Apa itu Ethscriptions?

Update 7 Jul 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 4 Menit
Gambar Apa itu Ethscriptions?
Reading Time: 4 minutes

Munculnya Bitcoin Ordinals pada awal tahun 2023, memberikan antusiasme yang tinggi terhadap dunia crypto, khususnya Bitcoin. Protokol ini memungkinkan pengguna untuk mengirim, menerima, dan me-minting NFT di jaringan Bitcoin dengan inscriptions. Sebagai respons dari inovasi tersebut, muncul Ethscriptions di blockchain Ethereum pada 17 Juni 2023. Kemunculannya sempat membuat gas fee Ethereum melonjak akibat kesibukan jaringan. Di artikel ini, kami akan bahas lebih lanjut apa itu Ethscriptions dan bagaimana cara membuatnya.

Ringkasan Artikel

  • ūüďü¬†Ethscriptions adalah sebuah cara baru dalam membuat artefak atau aset digital yang tersimpan di dalam blockchain Ethereum dengan menggunakan calldata.
  • ūüĖľÔłŹ¬†Ethscriptions diperkenalkan oleh Tom Lehman pada 17 Juni 2023 melalui cuitannya di Twitter. Bersamaan dengan itu, ia juga memperkenalkan proyek yang menggunakan Ethscriptions, Ethereum Punks.
  • ūüęĒ¬†Untuk me-listing Ethscription kamu di marketplace NFT seperti Opensea, kamu harus ‚Äúmembungkusnya‚ÄĚ terlebih dahulu menjadi NFT di Emblem Vault. Alasannya karena saat ini, smart contract di Ethereum (yang mendukung Opensea) tidak dapat mengirim Ethscriptions.
  • ūüď̬†Ethscriptions berbeda dengan ERC-721 yang menyimpan NFT dalam smart contract. Ethscriptions menyimpan aset digitalnya di dalam transaksi Ethereum.

Apa itu Ethscriptions?

Sumber: Ethscriptions

Ethscriptions adalah sebuah cara baru dalam membuat artefak atau aset digital yang tersimpan di dalam blockchain Ethereum dengan menggunakan calldata. Calldata adalah kumpulan data yang dikirimkan bersamaan dengan transaksi Ethereum. Ethscriptions merupakan bagian dari calldata yang berupa gambar dan teks.

Berbeda dengan NFT yang menggunakan ERC-721, Ethscriptions disimpan di dalam transaksi Ethereum. Tidak seperti NFT dengan ERC-721 yang disimpan di tingkat smart contract dan token, Ethscriptions disimpan di tingkat transaksi.

Ethscriptions diperkenalkan oleh Tom Lehman pada 17 Juni 2023 melalui cuitannya di Twitter. Ia mengatakan bahwa Ethscriptions memungkinkan penyimpanan kontrak yang lebih terjangkau dan terdesentralisasi.

Sebenarnya, sistem Ethscriptions ‚Äď menyimpan uniform resource identifier (URI) yang unik dalam calldata transaksi Ethereum- bukanlah hal yang baru. Hal ini pernah dilakukan pada tahun 2016 dan baru-baru ini dipakai oleh proyek NFT seperti Blitmap dan 0xmons. Namun, Ethscriptions menjadi lebih dikenal setelah munculnya Bitcoin Ordinals yang menggunakan inscriptions.

Pelajari lebih lanjut tentang Apa Itu Ordinals? Mengenal Inovasi NFT Bitcoin.

Proyek pertama yang menggunakan Ethscriptions adalah Ethereum Punks, sebuah koleksi digital berupa gambar. Cointelegraph menyebutkan bahwa dalam empat hari setelah peluncurannya, sudah ada 140.000 Ethscriptions.

Ethscriptions merupakan aset digital yang tersimpan sebagai bagian dari transaksi. Ini membuatnya lebih murah dari ERC-721 namun kurang fleksibel karena tidak memiliki logika smart contract.

Cara Kerja Ethscriptions

Ethscriptions bekerja menggunakan transaksi calldata Ethereum untuk menciptakan aset digital.

Dalam pengiriman suatu aset crypto, kamu biasanya mengirim transaksi dengan nilai (ether) ke penerima. Disamping itu, kamu juga dapat mengirim beberapa non-finansial dan arbitrary data bersamaan dengan transaksi yang disebut calldata.

Dikutip dari sadat.eth, untuk membuat Ethscription pertama kamu, kamu dapat mengirim transaksi 0 ETH ke penerima dengan data URI yang valid sebagai calldata. Kemudian untuk mentransfer Ethscription, kamu dapat mengirim transaksi 0 ETH ke pemilik baru dengan hash transaksi dari Ethscription yang valid yang kamu miliki sebagai calldata.

Untuk saat ini, Ethscriptions hanya memfasilitasi aset digital berupa gambar, namun tidak menutup kemungkinan untuk jenis aset digital lainnya di masa mendatang.
Sumber: sadat.eth

Cara Membuat Ethscriptions

  • Kunjungi website ethscriptions.com.
  • Hubungkan wallet crypto kamu.
  • Kemudian klik ‚ÄėCreate Ethscriptions‚Äô.
  • Upload gambar dengan ukuran maksimal 96KB .
  • Klik ‚ÄėEthscribe!‚Äô untuk membuat Ethscription.
  • Tandatangani transaksi pada wallet crypto yang berisi informasi gas fee.

Cara Transfer Ethscriptions

Untuk mentransfer Ethscription, kamu harus melakukannya dengan cara manual. Berikut caranya:

  • Salin Ethscription ID di Etherscan atau website ethscriptions.com. Ia merupakan kombinasi huruf dan angka seperti 0xcdb372580242c1c1bbcd2914ddbdb609b33d2e2e163c6595e164cb4dc6665153
  • Kirim transaksi 0 ETH ke wallet crypto (pemiliki baru), termasuk ID Ethscription di kolom ‚ÄúHex Data‚ÄĚ.
  • Setelah beberapa saat, pemilik Ethscription dapat memperbarui website tersebut, dengan syarat kamu adalah pemilik Ethscription ketika kamu mengirim transaksi transfer.
Pengirim transaksi adalah pencipta Ethscription, sedangkan penerima transaksi adalah pemilik awal Ethscription.

Untuk me-listing Ethscription kamu di marketplace NFT seperti Opensea, kamu harus ‚Äúmembungkusnya‚ÄĚ terlebih dahulu menjadi NFT. Kamu dapat menggunakan platform seperti Emblem Vault agar dapat dilihat di marketplace tersebut.

Baca juga: Apa itu Opensea Pro?

Alasan mengapa kamu memerlukan Emblem Vault untuk me-listing Ethscription, karena saat ini, smart contract di Ethereum (yang mendukung Opensea) tidak dapat mengirim Ethscriptions.

Berikut ini adalah tutorial video yang menjelaskan langkah-langkah dalam pembuatan dan transfer Ethscriptions dengan mudah oleh @adamamcbride.

Kelebihan dan Kekurangan Ethscriptions

Salah satu keunggulan dari Ethscriptions adalah kemampuannya dalam menciptakan aset digital dengan biaya yang murah. Dengan memanfaatkan teknologi blockchain Ethereum, ia juga mewarisi sifat terdesentralisasi.

Namun, perlu dicatat bahwa saat ini Ethscriptions memiliki fungsionalitas yang terbatas dan tidak fleksibel. Hal ini disebabkan karena Ethscriptions tidak mendukung logika smart contracts.

Selain itu, perlu diperhatikan juga bahwa Ethscriptions juga tidak menjamin penyimpanan yang optimal. Pembaruan seperti The Purge Ethereum yang akan datang, melalui inisiatif EIP-4444, dapat mengakibatkan pemangkasan transaksi calldata yang berdampak pada penyimpanan aset.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Ethereum Setelah The Merge?

Kesimpulan

Ethscriptions merupakan langkah inovatif dalam menghadirkan alternatif terdesentralisasi dan biaya rendah dalam menciptakan dan mentransfer aset digital. Meskipun masih memiliki beberapa keterbatasan, potensi pengembangan dan peningkatan pada Ethscriptions tetap menjadi hal yang menarik untuk diikuti.

Beli Aset Crypto ETH di Pintu

Setelah mengetahui apa itu Ethscriptions, kamu bisa mulai investasi dengan membeli berbagai aset crypto seperti ETH tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu juga kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. Ethscriptions Team, **Introducing Ethscriptions, Ethscriptions, diakses 4 Juli 2023.
  2. Arunkumar Krishnakumar, What are Ethscriptions, and how do they compare to Ordinals? Cointelegraph, diakses 4 Juli 2023.
  3. Middlemarch, What are Ethscriptions in the simplest possible terms? Twitter, diakses 4 Juli 2023.
  4. Eriks Lee, **What are Ethscriptions? Inscriptions on the Ethereum Blockchain, Explained, NFT Now, diakses 4 Juli 2023.
  5. William M. Peaster, Ethscriptions Explained, Bankless, diakses 4 Juli 2023.
  6. Sadat.eth, What are ethscriptions? Twitter, diakses 4 Juli 2023.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan