Apa itu Hooked Protocol (HOOK)? Platform Belajar Web3 dengan Konsep Learn & Earn

Update 16 Nov 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 6 Menit
Gambar Apa itu Hooked Protocol (HOOK)? Platform Belajar Web3 dengan Konsep Learn & Earn
Reading Time: 6 minutes

Memahami konsep blockchain, crypto, DeFi, hingga Web3 memang memerlukan waktu dan upaya yang cukup besar. Banyak pengguna menghadapi kesulitan yang membuat mereka enggan untuk terlibat dalam ekosistem Web3. Untuk mengatasi hal ini, Hooked Protocol hadir untuk memberikan pembelajaran tentang dunia Web3 dengan cara yang sederhana, mudah dipahami, dan sekaligus menghasilkan pendapatan (learn and earn). Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lebih dalam tentang apa itu Hooked Protocol dan produk pembelajarannya yang tersedia.

Ringkasan Artikel

  • ūüďö¬†Hooked Protocol adalah sebuah proyek crypto yang berfokus membangun jalur masuk bagi pengguna baru untuk memasuki dunia Web3 melalui edukasi. Proyek ini berjalan di atas jaringan Binance Smart Chain (BSC).
  • ūüéģ¬†Tujuan utama Hooked adalah mendorong adopsi crypto lebih luas dengan menyediakan pengalaman belajar bagi komunitas yang disederhanakan dan digamifikasi. Platform ini juga menggunakan metode learn and earn.
  • ūüďĪPengguna bisa belajar melalui dApp Wild Cash yang tersedia versi Android. Bahasa, soal kuis, hingga mata uang pada aplikasi ini sudah disesuaikan dalam versi Indonesia. Beberapa produk edukasi lainnya yang sedang dalam pengembangan adalah Hooked Academy Sensei, Hooked Academy, dan lain-lain.
  • ūü™ô¬†Hooked menerapkan dua token pada platformnya, yaitu HOOK dan HGT. HOOK adalah token utama yang berfungsi sebagai token tata kelola, sedangkan HGT sebagai token utilitas dan digunakan untuk membayar imbalan pada platform Hooked.

Apa itu Hooked Protocol (HOOK)?

Apa itu Hooked Protocol? Hooked Protocol adalah sebuah proyek crypto yang berfokus membangun jalur masuk bagi pengguna baru untuk memasuki dunia Web3 melalui edukasi. Web3 merupakan istilah yang mengacu pada generasi baru internet yang lebih terdesentralisasi, transparan, dan memberikan lebih banyak kendali kepada pengguna. Platform ini berjalan di atas Binance Smart Chain (BSC).

Pahami lebih lanjut tentang Apa Itu BscScan, blockchain utama Hooked Protocol.

Hooked memiliki misi menjadi on-ramp layer untuk adopsi besar-besaran dalam dunia Web3. On-ramp layer adalah lapisan awal penukaran uang fiat ke aset crypto. Hooked mengenalkan penggunaan uang fiat seperti rupiah dan dolar menjadi penggunaan aset crypto melalui produk-produknya.

Tujuan utama Hooked adalah mendorong adopsi crypto lebih luas dengan menyediakan pengalaman belajar bagi komunitas yang disederhanakan dan digamifikasi. Platform ini juga menggunakan metode learn and earn. Yaitu dengan memberikan kesempatan bagi pengguna untuk belajar sekaligus mendapatkan imbalan berupa aset crypto.

Hooked menerapkan dua token pada platformnya, yaitu HOOK dan HGT. HOOK adalah token utama yang berfungsi sebagai token tata kelola, sedangkan HGT sebagai token utilitas dan digunakan untuk membayar imbalan pada platform Hooked.

Sumber: hooked.io

Hooked menggunakan pendekatan gamifikasi Web3 untuk meningkatkan minat dan partisipasi pengguna. Ia menciptakan Wild Cash, aplikasi yang menggabungkan elemen-elemen permainan seperti kuis, tantangan, atau penghargaan untuk mendorong pengguna agar berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.

Proyek ini mengenalkan konsep-konsep Web3 dengan sederhana dan menyenangkan. Konsep seperti teknologi blockchain, decentralized applications (dApps), aset crypto, NFT, hingga DeFi menjadi mudah dipahami.

Baca juga Web2 vs Web3: Perbedaan dan Masa Depannya.

Siapa Pencipta Hooked Protocol?

Hooked Protocol diciptakan oleh Jason Y, ex-growth manager di Uber yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dalam bidang consumer internet dan growth strategy. Jess L dan Mike Y, masing-masing menjabat sebagai CMO dan CTO Hooked Protocol. Tim developer Hooked sebagian besar bersifat pseudonim, termasuk para petinggi Hooked yang disebutkan di atas.

Namun demikian, proyek crypto ini memiliki backers ternama seperti Binance Labs, Sequioa, Primitive, Whampoa dan Animoca Brands.

Token HOOK diluncurkan melalui Binance Launchpad pada akhir tahun 2023. Hooked Protocol merupakan proyek Binance Launchpad ke-29. HOOK mulai diperdagangkan di Binance dengan pair HOOK/BTC, HOOK/USDT, HOOK/BUSD and HOOK/BNB pada 1 Desember 2022 pukul 14:30 (UTC).

Cara Kerja Hooked Protocol

Sebagai platform pembelajaran Web3 yang inovatif, Hooked menerapkan tiga elemen utama, yaitu sebagai berikut:

  • Metode Pembelajaran Web3

Untuk memberikan edukasi Web3 yang sederhana dan menyenangkan, Hooked mengembangkan beberapa produk edukasi, seperti Wild Cash, Hooked Academy Sensei, Hooked Academy, dan beberapa produk edukasi lainnya. Pada Hooked Academy Sensei, pengguna dapat berinteraksi dengan tutor virtual yang terintegrasi dengan ChatGPT. Menariknya, kamu bisa memilih tutor virtual yang memiliki karakter khusus dan berinteraksi seperti manusia. Saat ini, produk ini masih dalam tahap beta.

Berbeda dengan Hooked Academy Sensei, Hooked Academy menyediakan video meme berdurasi 30 detik untuk pembelajaran Web3. Konten diproduksi oleh karakter yang didukung oleh AI untuk membuat pembelajaran Web3 menjadi terstruktur dan menyenangkan. Hooked Academy saat ini sedang dalam pengembangan oleh tim developer Hooked.

Tampilan Hooked Academy Sensei. Sumber: hooked.io
  • Sistem Referal Media Sosial

Untuk mengembangkan komunitasnya, Hooked menerapkan sistem referral media sosial. Pada aplikasi Wild Cash, pengguna dapat membagikan kode referal melalui media sosial (Facebook dan Whatsapp), membagikan poster, dan memindai QR.

Kamu dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan ketika teman referral kamu melakukan ‚Äúpenambangan‚ÄĚ hanya dengan mengklik tombol. Jumlah persentase imbalan untuk kamu akan ditentukan oleh platform. Semakin banyak referal kamu yang melakukan penambangan, semakin banyak juga penghasilan yang kamu dapatkan.

  • Infrastruktur Terintegrasi untuk Bisnis

Hooked merancang infrastruktur terintegrasi mencakup sejumlah fitur yang dirancang khusus untuk membantu bisnis memasuki dan beroperasi dalam ekosistem Web3 dengan lebih efisien. Beberapa komponen utama yang ditawarkan mencakup proses one-login dengan Decentralized Identity (DID), Hooked Built-in Wallet, grafik sosial, dan mesin pertumbuhan pengguna.

Baca juga Apa itu Web 3.0 dan Apa Kelebihannya?

Wild Cash ‚Äď Aplikasi Learn and Earn Hooked Protocol

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Wild Cash memperkenalkan pengguna pada konsep Web3 dengan cara yang mudah dipahami. Wild Cash adalah dApp edukasi gamifikasi di mana pengguna dapat mengikuti kuis, mendapatkan token, ‚Äúmint NFT‚ÄĚ, dan banyak lagi. Aplikasi ini tersedia di Android tetapi belum tersedia di iOS.

Sumber: Hooked Protocol

Pada Wild Cash, pengguna dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Mengikuti kuis harian dan bersaing dengan pemain lain untuk mendapatkan imbalan berupa Gold yang lebih besar.
  • Masuk setiap 24 jam dan mendapatkan imbalan.
  • Mengndang teman dan membuat tim untuk mendapatkan Gold.
  • ‚ÄúMenambang‚ÄĚ emas dengan mengklik tombol untuk menggerakkan avatar animasi. Ini menunjukan bagaimana fungsi proof-of-work dalam menambang Bitcoin.
  • Mengikuti ‚Äúquiz to earn‚ÄĚ. Pengguna menjawab pertanyaan tentang crypto, blockchain, DeFi, NFT, peraturan hukum, dan lainnya untuk memenangkan Gold.
  • Menonton iklan untuk mendapatkan Gold.
  • Melakukan stake, mandapatkan imbalan, dan menarik Gold.
1 Gold memiliki nilai 0.1 rupiah. Kamu bisa menarik Gold dalam rupiah langsung ke rekening bank atau dompet digital yang tersedia yaitu Dana, Shopee Pay, dan Ovo.

Wild Cash merupakan dApp pertama Hooked Protocol yang diluncurkan pada akhir tahun 2022 di Indonesia dan Brazil. Dalam satu bulan setelah peluncurannya, Wild Cash telah mendapatkan tiga juta pengguna aktif. Dalam rencana Global Expansion, Hooked juga meluncurkan Wild Cash di beberapa negara seperti Nigeria, Pakistan, Bangladesh, Turki, India dan Vietnam.

Roadmap Hooked Protocol

Sumber: Hooked Protocol

Fokus tim developer Hooked untuk tahun 2023 adalah untuk melanjutkan kesuksesan yang telah dicapai dan untuk melayani seluruh komunitas Web3 dengan lebih baik. Berikut roadmap Hooked Protocol untuk tahun 2023:

Q3-Q4 2023:

  • Meneruskan penggunaan token HOOK dalam ekosistemnya
  • Ekosistem: Berkolaborasi dengan lebih banyak proyek Web3, untuk menghadirkan lebih banyak aplikasi yang dibangun di atas protokol Hooked
  • Hooked Academy: Membangun dan menerapkan pengalaman Learn and Earn ke seluruh pasar global
  • Hooked Academy: Ekspansi global dan bekerja sama menjalankan operasi di negara Vietnam, Turki, dan Korea Selatan

Q4 2023:

  • Hooked Onboarding Infra: Peluncuran Hooked Lego System untuk integrasi aplikasi Web2
  • Hooked Ecosystem: Peluncuran Hooked Metaverse sebagai produk andalan dalam ekosistem

Kesimpulan

Pada aplikasi Wild Cash, Hooked menunjukan bahwa tidak ada yang akan kehilangan aset atau uang pada permainan tersebut. Keamanan tersebut merupakan jalur on-ramp yang baik untuk memasuki dunia Web3 yang berpotensi memiliki berbagai risiko.

Hooked ingin memberikan pemahaman yang lebih baik tentang Web3 kepada komunitas luas, melalui fitur-fitur seperti cerita, animasi, dan alat pembelajaran yang aman. Ia juga memiliki rencana ekspansi global yang ambisius dengan fokus pada pengembangan platform pembelajaran konten yang lebih diperkaya.

Cara Membeli Token HOOK di Pintu

Setelah mengetahui apa itu HOOK, kamu bisa mulai berinvestasi pada token HOOK dan berbagai macam altcoin di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli HOOK pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari HOOK.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai token HOOK!

Kamu bisa berinvestasi pada aset crypto seperti BTC, SOL, ETH, dan yang lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. Hooked Protocol Team, Introduction to Hooked Protocol, Whitepaper, diakses 8 Juni 2023.
  2. Hooked Protocol, Hooked ‚ÄĒ The Compass of Web3 Voyages, Medium, diakses 8 Juni 2023.
  3. ViŠĽát Ho√†ng, Khoa Dang dan Dean Trinh, What is Hooked Protocol? The Project That Invested By Binance Labs, Hold Station, diakses 8 Juni 2023.
  4. Charlie Butler, Hooked Protocol’s 85,000% User Increase Amazes the Web3 Industry, DappRadar, diakses 8 Juni 2023.
  5. Racheal Oyedepo, What you should know about Hooked protocol, Crypto Tv Plus, diakses 8 Juni 2023.
  6. Hooked Protocol, Hooked’s Product Development Plan for Q1, Twitter, diakses 8 Juni 2023.

Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan