Disertai Video

Apa Itu MultiversX?

Update 2 Nov 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 7 Menit
Gambar Apa Itu MultiversX?
Reading Time: 7 minutes

Teknologi blockchain dikenal dengan keunggulannya dalam memproses transaksi secara cepat, transaparan, dan aman. Namun seiring perkembangan, teknologi blockchain menghadapi tantangan yaitu trilemma blockchain yang membuat transaksi kurang aman hingga cenderung lambat. Untuk menjawab masalah tersebut, MultiversX yang dulu dikenal dengan Elrond memiliki teknologi sharding blockchain yang dapat membuat transaksi lebih cepat, keamanan lebih tinggi, dengan biaya yang rendah. Simak selengkapnya mengenai MultiversX di artikel ini.

Ringkasan Artikel

  • ‚õďÔłŹ¬†MultiversX (sebelumnya Elrond) adalah platform blockchain yang berfokus pada pemrosesan transaksi menggunakan konsensus Proof of Stake yang aman dan Adaptive State Sharding.
  • ūüöĬ†MultiversX mengklaim mampu memproses 15.000 ‚Äď 30.000 transaksi per detik. Bandingkan dengan Bitcoin yang hanya bisa memproses tujuh transaksi per detik.
  • ūü•Č¬†Native token dari MultiversX adalah eGold (EGLD). Berdasarkan Coinmarketcap, per 1 November 2023 EGLD berada di peringkat #52 dengan kapitalisasi pasar mencapai US$780.556.774.
  • ‚ėĀÔłŹ¬†MultiversX baru-baru ini melakukan kerja sama strategis dengan Google Cloud guna memperkuat kehadiran Web3 dalam hal analitik data dan kecerdasan buatan di Google Cloud.

Apa Itu MultiversX (EGLD)?

MultiversX adalah platform blockchain yang dirancang untuk menyediakan solusi yang cepat dan scalable khususnya untuk memenuhi kebutuhan di bidang keuangan, bisnis, dan berbagai aplikasi lainnya. Dengan visi yang berpusat pada pembentukan hubungan harmonis antara dunia fisik dan dunia Metaverse, MultiversX berupaya menciptakan Multiverse di mana kedua dunia tersebut dapat berkembang dan saling melengkapi. Kekuatan dari X dalam MultiversX melambangkan komitmen platform untuk mendorong batasan dalam hal cakupan, skala, variasi, dan kekayaan, dengan tujuan untuk menciptakan dunia-dunia tak terbatas yang dipenuhi dengan imajinasi tanpa batas. Sebagai platform, MultiversX menempatkan dirinya sebagai pemain kunci dalam ekonomi internet baru, dengan menekankan pada solusi enterprise dan aplikasi terdesentralisasi (dApps), semua ini dimungkinkan berkat skalabilitas yang luar biasa yang menjadi keunggulan utama dari platform ini.

Salah satu fitur utama yang membedakan MultiversX dengan jaringan blockchain lainnya adalah kecepatan dan efisiensi transaksinya. Dengan menggunakan sharding, MultiversX mencapai kecepatan transaksi yang sangat cepat, dengan kapasitas 15.000-30.000 transaksi per detik. Selain itu, platform ini menawarkan latensi hanya enam detik dan biaya transaksi yang sangat rendah, hanya $0,001 per transaksi.

Bersamaan dengan rebranding EGLD ke MultiversX, diluncurkan tiga produk baru berbasis metaverse yang semakin menambah kekayaan dari ekosistem MultiversX di antaranya; xFabric, xPortal, dan xWorlds.

Siapa Pendiri MutliversX?

Sumber: Coincentral.com

MultiversX diluncurkan pada tahun 2017 dengan nama Elrond oleh Lucian Todea dan dua bersaudara, Beniamin dan Lucian Mincu. Mincu bersaudara merupakan pendiri dana investasi aset digital MetaChain Capital. Ide yang mendasari pembuatan MultiversX adalah fokus pada kecepatan dan skalabilitas. Tim MultiversX berhasil mengumpulkan lebih dari US$2 juta dalam putaran pendanaan pribadi pada bulan Juni 2019.

Karena proyek Mincu bersaudara sebelumnya berspesialisasi dalam agregasi data ICO, ICO Elrond sendiri berhasil mengumpulkan lebih dari $3,2 juta, dengan menjual 25% dari total pasokan ERD. Setelah itu, di tahun 2020, ERD berganti nama menjadi eGold (EGLD) yang fokusnya pada jaringan aplikasi terdesentralisasi yang dapat diskalakan.

Bagaimana Cara Kerja MultversX?

Cara kerja dari MultiversX adalah pada dua aspek utama yakni, bukti kepemilikan yang aman (Secure Proof of Stake) SPoS dan metode uniknya untuk pemecahan state yang adaptif (Adaptive State Sharding). Metode ini bekerja untuk memungkinkan MultiversX memproses transaksi dengan kecepatan yang jauh lebih rendah daripada para pesaingnya.

Adaptive State Sharding

Cara kerja adaptive state sharding memiliki tiga jenis, di antaranya:

  • State sharding, di mana ‚Äústate‚ÄĚ atau riwayat seluruh jaringan dibagi menjadi beberapa ‚Äúshard‚ÄĚ atau bagian jaringan yang berbeda. Setiap shard memiliki riwayat/sejarahnya sendiri, dan node (komputer yang terhubung ke jaringan) hanya perlu menyimpan status shard tempat mereka berada sehingga mengurangi jumlah kapasitas penyimpanan dan latensi yang diperlukan.
  • Pemecahan transaksi adalah transaksi dipetakan ke shard untuk diproses berdasarkan kriteria seperti alamat pengirim yang setiap shard memproses transaksi secara paralel dengan pecahan lainnya. Di sini setiap node menyimpan catatan dari keadaan seluruh jaringan.
  • Network sharding adalah penanganan cara node yang dikelompokkan ke dalam shard dan dapat mengoptimalkan komunikasi karena mengirim pesan ke node dalam shard dilakukan jauh lebih cepat daripada ke seluruh jaringan.

Adaptive state sharding bekerja sebagai solusi untuk skalabilitas dengan meningkatkan komunikasi di dalam shard sekaligus meningkatkan kinerja dan efisiensi jaringan. Hal ini dilakukan dengan menggabungkan ketiga jenis sharding ke dalam solusi yang memungkinkan pemrosesan paralel di semua tingkatan. Setiap 24 jam, sepertiga node yang memvalidasi transaksi di setiap shard berpindah ke shard yang baru. Mekanisme ini dapat mencegah kolusi di antara para validator di setiap shard.

Secure Proof-of-Stake (SPoS)

SPoS adalah pendekatan yang digunakan oleh MultiversX untuk mencapai kesepakatan atau konsensus dalam jaringan. SpoS bekerja untuk mengurangi pemborosan energi yang terjadi pada sistem PoW (Proof of Work). Pada dasarnya, SPoS bekerja dengan memberikan kesempatan lebih besar kepada orang-orang yang memiliki lebih banyak mata uang di dalam sistem dan yang telah menyimpan mata uang dalam jangkwa waktu yang lama untuk membuat blok baru dalam blockchain.

Sistem ini juga memilih validator (orang-orang yang membantu memverifikasi transaksi) secara acak dan memastikan bahwa grup yang membuat keputusan tidak terlalu besar untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan.

Untuk menjaga keamanan, SPoS secara acak memilih grup yang akan membuat keputusan dan mengubah posisi orang-orang dalam grup tersebut secara acak. Hal ini dilakukan untuk mencegah kelompok orang yang bekerja sama secara tidak adil. Selain itu, sistem ini menggunakan metode khusus untuk memastikan bahwa proses acak tersebut adil dan tidak dapat diprediksi, sehingga semua orang memiliki kesempatan yang sama dan jujur untuk terlibat.

Arsitektur MultiversX

Terdapat tiga peran utama yang ada di dalam jaringan MultiversX, antara lain:

  • Validator: Validator adalah node jaringan MultiversX yang memproses transaksi dan mengamankan jaringan dengan berpartisipasi dalam mekanisme konsensus dengan imbalan protokol dan biaya transaksi. Untuk bergabung dengan jaringan MultiversX, seorang validator harus memberikan jaminan dalam token EGLD, yang dipertaruhkan untuk menyelaraskan insentif validator dengan tujuan jaringan. Validator memiliki risiko kehilangan saham jika bersekongkol untuk mengganggu jaringan.
  • Pengamat: Anggota jaringan pasif yang dapat berperan untuk membaca dan menyampaikan. Pengamat atau observer dapat menjadi ‚ÄúFull‚ÄĚ yang berarti mereka menyimpan seluruh historikal blockchain, atau ‚ÄúLight‚Äú, yang hanya menyimpan dua periode epoch blockchain. Pengamat dalam hal ini tidak diwajibkan melakukan staking EGLD untuk bergabung dengan jaringan dan tidak diberi kompensasi atas partisipasi mereka.
  • Fisherman: Setelah sebuah blok diajukan, node ini melakukan verifikasi. Fishermen memeriksa blok yang tidak valid yang disebabkan oleh aktor jahat dan nantinya akan mendapat imbalan atas usaha mereka. Validator yang bukan merupakan bagian dari putaran konsensus dan pengamat dapat mengisi peran Fisherman.

Protokol Dalam Ekosistem MultiversX

1. xPortal

xPortal adalah super-app yang memungkinkan pengguna bisa mengelola aset crypto seperti mengirim dan menerima pembayaran fiat, hingga mengelola kartu debit crypto-fiat dan non-fungible token (NFT) serta identitas digital.

2. xFabric

xFabric adalah infrastruktur blockchain yang mendukung dunia metaverse baru MultiversX. xFabric memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi blockchain tanpa keahlian pengkodean yang dibutuhkan.

3. xWorlds

xWorlds akan mendukung banyak metaverse dan menjadi jaringan metaverse yang dapat dioperasikan pertama kali di blockchain yang menjadikan xWorlds sebuah mesin bagi para pengembang dan gamer dapat menciptakan dunia digital sendiri yang imersif.

4. xExchange

Sebelumnya disebut dengan bursa Maiar, xExchange saat ini menjadi bursa terdesentralisasi yang didedikasikan untuk ekosistem MultiversX. xExchange memungkinkan penggunanya untuk menukar mata uang crypto, shingga berpartisipasi dalam pooled staking untuk mendapatkan hadiah.

5. xSpotlight

Dulu dikenal sebagai Inspire Art, xSpotlight adalah pusat budaya Web3 MultiversX yang memungkinkan pengguna untuk membeli, menjual, membuat, dan menampilkan NFT.

6. xExplorer

Dikenal sebagai Elrond Explore yaitu penjelajah blok milik MultiversX. Sama seperti Etherscan di jaringan Ethereum, xExplorer digunakan untuk melacak transaksi di ekosistem MultiversX.

7. xLaunchpad

Sebelumnya adalah Maiar Launchpad, di mana platform ini memungkinkan para pengembang untuk membuat proyek Web3 dan meluncurkan token mereka di ekosistem MultiversX.

8. MultiversX Wallet

Dompet non-kustodian dari ekosistem MultiversX dulunya dikenal sebagai Elrond Wallet.

9. MutiversX Bridges

Sebuah jembatan blockchain yang memungkinkan pengguna dapat memindahkan dana dari jaringan Ethereum atau Binance Smart Chain ke jaringan MultiversX.

Token EGLD dan Masa Depan MultiversX

Seperti yang telah disebutkan di awal, token asli MultiversX adalah Electronic Gold (eGold) yang diperdagangkan dengan simbol EGLD. EGLD memfasilitasi pengoperasian jaringan MultiversX dan digunakan untuk sistem tata kelola platform, staking, reward, dan transaksi serta pembayaran kontrak pintar. Nilai EGLD didapatkan dari fungsionalitas jaringan MultiversX.

Harga MultiversX pada saat penulisan (1 November 2023) adalah $29.92 dengan volume perdagangan 24 jam lebih dari $21 juta. Peringkat EGLD di Coinmarketcap per 1 November 2023 berada di peringkat #52, dengan kapitalisasi pasar mencapai US$780.556.774. Total supply EGLD yang beredar banyak 26.155.066 koin EGLD dan pasokan maksimum 31,415,926 koin EGLD. Adapun pendistribusian token EGLD dibagi ke dalam beberapa persentase sebagai berikut:

Sumber: Stromgain.com

Public Sale menduduki posisi teratas dengan persentase sebesar 25%, sementara penjualan token pribadi dan alokasi untuk tim masing-masing memperoleh 19%. Selain itu 17% dari total alokasi dialokasikan untuk token cadangan. Koin EGLD akan mencapai pasokan maksimum dalam periode lebih dari sepuluh tahun ke depan.

Belum lama ini, MultiversX bermitra dengan Google Cloud untuk memperkuat kehadiran Web3. Integrasi antara BigQuery, gudang data dari Google Cloud dengan MultiversX diharapkan dapat membantu proyek dan pengguna Web3 mendapatkan wawasan berharga dari analitik data dan alat kecerdasan buatan yang ada di ekosistem Google Cloud. Kerja sama ini dipercaya dapat mempercepat eksekusi proyek blockchain berskala besar yang berfokus pada data sehingga memudahkan para pengembang untuk mengakses data terkait alamat, jumlah transaksi, interaksi smart-contract dan meningkatkan analitik on-chain.

Baca juga: Apa itu Decentralized Cloud Storage?

Kesimpulan

MultiversX, sebelumnya dikenal sebagai Elrond, adalah platform blockchain yang dirancang untuk menyediakan solusi yang cepat dan scalable, terutama untuk kebutuhan di bidang keuangan, bisnis, dan berbagai aplikasi lainnya. Platform ini menekankan pada penciptaan Multiverse, sebuah hubungan harmonis antara dunia fisik dan Metaverse.

Kecepatan dan efisiensi transaksi adalah salah satu keunggulan utama MultiversX melalui penggunaan teknologi sharding. MultiversX mampu mencapai kapasitas 15.000-30.000 transaksi per detik dengan latensi hanya enam detik dan biaya transaksi yang sangat rendah. Platform ini juga telah meluncurkan tiga produk baru berbasis metaverse, yaitu xFabric, xPortal, dan xWorlds, yang menambah kekayaan ekosistem MultiversX.

Platform ini juga memiliki arsitektur yang melibatkan berbagai peran seperti Validator, Pengamat, dan Fisherman, serta ekosistem protokol yang luas yang mencakup xPortal, xFabric, xWorlds, dan lainnya. Token EGLD, atau Electronic Gold, berperan penting dalam operasional jaringan dan memiliki potensi pertumbuhan masa depan yang signifikan.

Referensi

Penulis:Moch. Yoga Samudera

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan