Apa itu Launchpad Crypto dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Updated
May 4, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu Launchpad Crypto dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Reading Time: 4 minutes

Dalam dunia crypto, dikenal berbagai istilah yang mungkin asing bagi para pemula di bidang crypto, salah satunya adalah launchpad crypto. Apa itu launchpad crypto, fungsi, dan cara kerjanya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Baca juga: Apa Perbedaan Investasi dan Spekulasi, Mana yang Kamu Lakukan?

Apa itu Launchpad Crypto?

apa itu launchpad crypto

Statista, sebuah lembaga statistik, pada bulan November 2021 mengungkapkan bahwa hingga kini terdapat lebih dari 7500 aset crypto yang beredar di pasaran. Angka tersebut bahkan diperkirakan masih akan terus bertambah setiap bulannya.

Tidak hanya dari segi permintaan, perkembangan teknologi yang berdampak terhadap industri crypto ditambah dengan banyaknya proyek yang bergantung pada dunia terdesentralisasi dalam rangka meningkatkan modal menjadi alasan penting dilakukannya launchpad crypto.

Launchpad crypto adalah suatu platform yang memungkinkan proyek berbasis blockchain untuk meningkatkan jumlah modal sekaligus memberikan akses ke penjualan token pada tahap awal kepada kelompok investor tertentu.

Di satu sisi, launchpad crypto memberikan keuntungan bagi developer crypto karena dapat membantu memenuhi biaya peluncuran. Sementara dari sisi investor, akses ke penjualan tahap awal berarti mereka berkesempatan untuk mendapatkan harga aset yang lebih murah sebelum peluncuran aset crypto tersebut secara publik di pasar.

Fungsi Launchpad Crypto

Launchpad crypto adalah win-win solution apabila dilihat dari sisi investor maupun developer aset crypto.

Keuntungan Launchpad Crypto bagi Pengembang

Memperkenalkan Crypto

Launchpad adalah kesempatan yang baik bagi developer untuk memperkenalkan aset crypto yang tengah mereka kembangkan kepada para investor. Hal ini sekaligus memberikan peluang bagi pihak developer untuk mendapat suntikan dana tambahan melalui investasi awal investor.

Tidak hanya itu, pihak developer juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan penilaian dari investor terkait teknologi dan mekanisme kerja aset crypto yang sedang dalam tahap pengembangan.

Menjamin Keamanan

Selain menjadi ajang untuk memperkenalkan crypto, peluncuran proyek melalui launchpad crypto juga dianggap dapat menjamin keamanan baik dari sisi developer maupun investor.

Hal ini dikarenakan launchpad crypto memiliki proses pemeriksaan yang sangat ketat untuk proyek baru, sementara di sisi lain, proses KYC (Know Your Customer) juga memberlakukan proses verifikasi pengguna baru yang dilakukan oleh pihak ketiga.

Menekan Biaya Peluncuran

Terakhir, launchpad crypto juga dapat menjadi solusi untuk menekan biaya peluncuran dari sisi developer. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, launchpad crypto memungkinkan adanya akses ke penjualan token pada tahap awal kepada kelompok investor tertentu.

Dari sinilah, para developer dapat meningkatkan jumlah modal mereka, sehingga mereka mampu menutup pengeluaran yang dibutuhkan saat proses peluncuran aset crypto ke publik.

Keuntungan Launchpad Crypto bagi Investor

Sementara dari sisi investor, launchpad crypto juga memberikan beberapa keuntungan, yaitu:

Relatif Lebih Aman

Peluncuran proyek melalui launchpad crypto tidak hanya menawarkan keamanan dari sisi developer melainkan juga dari sisi investor. Hal tersebut dikarenakan setiap proyek yang terdaftar pada launchpad crypto semuanya telah diverifikasi sehingga memungkinkan ekosistem investasi yang lebih aman.

Hal ini dapat meminimalisir risiko investor akan kehilangan uang mereka atau menjadi korban penipuan dari para developer. Platform yang canggih juga dapat mencegah kemungkinan terjadinya tindak pidana penipuan atau kondisi dimana pihak developer kabur setelah mengambil uang investor.

Akses Lebih Awal ke Aset Crypto

Kedua, launchpad crypto juga memungkinkan para developer untuk memberikan akses lebih awal kepada investor. Di sisi lain, hal tersebut memang menguntungkan pihak developer karena mereka berkesempatan memperoleh tambahan modal. Namun di sisi lain, hal tersebut juga menguntungkan investor.

Sebab dari sisi investor, dengan bergabung menjadi anggota launchpad dan mendapat akses lebih awal dari peluncuran publik berarti mereka mendapat harga token yang  relatif lebih murah.

Apresiasi dari Pengembang

Ketiga, fungsi launchpad crypto yang disebut menguntungkan investor adalah memungkinkan adanya apresiasi nilai. Apresiasi nilai merupakan kebalikan dari depresiasi, yakni kenaikan nilai suatu aset seiring berjalannya waktu.

Adanya kemungkinan apresiasi ini disebut menguntungkan investor lantaran investor launchpad crypto umumnya berinvestasi dengan harga token yang lebih murah dibanding harga saat crypto diluncurkan ke publik. Apresiasi juga bisa dalam bentuk lain, misalnya akses khusus ke fitur tertentu tergantung dari kebijakan developer.

Baca juga: 100+ Kamus Istilah Crypto Terlengkap, Trader Wajib Tau!

Bagaimana Cara Kerja Launchpad Crypto?

contoh launchpad crypto

Untuk memahami cara kerja launchpad crypto, kamu perlu memahami terlebih dahulu tujuan dari platform launchpad crypto. Umumnya, platform launchpad crypto memiliki dua tujuan, yakni:

  • Mengumpulkan dana (crowdfunding) untuk pengembangan proyek; dan
  • Memperkenalkan proyek crypto pada komunitas eksklusif sebelum diluncurkan secara publik.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, platform launchpad berupaya membangun komunitas di tahap awal serta selanjutnya mengundang proyek original yang potensial ke platform mereka agar para investor dapat melakukan pengumpulan dana (crowdfunding).

Oleh sebab itu, cara kerja launchpad crypto selalu diawali dengan membangun komunitas. Hal ini dilakukan dengan mengumpulkan beberapa investor sebagai anggota komunitas, meluncurkan token baru, dan mengadakan crowdfunding.

Dalam membangun komunitas, platform launchpad crypto memberlakukan sistem verifikasi identitas sebelum mengizinkan investor dan developer untuk berpartisipasi dalam IDO atau IEO.

Tujuannya adalah menghindari terjadinya penipuan sistem dengan membeli token melalui banyak identitas. Begitupun halnya dengan penipuan sistem yang dilakukan oleh investor dengan cara menghilang setelah mendapatkan dana crowdfunding dari investor.

Perlu diketahui bahwa terdapat berbagai jenis platform launchpad dan masing-masing memiliki persyaratan yang berbeda, namun yang pasti kamu diwajibkan untuk memiliki dompet crypto agar bisa ikut terlibat dalam launchpad crypto tersebut.

Perbedaan Launchpad Crypto dan Launchpool Crypto

Selain istilah launchpad, dikenal pula istilah launchpool. Apa perbedaan di antara keduanya?

Launchpad dan launchpool sebenarnya sangat berbeda. Launchpad crypto adalah pembelian token crypto oleh investor sebelum peluncurkan resmi token tersebut di pasaran. Sementara, launchpool crypto adalah proses staking crypto berupa memasukan sejumlah dana ke liquidity pool yang memungkinkan investor untuk memperoleh sejumlah imbal hasil dalam bentuk token baru.

Baca juga: Perbedaan APY dan APR pada Crypto, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Jika kamu tertarik untuk berinvestasi dan trading crypto, download Pintu sekarang! Pintu adalah aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di Bappebti dan memiliki berbagai fitur bermanfaat, di antaranya:

  • Pintu Akademi, pusat belajar crypto dari awal meliputi strategi trading, dasar-dasar crypto, blockchain, dan lain sebagainya.
  • Pintu Earn, fitur khusus Pintu di mana kamu bisa earn crypto secara mudah dengan bunga capai 15%/tahun cukup dengan menyimpan aset kamu di dompet Earn.
  • PTU Staking, staking aset PTU untuk mendukung ekosistem Pintu sekaligus memperoleh berbagai keuntungan seperti bonus komisi Referral Pintu dan keuntungan lainnya.

Referensi:

Algopulse, What Is A Launchpad? How Does It Work? Diakses tanggal 04-04-2022

Hekuran Gashi, What Is A Crypto Launchpad And How Does It Work? Diakses tanggal 04-04-2022

Sayantani Sanyal, THE ADVENT OF CRYPTO LAUNCHPAD: WHAT INVESTORS NEED TO KNOW? Diakses tanggal 04-04-2022

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->