Apa itu WOO Network (WOO)?

Update 22 Aug 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 7 Menit
Gambar Apa itu WOO Network (WOO)?
Reading Time: 7 minutes

Pernahkah kalian membayangkan sebuah protokol yang menggabungkan layanan CeFi dan DeFi? WOO Network menjadi protokol yang melakukan hal tersebut untuk menyediakan likuditas yang mendalam. Dengan memiliki likuiditas yang mendalam, WOO Network bisa menawarkan biaya trading yang sangat kompetitif, bahkan gratis. Penasaran dan ingin tahu lebih lanjut soal apa itu WOO Network? Baca selengkapnya di artikel berikut!

Ringkasan Artikel

  • ūüĆź¬†WOO Network adalah sebuah protokol yang menggabungkan layanan CeFi dan DeFi dalam memberikan likuiditas mendalam untuk trader dan bursa pertukaran.
  • ūüŹ¶¬†Tiga produk utama dari WOO Network adalah WOO X (bursa pertukaran), WOOFi (platform DeFi), dan WooTrade (platform khusus untuk institusi).
  • ūü™Ą Keunggulan WOO Network meliputi likuiditas yang berlimpah, Zero Fee Zone, Supercharger Vault yang memberikan yield tinggi, dan diversifikasi produk.
  • ūü™ô WOO merupakan token native dari WOO Network memiliki peran penting dalam ekosistem mereka. Ia juga digunakan untuk mengakses berbagai layanan dan partisipasi dalam tata kelola WOO Network.

Apa itu WOO Network?

WOO Network adalah protokol yang memiliki layanan Centralized Finance (CeFi) dan Decentralized Finance (DeFi) untuk menyedikan likuiditas mendalam. Lewat WOO Network, trader, investor institusi, bursa pertukaran, serta platform DeFi dapat mengakses likuiditas yang luas secara mudah dan melakukan perdagangan dengan biaya yang rendah.

Kronos Research, sebuah firma yang memiliki spesialisasi dalam menyediakan likuiditas, menjadi sosok di balik lahirnya WOO Network. Co-founders Kronos Research, Jack Tan dan Mark Pimentel mulai membangun WOO Network pada 2019. Tak hanya memberikan akses likuiditas ke penggunanya, WOO Network juga memberikan layanan trading spot ataupun futures dengan beragam fiturnya.

Tiga produk utama milik WOO Network adalah bursa pertukaran bernama WOO X, platform DeFi bernama WOOFi, dan WOOTrade, platform khusus untuk institusional. Beberapa institusi dan protokol besar yang bekerja sama dengan WOO Network adalah NEAR, Binance, 1Inch, Dodo, dan Oneboat Capital.

Pelajari lebih lanjut mengenai perbedaan CeFi dan DeFi melalui artikel Pintu Academy berikut.

Cara Kerja WOO Network

WOO Network bekerja dengan cara menggabungkan likuiditas dari berbagai sumber, termasuk CEX, DEX, dan market makers. Dalam melakukan hal tersebut, ia bekerja sama dengan Kronos Research untuk melakukan quantitative trading dan taktik hedging dalam mengumpulkan dan menggabungan likuiditas. Hal inilah yang kemudian menjadikan WOO Network mempunyai kolam likuiditas yang dalam.

Quantitative trading adalah sebuah jenis algoritma trading yang menggunakan model matematik dan statistik dalam mengambil keputusan trading. Setelah memasukkan berbagai komputasi matematika serta parameter tertentu, nantinya data tersebut akan dites menggunakan data historis.

Setiap transaksi dan pesanan yang berlangsung di CeFi atau DeFi yang bekerjasama akan diarahkan kembali ke jaringan WOO Network untuk mengeksekusi order yang ada. Dengan selalu terhubung ke kolam likuiditas yang dalam, pengguna bisa mendapatkan harga paling kompetitif untuk perdagangan mereka. Sementara bagi institusi ataupun bursa pertukaran, hal tersebut memungkinkan mereka untuk memperbaiki tingkat kedalaman order book dan mengurangi biaya trading mereka.

