanya, Baliverse menampilkan identitas Bali sebagai suatu aset digital berupa koleksi avatar yang diperdagangkan pada platform OpenSea. Keunikan NFT ini terletak pada budaya Bali yang direpresentasikan melalui berbagai koleksi avatar yang tersedia. Ini salah satu contohnya.

Superlative SS

nft viral indonesia

(superlativesecretsociety.com)

Superlative SS atau juga dikenal sebagai Superlative Secret Society adalah salah satu proyek NFT viral Indonesia yang populer di kancah Internasional. Didesain khusus oleh empat anak bangsa, proyek ini berhasil menggelar galeri NFT secara luring untuk pertama kalinya pada Januari 2022 kemarin di Bali.

Superlative SS menampilkan berbagai koleksi unik buatan tangan yang estetik dan penuh warna. Dalam situs resminya dituliskan bahwa proyek ini memperoleh sebagian besar inspirasi dari sejarah perkumpulan rahasia dan serikat pekerja pada abad pertengahan, Unik sekali, bukan?

Baca juga: 20+ NFT Termahal di Dunia yang Pernah Terjual, Harga Bisa Miliaran!

Meta Forest Society

nft viral asal indonesia

(metaforestsociety.xyz)

Berikutnya ada Meta Forest Society yang merupakan hasil kolaborasi dari On Us Asia, Hara Token, dan Nice To Meet You Studio. NFT yang satu ini bisa dikatakan unik lantaran memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan petani jahe dengan cara memberikan 20 persen pendapatannya.

Hal tersebut dapat dilakukan melalui pengembangan token untuk mendukung pertukaran data berbasis blockchain pada sektor pertanian dan pangan. Data-data tersebut nantinya akan dikumpulkan, disimpan dalam suatu database, kemudian dienkripsi menggunakan sistem blockchain yang dapat dengan mudah diakses oleh petani. Keren ya!

Avarik Saga

project nft game indonesia

(www.avariksaga.com)

Avarik Saga adalah 8.800 NFT generatif yang terdiri dari tiga karakter utama, yakni ksatria, penyihir, dan penembak jitu, yang ketiganya berusaha saling bahu-membahu untuk mencapai kejayaan suatu kerajaan bernama Avarik.

NFT ini bisa digunakan di metaverse Avarik Saga yang mengusung konsep play-to-earn, di mana pemain bisa mendapatkan penghasilan atau keuntungan dengan bermain game.

Lau Hu Pao

nft macan buatan indonesia

(opensea.io)

Sekilas, nama Lau Hu Pao memang terdengar seperti nama dalam bahasa Mandarin. Namun tahukah kamu bahwa NFT Lau Hu Pao berasal dari Indonesia? Bahkan, gambarnya pun dibuat secara generatif dan didesain langsung oleh Mochtar Sarman, pria asal Indonesia yang merupakan mantan kepala sekaligus seniman Disney.

Lau Hu Pao adalah suatu proyek karya seni digital dengan karakter harimau yang unik. Karya seni digital ini diperjualbelikan pada marketplace NFT dan memiliki banyak penggemar, lho!

Soulcops

nft keren dari indonesia

(soulcops.com)

Mengusung tema cyborg, Soulcops adalah sebuah permainan berbasis blockchain dengan konsep play-to-earn seperti halnya Avarik Saga. Para pemain dapat menghubungkan dompet digital dengan permainan untuk memperoleh aset crypto yang dapat digunakan dalam permainan. Permainan ini didesain oleh 8 orang anak bangsa dari berbagai profesi dan diluncurkan pada tahun 2020 lalu.

Baca juga: Mudah, Ini 5 Cara Menjual NFT Buatan Kamu di OpenSea

Astronaut Nature

nft gambar astronot dari indonesia

(instagram.com)

Berikutnya, ada Astronaut Nature yang mengusung konsep unik dengan jumlah koleksi NFT yang terbatas. Proyek NFT buatan anak bangsa ini berhasil meraih atensi pasar dengan konsep yang berupaya menyelamatkan makhluk hidup ke dunia baru.

Proyek ini memiliki total koleksi sebanyak 200 NFT yang terdiri dari 4 karakter astronot yang meliputi ekosistem laut, darat, udara, dan tumbuhan.

Mueza

nft kucing pixel indonesia

(opensea.io)

Berikutnya ada Mueza, sebuah proyek NFT yang merupakan hasil karya anak Indonesia dan didedikasikan bagi para pecinta kucing. Pasalnya, proyek NFT ini memang menampilkan karakter kucing dengan kualitas gambar yang tidak begitu jelas.

Meskipun kualitas gambarnya sedikit terkesan blur, namun disinilah letak keunikan Mueza yang membuat proyek ini banyak dibanjiri banyak peminat NFT di marketplace.

The Good Society

nft good society indonesia

(twitter.com)

Terakhir, ada The Good Society. The Good Society adalah sebuah proyek NFT yang didesain oleh kreator berbakat asal Indonesia. Proyek NFT ini memiliki total karakter lucu sebanyak 1.100 dan dapat kamu peroleh secara mudah melalui berbagai marketplace NFT.

Nah, itulah 10 NFT viral Indonesia yang ternyata merupakan hasil karya anak bangsa. Unik-unik banget, ya!

Selain NFT, baru-baru ini minat masyarakat Indonesia terhadap investasi dan trading crypto semakin meningkat pesat, lho! Buat kamu yang ingin melakukan investasi crypto namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang!

Pintu adalah aplikasi jual beli crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti, di mana kamu bisa secara mudah memantau harga Bitcoin (BTC to IDR), Ethereum (ETH to IDR) serta berinvestasi mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Despina Karpathiou, Indonesian student makes $1 million selling his own NFT selfies. Diakses tanggal: 10-04-2022

Ghani Nurcahyadi, Meta Forest Society Jadikan NFT Instrumen untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani. Diakses tanggal: 10-04-2022

Hana Sinaga, 11 Project NFT Asal Indonesia yang Kreatif dan Inovatif, Didominasi Kretor Muda Gaes! Diakses tanggal: 10-04-2022

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->