Transaksi Keuangan Perusahaan: Pengertian, Klasifikasi, dan Contohnya

Updated
October 20, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Transaksi Keuangan Perusahaan: Pengertian, Klasifikasi, dan Contohnya
Reading Time: 4 minutes

Transaksi keuangan perusahaan dapat mencakup beragam aktivitas, termasuk jual beli, utang-piutang, penggunaan aset dan lain sebagainya yang berefek pada ekonomi sebuah perusahaan. Artikel kali ini akan membahas lengkap tentang pengertian transaksi keuangan perusahaan, contoh dan klasifikasinya.

Apa itu Transaksi?

Transaksi Keuangan Perusahaan adalah

Sebelum membahas tentang transaksi keuangan perusahaan, tentunya kamu perlu memahami terlebih dahulu tentang apa itu transaksi.

Transaksi adalah kejadian ekonomi/keuangan yang melibatkan setidaknya dua belah pihak. Dua pihak tersebut saling melakukan pertukaran, melibatkan diri dalam perserikatan usaha, pinjam meminjam atas dasar sama-sama setuju atau atas dasar suatu ketetapan hukum atau syariah yang berlaku.

Baca juga: Pinjaman Bitcoin vs Pinjaman Bank, Apa Bedanya?

Pengertian Transaksi Keuangan Perusahaan

Transaksi keuangan perusahaan adalah istilah akuntansi yang berkaitan dengan peristiwa yang terjadi dengan pihak ketiga, memiliki nilai moneter dan memiliki nilai ekonomi bagi perusahaan serta berdampak pada posisi keuangan perusahaan.

Perubahan posisi keuangan bisa terjadi pada aktiva, utang, atau modal perusahaan. Hal ini sesuai dengan apa yang disebutkan oleh Sujarweni (2016:15) bahwa transaksi keuangan perusahaan adalah kegiatan perusahaan yang menimbulkan perubahan pada posisi keuangan perusahaan. Dikarenakan transaksi dapat menimbulkan perubahan pada keuangan perusahaan, maka transaksi ini harus diproses mulai dari pencatatan sampai dengan disajikan dalam bentuk laporan keuangan.

Klasifikasi Transaksi Keuangan Perusahaan

Klasifikasi transaksi keuangan perusahaan bisa dilakukan ke dalam dua cara, yaitu transaksi tunai dan kredit atau transaksi internal dan eksternal. Berikut penjelasan lengkapnya.

Transaksi Tunai (Cash Transaction)

Jenis transaksi keuangan perusahaan yang termasuk transaksi tunai adalah apabila pembayaran telah diterima atau dibayarkan secara tunai pada saat transaksi terjadi. Misalnya, kamu beli baju baru dari toko dan membayar di kasir, maka transaksi tunai telah terjadi antara kamu dan toko baju.

Transaksi Kredit (Credit Transaction)

Transaksi kredit terjadi bila pembayaran dilakukan setelah jangka waktu tertentu. Misalnya, kamu membeli sofa dari toko furnitur. Toko memberikan waktu 30 hari untuk pembayaran, maka di perusahaan (toko tempat kamu membeli sofa tersebut) telah terjadi transaksi kredit dengan periode kredit 30 hari.

Transaksi Internal

Transaksi yang hanya melibatkan bagian yang ada dalam perusahaan, tanpa melibatkan pihak luar. Transaksi keuangan internal juga memuat bukti. Bukti yang dipakai untuk transaksi keuangan internal adalah memo.

Memo antar bagian dibuat oleh pihak perusahaan dengan tujuan untuk proses transaksi selanjutnya. Isi dari memorial post ini adalah keputusan transaksi yang dibuat oleh perusahaan.

Transaksi Eksternal

Transaksi yang dilakukan oleh perusahaan dengan pihak lain di luar perusahaan. Bukti transaksi keuangan perusahaan eksternal ada beberapa jenis, di antaranya.

Faktur

Faktur adalah dokumen yang berisikan rincian pengiriman barang yang mencatat daftar barang. Selain itu, isi dari faktur juga bisa berupa harga barang dan lain-lainnya. Fungsinya erat kaitannya dengan penagihan untuk pembayaran yang dikeluarkan penjual untuk pembeli.

Kwitansi

Kwitansi adalah dokumen yang merupakan bukti transaksi pembayaran atau bukti bahwa penerimaan uang telah dilakukan. Pada umumnya, dokumen ini biasanya berisi informasi seputar identitas penjual dan pembeli. Selain itu, ada juga informasi berupa jumlah uang dalam bentuk angka dan nominal.

Nota Kredit

Nota kredit adalah dokumen komersial yang diterbitkan penjual kepada pembeli. Dokumen satu ini berguna sebagai bukti transaksi bahwa perusahaan telah mengkreditkan akun perusahaan lain. Nota ini juga dipakai ketika perusahaan menjual barang rusak atau barang yang tidak sesuai pesanan.

Nota Debit

Nota debit adalah bukti pengurangan utang dari pemilik usaha. Biasanya, hal ini disebabkan karena adanya pengembalian dari pembeli. Nota debit secara sederhana dipakai untuk mengurangkan pinjaman transaksi.

Bilyet Giro

Bilyet giro adalah pembayaran berupa surat perintah untuk memindahbukukan sejumlah uang dari rekening seseorang. Penerima dana tidak bisa melakukan pencairan dana secara tunai, akan tetapi harus dipindahbukukan ke rekening dahulu.

Baca juga: Ini 5 Perbedaan Giro dan Deposito, Sudah Tau?

Contoh Transaksi Keuangan Perusahaan

jenis-jenis transaksi keuangan perusahaan

Tiap harinya, perusahaan melakukan berbagai jenis transaksi. Beberapa contoh transaksi keuangan perusahaan adalah:

Pinjaman

Contoh pertama dari transaksi keuangan perusahaan adalah pinjaman. Peminjam meminta sejumlah uang untuk kebutuhan tertentu. Dalam hal ini, cakupannya adalah perusahaan yang meminjam uang tersebut.

Perusahaan yang meminjam sejumlah uang biasanya dipakai untuk menambah modal usaha. Proses pengembalian pinjaman bisa dilakukan dalam waktu beberapa bulan sampai tahunan, tergantung kesepakatan.

Penjualan

Penjualan merupakan sebuah transaksi keuangan yang menjadi nadi dalam sebuah usaha. Perusahaan memperoleh pendapatannya dari penjualan barang atau jasa.

Transaksi keuangan penjualan ini dilakukan dengan memberikan kredit kepada pelanggan. Jika dilakukan secara kredit, berarti akan dicatat sebagai piutang. Akan tetapi, ada juga jenis transaksi penjualan yang dilakukan secara cash.

Pembelian

Pembelian merupakan sebuah transaksi keuangan yang melibatkan perusahaan untuk memperoleh barang atau jasa yang diperlukan. Pembelian dalam transaksi keuangan bisa secara cash atau kredit. Jenis transaksi jika dilakukan secara kredit, akan dicatat dalam utang usaha.

Pembayaran

Contoh lain dari transaksi keuangan perusahaan adalah pembayaran. Pembayaran mengacu pembayaran dalam penerimaan barang dan jasa.

Misalnya saja dalam hal transfer gaji karyawan. Aktivitas ini termasuk ke dalam contoh transaksi keuangan berupa pembayaran. Karyawan sudah memberikan tenaga dan waktunya untuk bekerja di perusahaan. Sebagai kompensasi, perusahaan membayar gaji dalam jumlah yang sudah ada di kesepakatan.

Transaksi keuangan perusahaan adalah hal yang tidak terpisahkan bagi semua perusahaan. Mengingat peranannya yang penting, pencatatan transaksi harus dilakukan secara teliti.

Temukan informasi lainnya seputar keuangan dan investasi di Pintu Blog. Kamu juga bisa belajar investasi dan dasar-dasar crypto, aset yang tengah diminati masyarakat sekarang ini di Pintu Academy.

Mulai investasi crypto bisa dari Rp11.000 saja, download Pintu sekarang di  App Store atau Play Store kamu masing-masing.

Referensi:

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->