WOO X

WOO X merupakan platform centralized exchange (CEX) yang menghadirkan likuiditas dan eksekusi trading secara optimal. Selain untuk spot trading, pengguna juga bisa melakukan margin maupun futures trading. Kelebihan lain dari WOO X adalah workspace pengguna bersifat kustom yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Dashboard pada WOO X dapat dimodifikasi
Dashboard pada WOO X dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan trader. Sumber: WOO Network

Dari sisi fitur, WOO X menghadirkan dashboard transparansi yang menampilkan proof of reserves dan liabilitas secara real-time. Dengan demikian, pengguna bisa mengetahui di mana dana tersimpan. Terdapat juga dashboard analisis kualitas eksekusi yang memungkinkan pengguna untuk membangindkan biaya trading dari berbagai platform.

Sementara dari segi biaya, WOO X memiliki biaya yang sangat rendah, bahkan bisa gratis untuk beberapa pasangan aset crypto. Hal tersebut dapat dilakukan ketika pengguna men-staking token WOO mereka.

WOOFi

WOOFi adalah platform decentralized exchange (DEX) yang menjembatani likuiditas dari CEX melalui on-chain. Hal ini memungkinkan trader DeFi untuk melakukan swap dengan nominal yang besar dan memaksimalkan keuntungan melalui biaya swap rendah dan slippage yang minimal. Tak hanya itu, WOOFi juga mendukung cross-chain swap sehingga pengguna dapat melakukan swap secara mudah dan murah di sepuluh chain yang tersedia.

Mekanisme swap pada WooFi menggunakan algoritma market-making bernama Synthetic Proactive Market Making (sPMM). Secara sederhana, algoritma tersebut memungkinkan simulasi order book CEX pada kolam likuiditas DEX. Dengan sPMM, market makers bisa menyimulasikan harga, spread, hingga kedalaman order book pada on-chain milik CEX.

Beberapa fitur lain yang ditawarkan oleh WOOFi adalah pembagian revenue sebesar 80% dari biaya swap melalui melalui mekanisme staking WOO. Walaupun sebagai DEX, WooFi juga memiliki fitur perpetual trading. Artinya, pengguna tetap bisa merasakan pengalaman trading ala CEX namun dengan tetap memiliki kontrol terhadap dananya seiring WOOFi yang bersifat non-custodial.

Cross-Chain Swaps

WOO Network juga memiliki fitur cross-chains swaps yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pergantian chain hanya dengan sekali klik. Hal tersebut dilakukan dengan cara mengintegrasikan cross chain messaging milik LayerZero dan likuiditas milik Stargate. Router cross swap milik WOO Network nantinya akan membungkus beberapa pertukaran cross chain menjadi satu. Alhasil seluruh proses dilakukan tanpa perlu campur tangan pengguna.

Proses transaksi cross-chain swaps di WOO Network
Proses transaksi cross-chain swaps di WOO Network. Sumber: WOO Network

Transaksi cross-chain swap di WOO Network adalah sebagai berikut:

  1. Menukar crypto A yang ada di wallet pengguna menjadi crypto B di WOOFi pada rantai sumber.
  2. Mem-bridge crypto B menjadi crypto C ke rantai tujuan menggunakan Stargate (crypto B dan C memiliki nilai yang sama).
  3. Menukar crypto C menjadi D melalui WOOFi pada rantai tujuan dan kemudian mengirimnya ke wallet tujuan sesuai perintah pengguna.

Dalam menjalankan proses tersebut, pengguna hanya perlu memulai dan menandatangani satu transaksi di rantai sumber (rantai tempat token input), dan token output akan dikirim ke alamat tujuan secara otomatis. Pengguna cukup membayar biaya gas di rantai sumber dan akan menutupi biaya gas dari operasi di rantai tujuan.

Pintu Academy telah menyiapkan artikel panduan mengenai cara melakukan bridging aset crypto melalui artikel berikut.

Keunggulan WOO Network

  • Zero Fee Zone
WOO X Zero Free Zone
Sumber: WOO Network Medium

WOO X menawarkan fitur zero fee zone di mana pengguna bisa membeli atau menjual lebih dari 60 token mainstream tanpa biaya trading. Fitur ini bisa dinikmati baik untuk spot trading ataupun spot margin (hingga 5x leverage) di WOO X. Untuk bisa menikmati fitur ini, pengguna hanya perlu melakukan staking setidaknya 1.800 token WOO.

Bagi pengguna yang tidak bisa mengakses zero fee zone, WOO X masih mempunyai biaya trading yang sangat kompetitif. Untuk pasar spot, biaya trading baik untuk maker ataupun taker dimulai dari 0,05%. Sementara untuk biaya perpetual swaps mulai dari 0,02% (maker) dan 0,03% (taker).

  • WOOFi Supercharger Vault
WOOFi Supercharger Vault
Sumber: WOOFi

WOOFi Supercharger vault merupakan produk dari WOOFi Earn, yang memberikan yield dalam jumlah besar kepada para pengguna yang menjadi penyedia likuiditas untuk WOOFi. Dengan melakukan hal tersebut, pengguna akan mendelegasikan manajemen likuiditas ke sPMM pool manager. Alhasil, pengguna akan tetap mendapatkan eksposur terhadap token yang mereka simpan tanpa perlu khawatir terkait impermanent loss.

Nantinya, pengguna akan mendapatkan imbalan dalam bentuk USDC ataupun WOO. Pengguna juga bisa mendapatkan tambahan WOO dengan cara men-stake token WOO yang tadi didapat dari WOOFi Supercharger vault.

  • Diversifikasi Produk dan Layanan

WOO Network menawarkan beragam produk dan layanan di luar trading spot dan staking. Mulai dari perpetual trading, cross-chain swap, serta platform khusus untuk layanan institusional. Ini menciptakan ekosistem yang kaya dan memenuhi berbagai kebutuhan, baik bagi trader, bursa pertukuaran, maupun investor institusional.

Token WOO Network (WOO)

Token WOO Network
Sumber: WOO Network Medium

WOO adalah native token platform WOO Network yang mempunyai fungsi penting dalam ekosistem WOO Network. Ia berfungsi untuk menyatukan bisnis dan mengakses seluruh layanan pada CeFi dan DeFi milik WOO Network.

Token WOO mempunyai pasokan sebanyak 3 miliar yang selalu mengalami penurunan tiap bulannya melalui mekanisme burns. Proses tersebut akan terus berlangsung hingga maksimum pasokannya berkurang setengah. Pada akhir semester I-2023, tercatat jumlah pasokan WOO yang beredar sebesar 1,71 miliar WOO atau setara dengan 76,7% dari keseluruhan pasokan.

Pengguna dapat men-staking token WOO untuk mendapatkan beragam fitur seperti Zero Free Zone, diskon pada trading perpetual dan API, hingga bonus penarikan. Selain itu, pengguna juga dapat berpartisipasi dalam tata kelola WOO DAO. Imbal hasil WOO token dari staking juga dapat diintegrasikan dengan DeFi milik WOO Network untuk mendapatkan tambahan return melalui yield farming ataupun lending dan borrowing.

Mau tahu perbedaan antara yield farming dengan staking? Cari tahu jawabannya di sini.

Kesimpulan

WOO Network adalah sebuah protokol yang menyediakan layanan CeFi dan DeFi dengan fokus memberikan likuiditas yang mendalam. Melalui kerjasama dengan berbagai entitas besar seperti NEAR, Binance, dan lainnya, WOO Network menggabungkan likuiditas dari berbagai sumber seperti CEX, DEX, dan market makers. Hal ini memastikan bahwa pengguna mendapatkan harga paling kompetitif untuk perdagangan mereka.

Produk utama WOO Network adalah WOO X (platform exchange), WOOFi (platform DeFi), dan WooTrade (untuk institusi). Kelebihan dari WOO Network adalah Zero Fee Zone dan WOOFi Supercharger Vault yang memberikan yield tinggi untuk penyedia likuiditas. WOO, token native dari WOO Network, memiliki peran penting dalam ekosistem mereka, memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai layanan dan berpartisipasi dalam tata kelola.

Cara Membeli Token WOO di Pintu

Setelah mengetahui apa itu WOO Network, kamu bisa mulai berinvestasi pada token WOO dengan membelinya di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli WOO pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari token WOO.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai token WOO!

Selain token WOO, kamu juga bisa berinvestasi pada aset crypto lainnya seperti BTC, BNB, ETH, dan yang lainnya melalui Pintu secara aman dan mudah. Semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu juga kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

Penulis:Hikma Dirgantara

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan